Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 80143 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bunga Anisah Harared
"Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi keberlanjutan pada rumah sakit khusus mata (RSKM X). RSKM X menghadapi keluhan masyarakat terkait dampak aktivitasnya terhadap kehidupan sosial dan lingkungan di sekitarnya. Strategi keberlanjutan berperan penting untuk mewujudkan keberlanjutan RSKM X sekaligus memenuhi tanggung jawab sosial dan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, dengan pengumpulan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode yang keseluruhan datanya merupakan data kualitatif dengan jenis data primer. Data kualitatif berupa informasi aktivitas dan bisnis proses, kebijakan dan strategi RSKM X yang diperoleh dari wawancara, observasi, serta document review. Menyusun strategi keberlanjutan pada penelitian ini menggunakan teori pemangku kepentingan dan mengacu pada pendekatan strategic CSR. Penyusunan strategi keberlanjutan dilakukan melalui empat tahapan yaitu identifikasi dampak aktivitas RSKM X pada aspek sosial dan lingkungan, mengkategorikan dampak ke dalam isu sosial yang akan diatasi, merencanakan agenda tanggung jawab sosial yang responsif, membuat proposisi nilai rumah sakit yang terintegrasi dengan aspek keberlanjutan. Strategi keberlanjutan RSKM X perlu berisikan kontribusi yang mencakup aspek sosial dan lingkungan, peningkatan kualitas pelayanan perawatan pasien, mekanisme untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, kemitraan dengan komunitas masyarakat, kebijakan melindungi lingkungan yang mencakup inisiatif adopsi praktik green hospital, strategi pengelolaan limbah rumah sakit, serta penghematan energi.

This study aims to develop a sustainability strategy for eye hospital (RSKM X). RSKM X faces community complaints regarding the impact of its activities on social life and the surrounding environment. The sustainability strategy plays an essential role in realizing the sustainability of RSKM X while fulfilling social and environmental responsibilities. This research is qualitative research with a case study method, with data collection using source triangulation and method triangulation whose overall data is qualitative data with primary data types. Qualitative data in the form of information on activities and business processes, policies, and strategies of RSKM X obtained from interviews, observations, and document reviews. Develop a sustainability strategy in this study using stakeholder theory and referring to the CSR strategic approach. The formulation of a sustainability strategy is carried out through four stages, identification of the impact of RSKM X activities on social and environmental aspects, categorizing impacts into social issues to be addressed, planning a responsive social responsibility agenda, making a hospital value proposition that is integrated with sustainability aspects. RSKM X's sustainability strategy needs to contain contributions that include social and environmental aspects, improving the quality of patient care services, mechanisms to improve employee welfare, partnerships with the community, policies to protect the environment which include initiatives to adopt green hospital practices, hospital waste management strategies, and savings energy."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chintia Syaninda Dachi
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan desain program tanggung jawab sosial berdasarkan analisis aspek materialitas dan stakeholder di Rumah Sakit Mata X sehingga program tersebut sesuai dengan strategi rumah sakit dan terwujud rumah sakit yang berkelanjutan. Berdasarkan observasi awal, rumah sakit ini telah melakukan aktivitas tanggung jawab sosial namun tidak memberikan nilai tambah kepada rumah sakit. Penelitian ini diharapkan dapat menjawab pertanyaan penelitian mengenai bagaimana analisis aspek materialitas, stakeholder engagement dan desain program tanggung jawab sosial Rumah Sakit Mata X. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stakeholder, teori legitimasi, dan teori stewardship. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada satu unit rumah sakit yaitu Rumah Sakit Mata X. Penelitian ini menggunakan data primer berupa data yang bersifat langsung yang didapat oleh peneliti dari pihak yang bersangkutan dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa program tanggung jawab sosial dan tindakan engagement yang disesuaikan dengan aspek materialitas dan kategori stakeholder rumah sakit yaitu key player, context setter, dan the crowd.

