Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19428 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dede Anggayana
"ABSTRAK
Dalam kondisi jalan yang macet, terjadi pemborosan konsumsi bahan bakar pada kendaraan. Beberapa langkah untuk penghematan bahan bakar, salah satunya adalah dengan sepeda motor hibrid (bensin-listrik) yang merupakan sepeda motor konvensional dengan mesin bensin yang dirancang dengan menambahkan motor DC brushless pada poros rodanya. Ketika sepeda motor bergerak dengan laju kurang dari 40 km/jam, maka motor listrik akan berfungsi sebagai penggerak utama. Sedangkan ketika sepeda motor bergerak dengan laju lebih dari 40 km/jam, maka motor bensin berfungsi sebagai penggerak utama dan motor DC brushless berfungsi sebagai generator. Pengujian sepeda motor hibrid ini bertujuan untuk mendapatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan motor konvensional serta energi listrik yang dihasilkan motor DC brushless. Saat motor DC sebagai penggerak utama, kecepatan maksimum kendaraan sekitar 35 km/jam dan daya listrik yang dikonsumsi sebesar 85,6 W/km. Dengan metode ini, sepeda motor hibrid (SMH) memiliki konsumsi bahan bakar 41,5 km/jam saat beroperasi full gasoline dan tingkat efisiensi penghematan konsumsi bahan bakar sebesar 45,34 % dibandingkan sepeda motor konvensional (SMK).

ABSTRACT
In the traffic jam condition on the road, wastage of fuel consumption of the vehicle is happened. There are someway for saving fuel, one of which is a hybrid motorcycle (gasoline-electric) that is a conventional motorcycle with gasoline engine designed by adding brushless DC motor to the wheel axles.
When the motorcycle is moving at less than 40 km/h, the electric motor will be functioned as the prime mover. Meanwhile, when the motorcycle is moving at a rate of more than 40 km/h, the gasoline engine will be functioned as the prime mover and brushless DC motor as a generator. Testing of motorcycle hybrid motor aims to know efficiency in fuel consumption compared to conventional motorcycle and electrical energy that generated brushless DC motor. When motor DC as prime mover, this vehicle have maximum speed about 35 km/jam and electric power consumption about 85,6 W/km. By using method, hybrid motorcycle (HM) have consumption of fuel 41,5 km/L when operating in full gasoline and efficiency level of saving fuel consumption about 45,34 % compared conventional motorcycle (CM). "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faal Murreyza D.
"Meningkatnya pengendara sepeda motor pada ruas-ruas jalan di kota-kota besar, khususnya Jakarta memberikan permasalahan baru bagi dunia transportasi. Kehadiran serta karakter fleksibel yang dimiliki sepeda motor di atas jalan membuat arus lalu lintas menjadi acak, kecelakaan meningkat, kendaraan lain pun harus lebih hati-hati dalam berkendara sehingga waktu perjalanan pun menjadi semakin kecil.
Dari masalah-masalah yang muncul seperti itu maka timbul gagasan untuk membuat jalur yang khusus digunakan oleh pengendara sepeda motor yang tidak lain dimunculkan untuk meningkatkan kinerja ruas jalan. Melalui pengamatan dengan merekam arus lalu-lintas serta melakukan interpretasi data dari rekaman tersebut diperoleh hubungan antara kecepatan dan volume lalu-lintas pada kebutuhan jarak samping aman sepeda motor, yang tentu berpengaruh pada penentuan lebar jalur khusus sepeda motor yang digunakan.
Pada kasus pengamatan segmen ruas Jalan Buncit Raya Pulo arah Pasar Minggu di kawasan Jakarta Selatan yang terdiri dari jalur cepat dan jalur lambat, hasil dari desain jalur khusus sepeda motor menaikkan kinerja jalur cepat pada jam sibuk dari Q/C 0,8 menjadi 0,75. Meskipun kinerja jalur lambat berubah dari nilai Q/C 0,48 menjadi 0,67, namun berdasarkan ketentuan IHCM 1997, Q/C 0,67 pada jam sibuk merupakan derajat kejenuhan yang baik karena tidak melebihi nilai standar derajat kejenuhan jam sibuk yaitu sebesar 0,75.

