Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 173533 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adam Wirya Slamet
"Fenomena kasus terorisme di Indonesia terus berkembang semakin kompleks. Pada awalnya kasus teror dilakukan oleh kelompok dengan afiliasi tertentu, kini muncul fenomena kasus baru yang biasa disebut lone wolf. Di satu sisi, kemajuan teknologi informasi yaitu internet dimanfaatkan oleh individu radikal pro teror. Dengan demikian penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa motivasi, faktor serta latar belakang proses radikalisasi dan aksi teror lone wolf, serta bagaimana internet bertindak sebagai pendorong aksi teror lone wolf. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori yang di kemukakan oleh Kruglanski dan Webber tentang proses radikalisasi seseorang yang mengarah pada tujuan penggunaan cara-cara radikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi kasus lone wolf oleh Suliono dan Leopard. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumen, kemudian dilakukan teknik triangulasi dalam pemeriksaan keabsahan data dan diolah menggunakan alat risk assessment MIKRA. Hasil penelitian menerangkan bahwa proses radikalisasi kasus lone wolf kepada individu radikal diakibatkan oleh internet menjadi katalisator radikalisasi diri, juga sebagai alat dan bahan penyebaran paham dan aksi terorisme.

The phenomenon of terrorism cases in Indonesia continues to grow increasingly complex. At first, terror cases were carried out by groups with certain affiliations, now a new phenomenon known as lone wolf has emerged. The Advances in information technology, namely the internet, are being used by radical pro-terror individuals. This study aims to analyze the motivation, factors and background of the radicalization process and lone wolf terror acts, as well as how the internet acts as a driver for the lone wolf terror act. The analysis in this study was carried out using the theory put forward by Kruglanski and Webber about the radicalization process of a person which leads to the goal of using radical methods. The research method used is a qualitative method with a case study of lone wolf by Suliono and Leopard. Data collection techniques used were interviews and document study, then triangulation techniques were used to check the validity of the data and processed using the MIKRA risk assessment tool. The results of the study explained that the process of radicalization of lone wolf cases to radical individuals was caused by the internet as a catalyst for self-radicalization, as well as a tool and material for the dissemination of terrorism and acts of terrorism."
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danifa Vanesia Purwanto
""ABSTRAK
"
Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi intensi wirausaha mahasiswa menggunakan teori perilaku yang direncanakan. Dalam teori ini, intensi seseorang dapat diukur dengan tiga indikator yaitu sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan persepsi kendali perilaku. Penelitian ini juga memprediksi intensi berwirausaha dengan membandingkan dua fakultas yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Sampel penelitian adalah mahasiswa tingkat akhir FEB UI dan mahasiswa tingkat akhir FIB UI. Secara keseluruhan, hasil penelitian memperlihatkan bahwa dengan latar belakang pendidikan yang berbeda ditemukan perbedaan intensi wirausaha pada kedua fakultas tersebut. Faktor sikap terhadap perilaku dan persepsi kendali perilaku juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa FEB UI dan FIB UI. Norma subjektif tidak memiliki pengaruh terhadap intensi berwirausaha mahasiswa FEB UI dan FIB UI.
"hr>"
"b>ABSTRACT
"
This researchs aims to predict students entrepreneurial intentions by applying TPB The Theory of Planned Behavior . In TPB framework, intention is a function of three antecedent which is attitudes toward behavior, subjective norms, and perceived behavioral control. This research also predict entrepreneurial intentions by making comparative analysis among different group of students with different educational backgroud. Sample of this study is final year students of Economic and Business faculty and Cultural Sciences faculty. Overall, the results showed that with the different of educational background theres is a differences of entrepreneurial intentions in both faculties. Student rsquo s attitude toward behavior and perceived behavioral control positively affects entrepreneurial intentions. Then, subjective norms doesn rsquo t have positive affect towards student rsquo s entrepreneurial intentions."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Avina Waliyanri
"Fenomena pelaku tunggal atau lone wolf terorisme merupakan masalah yang terus berkembang di Indonesia. Hal ini biasanya tidak terlepas dari pengaruh radikalisme online, yang terjadi melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penggunaan media sosial dapat berpengaruh terhadap terorisme lone wolf di Indonesia menggunakan studi kasus Raden Bagaskara. Penelitian ini membahas 5 teori yang berkaitan dengan radikalisme online dan terorisme lone wolf, yaitu teori analisis jaringan sosial, echo chamber pada media sosial, piramida radikalisasi, passion obsesif dan obsesi ideologi, dan teori bathtub motivasi lone wolf.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa seorang pengguna media sosial memasuki jaringan sosial bersifat online, dan algoritma media sosial dapat menciptakan echo chamber yang akan memaparkan konten propaganda radikalisme terhadap pengguna secara terus menerus. Dengan paparan tersebut, maka pemahamannya akan bergeser menjadi radikal dan keinginan untuk melakukan serangan akan muncul. Apabila motivasi untuk menyerang berakumulasi dan melebihi ambang batas, maka serangan terorisme lone wolf akan terjadi.

