Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 118039 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Prasena Giritungga Putra
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website rekrutmen yang terdiri dari tiga dimensi (kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan) dengan model penerimaan teknologi yaitu (perceived usefulness dan perceived ease of use) dan faktor pengaruh sosial yang terdiri dari dua dimensi (faktor pengaruh sosial informasional dan faktor pengaruh sosial normatif) terhadap daya tarik organisasi. Penelitian ini melibatkan 161 sampel aktif mahasiswa sarjana Universitas Indonesia jurusan perpajakan, jurusan administrasi fiskal, dan jurusan akuntansi untuk dua jenjang terakhir menggunakan kuesioner. Pengujian data dilakukan secara simultan dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh kualitas situs rekrutmen berorientasi layanan (kualitas informasi & kualitas sistem) pada persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kemudahan penggunaan mempengaruhi daya tarik organisasi dalam hal pengaruh sosial. Ditemukan bahwa pengaruh sosial informasional mempengaruhi daya tarik organisasi. Namun tidak dengan pengaruh sosial normatif. Hasil ini memberikan masukan kepada perusahaan agar dapat memaksimalkan website dengan memberikan kualitas informasi dan layanan website yang terbaik. Karena kedua fitur berorientasi layanan ini sangat mempengaruhi persepsi kerja terhadap daya tarik organisasi. dan meningkatkan aktivitas eksternal yang mempengaruhi persepsi lingkungan sosial terhadap organisasi.
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of the quality of the recruitment website which consists of three dimensions (information quality, system quality, and service quality) with a technology acceptance model, namely (perceived usefulness and perceived ease of use) and social influence factors consisting of two dimensions (factor informational social influence and normative social influence factors) on organizational attractiveness. This study involved 161 active samples of undergraduate students at the University of Indonesia majoring in taxation, majoring in fiscal administration, and majoring in accounting for the last two levels using a questionnaire. Data testing was carried out simultaneously with the Partial Least Square (PLS) method. The results show the effect of service-oriented recruitment site quality (information quality & system quality) on perceived ease of use, and perceived ease of use affects organizational attractiveness in terms of social influence. It was found that informational social influences affect organizational attractiveness. But not with normative social influences. These results provide input to the company in order to maximize the website by providing the best quality information and website services. Because these two service-oriented features greatly affect the perception of work towards the attractiveness of the organization. and increasing external activities that affect the perception of the social environment towards the organization."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ryan Ongdrus
"ABSTRACT
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan organizational attractiveness pada PT. Unilever Indonesia, Tbk yang dipengaruhi oleh corporate recruitment website quality dan informational social influences secara simultan. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yang berasal dari penelitian terdahulu yaitu, variabel corporate recruitment website quality dari Lin, variabel informational social influences dari Van Hoye, dan variabel organizational attractiveness dari Gomes dan Neves. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode survei. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner online berupa Google Form. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah responden yang ada di dalam penelitian ini berjumlah 150 orang yang merupakan generasi Y atau generasi millennials (lahir antara tahun 1980-tahun 2000) yang berdomisili di DKI Jakarta dan pernah melihat website rekrutmen PT. Unilever Indonesia, Tbk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa corporate recruitment website quality dan informational social influences mempengaruhi organizational attractivenss secara signifikan.

ABSTRACT
The purpose of this research is to explain the organizational attractiveness of PT. Unilever Indonesia, Tbk that influenced by corporate recruitment website quality and informational social influences simultaneously. This research used three variables that comes from previous researchs which are the variables of corporate recruitment website quality by Lin, the variables of informational social influences by Van Hoye, and the variables of organizational attractiveness by Gomes and Neves. This research used a quantitative approach. Data was gathered by applying survey method. The instrument for data collecting in this research was online questionnaire in form of Google Form. The sampling technique in this research was purposive sampling. Total respondents in this research were 150 people of Y generations or millennials generations (born between 1980-2000) that domiciled in DKI Jakarta and have seen corporate recruitment website of PT. Unilever Indonesia, Tbk. The result of this research shows that corporate recruitment website quality and informational social influences affect organizational attractiveness significantly."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Fazri Ayuningtyas
"War of talents, saat ini merupakan isu hangat dalam manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh employer attractiveness terhadap minat melamar pekerjaan pada mahasiswa strata 1 rumpun sosial humaniora Universitas Indonesia. Variabel independen dalam penelitian ini adalah employer attractiveness yang diukur dengan menggunakan teori Berthon. Sedangkan variabel dependen dari penelitian ini adalah minat melamar pekerjaan yang diukur dengan menggunakan teori Taylor dan Bregman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Responden penelitian merupakan 150 mahasiswa dimana diambil 30 mahasiswa dari setiap fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Hukum. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara employer attractiveness dengan minat melamar.