An increase of motorcycle rider in urban roads, especially in Jakarta, results transportation problems. Their flexibility and attendance in an urban road makes the traffic flows uncertain, accident increases, and it causes other vehicles drive more carefully and slowly so the travel time come longer than usual.
Based on those problems, idea to make the traffic flows more convenient and comfort is facilitated in an exclusive motorcycle lane that used by motorcycle only. By observation of the traffic flow, interpretation data, and then analyzing them, derived speed-volume correlations considering to the demand of the safe side width of motorcycle obviously influences the design of motorcycle lane width.
Research conducted in road segment of Jalan Buncit Raya Pulo to Pasar Minggu at South Jakarta, consisting of fast lane and slow lane, results that design of motorcycle lane can increase and repair the condition of traffic flow in fast lane on congested condition, Q/C value 0,8 decreases to 0,75. It means better than existing condition. Even though Q/C value 0,48 in slow lane increases to 0,67 on congested condition, based on IHCM 1997, it is not a bad Degree of Saturation (DS) because of below to Q/C standard value for congested condition, 0,75.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia;, 2006
S35187
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Rachman
"Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) di sektor transportasi di Indonesia sebagian besar digunakan untuk kendaraan sepeda motor. Dari data BPS pada tahun 2020, terdapat 115.023.039 sepeda motor di Indonesia dengan peningkatan sebesar 14,79% dari tahun 2017-2020. Sehingga teknologi konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik diusulkan sebagai solusi permasalahan ekonomi peralihan penggunaan sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik. Konversi sepeda motor listrik menggunakan komponen baterai Li-NMC 72V 20Ah, motor listrik BLDC hub 2kW, controller, dll. Uji jalan dari sepeda motor listrik hasil konversi menunjukkan kecepatan maksimal 80 km/jam dengan jarak tempuh 76 km dan waktu pengisian baterai dari 40% ke 100% selama 3 jam. Biaya kapital konversi sepeda motor adalah sebesar Rp 16.335.000 dan biaya operasional tahunan sebesar Rp 747.887. Teknologi konversi sepeda motor akan memberikan nilai Total Cost of Ownership(TCO) sebesar 4.276.815/tahun dan Rp 192/km. Teknologi konversi ini dapat menghemat subsidi BBM pemerintah hingga Rp 35 Triliun jika 20% sepeda motor BBM di Indonesia dapat dikonversi menjadi sepeda motor listrik. Hasil perhitungan teknologi konversi sepeda motor listrik ini diharapkan dapat membantu pemerintah untuk membuat kebijakan-kebijakan percepatan kendaraan listrik, membantu pengguna sepeda motor BBM untuk mengonversikan motornya, dan membantu industri untuk pembuatan pembangunan pendukung kendaraan listrik.

Petroleum consumption in transportation sector in Indonesia mostly used for motorcycles. Data from BPS show that 115.023.039 motorcycles in Indonesia in 2020 and there is an increase of 14,79% from 2017-2020. The conversion technology from Internal Combustion Engine (ICE) motorcycles to electric motorcycles are strongly suggested to be the solution for economic problem for transitioning from ICE motorcycles into electric motorcycles. Conversion for electric motorcycle are done using component such as Li-NMC 72V 20Ah battery, 2kW hub BLDC electric motor, controller, etc. Road test for this converted motorcycle resulted in the maximum velocity of 80 km/hours with travel distance of 76 km and time for charging the battery from 40% to 100% in 3 Hours. Capital cost for the converted motorcycle are Rp 16.335.000 and the operational cost yearly in Rp 747.887. Conversion motorcycle technology gives a Total Cost of Ownership rate at Rp 4.276.815/year dan Rp 192/km. This conversion technology will help the government by Rp 35 trillion if 20% of ICE motorcycles in Indonesia can be converted. These result in electric motorcycle conversion technology are hoped to help the government make policy to faster the electric vehicle environment, help ICE motorcycle user convert their motorcycle, and help industrial to build an infrastructure support for electric vehicle."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Albert Brian Lewis
"ABSTRAK
Semakin banyaknya kendaraan mengakibatkan semakin banyak juga polusi yang dihasilkan. Polusi tersebut berdampak besar pada lingkungan, terutama pada efek gas rumah kaca. Sarana transportasi menjadi penyumbang kedua terbesar penghasil CO2 di lingkungan sehingga dibutuhkan adanya data mengenai gas buang pada kendaraan bermotor saat perjalanan untuk menghitung estimasi CO2 yang dapat menjadi standar kendaraan bermotor agar ramah lingkungan. Oleh karena itu, dibutuhkan perancangan model emisi kendaraan bermotor.