The phenomenon of lone wolf terrorism is a problem that continues to develop in Indonesia. This usually relates to the influence of online radicalism through social media. This study aims to examine how the use of social media can influence lone wolf terrorism in Indonesia using the case study of Raden Bagaskara. This study discusses five theories related to online radicalism and lone wolf terrorism, namely the social network analysis theory, the echo chamber theory on social media, the radicalization pyramid, obsessive passion and ideological obsession, and the lone wolf motivation bathtub theory. This research uses a qualitative approach. The research data for this study were collected through interviews and documentation studies. The data analysis technique for this research was carried out using qualitative data analysis techniques, including data reduction, data presentation, and drawing conclusions/verifying data. The result of this study is that a social media user enters an online social network, and the social media algorithm can create an echo chamber that will continuously present radical propaganda contents to the user. With this exposure, their understanding will shift to become radicalized and the desire to carry out an attack will emerge. If the motivation to attack accumulates and exceeds its limits, then a lone wolf terrorist attack will occur."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Catrin Putri Danik
"Semakin maraknya penggunaan internet mengakibatkan adanya perkembangan akan kebutuhan manusia dalam ruang sosial virtual. Hal ini diiringi dengan munculnya berbagai macam sosial media, yang memiliki ragam dan fungsi yang berbeda-beda. Melihat kritteria third place Oldenburg sebagai salah satu pemenuh kebutuhan manusia akan ruang interaksi sosial lalu melihat bagaimana peran teknologi dalam membentuk virtual third place pada ruang cyber. Dilakukanya studi kasus pada couchsurfing.org yang berfungsi sebagai sosial media yang mampu menghasilkan interaksi sosial di dalamnya. Dengan berkembangnya teknologi, virtual third place hanya mampu menstimulasi aktual third place. Namun virtual third place dapat mendorong munculnya third place pada ruang aktual.

The widespread of Internet users, lead to the development of human needs in the virtual social space . It is accompanied by the emergence of various kinds of social media, which has a wide and diverse functions. Seeing character Oldenburg third place as one of fulfilling the human need for social interaction space and then see how the role of technology in shaping a virtual third place on cyber space. a case study on couchsurfing.org that have functions as a social medium that is able to generate social interaction within it. With the development of technology, a virtual third place only able to stimulate the actual third place. However, a virtual third place could encourage the emergence of third place on the actual space."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55037
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rinjani Indah Lestari
"Skripsi ini membahas mengenai adanya perbedaan persepsi praktek monopoli yang diatur oleh Undang-undang No. 32 tahun 2002 tentang Penyiaran dan Undang-undang No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Perbedaan ini kemudian menimbulkan adanya permasalahan ketika dihadapkan dalam kasus Akusisi atau pengambilalihan saham Lembaga Penyiaran Swasta yang menyangkut kedua Undang-undang tersebut. Yang dalam kasus ini adalah Akuisisi atau pengambilalihan saham yang dilakukan oleh PT EMTEK Tbk kepada PT IDKM Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif. Hasil penelitian adalah Akuisisi tersebut tidak melanggar persepsi praktek monopoli yang ada di kedua Undang-undang baik UU Penyiaran maupun UU Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidakk Sehat

This thesis discusses about the differences in terms of practical of monopoly in Act No. 32/2004 about Broadcasting and Act No. 3/1999 about Antitrust. This differences create a legal issues when there is an acquition in Private Broadasting Instituion that involved these two Acts. The reseach method used is normative. The results are these acquisition has not break any percetion of monopoly practical in these two Acts which are Broadcasting Acts and Antitrust Act."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2013
S44597
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gatot Priyambodo