ABSTRACT
The purpose of this research was to provide a corporate social responsibility (CSR) design program based on materiality aspects and stakeholder analysis at X Eye Hospital in accordance with hospital strategies and became a sustainable hospital. Based on the initial observation, this hospital has done their corporate social responsibility (CSR) activities but did not give value-added to the hospital. Therefore, this study is expected to answer research questions to find out materiality aspects, stakeholder engagement analysis and CSR design program at X Eye Hospital. The theory used in this research are stakeholder theory, legitimacy theory, and stewardship theory. This study is a qualitative research using a case study approach in one hospital unit that is X Eye Hospital. This study uses primary data in the form of direct data obtained by researchers from the parties concerned and secondary data. Data collection methods were conducted by interviews, observations, and document study. The result of the study shows several CSR design program and engagement activities adjusted to the materiality aspects and stakeholder categories i.e key player, context setter, and the crowd."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saripuji Pustiwari
"Penelitian ini mengajukan sebuah evaluasi terstruktur untuk menghubungkan indikator kinerja pada peta strategi Sustainability Balanced Scorecard untuk industri manufaktur di Indonesia. Dengan empat perspektif finansial, pemangku kepentingan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan pada Sustainability Balanced Scorecard, Exploratory Factor Analysis EFA dilakukan untuk menguji struktur, mereduksi indikator tidak penting dan meningkatkan reliabilitas. Diikuti dengan metode Decision Making Trial and Evaluation Laboratory DEMATEL untuk mengidentifikasi indikator kritis dan pengaruh, mengetahui hubungan sebab akibat dan akhirnya mengembangkan peta strategi visual guna meningkatkan sustainability perusahaan. Tiga besar indikator yang menjadi prioritas utama adalah penghargaan sustainability, sertifikasi standar lingkungan dan sosial, serta produktivitas sumber daya. Hasil penelitian dapat digunakan untuk memprioritaskan indikator kinerja dan menunjukkan area yang memerlukan perbaikan.

This study proposes a structural evaluation methodology to link key performance indicator into a strategy map based on sustainability balanced scorecard framework for manufacturing industry in Indonesia. With four perspectives finance, stakeholder, internal business process and learning and growth on Sustainability Balanced Scorecard, Exlopratory Factor Analysis EFA was conducted to examine structures, to reduce redundant items and to improve the reliability. Followed by Decision Making Trial and Evaluation Laboratory DEMATEL method to identify critical central and influential indicators, to determine the causal relationship and finally to develop a visual strategy map to improve corporate sustainability. Top three priority indicator are sustainability award, certification of enviromental and social standards and resource productivity. The results can help prioritizing the performance indicators and show which areas that need improvement most.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48137
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gilang Aria Bintang
"Sebagian besar perusahaan masih memandang perlindungan lingkungan sebagai penghalang terhadap profitabilitas atau sebagai peraturan yang harus dipatuhi daripada strategi bisnis fundamental yang mengarah pada keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Namun penelitian lain berpendapat bahwa mengintegrasikan isu keberlanjutan lingkungan ke dalam strategi bisnis dapat menjadi peluang strategis bagi perusahaan. Kapasitas untuk merumuskan strategi mengarah kepada keunggulan kompetitif ketika diselaraskan dengan lingkungan atau orientasi strategis. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak orientasi strategis terhadap sistem manajamen lingkungan, sistem manajemen lingkungan terhadap kinerja lingkungan dan kinerja lingkungan terhadap kinerja perusahaan. Survei dilakukan pada perusahaan otomotif di Indonesia. Studi literatur dilakukan untuk memperoleh kriteria orientasi strategis, sistem manajemen lingkungan kinerja lingkungan dan kinerja perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisi oleh pakar di industri otomotif. Uji pilot kuesioner dilakukan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orientasi Strategis berdampak positif terhadap Sistem Manajemen Lingkungan dan Kinerja Lingkungan berdampak positif terhadap kinerja perusahaan

A large number of firms still view the environmental protection as barrier to profitability or as a regulation to comply with rather than fundamental business strategy leading to a sustainable competitive advantage. Another research is argue integrating environmental issues into business strategy can become a strategic opportunity for companies. The capacity to formulate strategy leads to competitive advantage when aligned with the environment or strategic orientation. This research aims to examine impact of strategic orientation on environmental management system, environmental management system on environmental performance and environmental performance on firm performance. The survey is conducted on automotive companies in Indonesia. Literature study are conducted to obtain criteria of strategic orientation, environmental management system, environmental performance and firm performance that will be used as variables in this research. The data is collected using questionnaire and analysed by experts in automotive industry. Pilot test of questionnaire is conducted in this research. The result of this research shows that strategic orientation has positive impact on environmental managemet system and environmental performance has positive impact on firm performance."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53380
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angel Putri Astri
"Laporan magang ini berisi terkait evaluasi proses penyusunan strategi keberlanjutan lingkungan PT OJL, yang membantu perusahaan dalam menerapkan aspek environmental sustainability di aktivitas bisnis nya, terutama di kedua segmen bisnis utama perusahaan yaitu mobility dan delivery. Evaluasi dibuat berdasarkan kesesuaian dengan teori yang berkaitan dengan tahapan proses penyusunan strategi di dalam organisasi. Lingkup pembahasan mencakup evaluasi terhadap empat tahapan manajemen perusahaan dalam merumuskan strategi yang efektif dan efisien. Penulis melakukan evaluasi yang sudah dibuat dengan menggunakan kerangka evaluasi dari materi pembelajaran pada mata kuliah Strategi dan Manajemen Kinerja Organisasi. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa keseluruhan praktik perencanaan strategi serta penyusunan isi konten dari dokumen strategi keberlanjutan lingkungan yang dilaksanakan oleh PT OJL, sudah sesuai dengan kerangka evaluasi yang dikemukakan oleh Simons (2014) terkait teori The 4 Ps Strategy serta cascade hierarchy di dalam teori Basics for Successful Strategy. Dalam kata lain, proses perencanaan strategi keberlanjutan lingkungan pada bisnis perusahaan yang dilakukan oleh PT OJL telah memenuhi persyaratan perumusan strategi yang tepat.