Perancangan model dilakukan dengan pendekatan model matematika dengan memperhitungkan 3 faktor, yaitu kelajuan kendaraan (v), percepatan (α), dan juga kemiringan jalan (θ). Pengolahan data dilakukan dengan pendekatan data percobaan yang dilakukan dengan persamaan fourier, yang kemudian dibagi berdasarkan kemiringan dan ruas jalan. Pembagian ruas jalan dilakukan menjadi 3 bagian, yaitu jalanan mendarat, menanjak dan menurun. Dengan menggunakan ketiga data tersebut, dilakukan pendekatan polinomial orde 3 untuk mendapatkan persamaan matematikanya.
Dari hasil model didapat bahwa kecepatan kendaraan sangat terpengaruh dengan besar energi yang digunakan. Semakin besar enegi kendaraan bermotor yang digunakan, semakin besar pula gas buang yang dihasilkan. Korelasi antara emisi dengan prediksinya terhadap kelajuan sebesar 0.69 dan rata-rata data emisi dari seluruh percobaan adalah g/km dan rata-rata data emisi prediksi dari kelajuan adalah g/km.

ABSTRACT
Pollution is a major impact on the environment, particularly the effects of green house gases. It is caused also from transportation. Even it becomes the second largest contributor of CO2 in the environment. Knowing how much exhausted gas in motor vehicles is needed to estimate how much CO2 will produce. It can become a standart of a motor vehicle to be said as environmentally friendly. Therefore, it is needed to know how is the emission CO2 model of motor cycle.
The design of the model is done with a mathematical model approach by taking into account three factors, namely the vehicle speed (v), acceleration (α), and also a road gradient (θ). Data analysing is done of the experiment data by using interpolaion data by Fourier series and also polinomial equations. The segments of the road made into 3 parts, namely the landed, uphill and downhill street. Using the three data, the approach is to get a third-order polynomial equation.
From the results obtained that the model of the vehicle speed is very influenced by the energy used. The greater energy motor vehicle is used, the greater the exhaust gases produced. The correlation between emissions of CO2 with the prediction of emissions of CO2 that is the function of the speed is 0.69 and the average emission data from all trials was 8.88x10^5 g/km and average emission data prediction of velocity is 8.82x10^5 g/km. It means that the prediction model is quit good."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T48301
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Nugroho Harlianto
"Pendahuluan: WHO melaporkan bahwa setidaknya terdapat 1,24 juta kematian per tahun di dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Tanpa intervensi, jumlah ini akan terus meningkat hingga mencapai 1,9 juta kematian per tahun pada tahun 2020. Tingginya fatalitas dapat dikurangi dengan adanya penetapan peraturan yang memadai untuk penggunaan pelindung bagi pengendara sepeda motor.
Metode: Penelitian dilakukan dengan metode cross-sectional untuk mengetahui hubungan karakteristik luka dengan peran pengguna sepeda motor (pengemudi/penumpang). Data diambil dari Laporan Pemeriksaan Forensik RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo tahun 2014.
