Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 135110 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hariadi Widiarta
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1980
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sally Suciati Adiwardhana
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1981
S2173
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manullang, Septalina
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1984
S2067
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stanley Bratawira
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1982
S2076
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
cover
cover
Hanisa Amalina
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh jenis teks dan tampilan gambar terhadap kemampuan mengingat materi pelajaran IPA tingkat Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dan terdapat dua eksperimen yang dilakukan. Pada eksperimen I, peneliti memanipulasi jenis teks dengan dua variasi, yaitu teks yang berisi definisi dan teks yang berisi analogi. Pada eksperimen II, manipulasi tampilan gambar terdiri dari tiga variasi, yaitu tidak terdapat gambar, gambar tunggal, dan gambar berurutan. Ketiganya dibuat berdasarkan Teori Kognitif pada Pembelajaran Multimedia oleh Mayer (2003). Pengukuran terhadap ingatan dilakukan dengan memberikan soal yang berkaitan dengan materi yang ditampilkan sebelumnya. Dugaan yang dibuat oleh peneliti adalah jenis teks analogi dan gambar berurutan secara signifikan memiliki skor ingatan lebih tinggi. Secara keseluruhan, hasil dari kedua eksperimen ini tidak menunjukkan adanya skor yang secara signifikan lebih tinggi pada kelompok yang mendapatkan teks yang berisi analogi di eksperimen I dan kelompok yang mendapatkan gambar berurutan di eksperimen II.

This study was conducted to examine the influence of text and picture types on junior high school students? memory upon Science material. This is an experimental study consisting of two experiments. In Experiment I, the researcher manipulated types of text into two variants: text with definition and text with analogy. In Experiment II, the researcher enhanced the types of text into three variants: without picture, with single picture, and with sequential pictures. The three variants were designed based on Mayer?s Cognitive Theory in Multimedia Learning (2003). The respondents were given questions related to the presentation material. Memory assessment was conducted by scoring the participants based on their total correct answers. The researcher assumed that text with analogy and enhanced text with sequential pictures would significantly contribute to higher memory test score. Overall, both experiments showed that there is no significant higher score in group that received text with analogy in Experiment I and group that received text with sequential pictures in Experiment II.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60650
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sawitri
"ABSTRAK
Keterangan saksi ;nnat dipercaya ojeh orang lain, dan Icjirenanya memiliki peran yang
sangat peiiting. Nainun, saksi beiiLrokan antar agania sering niemberi keterangan yang
berbeda satu sama lain, Perbedaan im dapat dijelaskan dengan teori ingatan sebagai
proses sosial, yaitu (eon yang meliliat mgalan bukan semata-mata pengeluaran infonnasi
yang telali dialanii sebelumnya (seperti alat perekain), nielainkan suatu usaha aktif untuk
merekonstruksi kejadiau, untuk uiembuatnya masuk akal. Dalam model ingatan semacam
ini skema memamkan peran yang sangat penting, yaitu sebagai patokan untuk
mengintegrasikan informasi ke ingatan. Skema yang digunakanyteraktifkan saat melihat
bentrokan antar kelonipok lemiasuk ke dalam tipe role schema, yang karena proses
kategorisasi dan perbandingan sosial bentuknya menjadi favoritisme kelompok-dalam
(Penilaian yang lebiti positif teihadap ingroup dibandtng terhadap outgroup). Pengamh
skema terhadap ingatan masih dip^debatkan. Ahli yang menganut schema view
mengatakan bahwa informasi yang konsisten dengan skema akan diingat, sementara yang
inkonsisten akan terdistorsi/terlupa. Sedangkan alih yang menganut network view
percaya bahwa justni informasi yang inkonsisten dengan skemalah yang akan lebih
dungat dan yang konsisten. Peneliti cenderung menyetujui netwok view. Karenanya
penehtian ini bertujuan untuk melihat pengamh favontisme kelompok-dalam (sebagai
skema) terhadap ingatan episodik, dimana peneliti menduga bahwa pengaruhnya akan sesuai deiigan network view: senmkin tinggi favoritisme kelompok-dalam semakin tinggi
akurasi ingatan akan cerita yang mendiskreditkan keloinpok-dalam (semakin inkonsisten
semakin diingat), dan semakin tinggi favoritisme kelompok-dalam semakin rendah
akurasi ingatan akan cerita yang mendiskreditkan kelompok-luar (semakin konsisten
semakm tidak diingat). Hasil penelitian, yang menggunakan metode kuantitatif dengan
regresi majemuk sebagai metode pengolahan datanya, tidak mendulomg hipotesa diatas.
Walaupun ada kecenderungan data mendukung network view, namun pengaruh
favoritisme kelompok-dalam terhadap akurasi ingatan episodik sangat kecU. Favoritisme
kelompok-dalam hanya dapat memprediksi 22,5% akurasi ingflfan akan cerita yang
inkonsisten dengan skema, dan 6% untuk cerita yang konsisten. Karenanya, imtuk
penelitian selanjutnya disarankan untuk mencari faktor-faktor lain yang berpengamli
terhadap ingatan. Disamping itu juga disarankan untuk meneliti kesalalian ingatan, guna
meliliat bentuk-bentuk kesalahan yang teijadi pada ingatan bentrokan antar agama, dan
menggunakan metode eksperimental."
1999
S2567
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>