"Banyaknya beban non-linear pada sistem distribusi tenaga listrik telah membuat arus dan tegangan sistem menjadi terdistorsi dengan persentase kandungan THD (Total Harmonic Distortion) yang sangat tinggi. Umumnya sistem distribusi tenaga listrik yang terdistorsi tersebut didominasi oleh harmonisa orde ganjit frekuensi rendah, yakni arus harmonisa orde ke tiga lima, tujuh, dan sembilan, yang magnitud arus harmonisanya berbanding terbalik dengan orde harmonisanya. Tingginya persentase kandungan harmonisa atau THD pada sistem tenaga listrik dapat menyebabkan timbulnya beberapa persoalan harmonisa yang serius pada sistem tersebut dan lingkungannya, seperti terjadi resonansi pada sistem yang merusak kapasitor kompensasi factor daya, membuat factor daya sistem menjadi lebih buruk, menimbulkan interferensi terhadap sistem telekomunikasi, meningkatkan rugi - rugi sistem, menimbulkan berbagai macam kerusakan pada peralatan listrik yang sensitive, yang kesemuanya merupakan gangguan - gangguan yang menurunkan mutu sumber daya listrik atau lebih dikenal dengan istilah Power Quality. Berbagai metode untuk meminimalisasi hannonisa pada sistem tenaga listrik telah banyak dipresentasikan. Namun, dalam prakteknya masih mempunyai banyak kcicmahan. Pemakaian Auto-transfonnator penggeser fasa type T1000 dan POWER STAR T2000 diharapkan dapat mengurangi harmonisa, khususnya harmonisa ke-tiga, ke-lima, ke-tujuh dan ke-sembilan, serta dampak yang timbul dari harmonisa tersebut."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S39193
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iffa Zuraida
"Penelitian ini mereplikasi model, kuesioner, dan metode penelitian yang dikembangkan oleh Cho et al. (2013) yang meneliti pengaruh manajemen emosi di tempat kerja, yang terdiri dari emotional labor dan emotional exhaustion, terhadap kepuasan kerja dan komitmen afektif organisasi. Namun, penelitian ini dilakukan dalam konteks berbeda dengan penelitian Cho et al., yaitu dalam konteks karyawan hotel berbintang empat di Indonesia.Oleh karena itu, Peneliti ingin menganalisis apakah penelitian Cho et al. dapat menggambarkan seluruh variabel model penelitiannya dengan tepat dalam konteks yang berbeda tersebut. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner ke 113 responden dari satu hotel berbintang empat di Jakarta.Dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling, didapatkan hasil yang serupa dengan penelitian sebelumnya, yaitu bahwa emotional labor memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi.Sedangkan, emotional exhaustion hanya berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan kerja.

This research replicates the model, questionnaire, and research method developed by Cho et al. (2013). It researches the impact of emotional management in the workplace, measuring the relationship among emotional labor and emotional exhaustion, towards job satisfaction and affective organizational commitment. However, this research is conducted in different setting in contrast to the one Cho et al. did in their research. The respondents were employees of a four star hotel in Indonesia. The objective of this research is to analyze whether the model designed by Cho et al. is applicable to a different context and different industry. Questionnaire were distributed to 113 respondents from a four star hotel in Jakarta. Using the Structural Equation Modeling method to analyze the data, similar patterns as that of Cho et.al. study were observed. Emotional labor positively and significantly impacts both job satisfaction and organizational commitment, whereas emotional exhaustion negatively and significantly impacts job satisfaction only.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57623
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oscar Jeremiah Budiman
"Tesis ini membahas penerimaan pelanggan terhadap layanan uang elektronik, khususnya mobile payment dan perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pelanggan tersebut pada generasi X dan generasi Y. Layanan uang elektronik di Indonesia masih dianggap sebagai suatu layanan yang relatif baru, dimana tingkat penetrasi layanan tersebut masih sangat rendah apabila dibandingkan dengan tingkat penetrasi layanan uang elektronik di negara lain. Teori technology acceptance model digunakan pada penelitian ini sebagai kerangka acuan untuk melihat perbedaan faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pelanggan terhadap layanan yang dianggap sebagai teknologi baru tersebut. Data penelitian ini menyatakan bahwa generasi mempunyai efek moderasi kepada perceived monetary value yang hanya berpengaruh secara signifikan terhadap responden generasi X serta kepada media influence yang berpengaruh secara signifikan hanya terhadap responden generasi Y.