Hasil: Didapati jumlah korban kecelakaan sepeda motor pada RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo sebesar 206 jiwa, 177 di antaranya memiliki keterangan sebagai pengemudi atau penumpang sepeda motor. Proporsi jumlah pengemudi dan jumlah penumpang pada kecelakaan sepeda motor di Jakarta adalah 3,92:1, yaitu 141 pengemudi dan 36 penumpang. Frekuensi luka pada anggota tubuh pada kasus kecelakaan sepeda motor di Jakarta terbanyak pada bagian ekstremitas atas (93.79%), diikuti oleh kepala, wajah, dan leher (93,22%), ekstremitas bawah (89,27%), thorax (75,71%) dan abdomen (40,68%). Keparahan luka pada kasus kecelakaan sepeda motor di Jakarta didominasi oleh luka skala 1, diikuti luka skala 2, dan luka skala 3. Tidak terdapat hubungan antara keparahan luka dan jumlah luka dengan posisi pengendara sepeda motor (p>0.05).
Pembahasan: Tidak adanya hubungan karakteristik luka pada pengguna sepeda motor terjadi karena pengguna sepeda motor mengalami pola dinamika yang sama saat tabrakan. Mempertimbangkan tidak adanya perbedaan frekuensi, keparahan, dan jumlah luka pada pengemudi dan penumpang sepeda motor, maka alat pelindung perlu digunakan oleh keduanya.

Introduction: Road Traffic Accident (RTA) has become a global problem. WHO reported that at least 1,24 million deaths due to RTA occur each year. Without intervention, this number will increase to 1,9 million deaths per year in 2020. Laws regarding safety driving only protect 7% of world population. This study is aimed to increase reference regarding protection for safety driving, focused on injury characteristic on motorcycle rider and pillion.
Method: Design of the study is cross-sectional. Data were extracted from Forensic Report of Dr. Cipto Mangunkusumo Public Hospital year 2014. Number of RTA involving motorcycle is 206 case, 177 case fulfill inclusion and exclusion criteria.
Result: Proportion of riders compared to pillion is 3,92:1, composed of 141 riders and 36 pillions. Frequency of injury from highest to lowest is; upper extremity, head, face and neck, lower extremity, thorax, and abdmen. Injury severity from the most frequent to least frequent is; scale 1 injury, scale 2 injury, and scale 3 injury.
Discussion: Frequency of injury, severity, number of injury is not significantly related to position of motorcycle rider both rider or pillion (p>0,05). No difference in injury pattern between rider and pillion is caused by similiar dynamic pattern.Considering no significant relation of frequency, severity, and number of injury to motorcycle rider and pillion, both has to be protected.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Kautsar Nawansyahputra
"Jalan Raya Fatahillah yang merupakan jalan Nasional memiliki masalah dari perilaku pengendara khususnya sepeda motor yang tidak tertib. Pengemudi sepeda motor sering melanggar batas kecepatan dan memotong pergerakan lalu lintas atau menyiap dengan tidak umum. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis karakteristik lalu lintas pada kondisi eksisting dan skenario yang disimulasikan agar meningkatkan LOS serta dilakukan analisis berdasarkan grafik metode Greenshields. Pada kondisi skenario 1 menggambarkan kondisi ruas jalan dengan menambahkan marka ganda utuh dan putus-putus. Sedangkan kondisi skenario 2 menggambar kan kondisi ruas jalan dengan membuat lajur tambahan khusus sepeda motor. Hasil dari tingkat pelayanan lalu lintas kedua skenario, skenario 2 mendapatkan nilai LOS yang lebih baik. Berdasarkan grafik metode Greenshields kedua skenario memiliki hasil yang sama yaitu berada pada kondisi uncongested area setiap hubungan karakteristik lalu lintasnya. Karakteristik lalu lintas terbaik dalam kondisi uncongested area berada pada skenario 2

Jalan Raya Fatahillah, which is a national road, has problems with the behavior of motorists, especially motorbikes that are not orderly. Motorcyclists often violate speed limits and cut off traffic movements or prepare uncharacteristically. So the purpose of this study is to analyze traffic characteristics in existing conditions and simulated scenarios in order to increase LOS and an analysis is carried out based on the graph of the Greenshields method. In scenario 1, the condition of the road section describes the condition of the road section by adding complete and dotted double markers. While the condition of scenario 2 describes the condition of the road segment by making additional lanes specifically for motorcycles. The result of the traffic service level of the two scenarios, scenario 2 gets a better LOS value. Based on the graph of the Greenshields method, the two scenarios have the same result, which is in the uncongested area for each traffic characteristic relationship. The best traffic characteristics in uncongested area conditions are in scenario 2."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdur Rohman Harits Martawireja