This internship report includes an assessment of how PT OJL developed its environmental sustainability strategy, which aids the business in implementing environmental sustainability elements in its business activities, particularly in its two primary business segments, namely mobility and delivery. Evaluation is based on adherence to theory regarding the organizational stages of the strategy formulation process. The discussion's scope includes an evaluation of the four steps taken by the company's management to create an effective and efficient strategy. The author conducts an evaluation of the course's learning materials for organizational performance management and strategy using an evaluation framework. Based on the evaluation that was done, the authors draw the conclusion that PT OJL's overall strategic planning process and the preparation of the environmental sustainability strategy document are in line with the evaluation framework Simons (2014) proposed for the theory of The 4 Ps Strategy and the cascade hierarchy in Basics for Successful Strategy theory. In other words, PT OJL's implementation of the environmental sustainability strategy planning process in the company's business has complied with the criteria for developing the appropriate strategy."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mahavira Annisa Suyatman
"Waktu tunggu merupakan indikator yang mempengaruhi kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Dari hasil observasi dan survey di lapangan didapatkan waktu tunggu rawat jalan ≥ 60 menit sehingga ditemukan banyak keluhan pasien dalam keterlambatan pelayanan serta mengakibatkan mutu pelayanan menurun. Tujuan penelitian melakukan analisis dan usulan perbaikan mutu proses pelayanan di instalasi rawat jalan RS Mata BEC dengan metode Lean. Penelitian kualitatif dengan analisis data metode lean hospital. Pendekatan kuantitatif untuk menghitung waktu tunggu secara aktual. Populasi penelitian adalah jumlah kunjungan pasien instalasi rawat jalan bulan Juni 2023 sebesar 1704 pasien dan didapatkan jumlah sampel sebesar 323 pasien. Alat yang digunakan data kuantitatif dengan lembar observasi dan stopwatch. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan Current State Map untuk pelayanan rawat jalan RS Mata BEC didapatkan setiap pasien akan membutuhkan waktu untuk dapat dilayani oleh dokter dengan (lead time) sebesar 158,2 menit dan didapatkan 134,2 menit atau prosentase 80% merupakan kegiatan yang dianggap waste (non-value added), serta 24 menit non-value added atau hanya 15% yang merupakan kegiatan yang benilai. Faktor penyebab terbesar waktu tunggu adalah faktor man. Hasil perhitungan menunjukkan belum terpenuhinya standar waktu tunggu pelayanan di rawat jalan yaitu ≤ 60 menit.