The focus on this study is to analyze customer acceptance on e-money, specifically on mobile payment and the factors affecting the acceptance on generation X and generation Y. E-money service is considered as a new technology, considering the penetration level is way lower when compared with the penetration level in other countries. This study uses technology acceptance model as a framework to check what are the factors affecting customer acceptance for this new technology. Data collected in this research says that generation have moderation effect on perceived monetary value that significantly affects generation X respondents and media influence that significantly affects generation Y respondents."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salsya Berin Citranagari
"Pertumbuhan transaksi melalui electronic commerce (e-commerce) mengakibatkan terjadinya peningkatan jumlah pengaduan konsumen. Salah satu e-commerce yang saat ini cukup menarik minat masyarakat adalah Online Travel Agent (OTA). Adapun OTA merupakan agen perjalanan berbasis digital yang berfungsi sebagai media promosi dan penjualan jasa perjalanan wisata melalui suatu aplikasi atau website. Umumnya, OTA memiliki berbagai macam jasa yang dapat ditawarkan kepada konsumen, namun dalam penelitian ini, hal yang akan menjadi fokus utama pembahasan adalah terkait jasa pemesanan tempat penginapan melalui OTA. Meskipun OTA memberikan kemudahan bagi konsumen dalam bertransaksi, tetapi OTA tetap membawa berbagai permasalahan. Selain itu, tidak adanya aturan yang mengatur mengenai OTA secara khusus di Indonesia juga mengakibatkan timbulnya ketidakpastian hukum terhadap konsumen pengguna jasa pemesanan tempat penginapan melalui OTA. Hal ini berbeda dengan India yang telah memiliki aturan khusus terkait OTA. Melalui penelitian yuridis-normatif, tulisan ini membahas tentang permasalahan hukum yang umum dialami oleh konsumen pengguna jasa pemesanan tempat penginapan melalui OTA di Indonesia dan India, ketentuan bentuk pelindungan hukum, dan pertanggungjawaban pelaku usaha penyelenggara jasa pemesanan tempat penginapan melalui OTA di Indonesia serta membandingkannya dengan pengaturan yang ada di India. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan hukum yang umum dialami oleh konsumen pengguna jasa pemesanan tempat penginapan melalui OTA di Indonesia hampir serupa dengan permasalahan-permasalahan yang terjadi di India. Terdapat beberapa ketentuan mengenai bentuk pelindungan hukum dan tanggung jawab pelaku usaha dalam peraturan di India yang belum diatur dalam peraturan penyelenggara jasa pemesanan tempat penginapan melalui OTA di Indonesia. Lebih lanjut, dikarenakan di Indonesia tidak terdapat aturan khusus mengenai penyelenggaraan OTA, maka tanggung jawab antara perusahaan OTA dan penyedia tempat penginapan hanya dapat mengacu pada syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh masing-masing perusahaan OTA di Indonesia.

The growth of transactions through electronic commerce (e-commerce) has resulted in an increase in the number of consumer complaints. One of the e-commerce that is currently quite interesting to the public is the Online Travel Agent (OTA). OTA is a digital-based travel agent that functions as a medium for promotion and sales of travel services through an application or website. Generally, OTA has a variety of services that can be offered to consumers, but in this study, the main focus of the discussion will be related to lodging booking services through OTA. Although OTA provide convenience for consumers in transacting, OTA still brings various problems. In addition, the absence of rules specifically governing OTAs in Indonesia has also resulted in legal uncertainty for consumers who use lodging booking services through OTAs. This is different from India which already has specific rules regarding OTA. Through juridical-normative research, this paper discusses common legal issues experienced by consumers who use lodging booking services through OTA in Indonesia and India, provisions for legal protection, and the liability of business actors who provide lodging booking services through OTA in Indonesia and compares them with the existing regulations in India. The results of the study show that the common legal issues experienced by consumers who use lodging booking services through OTAs in Indonesia are almost similar to the problems that occur in India. There are several provisions regarding the form of legal protection and the liability of business actors in regulations in India that have not been regulated in the regulations for lodging booking services through OTA in Indonesia. Furthermore, because in Indonesia there are no specific regulations regarding the implementation of OTA, the responsibility between the OTA company and the accommodation provider can only refer to the terms and conditions that have been set by each OTA company in Indonesia."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Makmur Rozi
"ABSTRAK
Relasi sosial dalam bentuk integrasi dengan komunitas lokal merupakan solusi terkait
maraknya konflik sosial sebagai implikasi dari kegiatan operasi perusahaan ekstraktif.