"ABSTRAK
Grafik kecepatan, jarak dan waktu berkendaraan atau yang lebih dikenal dengan driving cycle telah dikembangkan sebagai referensi untuk berbagai macam bidang penelitian. Karakteristik kecepatan selama berkendaraan dipresentasikan dengan grafik hubungan antara kecepatan dengan waktu maupun kecepatan dengan jarak kendaraan. Dari karakteristik grafik hubungan tersebut didapatkan persamaan model matematis hubungan antara kecepatan dan jarak. Untuk selanjutnya, model ini diasosiasikan dengan bentuk model polinomial sebagai model berkendaraan.Pengumpulan data dilakukan di ruas jalan antara Depok sampai dengan Lenteng Agung melalui alat GPS logger yang dipasang pada kendaraan. Data posisi dan kecepatan dari GPS diambil dengan interval setiap 1 detik untuk 1 jenis kendaraan yaitu sepeda motor. Hasil dari analisis disajikan dalam grafik driving cycle selama berkendara yang merupakan hubungan antara kecepatan dengan jarak. Grafik ini kemudian dibuat hubungan matematis dengan format persamaan fourier yang akan menghasilkan sejumlah data dengan x berupa jarak selama perjalanan dan y adalah kecepatan kendaraan. Model matematis berupa polinomial orde 4 dihasilkan sebagai model berkendaraan untuk sepeda motor.

ABSTRACT
Driving velocity, distance, and time curve, or commonly called by lsquo driving cycle rsquo has been developed as reference for various research areas. The velocity characteristic during driving is presented by velocity vs. time and velocity vs. distance curves. From the characteristic of the curve, mathematics model of the relation between velocity and distance is derived. Then, this model is associated with polynomial model form as the driving model.The data collection is conducted on the main road between Depok to LEnteng Agung by using GPS logger attached to the motorcycle. Position and velocity data is logged every 1 second.The analysis result is presented by driving cycle curve of velocity vs. distance, which later its mathematical relation is derived using Fourier equation. From the Fourier equation, series of data x and y, with x is distance and y is velocity during the driving are derived. Mathematical model in form of 4th order polynomial is created as driving cycle model for motorcycle"
2018
T49061
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Dhia Andriyanto
"Makalah ini menyajikan sebuah pendekatan untuk mengoptimalkan desain rangka sepeda motor balap listrik untuk Kompetisi MotoStudent dengan menentukan desain perhitungan ukuran paket baterai. Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengoptimalkan desain rangka sepeda motor dengan mempertimbangkan batasan dan persyaratan yang dibebankan oleh paket baterai. Hal ini mencakup distribusi berat, kekakuan struktur, dan efisiensi secara keseluruhan. Proses pengembangan dimulai dengan analisis paket baterai, termasuk kapasitas energi, ukuran, dan beratnya untuk membuat model perhitungan yang komprehensif dikembangkan untuk menentukan penempatan dan integrasi yang optimal dari paket baterai di dalam rangka sepeda motor. Model ini mempertimbangkan berbagai elemen, termasuk pusat gravitasi, keseimbangan, dan aerodinamika, yang semuanya penting untuk performa balap berkecepatan tinggi. Perangkat lunak CAD (Computer-Aided Design) digunakan untuk menghasilkan model 3D yang mendetail dari rangka sepeda motor balap listrik. Finite Element Analysis (FEA) kemudian digunakan untuk mensimulasikan dan menilai integritas struktural dan kinerja di bawah berbagai beban. Temuan ini menunjukkan keuntungan dari desain rangka yang dioptimalkan dalam hal pengurangan berat dan kekakuan struktural yang dapat diterima. Studi ini menemukan bahwa mengoptimalkan desain rangka dan pemasangan paket baterai dan motor listrik dapat memvisualisasikan rasio pusat gravitasi yaitu 0,58 dibandingkan dengan target (0,55) dan rangka sepeda motor dapat menahan beban maksimum 2.500 N termasuk pengurangan berat sebesar 28,3%. Pendekatan ini tidak hanya memenuhi persyaratan kompetisi MotoStudent, tetapi juga menjadi preseden untuk kemajuan masa depan dalam desain kendaraan listrik. Makalah ini diakhiri dengan rekomendasi untuk penelitian tambahan dan kemungkinan penggunaan teknologi ini pada kendaraan listrik lainnya.

