Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 171699 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hana Nurila Alfatin
"

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen risiko dalam siklus persediaan pada perusahaan manufaktur dan bertujuan untuk memberikan rekomendasi untuk mengurangi risiko yang teridentifikasi. Penelitian ini menggunakan usaha kecil menengah sebagai studi kasus karena memiliki sumber daya yang terbatas untuk menanggapi potensi risiko yang mengancam kelangsungan bisnis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui analisis dokumen, observasi, dan in-depth interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat risiko yang teridentifikasi pada siklus persediaan yang belum dimitigasi oleh pengendalian internal perusahaan. Risk maturity assessment yang dilakukan sebelum penelitian menunjukkan bahwa perusahaan berada pada tingkat risk naïve dan meningkat menjadi risk defined setelah penelitian.


This study aims to analyze risk management related to inventory cycle of manufacturing company and aims to provide a recommendation to mitigate the risks identified. This research used small-medium enterprise as a case study because it has restricted resources to respond potential risk that could threaten business going concern. The method used in this research is explorative qualitative method with case study approach. Data have been obtained through document analysis, observation, and in-depth interviews with parties involved in the management and operations of the company, such as General Manager, Retail Manager, Production Managers, Head of Warehouse, and Production Operators. The result shows that there are 24 operational risks identified on inventory management, including 2 risks with the category of extreme risk, 2 risks with high risk category, and 12 risks with medium risk category requiring further risk response. This research provides 3 mitigation proposals at extreme risk level, 3 mitigation proposals at medium risk level, and 7 mitigation proposals at moderate risk level recommendation to company that can be applied to mitigate risk so the company could upgrade its risk maturity level to higher level. This research also identified 12 company operations that can reduce the impact and possibility of risk. Risk maturity assessed shows that the company is on the risk naïve level and increased to risk defined level after the research.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simarmata, Mikhael Sakharov
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas mengenai penilaian persediaan PT MM. Persediaan merupakan akun yang perlu mendapatkan perhatian khusus bagi perusahaan manufaktur, karena persediaan merupakan akun yang terdiri dari komponen biaya-biaya. Oleh karena itu kesalahan penilaian persediaan membawa dampak prospektif terhadap laporan keuangan ke tahun berikutnya. Setelah melakukan analisis dapat disimpulkan bahwa kesalahan penilaian persediaan PT MM disebabkan kelemahan pengendalian internal dalam menangani pencatatan akuntansi, kesalahan spesifik berkaitan dengan transaksi seperti perbedaan waktu pengakuan transaksi, belum dilakukan penjurnalan, kesalahan input data, serta kegagalan software sistem informasi akuntansi dalam mengolah pencatatan persediaan. Selain kesalahan terhadap penilaian terdapat beberapa hal yang harus dirubah manajemen dalam mengakumulasi nilai persediaan agar sesuai prinsip akuntansi yang berlaku umum.

ABSTRACT
This internship report examine about inventory valuation that major asset in manufacturing company as PT MM. Inventory must have special attention in manufacturing company, because this account consist many cost component. Because of that, error in this account has prospektif effect to financial statement in next period. After analyze of financial statement, the conclusion of error in inventory valuation occured because of weakness of internal control in accounting record, specific problem like time difference in record transaction, transaction not recorded, wrong data recorded, the last weakness of system information to process inventory records. Beside that management should change their polcy in counting inventory valuation to match with general accepted accounting principle."
2013
S54280
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Benita Carolina Magdalena
"Laporan Magang ini berisi tentang prosedur audit atas persediaan yang dilakukan oleh KAP MJR terhadap akun persediaan di PT ABC untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2015. Pembahasan berfokus pada kebijakan akuntansi atas akun persediaan di PT ABC, prosedur audit, dan proses audit yang dilakukan oleh KAP MJR, beserta analisisnya. Berdasarkan hasil audit, laporan keuangan di PT ABC telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan PSAK. Prosedur audit yang dijalankan oleh KAP MJR telah sesuai dengan standard dan teori yang berlaku.

This report is about audit procedures of inventory in Manufacturing Company PT ABC for period ended December 31st, 2015. The focus of the report lies on accounting policies of inventory PT ABC, audit procedures and audit process performed by KAP MJR, as well as the analysis. Based on result of audit process, Financial Statement of PT ABC have complied with Indonesian Financial Accounting Standards. In addition, audit procedures, which are applied by KAP MJR, have complied with the theory and the standards which prevail."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ananta Adi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta memberikan rekomendasi atas peningkatan efektivitas sistem pengendalian internal pada siklus persediaan di PT TMT. PT TMT adalah perusahaan keluarga yang beroperasi di sektor manufaktur khususnya dalam bidang elevator dan escalator, maka dari itu persediaan menjadi sumber pendapatan utama perusahaan. Sebagai perusahaan keluarga, PT TMT memiliki keterbatasan sumber daya dan infrastruktur sehingga hal ini dapat menghambat penerapan sistem pengendalian internal yang efektif.  Penelitian ini mengadopsi metode pendekatan kualitatif yang mengacu pada kerangka kerja Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi langsung, dan melakukan analisis terhadap dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) PT TMT. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa PT TMT masih memiliki kelemahan pengendalian internal terkait dengan kelima komponen kerangka pengendalian internal COSO. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi yang akurat mengenai kondisi pengendalian internal di PT TMT dan memberikan rekomendasi untuk memperbaiki kelemahan dalam pengendalian internal perusahaan tersebut.