Kedudukan komunitas lokal yang didalamnya melekat bentuk sense of localism atas
rasa memiliki sumber daya alam yang berada di lingkungannya yang kemudian
memicu tumbuhnya kesadaran kolektif atas hak dan kekuasan untuk menuntut keadilan
dalam hal perolehan manfaat. Beberapa studi telah membahas terkait praktik tanggung
jawab sosial perusahaan dapat membentuk integrasi yang kuat melalui pemenuhan
harapan sosial. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh tingkat performa
program tanggung jawab sosial terhadap tingkat relasi antara Star Energy Geothermal
(Wayang Windu) Limited dengan komunitas lokal. Untuk mengukur kinerja
(performance) program CSR/CD SEG WWL, maka dalam penelitian ini menggunakan
enam dimensi, antara lain dimensi manfaat, kesesuaian, keberlanjutan, dampak,
partisipasi serta pengembangan kapasitas masyarakat. Keenam dimensi tersebut
kemudian akan diterapkan pada lima bidang program yang menjadi fokus program
CSR/CD perusahaan, yaitu program ekonomi, kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan
lingkungan. Sedangkan pada variabel dependen, untuk mengukur tingkat relasi sosial
menggunakan beberapa indikator, antara lain kontak (interaksi) dan komunikasi,
keterlibatan komunitas, kepercayaan, keinginan untuk kerjasama, dukungan, kesan
terhadap sikap dan proteksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif
dengan melakukan survey kepada 449 responden yang ditarik secara acak dengan
menggunakan teknik penarikan stratified proportional sampling di enam desa yang
masuk ring 1 di Kec. Pengalengan. Kab. Bandung. Hasil penelitian ini mengungkapkan
hubungan antara tingkat performa CSR/CD sebagai variabel independen dengan
tingkat relasi sosial sebagai variabel dependen memiliki kekuatan hubungan yang
cukup kuat (moderat). Tingkat performa program tanggung jawab sosial
menyumbangkan kontribusi sekitar 47% dalam kaitanya relasi yang terbentuk dengan
komunitas lokal. Sementara, faktor lain yang turut mempengaruhi tingkat relasi antara
perusahaan dengan komunitas salah satunya adalah keadilan prosedural (procedural
fairness).

ABSTRACT
Social relations in the form of integration with local communities is a solution related
to the rise of social conflict as an implication of extractive company operations. The
position of the local community in which the form of sense of localism inherent in the
sense of possessing natural resources in the environment which then trigger the growth
of collective awareness of the right and power to demand justice in terms of the
acquisition of benefits. Several studies have discussed related corporate social
responsibility practices to establish strong integration through the fulfillment of social
expectations. this study was conducted to see the relationship between the level of CSR
performance and the level of social relations which case study Star Energy Geothermal
(Wayang Windu) Limited and local communities. To measure the level of CSR
performance, in this study using six dimensions, including the dimensions of
affectivity, relevance, sustainability, impact, participation and capacity building. The
six dimensions will be applied to the five program areas that are the focus of the
company's CSR / CD program, namely economic, health, education, infrastructure and
environment programs.While on the dependent variable, to measure the level of social
relations use several indicators, such as contact (interaction) and communication,
community involvement, trust, desire for cooperation, support, impression of attitude
and protection (community based security). This study uses quantitative research
methods by conducting a survey to 449 respondents who were drawn randomly by
using the technique of stratified proportional sampling in six villages that entered ring
1 in District Pengalengan. The results of this study reveal the relationship between the
level of CSR / CD performance as an independent variable with the level of social
relations as the dependent variable has a strong enough (moderate) relationship
strength. The level of CSR performance contributes about 47% in establishing
relationships with local communities. Meanwhile, other factors that influence the level
of relationship between the company and the community one of them is procedural
fairness."
2017
T48571
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>