War of talents, currently is a hot issue in human resources management area. The purpose of this study is to analyze the influence of employer attractiveness on intentions to apply from undergraduate students from Social and Humanities fields in University of Indonesia. The independent variable in this study is employer attractiveness which was measured by using Berthon theory. The dependent variable in this study is intentions to apply which was measured by using Taylor and Bregman theory. This research used quantitative methods with questionnaire as a research instrument. The respondent are 150 students which is taken by 30 students from each Faculty of Economics, Faculty of Humanities, Faculty of Social and Political Sciences, Faculty of Psychology, and Faculty of Law. The data in this study were analyzed by using descriptive analysis. Results showed that there is an influence between employer attractiveness and intentions to apply.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S65881
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alifia Puspita Zahra
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara corporate image terhadap organizational attractiveness dengan mediasi employer image dan person-organization fit serta moderasi social identity consciousness. Penelitian ini merupakan riset kuantitatif yang menggunakan analisis structural equation modelling dan diuji melalui lisrel 8.8. Sebanyak 264 responden berhasil dikumpulkan dari mahasiswa tingkat akhir dan lulusan baru universitas. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pengaruh mediasi employer image saja lebih besar dibandingkan mediasi serial employer image dan person-organization fit pada pengaruh corporate image terhadap organizational attractiveness. Selain itu, pengaruh moderasi social identity consciousness belum ditemukan signifikan. Keterbatasan penelitian ini adalah peneliti tidak membedakan latar belakang program studi responden yang dapat memengaruhi pandangan responden untuk bekerja di perusahaan bank digital. Dengan menggunakan hasil penelitian ini, manajemen dapat mengetahui bahwa penting untuk menciptakan image yang positif melalui kegiatan employer branding agar sukses menarik pelamar berbakat bagi perusahaan. Studi ini menggabungkan variabel person-organization fit pada model penelitian untuk melihat hubungannya terhadap organizational attractiveness.

This study aims to examine the relationship between corporate image and organizational attractiveness by mediating employer image and person-organization fit and moderating social identity consciousness as moderating variable. This is a quantitative research using structural equation model analysis and tested by Lisrel 8.8. A total of 264 respondents were collected from final year students and recent university graduates. The research findings reveal that the effect of mediated employer image is greater than that of serial mediation of employer image and person-organizational fit on the relationship between corporate image and organizational attractiveness. In addition, the moderating effect of social identity awareness has not been found to be significant. The limitation of this research is that the researcher does not distinguish the background of the respondents' study programs which can influence the respondents' views on working in digital banking companies. By using the results of this research, management can understand that it is important to create a positive image through employer branding activities in order to be successful in attracting talented applicants for the company. This study incorporates the person-organization fit variable in the research model to see its relationship with organizational attractiveness."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satrio Wibowo Dwianggoro
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elga Theresia
"Skripsi ini merupakan studi eksperimen untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility CSR sebagai faktor yang membuat calon pegawai atau karyawan tertarik kepada suatu perusahaan dan berniat untuk melamar kerja kepada perusahaan tersebut. Konsep yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara CSR dan ketertarikan serta niat melamar kerja kepada perusahaan adalah Person-Organization fit P-O fit . P-O fit dalam penelitian ini adalah persepsi adanya kecocokan antara nilai etika yang dipegang oleh seseorang dengan perusahaan ethical fit . Penelitian dilakukan secara quasi eksperimen terhadap 4 kelompok mahasiswa tingkat akhir, masing-masing kelompok terdiri dari 29 partisipan. Partisipan diminta untuk membayangkan mereka sedang mencari pekerjaan. Setiap grup mendapat satu jenis artikel tentang sebuah perusahaan dengan kombinasi tingkat baik atau buruk CSR dan Corporate Ability CA yang berbeda dari kelompok lainnya. Hasil penelitian memperlihatkan manfaat menerapkan dan mengkomunikasikan CSR yang baik. CSR yang baik membentuk persepsi adanya kesesuaian nilai etika antara calon pegawai dengan perusahaan. CSR yang baik juga meningkatkan daya tarik organisasi bagi calon pegawai, mereka lebih cenderung untuk berniat melamar kerja pada perusahaan yang memiliki CSR baik.