This research aims to analyze and provide recommendations for improving the effectiveness of the internal control system in the inventory cycle at PT TMT. PT TMT is a family-owned company operating in the manufacturing sector, especially in the elevator and escalator industry, making inventory a major source of revenue for the company. As a family-owned company, PT TMT faces limitations in resources and infrastructure which can hinder the implementation of an effective internal control system. This study adopts a qualitative approach that refers to the framework of the Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO). Data collection techniques include interviews, direct observations, and analysis of PT TMT's Standard Operating Procedures (SOP) documents. Based on the research findings, it was found that PT TMT still has weaknesses in internal control related to all five components of the COSO internal control framework. This research is expected to provide accurate information about the internal control conditions at PT TMT and provide recommendations to address the weaknesses in the company's internal control."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratu Tika Bravani
"Skripsi ini menganalisis pengendalian internal serta pengelolaan persediaan toko Sinamar yang masih manual. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui kondisi pengendalian internal persediaan serta menganalisis pengelolaannya agar lebih efisien. Skripsi ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Hasil analisis yang mayoritas diperoleh melalui wawancara menyimpulkan bahwa Sinamar memerlukan sejumlah perbaikan untuk pengendalian internal.
Kebijakan mengenai jumlah penyimpanan persediaan juga perlu diperbaiki. Dengan model EOQ, diketahui bahwa Sinamar dapat menghemat biaya penyimpanan persediaan. Model tersebut dapat diterapkan hanya jika Sinamar dapat memperoleh informasi akurat mengenai persediaan, salah satunya melalui komputerisasi atas sistem manualnya. Hasil analisis keuntungan biaya secara kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa komputerisasi tersebut perlu diwujudkan.

This study analyzes the internal control and inventory management over Sinamar store which is still in manual system. The purpose of this study is to understand the internal control condition of inventory and how to manage it due to efficiency improvement. This thesis is qualitative descriptive. The results, by which majority of the data collected from deep interview, shows that Sinamar needs to improve its internal control due to several lack.
Procedure in determining amount of inventory carried should be resolved as well. According to EOQ model, Sinamar might be able to reduce the carrying cost of inventory. The model could be applied only if Sinamar could maintain the accurate information about inventory, which is done by computerizing its manual system. Results from benefit cost analysis through quantitative and qualitative shows that system computerization should be done.
"
2013
S46358
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rindi Fitria Dewi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi manajemen persediaan pada perusahaan manufaktur tepung PT BFM dan memberikan usulan perbaikan manajemen persediaan agar level persediaan setengah jadi dan persediaan barang jadi dapat mencapai tingkat optimal. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, berupa wawancara dengan jajaran staf dan manajemen PT BFM, serta data historis perusahaan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa manajemen persediaan PT BFM belum optimal, disebabkan karena pengelompokan persediaan tidak konsisten; ramalan penjualan mingguan tidak akurat secara signifikan; penghitungan nilai overall equipment effectiveness (OEE) tidak akurat; dan tanggal pengiriman ke pelanggan tidak sesuai dengan jadwal. Penelitian juga menemukan bahwa upaya yang telah dilakukan PT BFM melalui penyesuaian jadwal produksi awal dan membuat persediaan penyangga, masih menyebabkan pembatalan pesanan penjualan karena barang tidak tersedia, sehingga menimbulkan pandangan bahwa kapasitas produksi PT BFM tidak mencukupi permintaan pelanggan. Penelitian ini memberikan usulan perbaikan manajemen persediaan dengan pengelompokan persediaan menggunakan metode analisis Always Better Control, penghitungan ramalan penjualan mingguan dengan metode single moving average, penghitungan komponen quality pada OEE, penghitungan persediaan penyangga, dan perubahan target pencapaian penjualan dari bulanan menjadi mingguan

