Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 160698 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amelia Asharia Ghassani
"Dalam jurnal ini penulis menganalisis makna yang terkandung dalam kelima iklan kampanye kereta InterCity Express di Jerman dengan slogannya yaitu `Diese Zeit gehört Dir`. Penelitian ini juga membahas hubungan antara teks, gambar dan slogan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penyampaian pesan produsen kepada konsumen melalui teks dan gambar yang dianalisis berdasarkan aspek semantis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kereta InterCity Express merupakan kereta cepat dan nyaman yang dibentuk melalui pilihan kata, penggunaan kata yang bermakna afektif positif dan asosiatif, penggambaran ekspresi tokoh dalam iklan dan peran warna pada iklan tersebut yang menunjukan perasaan tenang, nyaman, bahagia, puas dan dapat meredakan stres.
In this journal the author analyzes the meaning that contained in five campaign advertisements of InterCity Express in Germany with its slogan `Diese Zeit gehort Dir`. This study also discusses the relations between text, image and slogan. The purpose of this study is to find out how the producers transfer the messages to consumers through text and image that are analyzed based on semantic aspects. The results of this study has shown that InterCity Express is a fast and convenient train that bulit through words choice, words usage that have positive affective and associative meaning, the description of character in the advertisements`s expression and the role of colors that shows calmness, comfortable, happiness, sastisfied, and can relieve stress."
2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Nurul Karima
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang makna-makna yang terkandung dalam iklan produk makanan vegetarian LikeMeat di Jerman melalui gambar dan teks dalam iklan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penyampaian pesan produsen kepada konsumen melalui aspek semantis, semiotis dan pragmatis. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukan bahwa makna semantis yang terkandung dalam kalimat-kalimat iklan LikeMeat adalah makna referensial, makna asosiatif dan makna afektif positif. Dari aspek semiotis tanda yang sering muncul dalam iklan adalah ikon dan simbol. Melalui ikon produsen meyakinkan konsumen bahwa gambar dalam iklan menyerupai bentuk aslinya sedangkan melalui simbol produsen memberikan informasi tentang produknya. Jika ditinjau melalui aspek pragmatis, kalimat-kalimat dalam iklan LikeMeat mengandung tindak tutur ilokusi yang sebagian besar adalah tindakan asertif. Melalui tindakan asertif produsen meyakinkan konsumen atas produknya.

ABSTRACT
This study discusses the meanings of vegetarian food products advertisement LikeMeat in Germany through images and writings. The purpose of this study is to discover how the producers transfer the messages to consumers through semantic, semiotic and pragmatic aspects. This study is a library research with descriptive analytics method. The results has shown that there are semantic meanings in LikeMeat advertisement which are referential meaning, associative meaning and positive affective meaning. In the semiotics aspects the signs in the advertisement that repeatedly appears are icon and symbol. The producers convince the consumers through icon to make similarity of the original form
and provides information of the product through symbol. If this advertisement is viewed through pragmatics aspects, the sentences in LikeMeat advertisement are consisting of illocution speech act, which its majority are assertive actions and producers are able to persuade their consumers to buy their product through assertive actions."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Fachrunissa
"[ ABSTRAK
Kemajuan teknologi yang ada dewasa ini turut memicu timbulnya perilaku konsumtif masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan melalui iklan yang dipublikasikan dengan bantuan media. Iklan sebagai salah satu bentuk teks persuasif yang berfungsi untuk menarik minat publik seringkali menggunakan pilihan kata dan gambar tertentu untuk membuatnya menarik dan mudah diingat. Pilihan kata dalam bahasa yang digunakan dalam iklan inilah yang dinamakan dengan unsur retorika. Melalui penelitian kepustakaan dan metode analisis-deskriptif, jurnal ini bertujuan untuk mengetahui unsur retorika apa saja yang muncul dalam tujuh iklan mobil BMW. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dalam sepuluh iklan mobil BMW yang diteliti terdapat unsur retorika yang muncul dalam bentuk yang berbeda-beda.
ABSTRACT The progress of technology, which we can found today results in consumptive behavior of the society. This can be proved by the publication of product advertisements. As one of the persuasive texts, advertisements often use certain words, sentences, and pictures to draw people?s attention and to make them more attractive. This special use of certain words and sentences is known as rhetorical figures. Through literature research and analytical-descriptive method, this journal aims to know which rhetorical figures are found in seven car advertisements of BMW Germany. Based on the research result, it can be concluded that there is at least one kind of rhetorical figures in each advertisements that emerge in various forms., The progress of technology, which we can found today results in consumptive behavior of the society. This can be proved by the publication of product advertisements. As one of the persuasive texts, advertisements often use certain words, sentences, and pictures to draw people’s attention and to make them more attractive. This special use of certain words and sentences is known as rhetorical figures. Through literature research and analytical-descriptive method, this journal aims to know which rhetorical figures are found in seven car advertisements of BMW Germany. Based on the research result, it can be concluded that there is at least one kind of rhetorical figures in each advertisements that emerge in various forms.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Katakanya Estu Bilaya
"ABSTRAK
Era Globalisasi yang diikuti dengan meningkatnya konsumsi masyarakat berbanding lurus dengan peran media sebagai penarik minat publik. Iklan sebagai teks persuasif yang berfungsi untuk menarik minat publik seringkali menggunakan pilihan kata dan gambar tertentu untuk membuatnya menarik dan mudah diingat. Pilihan kata dalam bahasa yang digunakan dalam iklan inilah yang dinamakan dengan unsur retorika. Melalui penelitian kepustakaan dan metode analisis-deskriptif, jurnal ini bertujuan untuk mengetahui unsur retorika apa saja yang muncul dalam tujuh iklan Aspirin dari Bayer Jerman. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dalam tujuh iklan Aspirin yang diteliti selalu terdapat unsur retorika yang muncul dalam bentuk yang berbeda-beda.