This paper presents an approach to optimize electric racing motorcycle frame design for MotoStudent Competition by determining battery-pack sizing calculation design. The aim of this paper is to optimize motorcycle frame design while considering the boundaries and requirements imposed by the battery-pack. This includes weight distribution, structural rigidity, and overall efficiency. The development process begins with analysis of battery pack, including its energy capacity, size, and weight to create a comprehensive calculation model is developed to determine the optimal placement and integration of the battery pack within the motorcycle frame. This model considers a variety of elements, including center of gravity, balance, and aerodynamics, all of which are important for high-speed racing performance. CAD (Computer-Aided Design) software is used to produce detailed 3D models of the electric racing motorcycle frame. Finite Element Analysis (FEA) is then used to simulate and assess structural integrity and performance under a variety of loads. The findings demonstrate the advantages of the optimized frame design in terms of weight reduction and acceptable structural rigidity. The study found that optimizing frame design and fitting of the battery-pack and electric motor can visualize the center of gravity ratio which is 0.58 compared to the target (0.55) and the motorcycle frame can hold maximum loads of 2500 N including weight reduction of 28.3%. This approach not only meets the MotoStudent competition's requirements, but it also establishes a precedent for future advances in electric vehicle design. The paper concludes with recommendations for additional research and possible uses of this technology in other electric vehicles."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Palasro
"ABSTRAK
Masyarakat modern menghadapi banyak tantangan, termasuk diantaranya populasi
yang bertambah, meningkatnya permintaan bahan makanan, pakaian, perumahan, dan bahan
baku yang diperlukan untuk memproduksi semuanya itu. Untuk memproduksi barang-barang
pemenuhan kebutuhan tersebut dibutuhkan sejumlah sumber daya energi yang besar.
Kebutuhan energi yang bertumbuh dapat dipenuhi secara mudah dengan menggunakan bahan
bakar fosil (batubara, gas alam, dan minyak bumi). Pemanfaatan bahan bakar fosil di
Indonesia masih mendominasi dibandingkan sumber energi yang lain, minyak bumi (34%),
batubara (20%), dan gas (20%). Banyak ahli berpendapat bahwa skenario ini tidak sesuai
untuk jangka panjang, dan alternatif-alternatif yang lain diperlukan.
Pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia sendiri masih sangat rendah.
Pemanfaatan sumber energi dari air 3%, panas bumi 1%, bahan bakar nabati 2%, dan
biomassa 20%. Biofuel termasuk salah satunya bioethanol, merupakan sumber energi
terbarukan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan terhadap energi.
Dalam penelitian ini dilakukan proses mendesain ulang dan optimasi compact
distillator yang telah ada pada penelitian sebelumnya. Compact distillator merupakan jenis
kolom distilasi batch. Proses desain kolom menggunakan metode shortcut, kemudian
dilakukan desain tray untuk menentukan geometri keseluruhan dari compact distillator. Low
grade bioethanol pada kondisi umpan diharapkan menghasilkan high grade bioethanol pada
keluaran condenser. Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa campuran bensin dengan
bio-ethanol menunjukkan kualitas pembakaran yang baik, yang menghasilkan performa dan
emisi yang optimum.

