Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 107514 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Farahdhia Tiesta Achilla
"Penelitian ini membuktikan bahwa aliran kebatinan Subud menerapkan konsep spiritual modern dalam ajarannya untuk mempertahankan dan memperkuat aliran Subud di era modern sehingga ia mampu menarik anggota dari kaum intelektual, rasional, logis, dan modern. Subud merupakan aliran kebatinan yang berkembang pesat di Jakarta bahkan di tujuh puluh delapan Negara yang menunjukkan bahwa ia berada di tengah tengah masyarakat modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat awam yang belum mengetahui atau mengenal aliran Subud. Penelitian ini akan menerapkan teori Konsep Spiritual Modern dari Dr. H. Abdul Muhaya. Penelitian ini menggunakan prosedur dan tata cara paradigma penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memang benar Subud memakai konsep spiritual modern dalam penerapan tujuh simbol lingkaran yang dimiliki Subud karena sudah tidak menggunakan ritual dan tata cara nenek moyang atau ortodoks seperti ajaran aliran kebatinan lain yang ada di Jawa. Melalui penelitian deskriptif kualitatif dapat disimpulkan dari berbagai pendapat narasumber penganut Subud bahwa Subud merupakan latihan pengolahan jiwa dan memberikan ajaran tentang moral dalam kehidupan dan penerapan moral dalam kehidupan sehari-hari. Moral yang dimaksud juga mengingatkan kembali manusia agar senantiasa menjadi manusia yang sadar bahwa ada kuasa yang sangat besar yaitu kuasa Tuhan, moral ini diajarkan secara bertahap dan melalui tingkatan dari ketujuh lingkaran Subud yang pada akhirnya manusia akan kembali menyatu jiwanya dengan Tuhan.

This research proves that the Subud kebatinan school applies modern spiritual concepts in its teachings to maintain and strengthen the Subud school in the modern era so that it is able to attract members of the intellectual, rational, logical, and modern. Subud is a mystical school that developed rapidly in Jakarta even in seventy-eight countries which shows that it is in the midst of modern society. The purpose of this study is to provide understanding and knowledge to ordinary people who do not know or know the Subud stream. This study will apply the theory of Modern Spiritual Concepts from Dr. H. Abdul Muhaya. This study uses procedures and procedures for qualitative research paradigms. The results of this study indicate that it is true that Subud used modern spiritual concepts in the application of seven circle symbols possessed by Subud because he had not used ancestral or orthodox rituals and procedures like the teachings of other mystical schools in Java. Through qualitative descriptive research, it can be concluded from the various opinions of Subud adherents that Subud is a mental processing exercise and provides teachings about morals in life and moral application in daily life. The moral in question also reminds humans to always be human beings who are aware that there is a very large power, namely the power of God, this moral is taught in stages and through the levels of the seven Subud circles that in the end humans will re-unite their souls with God."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Steiner, Rudolf
New York: Rudolf Steiner, 1963
123 STE p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hardjono K.
Yogyakarta: [publisher not identified], [date of publication not identified]
128.1 HAR d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Chittick, William C.
Yogyakarta: Qalam, 2000
297.4 CHI st (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Frederikus Fios
"ABSTRAK
Relasi antara manusia dengan lingkungan selalu mengristalisasikan
fenomena kontradiksi etis. Manusia memposisikan diri sebagai subjek moral yang
bernilai superior sehingga mengakibatkan pandangan inferior atas alam hanya
sebatas objek eksploitasi. Tradisi berpikir antroposentrik berparadigma atomistikmekanistik
seperti ini diletakkan secara meyakinkan oleh para filsuf modern
seperti Francis Bacon, Rene Descartes, dan Emmanuel Kant. Segala sesuatu
dalam alam direduksikan fungsinya hanya pada dimensi rasionalitas logisatomistik
yang memarginalkan posisi nilai-nilai. Tradisi berpikir yang
mempersepsikan alam sebagai objek empiris membuka eksploitasi besar-besaran
mengejar gagasan materialisme dan bisnis-ekonomi untuk meraih target
keuntungan maksimal. Manusia akhirnya menjadi pribadi Homo economicus
materialis. Krisis lingkungan muncul secara sporadis di seluruh belahan dunia.
Dibutuhkan strategi filsafat moral-etis baru sebagai alternatif untuk membenahi
persoalan ini. Para pemikir etika lingkungan sebelumnya seperti Arne Naess,
Fritjof Capra, Aldo Leopold, dan Karen J. Warren belum mampu menawarkan
solusi yang ideal dalam mengatasi relasi disharmoni antara manusia dengan liyan
(others). Kelemahan dasar pemikiran mereka terletak pada dilupakannya
perspektif spiritual dalam konstruksi teori etika yang dibangun. Untuk itu disertasi
ini memeriksa pemikiran humanisme ekologis Henryk Skolimowski untuk
menemukan konsep baru berperspektif spiritual yang dapat menjadi solusi
alternatif mengatasi kelemahan argumentasi etika sebelumnya. Penelitian ini
menemukan adanya model manusia ekologis spiritual-etis (Homo ecologicus spiritual-
etis) yang dapat dijadikan sebagai pilihan hidup dalam cara berada menjadi
manusia (das sein) dalam relasi manusia dengan entitas alam. Menjadi Homo
ecologicus spiritual-etis mengandaikan langkah politik lingkungan berbasiskan
local indigenous sebagai konteks aktualisasi pengembangan konsep Homo
ecologicus spiritual-etis. Kerangka teori utama yang digunakan yakni Etika
Aristoteles yang menekankan dimensi karakter pribadi manusia yang
berkeutamaan dalam relasi dengan entitas liyan. Metode penelitian menerapkan
unsur refleksi etis versi Alasdair MacIntyre. Dengan menempuh prosedur berpikir
metodis demikian, dicapai pemikiran etis bermakna untuk menyelesasikan krisis
lingkungan global dan lokal serta memulihkan kontradiksi etis yang terjadi antara
manusia dengan alam menuju kebaikan bersama (bonum commune) segala entitas
komunitas ekologi alam.