This thesis is an experimental study to examine the effect of Corporate Social Responsibility CSR as a factor which affects perceived attraction by prospective employees and intent to apply for a job at a company. The concept used to explain the relations between CSR, organizational attractiveness and intent to apply is Person Organization fit P O fit . P O fit in this research referred to perceived ethical fit. Quasi experimental research was conducted on four groups of final year students. Each group consisted of 29 participants. Participants were asked to imagine that they were looking for a job. Every group received one particular type of article about a company with combination of CSR and Corporate Ability CA levels good or bad . The findings of this research confirm the advantage of implementing and communicating good CSR. CSR influences public relation students prospective public relations practitioners perceived ethical fit. CSR also has significant influence on a company's attractiveness. Therefore, future employees are more likely to have an intention to apply to a company which has good CSR.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosmalia Sari Dewi
"Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh environmental reputation terhadap job pursuit intention yang dimediasi oleh organizational attractiveness dan organizational prestige pada generasi Z Indonesia. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode convenience sampling dan cross-sectional design dengan jumlah sampel 612 responden. Data diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa environmental reputation tidak memiliki pengaruh positif terhadap job pursuit intention. Sedangkan environmental reputation memiliki pengaruh positif terhadap organizational attractiveness dan organizational prestige. Selanjutnya, organizational attractiveness dan organizational prestige memiliki pengaruh positif terhadap job pursuit intention. Kontribusi teoritis dari penelitian ini adalah dapat menemukan pengaruh positif environmental reputation terhadap job pursuit intention ketika dimediasi oleh organizational attractiveness dan organizational prestige. Selain itu, kontribusi praktis dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan untuk dapat meningkatkan job pursuit intention generasi Z Indonesia

This study aims to understand the effect of environmental reputation on job pursuit intention which is mediated by organizational attractiveness and organizational prestige on Indonesia generation Z. This quantitative study approach with convenience sampling and cross-sectional design with a sample of 612 respondents. Data is analyzed using Structural Equation Modelling (SEM). The result of the study show that environmental reputation does not have a positive influence on job pursuit intention. While environmental reputation has a positive influence on organizational attractiveness and organizational prestige. Furthermore, organizational attractiveness and organizational prestige have a positive influence on job pursuit intention. The theoretical contribution of this study is to be able to find the positive effect of environmental reputation on job pursuit intention when mediated by organizational attractiveness and organizational prestige. In addition, the practical contribution of this research is as a provision of considerable factors in maximazing the job pursuit intention of Indonesian Z generation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khairunnisa Della Egaputri
"Penelitian in bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari perceived credibility of online job advertisement dan employer branding terhadap intention to apply dengan daya tarik organisasi sebagai variabel mediasi yang dilihat pada perusahaan tech start-up di Indonesia. Penelitian in juga memasukan karakteristik generasi Z yang diindikasikan memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi lainnya. Responden penelitian berjumlah 260 orang yang merupakan para pencari kerja generasi Z yang berdomisili di Jabodetabek. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perceived credibility of online job advertisement dan employer branding terhadap intention to applyyang dimediasi secara parsial oleh variabel daya tarik organisasi.

