Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 30096 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Uswatun Hasanah
"Literasi merupakan kemampuan individu untuk menggunakan potensi dan kemampuan yang
dimilikinya selain kemampuan baca tulis. Literasi pada sekolah/madrasah dilaksanakan 15 menit
sebelum waktu belajar dimulai dengan membaca buku non pelajaran. Untuk meningkatkan minat
baca siswa dapat dilakukan dengan menyiapkan buku di sudut kelas, perpustakaan, taman,
rumah ataupun lingkungan sekitar. Dengan meningkatnya minat baca siswa maka banyak ilmu
pengetahuan dan wawasan yang didapat sehingga dapat membaharui informasi."
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2019
020 PUS 26:2 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Dewi Murniati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang teruji validitas, kepraktisan dan efektivitasnya dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas lima taha, yaitu (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Subjek coba pada uji perorangan, kelompok kecil dan uji lapangan adalah siswa SMPN 2 Semarapura yang masing-masing berjumlah 3, 12, dan 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tergolong kriteria baik yang telah memenuhi persyaratan validitas dan kepraktisan. Implementasi perangkat pembelajaran matematika realistik juga efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP sebagai subjek coba."
Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2013
370 JPP 46:2 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
I Gede Ari Yudasmara
"Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif biologi yang praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kintamani Bangli, pada kelas VIIIA semester Ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah guru Biologi dan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Kinta-mani. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptifyang berkaitan dengan aspek kepraktisan dan efektivitas melalui angket dan tes hasil belajar biologi siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) media pembelajaran yang berhasil dikembangkan telah memenuhi syarat kepraktisan ber-dasarkan rata-rata nilai respon guru 3,73 (terkategori positif) dan respon siswa 3,5 (terkategori sangat positif) dan 2) Media pembelajaran interaktif biologi ini telah memenuhi syarat keefektivan karena telah berhasil mencapai nilai tes hasil belajar siswa yang mencapai rata-rata 79,04 diatas KKM yang ditetapkan yaitu 72, dan persentase tingkat ketuntasan minimal siswa mencapai 95,83%."
Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2015
370 JPP 48 (1-3) 2015
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Wormeli, Rick
Jakarta: Erlangga, 2011
371.39 WOR mt
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
"Banyak multimedia belajar aritmatika untuk siswa SD yang beredar di masyarakat. Apakah berisi materi aritmatika secara lengkap, serta benar secara konsep dan proses? Apakah menggunakan bunyi yang sesuai dengan materi, nyaman dan menggugah untuk belajar? Apakah gambar (bentuk, warna, proporsi dan animasi) sesuai dengan materi dan karakter siswa SD? Untuk mengetahui hal tersebut diperlukan alat ukur multimedia belajar artimatika untuk siswa SD. Diperlukan metode survey terhadap 30 keping CD belajar aritmatika untuk siswa SD kelas I sampai kelas VI dari berbagai produksi. Hasil observasi, dapat menentukan alat ukur multimedia belajar aritmatika untuk siswa SD yang valid dan reliabel. Diperoleh indikator utama dalam mengukur komponen isi/materi menggunakan sembilan indikator, komponen audio lima indikator dan komponen visual 10 indikator. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa kandungan isi/materi belum lengkap. Diperlukan peningkatan penyampaian materi secara konsep dan proses berdasar sembilan indikator. Terutama kreativitas dalam memberikan materi, gerak visual (animasi) dalam menyimulasikan materi dan penggunaan ikon yang mudah dan tidak rumit. Ditanjau dari audio, terdapat kelemahan dalam: 1) komposisi musik dari beberapa karya yang sudah ada (tidak orisinal), 2) hubungan musik dengan visual gerak dan materi bahan ajar, sehingga musik hanya berfungsi sebagai pelengkap, 3) pengolahan warna bunyi dalam musik (timbre) secara menarik dan komunikatif, 4) musik yang merupakan suatu rangkaian komposisi yang utuh, 5) musik yang memotivasi siswa, 6) perhatian terhadap unsur-unsur elemen dasar musik dan instrumentasi, 7) arransemen yang terolah terkesan monoton. Ditinjau dari komponen visual, terdapat kekuatan dalam: 1) pengolahan unsur gerak visual yang monoton, 2) pengolahan unsur gerak visual yang kaku, 3) pengolahan unsur gerak visual yang tidak sesuai dengan alur penyampaian materi."