ABSTRACT
The relationship between humans and the environment is always crystallizing
ethical contradictions phenomenon. Human positioning himself/herself as a
subject of moral worth superior resulting in inferior view of nature was limited to
objects of exploitation. Anthropocentric thinking tradition and mechanisticatomistic
paradigm like this laid convincingly by modern philosophers like
Francis Bacon, Rene Descartes, and Emmanuel Kant. Everything in nature
reduced function only on the atomistic and logical rationality dimension that
marginalize the position of values. The tradition of thinking that perceives nature
as an object of empirical opened massive operations to pursue the idea of
materialism and business-economy to achieve the maximum profit target. Humans
eventually become materialist Homo economicus person. The environmental
crisis appeared sporadically throughout the world. It takes a strategy of moralethical
philosophy as the new alternative to solve this problem. The previous
environmental ethics thinkers such as Arne Naess, Fritjof Capra, Aldo Leopold,
and Karen J. Warren not yet able to offer the ideal solution to overcome the
disharmony relationship between human with others entity. The weakness of their
argument forgotten spiritual perspective in the construction of ethical theory was
built. This dissertation examines the ecological humanism thought of Henryk
Skolimowski to find a new concept of the spiritual perspective that can be an
alternative solution to overcome the weakness of the ethical arguments before.
This study found an ecological model of spiritual-ethical of human being (Homo
ecologicus spiritual-ethical) that can be used as an option to live in a way become
a human being (das sein) in the human relationship with natural entity. Being a
Homo ecological spiritual-ethical presupposes political measures based on local
indigenous environment as a context for developing the concept of Homo
ecologicus spiritual-ethical. The main theoretical framework used the Virtue
Ethics of Aristotle that emphasizes the human dimension of personal character
that is virtuous in relation to others entity. The research method applying ethical
reflection element version of Alasdair MacIntyre. By using this methodical
thinking procedure, achieved significant ethical thinking to solve global and local
environmental crisis and restore the ethical contradictions that occur between
humans and nature towards the common good of all entity in nature ecology
community"
2016
D2176
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haryono Sumohadiwidjojo
Jakarta: PPK Subud Indonesia, 2002
299.933 HAR m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Takeshi Nishimura
"While the number of occupations known as "professions" has increased, studies in economics have not secured a grasp of old and new professions within the same context. One reason is that they do not view certain occupations in terms of the concept of "profession" as an ideal type. This study reconsiders many aspects of professions and extracts the most notable features that characterize an occupation as a profession. The most crucial characteristic of an ideal profession type is a codified body of knowledge. A profession needs to be socially accepted as being highly developed and not substitutable. In addition, the occupational function of a profession involves urgency and indispensability, and the profession must be at the vertex of its field while using a common body of knowledge. In categorizing modern professionals based on these criteria, we arrived at five types: established professions, new professions, semi-professions (A), semi-professions (B), and skilled workers and experts."
Japan: Graduate School of Economics Kyoto University, 2013
330 KER 82:2 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Rismawati
Depok: Rajawali Press, 2020
370.115 RIS k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Lukman Hanafi
"Tesis ini mengkaji novel Semua Ikan di Langit (2017) Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie yang dilihat sebagai alegori dari perjalanan spiritual manusia dalam memahami konsep ketuhanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan naratologi yang melihat hubungan sintagmatik dan paradigmatik dalam teks dan semiotika berdasarkan gagasan signifikasi dari Roland Barthes. Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur narasi novel merupakan suatu alegori dari perjalanan spiritual manusia. Struktur narasi novel mengungkapkan adanya suatu perjalanan yang bukanlah perjalanan spasial, melainkan suatu perjalanan yang bersifat personal dan batiniah yang telah dimaknai dari perjalanan imajiner tokoh dalam teks. Perjalanan yang bersifat personal dan batiniah ini sangat erat kaitannya dengan perjalanan spiritual yang dialami oleh manusia. Selain itu, temuan melalui pemaknaan simbol-simbol dalam teks mengungkapkan konsep ketuhanan yang dapat dilihat sebagai upaya memahami Tuhan yang ditempuh melalui perjalanan spiritual manusia. Dari pemaknaan terhadap simbol-simbol dalam teks, ditemukan beberapa gagasan yang mengungkapkan tentang ketuhanan, yaitu meliputi konsep kesucian Tuhan, keagungan Tuhan, dan kemahakuasaan Tuhan

This thesis explore Semua Ikan di Langit (2017) novel by Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie which is seen as human’s spiritual journey allegory in understanding the concept of God. This research is using narratology approach which looking the relation of syntagmatic and paradigmatic in the text and semiotic based on signification idea by Roland Barthes. The analysis shows that the narrative structure of the novel is an allegory from the human’s spiritual journey. Narrative structure of the novel unfold a journey that is not spatial journey, however it is a personal and inner in nature which interpreted from imaginer character’s journey in text. A journey that is personal and inner in nature is closely related with spiritual journey that is experienced by human. Besides that, findings through interpretation towards the signs in the text unfold the concept of God which is seen as an effort to understand God which taken by human’s spiritual journey. Through interpretation towards the signs in the text, it is found some ideas that unfold about God, which includes the concept of holiness of God, greatness of God and powerful of God"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>