Waiting time is an indicator that affects service quality and patient satisfaction. From the results of observations and surveys in the field, it finds that the lead-time outpatient is ≥ 60 minutes, so that many patient complaints were found regarding delays in service and resulted in a decrease in service quality. The aim of the study is to analyze and propose to improve the quality of the service process in the BEC Eye Hospital outpatient installation using the Lean method. Qualitative research with data analysis using the lean hospital method. Quantitative approach to calculate the actual of leading time. The study of population is the number of outpatient patient who visits in June 2023 is 1704 patients and the number of samples is 323 patients. The tools that used in quantitative data is observation sheets and stopwatches. Based on the results of the study it can be concluded that the calculation results of the Current State Map for BEC Eye Hospital outpatient services tell that each patient will need time to be served by a doctor with a (lead time) of 158.2 minutes and obtained 134.2 minutes. It can be called that a percentage of 80% activities are considered waste (non-value added), and 24.4 minutes of non-value added or only 15% which are valued activities. The biggest factor causing waiting time is the man factor. These ratio shows that BEC Eye Hospital is included in Un-Lean and the results of these calculations indicate that the standard leading time for outpatient services has not been standardized, in this case ≤ 60 minutes."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retty Octi Syafrini
"Asuhan keperawatan (askep) isolasi sosial merupakan kegiatan MPKP Jiwa yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan fungsi sosial klien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan implementasi askep isolasi sosial dalam MPKP Jiwa dengan hasil askep pada klien isolasi sosial dan keluarganya, dan mengetahui sustainability implementasi askep isolasi sosial.
Metode penelitian cross sectional. Sampel adalah 58 perawat pelaksana, 32 klien, dan 12 keluarga.
Hasil penelitian : ada hubungan signifikan antara kemampuan perawat pelaksana dalam pemberian askep dengan penurunan tanda gejala dan peningkatan kemampuan klien. Ada hubungan signifikan kemampuan perawat pelaksana dalam implementasi pendekatan manajemen MPKP Jiwa dengan peningkatan kemampuan klien dan keluarganya. Sustainability implementasi askep isolasi sosial telah berjalan dari komponen proses dan staf.

Nursing care (askep) social isolation are soul PNPM activities, is expected to enhance the client's ability to social function.
Aims : to know the relationship of nursing implementation of social isolation in PNPM Soul with the results of nursing on client social isolation and family, and know the implementation of nursing sustainability of social isolation.
Cross-sectional research methods. The sample was 58 nurses, 32 clients, and 12 families.
RESULTS: there was significant relationship between the ability of nurses in the delivery of care with a reduction in signs and symptoms of client upgrades. There was a significant association ability of nurses in Mental PNPM implementation management approach to the upgrading of the client and his family. Sustainability implementation askep social isolation has been running from the component processes and staff."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
T42548
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adrianto Gunawan
"Kegiatan utama sebuah rumah sakit adalah memberikan jasa pelayanan kesehatan. Jasa ini juga merupakan sumber pendapatan bagi rumah sakit. Sehingga keputusan perhitungan dan penentuan tarif menjadi keputusan yang cukup penting. Obyek penulisan adalah tarif kamar perawatan, tarif kamar operasi dan tarif pemeriksaan laboratorium dimana ketiganya merupakan sumber pendapatan utama bagi Rumah Sakit Mata X tempat diambilnya data skripsi. Secara garis besar penulisan berkisar bagaimana ketiga tarif itu dihitung dengan mengacu pada teori-teori yang ada dalam beberapa buku ajar (text books) serta disesuaikan dengan kondisi yang ada. Pembahasan lebih diarahkan pada segi biaya karena dalam komponen tarif unsur biaya menjadi komponen yang sangat menentukan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
S18861
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vicky Valeriana
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas praktik keberlanjutan sebagai bagian dari strategi perusahaan Siemens, dimana perusahaan menargetkan untuk menjadi perusahaan karbon netral pada tahun 2030 dengan pengurangan emisi sebesar 50 persen pada tahun 2020 baseline 2015 . Praktik keberlanjutan dikoordinasi dari Siemens AG ke seluruh bagian Siemens, termasuk PT Siemens Indonesia. Hal ini diselaraskan dengan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan PROPER oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Hasil analisa menunjukkan bahwa PT Siemens Indonesia dapat mencapai pengurangan emisi sebesar 50 persen pada tahun 2020 dan target PROPER Hijaunya.