This study aims to evaluate the inventory management in PT BFM and to propose recommendations of inventory management in order to maintain the quantity of work in process and finished goods inventory at optimum level. This study uses a case study method with qualitative approach. The data used are consisting of interview with staff and management of PT BFM, and historical data of the company. The result of this study shows that the inventory management in PT BFM was not at optimum, due to inconsistent of inventory classification; significant inaccuracy of sales forecast; inaccuracy of overall equipment effectiveness (OEE); off schedule delivery date to customer. This study also finds that PT BFM has addressed those problems by revising the initial production schedule and providing buffer inventory. However, sales order cancellation due to unavailable finished goods still occurred, hence the production capacity of PT BFM was perceived as insufficient to meet customers’ demand. This study provides suggestions to improve the inventory management by classifying inventory with Always Better Control method, using single moving average method to calculate sales forecast, revising the calculation of quality component in OEE, buffer inventory, and changing the target sales achievement from monthly basis to weekly basis"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heksa Sajdatunnisa
"Penelitian ini membahas terkait pengendalian internal pada siklus pendapatan dan juga siklus produksi PT KNY yang merupakan perusahaan manufaktur home elevator dan electrical control panel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengendalian internal yang ada di PT KNY terhadap siklus pendapatan dan produksi berdasarkan lima komponen pengendalian internal dari kerangka COSO yaitu, lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi & komunikasi, serta aktivitas pemantauan. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan pengamatan secara langsung terhadap kegiatan operasi yang dilakukan oleh PT KNY baik pada saat proses pendapatan atau pun saat proses produksi dilakukan mulai dari menerima pesanan pelanggan, proses perakitan electrical control panel, proses memodifikasi home elevator sesuai dengan pesanan pelanggan, penagihan ke pelanggan, serta pada saat pengepakan pesanan untuk dilakukan pengiriman. Selain itu penelitian ini juga dilakukan dengan mewawancarai manajer keuangan & administrasi serta manajer produksi PT KNY yang dilakukan secara offline.

This study discusses the internal control in the revenu cycle and also the production cycle of PT KNY which is a home elevator and electrical control panel manufacturing company. The purpose of this study was to analyze the internal controls at PT KNY on the revenue and production cycle based on the five components of internal control of the COSO framework, namely, control environment, risk assessment, control activities, information & communication, and monitoring activities. This research was conducted by observing the operating activities carried out by PT KNY both during the revenue process or when the production process was carried out starting from receiving customer orders, assembling the electrical control panel, modifying home elevators according to customer orders, billing to customers, as well as packing orders for delivery. In addition, this research was also conducted by interviewing finance & administration managers and production managers of PT KNY."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Myra Beatrice Soeltanong
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengamati proses perencanaan produksi yang diterapkan perusahaan manufaktur PT X, merancang perencanaan produksi dan pengendalian persediaan yang komprehensif sehingga dapat mengatasi terjadinya kekurangan maupun kelebihan persediaan pada perusahaan. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi pada perusahaan manufaktur PT X, perusahaan manufaktur yang memproduksi kasur per di kota Makassar. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder, berupa wawancara yang dilakukan pada jajaran staf dan manajemen PT X, serta data historis perusahaan. Hasil penelitian berupa perencanaan produksi yang melewati tahap peramalan permintaan, pembentukan jadwal induk produksi, serta perencanaan kebutuhan sumber daya. Selain itu, peneliti juga membentuk sistem pengendalian persediaan yang dapat mendukung kelancaran proses produksi perusahaan dengan metode Economic Order Quantity (EOQ), persediaan pengaman, dan titik pemesanan kembali. Hasil penelitian belum tentu dapat diterapkan pada perusahaan lain dengan pola permintaan maupun pada perusahaan dengan industri yang berbeda. Selain itu, metode yang digunakan dalam pembentukan perencanaan produksi dan pengendalian persediaan pun menjadi keterbatasan dalam penelitian ini.

This research was conducted with the aim of observing the production planning process applied by the manufacturing company PT X then designing a comprehensive production planning and inventory control so that it can overcome the occurrence of shortages and excess of inventory in the company. The research method used is a qualitative method which was conducted by observing the manufacturing company PT X, a manufacturing company that produces springbeds. The data used are primary and secondary data, using instruments such as interviews, conducted on staffs and management of PT X, site visits, as well as company historical data. The results of the research were in the form of production planning, through demand forecasting, master production schedule, and planning for resource requirements. In addition, the researcher also established an inventory control system that could support the company's production process using the EOQ method, safety stock, and reorder points. The research was conducted in Makassar, at a springbed manufacturing company. The results of the research are not necessarily applicable to other companies with different demand patterns or to companies with different industries. In addition, the methods used in production planning and inventory control are limited in this study."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daisy Wijaya Kusuma
"Penelitian ini membahas penerapan penilaian risiko kecurangan pada siklus penjualan domestik PT X menggunakan kerangka COSO Fraud Risk Management Guide 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan instrumen wawancara, observasi, survei, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan analisis isi pada data primer dan sekunder. Objek penelitian ini adalah PT X sebagai unit analisis tunggal. PT X adalah sebuah perusahaan keramik ternama yang sudah beroperasi lebih dari 20 tahun di Indonesia. Pada tahun 2017 PT X baru memiliki sistem pelaporan pelanggaran, dimana aduan yang diterima selama 6 bulan terakhir merupakan kecurangan terkait proses pengiriman barang.