The study aims to determine the influence of perceived credibility of online job advertisements and employer branding on intention to apply, with organizational attractiveness as a mediating variable, in tech start-up companies in Indonesia. The study also incorporates the characteristics of Generation Z, who are indicated to have distinct characteristics compared to other generations. The research respondents consist of 260 individuals who are job seekers from Generation Z residing in the Greater Jakarta area. The research method employed is quantitative using Structural Equation Model (SEM) analysis. The results of this study indicate that there is a positive and significant influence of perceived credibility of online job advertisements and employer branding on intention to apply, partially mediated by the organizational attractiveness variable."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lindry Eka Primastuti
"Penelitian ini menganalisis tentang persepsi mahasiswa Strata 1 bidang Sosial dan Humaniora Universitas Indonesia mengenai kriteria perusahaan yang ideal untuk bekerja. Analisis dilakukan dengan menggunakan variabel Employer Attractiveness (Berthon, 2005) dengan lima dimensi yang terdiri dari 25 indikator. Penelitian bersifat univariat dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey melalui kuesioner skala likert dan didukung oleh wawancara mendalam. Responden penelitian merupakan 150 mahasiswa, dimana diambil 30 mahasiswa dari setiap fakultas Sosial dan Humaniora, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan Fakultas Psikologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dimensi yang paling mempengaruhi ketertarikan mereka pada sebuah perusahaan ialah Interest Value dan Social Value. Indikator yang paling diminati oleh para mahasiswa meliputi produk yang inovatif dan lingkungan kerja yang menyenangkan.

This study analyzes the perceptions of undergraduate students from Social and Humanities fields in University of Indonesia on ideal company to work. The analysis was conducted based on the variable of Employer Attractiveness (Berthon, 2005) with five dimensions consisting of 25 indicators. This research is univariate and used a quantitative approach. Data collected by survey method through a Likert scale questionnaire and supported by in-depth interviews. The respondents are 150 students, which is taken by 30 students from each faculty of Social and Humanities, namely Faculty of Law, Faculty of Economics, Faculty of Social and Political Sciences, Faculty of Humanities and the Faculty of Psychology. The results showed that the most affecting dimensions are the Interest Value and Social Value. The most in demand indicators by students are innovative products and a pleasant working environment.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S57220
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulistiana Prasetya
"User experience adalah komponen penting dalam pengembangan situs web di mana arsitektur informasi perlu dipertimbangkan. Arsitektur informasi dapat membantu memudahkan pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari dan butuhkan di sebuah situs web. Dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan pengguna, Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) perlu menganalisis hubungan antara pengalaman pengguna dengan persepsi pengguna terhadap arsitektur informasi. Penelitian ini menggunakan instrumen Post-study System Usability Questionnaire (PSSUQ), Usability Metric For User Experience (UMUX), Standardized User Experience Percentile Rank Questionnaire (SUPR-Q), dan Library Search UX dan mendapat tanggapan dari 127 mahasiswa UI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pencarian perpustakaan, kapabilitas sistem, navigasi situs web, kepercayaan, loyalitas, dan antarmuka pengguna berpengaruh signifikan terhadap persepsi pengguna terhadap arsitektur informasi situs Perpustakaan Universitas Indonesia. Selain itu, kualitas informasi, kualitas antarmuka, dan kualitas sistem tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi pengguna terhadap arsitektur informasi situs web Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini bermanfaat untuk pengembangan lebih lanjut dari situs web Perpustakaan UI.

User experience is an essential component in website development where information architecture needs to be considered. Information architecture can help make it easier for users to find what they are looking for and need on a website. In providing the information needed by users, the Universitas Indonesia (UI) Library needs to analyze the relationship between user experience and user perceptions of information architecture. This research uses the Post-study System Usability Questionnaire (PSSUQ), Usability Metric For User Experience (UMUX), Standardized User Experience Percentile Rank Questionnaire (SUPR-Q), and Library Search UX instruments and received responses from 127 UI students. The results showed that library search, system capability, website navigation, trust, loyalty, and user interface significantly affect user perceptions of the information architecture of the Universitas Indonesia Library website. In addition, information quality, interface quality, and system quality do not significantly affect user perceptions of the information architecture of the Universitas Indonesia Library website. This research is useful for further development of the UI Library website."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>