ABSTRACT
This paper discusses sustainability practices as part of Siemens rsquo corporate strategy, where Siemens aims to be a carbon neutral company by 2030 and 50 percent of carbon emission reduction by 2020 2015 baseline . Sustainability programs are coordinated by Siemens AG to all parts of Siemens, including PT Siemens Indonesia. Execution of the sustainability initiative is in line with Indonesian Corporate Environmental Management Performance Assessment Program PROPER by the Indonesian Ministry of Environment and Forestry. The analyses shows that PT Siemens Indonesia will be able to achieve the 50 percent emission reduction target by 2020 and their Green Level PROPER target. "
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Pradnya Paramita
"Analysis On Marketing Strategy of Pelni's Petamburan Hospital: A Qualitative Study on In-Patient of Internist Department at Pelni Petamburan Hospital , Was Conducted January to March, 1994; The Subject Of The Study Being its Marketing MixIntroduction. Considering the growing availability of the medical services in the Indonesia's healthcare situation today, it is reasonably fair to state that people of certain communities, the user of the hospital services, having an increasingly broader choices in acquiring such services from the available medical institutions. To achieve its mission of providing good medical service, Pelni's Petamburan hospital has to manage its human resources, technology, and its competence to capitalize on the opportunity to provide its services. To anticipate the growing need of the health care services and to be able to compete in the health industry in the coming years, the Pelni's Petamburan hospital needs to formulate strategies to market its services and achieve organization's mission and goals.
Purpose. Through a descriptive analysis on the hospital's marketing activities, this study seeks to identify potential products or services that can be use in its marketing strategies of the internist department.
Methodology. This study is a qualitative study on the marketing management of the Pelni's Petamburan hospital. It is conducted using the records of the patients hospitalized from January through March 1994, based on the assumption that these records may contain the required data for the study. The data used are secondary data from the medical records and primary data, which are obtained through a number of in-depth interviews and direct observation. The statistical analysis is done using the frequency and distribution table.
Result. In the implementation of the hospital's marketing strategies, the critical elements of the product are the medical specialist, the supporting staff and the available facilities. The price, which is targeted to be reasonably competitive, is set based on the survey done by the appointed in-house pricing team. The place, being relatively fixed, is not given much focus in the study, although there are other attributes to the physical location of the hospital that produce an impact on the strategies (e.g. accessibility, convenience). Promotion wise, the hospital needs to establish a focused and integrated team as part of the strategies.
Conclusion. The medical services of the internist department, in particular Diabetes Mellitus, has the potential to be developed as Pelni Petamburan's specialized services to cater to the needs of its surrounding community. The differentiate strategy may be deployed to strengthen the specific marketing strategies for its specialized services.

Pendahuluan. Melihat situasi dan kondisi perumahsakitan di Indonesia dewasa ini, maka dapat dikatakan pasien memiliki kekuatan yang besar dalam memilih alternatif jasa pelayanan yang tersedia di lingkungannya. Selaku pemberi jasa RS Pelni "Petamburan" yang mempunyai kekuatan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi yang baik perlu meraih peluang yang ada untuk memberikan jasa pelayanannya bagi para pasiennya. Untuk mengetahui antisipasi persaingan yang ada dan sejalan dengan perkembangan kebutuhan kesehatan di masa akan datang perlu dirumuskan suatu strategi pemasaran yang dapat mencapai misi dan tujuan RS Pelni "Petamburan".
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis deskriptif tentang kegiatan pemasaran RS Pelni "Petamburan" untuk mencari produk potensial rumah sakit dalam penetapan strategi pemasaran di bidang pelayanan penyakit dalam.
Metodologi. Penelitian ini merupakan studi kualitatif terhadap manajemen pemasaran RS Pelni "Petamburan". Penelitian dilakukan berdasarkan jumlah pasien masuk rawat inap sejak bulan Januari 1994 hingga Maret 1994, karena diperkirakan ada beberapa kegiatan yang dapat mengarah ke penelitian. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari catatan medik. Data primer diperoleh dari wawancara mendalam dan partisipasi observasi peneliti. Analisis statistik yang digunakan adalah tabel frekuensi dan distribusi.
Hasil. Ditinjau dari segi product dalam penetapan strategi pemasaran di rumah sakit, faktor yang sangat kritis dan terpenting adalah dokter spesialis, tenaga pelaksana juga peralatan penunjang diagnosa di RS Pelni "Petamburan". Price diperhitungkan berdasarkan survei tim tarif rumah sakit untuk melihat apakah tarif di sini cukup bersaing. Place disamping lokasi yang sudah tidak dapat dirubah, tentu masih ada faktor lainnnya misalnya sarana pelayanan, dan waktu menunggu, tempat parkir. Untuk promotion diperlukan suatu tim yang terpadu dalam penanganan pemasaran .
Kesimpulan. Penyakit dalam khususnya pelayanan penderita penyakit Diabetes Mellitus dapat dikembangan sebagai produk potensial di mana rumah sakit melihat perbedaan pelayanan dalam hal memasarkan jasa produk RS Pelni "Petamburan". Disamping itu differentiate strategy diterapkan karena rumah sakit diperkuat oleh jajaran dokter spesialis dan tenaga pelaksana. Dengan pelayanan terpadu penderita dari golongan menengah ke atas dapat diberikan pelayanannya dan tanpa meninggalkan fungsi sosial rumah sakit. Alih generasi dari jajaran spesialisasi dan pengembangan tenaga-tenaga profesional dalam penanganan khusus penyakit Diabetes Mellitus dapat menambah kekuatan dalam berkompetisi dengan rumah sakit lain dalam bidang pelayanan penderita Diabetes Mellitus."
Depok: Universitas Indonesia, 1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>