JURPEND 14:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Vita Nasrida
"Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas program psikoedukasi Ceria Bersama Anak Tunarungu dengan Membaca (Cermat Baca) untuk meningkatkan keyakinan membaca orang tua dengan anak tunarungu usia dini (4-8 tahun). Desain penelitian ini adalah one group pretest posttest design. Partisipan dari penelitian ini adalah orang tua mendengar (n=15) dengan anak tunarungu usia 4-8 tahun yang bersekolah di TKLB P di Jakarta. Program psikoedukasi Cermat Baca berlangsung 1 hari selama 4 jam. Keyakinan membaca orang tua diukur dengan menggunakan alat ukur Parent Reading Beliefs Inventory (PRBI) oleh DeBaryshe dan Binder (1994) yang telah diadaptasi oleh Utomo et al. (2021). Hasil olah data pretest dan posttest 1 dengan metode Wilcoxon signed-rank test menunjukkan signifikansi nilai p sebesar 0,012 (p<0,05). Setelah jeda 2 minggu, hasil posttest 2 menunjukkan sedikit penurunan rata-rata skor partisipan dibandingkan posttest 1 namun hasil uji signifikansi tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Dari hasil studi ini menekankan perlunya program intervensi yang berkesinambungan, materi program yang sesuai dengan latar belakang pendidikan orang tua yang beragam, serta pemberian umpan balik kepada partisipan selama sesi program untuk meningkatkan keyakinan membaca orang tua dengan lebih baik dan dampak yang lebih lama. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi ilmiah dalam pengembangan program intervensi serupa untuk orang tua dalam rangka mengembangkan kemampuan bahasa anak tunarungu usia dini.

This study aims to measure the effectiveness of the Ceria Bersama Anak Tunarungu Dengan Membaca (Cermat Baca) psychoeducation to increase the parental reading beliefs of early childhood deaf children (4-8 years). The design of this research is a one group pretest posttest design. Participants in this study are hearing parents (n=15) with deaf children aged 4-8 years who attended TKLB P in Jakarta. The Cermat Baca workshop was held in 1 day for a duration of 4 hours. Parental reading beliefs were measured using the Parent Reading Beliefs Inventory (PRBI) measuring tool by DeBaryshe and Binder (1994) which was adapted by Utomo et al. (2021). The results of pretest and posttest 1 data processing using the Wilcoxon sign-rank test method showed a significance value of p of 0.012 (p<0.05). After a 2-week break, the results of posttest 2 showed a slight decrease in the average participant score compared to protest 1 but the results of the significance test did not show significant results. Based on these results, Cermat Baca psychoeducation is effective in increasing parental reading beliefs of parents with early childhood deaf chidlren, although the cause of increasing score after a 2-week gap needs to be looked at more carefully. The results of this study emphasize the need for a sustainable intervention program, program materials that are suitable for parents from diverse educational backgroud, as well as feedback provision to participants during program sessions to increase parents' reading beliefs better and have a longer lasting impact. The results of this research can be used as a scientific reference in developing similar intervention programs for parents in regards to early childhood deaf children’s language skills development."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Kadek Suartama
"The development of multimedia to improve the quality of istructional media laearning process. This research and development based study aimed at designing instructional multi media investigating the usefulness of the multimedia and the impact of the multimedia on the instructional process. The participants of the study consisted of two major cohorts namely 36 participants for the formative evaluation and 37 participants for the summative evaluation. Dta which were analysed descriptively were also collected from content and media expert.Questionnaire and achievement test were mainly used to collect data. The results of the study are as follows: (1) multimedia has been produced through the fuve strages of development (2) from the instructional content disp,ay and technical aspects this instructional multimedia product is in the good category with a score of 4.05, 4,22 4.05 and 4. 05 respectively and (3) the instructional multimedia could improve the quality of instruction"
Singaraja: Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 2010
370 JPP 43:3 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>