Penelitian ini ditujukan untuk melakukan penilaian risiko kecurangan pada siklus penjualan domestik, merancang strategi anti kecurangan bagi manajemen PT X, dan membuat program audit untuk menguji efektivitas dari kontrol terkait risiko fraud yang diidentifikasi. Tiga area yang berisiko dalam siklus penjualan domestik PT X adalah Sales Administration, Warehouse, dan Finance Account Receivable. Risiko kecurangan yang teridentifikasi pada siklus penjualan adalah kategori korupsi dan penyalahgunaan aset. Sebagian besar risiko berada pada area yang berisiko tinggi. Penelitian ini menghasilkan fraud risk register, rancangan strategi anti kecurangan bagi manajemen perusahaan sebagai pemilik risiko ultimat, yaitu respon pencegahan, deteksi, dan investigasi, dan juga program audit terkait dengan kontrol dari risiko yang diidentifikasi.

Penelitian ini membahas penerapan penilaian risiko kecurangan pada siklus penjualan domestik PT X menggunakan kerangka COSO Fraud Risk Management Guide 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan instrumen wawancara, observasi, survei, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan analisis isi pada data primer dan sekunder. Objek penelitian ini adalah PT X sebagai unit analisis tunggal. PT X adalah sebuah perusahaan keramik ternama yang sudah beroperasi lebih dari 20 tahun di Indonesia. Pada tahun 2017 PT X baru memiliki sistem pelaporan pelanggaran, dimana aduan yang diterima selama 6 bulan terakhir merupakan kecurangan terkait proses pengiriman barang.

Penelitian ini ditujukan untuk melakukan penilaian risiko kecurangan pada siklus penjualan domestik, merancang strategi anti kecurangan bagi manajemen PT X, dan membuat program audit untuk menguji efektivitas dari kontrol terkait risiko fraud yang diidentifikasi. Tiga area yang berisiko dalam siklus penjualan domestik PT X adalah Sales Administration, Warehouse, dan Finance Account Receivable. Risiko kecurangan yang teridentifikasi pada siklus penjualan adalah kategori korupsi dan penyalahgunaan aset. Sebagian besar risiko berada pada area yang berisiko tinggi. Penelitian ini menghasilkan fraud risk register, rancangan strategi anti kecurangan bagi manajemen perusahaan sebagai pemilik risiko ultimat, yaitu respon pencegahan, deteksi, dan investigasi, dan juga program audit terkait dengan kontrol dari risiko yang diidentifikasi.


This study discusses desain and implementation of fraud risk assessment on domestic revenue cycle of PT X, applying COSO framework; Fraud Risk Management Guide 2017. This study uses qualitative approach with case study method. This study uses interview, observation, survey, and documentation as research instruments. Data analysis uses content analysis to primary and secondary data. This study observes PT X as single unit analysis. PT X is a leading tiles company which has been operating for 20 years in Indonesia. In 2017 PT X just began a whistleblowing mechanism and last six months the complaints obtained related to fraud goods delivery process.

The purposes of this study are to implement fraud risk assessment on domestic revenue cycle, to design anti-fraud strategies for management of PT X, and to create audit programs to test control effectiveness related the identified risks. The main risky area on domestic revenue cycle of PT X are Sales Administration, Warehouse, and Finance Account Receivable. The identified risks on domestic revenue cycle are corruption and assets misappropriation. Most identified risks fell on high risk area. The outcome of this study are fraud risk register, anti-fraud strategy for management as ultimate risk owner, and audit program related to identified risk controls."

Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evelina Pramana
"Penelitian ini melihat dan menganalisis manajemen persediaan di salah satu perusahaan manufaktur dengan produk furnitur. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dengan menggunakan 1 sampel untuk diteliti secara komprehensif, yaitu PT. R. Seiring dengan peningkatan persaingan di industri menufatur, membuat para pelaku usahanya perlu untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Salah satu caranya adalah melakukan manajemen persediaan. Dari analisis yang dilakukan diketahui bahwa PT. R. selama ini belum memiliki manajemen persediaan yang efisien.

This thesis observe and analyze the inventory management in one of manufacturing company producing furniture. This research uses case study method, using one sample to be observed comprehensively, which is PT. R. The increasing competitive in manufacturing industry is a basis to increase efficiency and effectiveness. In order to increase it by implementing inventory management. This research proves that PT. R did not have efficient inventory management."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S43529
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>