ABSTRACT
Modern societies face many challanges, including growing populations, increasing
demands for foods, clothing, housing, and the raw materials required to produce all of these.
To produce all of these needs is required huge amount of energy. Growing need for energy
easily met by use of fossil fuels (e.g. coal, natural gas, petroleum). Utilization of fossil fuels
in Indonesia is still in biggest portion compare with other energy resources, petroleum (34%),
coal (20%), and gas (20%). Many experts argue that this scenario is not suitable in the long
term, and other alternatives are needed.
Utilization of renewable energy in Indonesia is still low. Utilization of energy
resources from water 3%, geothermal 1%, biofuel 2%, and biomass 20%. Biofuels including
bioethanol are renewable energy resources that can help meet energy need.
In this research has been done redesign process and optimization of compact
distillatory which from previous research. Compact distillator is batch distillation column
type. Colum design process has used shortcut method, and then has been done tray design to
determine whole geometry of compact distillator. Low grade bioethanol in feed condition is
expected to produce high grade bioethanol from output condenser. Previous research result
has showed that gasoline-bioethanol mixtures has better combustion quality, and then deliver
optimum performances and emissions."
2013
T38621
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manurung, Vinda B. T. L.
"Kemampuan dalam menghadirkan sebuah produk yang dapat dipastikan tingkat reliability, availabilty, dan mantainability sudah menjadi syarat tersendiri bagi para industri di tengah masyarakat ini. Di dalam siklus hidup sebuah produk, ada tiga tahap utama yang menentukan sifat pokok produk tersebut yakni, tahap perencanaan, produksi, dan penggunaan-pemeliharaan. Penelitian yang ada telah menghadirkan pemodelan perhitungan kompleksitas sistem manufaktur sebagai salah satu jenis alat ukur sebuah produk ketika melewati tahap produksi. Penelitian ini mengadaptasi pemodelan perhitungan kompleksitas ke dalam lingkungan lain yakni pada tahap pemeliharaan dengan menguraikan karakterisasi semua parameter yang berpengaruh dalam setiap tahapan pemeliharaan ke dalam model perhitungan kompleksitas. Pembobotan multi tier ranking dan normalisasi sebagai bagian dalam model perhitungan digunakan untuk menilai parameter parameter tersebut kedalam bentuk angka kuantitatif Pemodelan ini akan berperan sebagai tool untuk menilai kegiatan pemeliharaan yang dijalani oleh sebuah produk Perancangan pemodelan perhitungan kompleksitas pemeliharaan ini ditempuh melalui implementasi pada studi kasus pemeliharaan sepeda motor 100cc dan 883cc. Hasil yang diperoleh adalah nilai indeks kompleksitas pemeliharaan sebesar 79 65 untuk sepeda motor 100cc dan 88 67 untuk sepeda motor 883cc. Pembentukan model perhitungan indeks kompleksitas akan dibahas lebih detail di dalam penelitian ini.

The ability to deliver a product, that has the right levels of reliability, availabilty, and mantainability, has become a mandatory requirement for any industry in this era of society. In a product lifecycle, there are three main stages that determine those basic properties in a product, they are : stage of development, production, and use - maintenance. Existing research has presented the complexity of the manufacturing system modeling calculations as a tool to asses a product as it passes through the production stage. This thesis adapted the computation modeling complexity into another environment : the stage of maintenance, by outlining all the parameters, that influence every activity in the maintenance system, into the the model calculations of complexity. Multi-tier ranking and normalization, as part of the calculation model, are being used to assess these parameters in the form of numbers (quantitative). For this time being, this model will serve as a tool to assess the maintenance activities undertaken by a product. The modeling design of maintenance complexity is achieved through the implementation of maintenance case study from 100cc and 883cc motorcycles. The results of the maintenance complexity from the study case are respectively 79.65 for motorcycles 100cc, and 88.67 for 883cc motorcycles. The development for the modeling design of maintenance complexity will be discussed further in this thesis."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46060
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>