ABSTRACT
Globalization era which followed by the increase of consumptive behavior of the society also affected by media as a public attraction. Advertisement as one of persuasive text, often use selected words and picture to make it more attractiv. This special use of certain words and sentences is known as rhetorical figures. Through literature research and analytical-descriptive method, this journal aims to know which rhetorical figures are found in seven Aspirin advertisements of Bayer Germany. Based on the research result, it can be concluded that there is at least one kind of rhetorical figures in each advertisements that emerge in various forms.
"
2016
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2002
S19360
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ira Indah Permata Sari
"Dalam skripsi ini penulis menganalisis sembilan iklan dari empat produk makanan dan minuman organik di Jerman, yaitu Adelholzener Bioschorle, Ökoland, Hipp, dan Bionade. Teks dan gambar dianalisis dari aspek semantis, dan semiotic, khususnya aspek makna pada unsur verbal dan nonverbal. Analisis pada penelitian ini menggunakan dasar pemikiran Nina Janich.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra hidup sehat dibentuk melalui permainan kata, alat retorika, penggunaan kata bermakna asosiasi dan afektif positif serta penggunaan warna-warna alam dan gambar yang mencirikan kesegaran, alami, kemurnian, kesehatan, kebaikan, dan kualitas dari alam.

The focus of this study is the analysis of nine advertisements from four products of Germany's organic foods and beverages, which are Adelholzener Bioschorle, Ökoland, Hipp, and Bionade. The analysis of advertisement based on Nina Janich's theorie and from the perpectives of semantics and semiotic studies.
This research shows that the healthy life concept in both text and pictures of advertisement are built through words play, rhetoric tools, the meaning of positive affective and associative words, and also the use of colors that characterize sanity, natural things, purity, health, and quality of nature.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1649
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lathifa Noviansyah
"ABSTRACT
Skripsi ini berisi analisis semantik dan semiotik pada iklan kampanye perlindungan hewan berbahasa Jerman yang dibuat oleh organisasi pecinta hewan NOAH-Menschen fur Tiere. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna semantik pada unsur verbal iklan dan jenis tanda semiotika yang terdapat pada unsur nonverbal iklan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, makna semantik yang sering muncul pada unsur verbal iklan adalah makna referensial, yaitu makna yang berkaitan dengan objek rujukan dan konteksnya. Selain makna referensial, makna yang juga sering muncul adalah makna afektif negatif untuk memberikan penekanan bahwa hewan-hewan di dunia saat ini sedang dalam keadaan yang mengkhawatirkan. Makna semantik lainnya yang juga muncul pada penelitian ini adalah makna afektif positif, makna intralingual-paradigmatik, makna asosiatif, dan makna kolokatif. Dari segi semiotika, jenis tanda yang sering muncul pada unsur nonverbal iklan adalah ikon. Gambar-gambar pada iklan dibuat menyerupai bentuk aslinya, untuk memudahkan pembaca mengerti maksud dari iklan tersebut. Selain ikon, tanda yang muncul pada iklan adalah simbol dan indeks.

ABSTRACT
This thesis discusses semantic and semiotic analysis about animal welfare by NOAH Menschen fur Tiere. The purpose of this thesis is to explain the semantic meaning and semiotic sign appear on the advertisements. Based on the analysis, the semantic meaning the most often appear is referential meaning, which is the meaning that related to the object and its context. Beside of referential meaning, the other semantic meaning that also appear the most is the negative affective meaning, the function is to emphasize the reader that the animals in the world are in danger. The other semantic meanings that appear are positive affective meaning, intralingual paradigmatic meaning, associative meaning, and collocative meaning. There are also the semiotic sign appear in the advertisements, such as icon. The pictures are made similar like the real object to make it easy to understand. Beside of icon, the semiotic sign that also appear are symbol and index."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winny Sesyarea
"[ ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan Fremdsprache atau
bahasa asing khususnya pada 10 iklan komputer produk Apple, ASUS dan DELL
di Jerman. Analisis iklan ini menggunakan teori Fremdsprachige Elemente in
Werbesprache. Berdasarkan hasil analisis kata yang berasal dari bahasa Inggris
paling banyak ditemukan dalam iklan komputer tersebut. Namun, banyak juga
ditemukan penggunaan kata asing yang berasal dari bahasa lain, seperti bahasa
latin, Italia dan Perancis. Jenis-jenis penggunaan Fremdsprache dalam analisis
beragam, seperti Fremdwort, Lehnwort, Hybridbildungen, Lehnübersetzung dan
Lehnübertragung. Selain itu terdapat pula istilah-istilah internasional yang khusus
digunakan dalam bidang teknik. Tujuan penggunaan Fremdsprache dalam iklan
umumnya untuk membuat iklan lebih menarik bagi konsumen.
ABSTRACT The purpose of this research is to analyze the use of Fremdsprache or foreign
language in 10 computer advertisements of some products in Germany such as
APPLE, ASUS and DELL. This research uses Fremdsprachige Elemente in
Werbesprache theory. The result shows that English is the most widely used in
those computer advertisements. However there are also some other languages that
can be found in those advertisements such as Latin, French and Italian. There are
various types of Fremdsprache that can be found in those advertisements such as
Fremdwort, Lehnwort, Hybridbildungen, Lehnübersetzung and Lehnübertragung.
Furthermore, many international terms, such as specific terms of engineering, are
used in computer advertisements. The purpose of using Fremdsprache in an
advertisement is to make the advertisement more appealing to the customers, The purpose of this research is to analyze the use of Fremdsprache or foreign
language in 10 computer advertisements of some products in Germany such as
APPLE, ASUS and DELL. This research uses Fremdsprachige Elemente in
Werbesprache theory. The result shows that English is the most widely used in
those computer advertisements. However there are also some other languages that
can be found in those advertisements such as Latin, French and Italian. There are
various types of Fremdsprache that can be found in those advertisements such as
Fremdwort, Lehnwort, Hybridbildungen, Lehnübersetzung and Lehnübertragung.
Furthermore, many international terms, such as specific terms of engineering, are
used in computer advertisements. The purpose of using Fremdsprache in an
advertisement is to make the advertisement more appealing to the customers]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Khulafaur Rasyidin
"In this study, costumer?s points of view on Gold?s Gym Express, Universitas Indonesia?s location were studied. The target of this research was the students of department of FISIP Universitas Indonesia. In specific, the respondents were chosen to be active on sports, have knowledge on Gold?s Gym Express, and were not joined as one of its member.
The result from this paper shows that the retail location could not be categorized as a strategic place from the consumers? point of view. This result was given by 13 indicators from 4 dimensions that were considered in this research. It can be proven that 10 given indicators show unsatisfied responses, while the other indicators show satisfied responses."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S53806
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raniah Khansa
"ABSTRAK
ada umumnya perempuan dalam iklan ditampilkan sebagai perempuan yang memiliki rambut panjang dan lurus, berkulit putih dan mulus, bertubuh langsing. Analisis semiotik pada tiga buah iklan yang menjadi korpus data dalam penelitian ini, yaitu formoline L112, eBalance.de, dan Almased, menunjukkan bagaimana iklan turut membentuk mitos kecantikan. Mitos kecantikan yang terbentuk melalui penggambaran dalam media merupakan bagian dari industri. Makalah ini bertujuan untuk memperlihatkan konstruksi tubuh ideal perempuan di Jerman.

ABSTRACT
Women are generally portrayed in advertisements with long and straight hair, fair and smooth skin, and perfectly slim body. This study using semiotic analysis focuses on three different advertisements, i.e. formoline L112, eBalance.de, and Almased, in which the results shows how advertisements play an important role in constructing the beauty myth. Beauty myth, which is formed by representation in various media is a part of the industry. This study aims to describe the construction of an ideal body of women in Germany.
"
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>