Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 156305 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aries Chandra Ananditha
"Tuna grahita adalah anak yang mempunyai kemampuan intelektual dan perawatan diri khususnya toileting lebih rendah dibanding anak normal. Untuk itu dibutuhkan metode pembelajaran yang sesuai. Peneliti ingin mengetahui pengaruh pembelajaran dengan media buku cerita bergambar terhadap activity daily living: toileting pada anak tuna grahita. Pembelajaran tersebut dilakukan dengan melakukan storytelling menggunakan buku cerita bergambar yang dibuat peneliti. Penelitian ini berdesain multiple baseline across subject dengan responden enam anak tuna grahita.
Hasil analisis grafik garis setelah pemberian intervensi pada keenam responden menunjukkan adanya peningkatan pada tingkat kestabilan data,tingkat perubahan level data pada setiap dan antar fase, trend, serta analisis rerataskor sub skala pola, kemandirian, dan komponen pendukung kemampuan toiletingpada keenam responden. SLB dapat menggunakan metode pembelajaran ini.

A mentally disabled is children who have intellectual and self-care abilities particularly toileting lower than normal children. It needs an appropriate learning method. Researcher want to know the effect of learning with media picture bookstory to activity daily living: toileting in mentally disabled children. Learning is done through storytelling using picture storybooks which made researchers. This study has multiple baseline across subjects design with six respondents mentally disabled children.
Line graphs analysis after intervention giving indicates an increase in the stability of the data, the data level change on each and between phase, trends, and the mean analysis scores on sub-scale patterns, independence, and supporting components toileting skills at the sixth respondent. SLB can use this learning method.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
T34876
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Putri Ningsih
"Tesis ini membahas peran gaya belajar dan persepsi pemelajar mengenai penggunaan strategi metakognitif dalam pembelajaran kemahiran menyimak bahasa Jerman. Pendekatan penelitian adalah penelitian kombinasi kuantitatif dan kualitatif dengan desain penelitian pra-eksperimen. Penelitian ini melibatkan pemelajar bahasa Jerman dari dua kelas yang berbeda, yang kemudian dikelompokkan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas kontrol mendapatkan pengajaran kemahiran menyimak secara konvensional, sedangkan kelas eksperimen mendapatkan pengajaran kemahiran menyimak dengan menggunakan siklus pedagogis metakognitif.
Hasil penelitian menujukkan bahwa peran gaya belajar memiliki hubungan yang signifikan dengan persepsi pemelajar terhadap penggunaan strategi metakognitif dalam pembelajaran kemahiran bahasa Jerman. Pemberian perlakuan pengajaran strategi metakognitif dengan siklus pedagogis pada kelas eksperimen ini memberikan dampak pada peningkatan pemerolehan hasil pembelajaran kemahiran menyimak pemelajar. Walau demikian, hasil uji-t sampel kecil ini menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan atas pemerolehan hasil pembelajaran kemahiran menyimak dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.

This paper examines the role of learning styles and learners’ perspective towards metacognitive strategies instructions to improve German language learners’ listening skill. The research method used was mixed method with pre-experimental design. There are experiment class and control class. Control class was having conventional instructions meanwhile experiment class was having classroom instructions with metacognitive pedagogical cycle.
The results showed that learners learning style and their perspective towards metacognitive strategies are having a significant correlation. The results of post-test score of experiment class were increasing from the pre-test result, meanwhile control class post-test scores’ were not increasing. These results showed that the metacognitive strategies instruction can help learners to increase their scores in listening. Whilst the result of t-test small sample showed that there is no significant difference between post-test results from experiment and control classroom.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T52961
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistyoweni Widanarko
"Kemampuan berkomunikasi, merencanakan dan merancang, serta kode etik profesi yang diamati oleh beberapa industriawan terhadap lulusan S1 baru bidang Teknik Mesin masih lemah. Oleh karenanya untuk meningkatkan kualitas lulusan dan memperkecil kesenjangan antara kebutuhan perguruan tinggi dan dunia kerja, perlu dilakukan perbaikan kurikulum dan strategi pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran yang mampu mengantisipasi kesenjangan antara kebutuhan kompetensi lulusan perguruan tinggi dan dunia kerja.
Inovasi Iptek
Kesenjangan kompetensi lulusan perguruan tinggi dan dunia kerja yang ditemukan dalam penelitian ini mencakup dua hal pokok yang terdiri dari lima kompetensi, yaitu pertama, kemampuan dalam merancang rekayasa di bidang permesinan yang memperhatikan kaidah prosedur dalam desain, kaidah penelitian dan ekonomi, kedua, kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan (kemampuan berkomunikasi, bekerja dalam grup, perilaku sesuai dengan kode etik profesi). Ke lima kompetensi di atas selanjutnya disebut '5SB'."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Elsa Roselina
"Belajar adalah suatu proses dimana tenjadi interaksi antara peserta didik dengan pendidik (guruatau dosen). Keberhasilan belajar bisa dikatakan tidak bisa lepas dari aspek calon mahasiswa yang berpotensi agar proses pembelajaran yang berlangsung dapat dilaksanakan secara optimal. Calon mahasiswa yang berpotensi didapatkan dari Sipcnsimann. Selain dari nilai Sipensimaru, calon mahasiswa yang berpotensi adalah calon mahasiswa yang memiiiki prestasi belajar baik semasa sekolahnya.
Penelitian ini memiliki tujuan umum yaitu didapatkazmya cara untuk memprediksi prestasi belajar mahasiswa angkatan kelima sampai dengan kedelapan di Prodi Keperawatan Persahabatan Poltekkes Depkes Jakarta HI berdasarkan nilai kelulusan SMU, nilai Matematika Sipcnsimaru, nilai IPA Sipensimaru, nilai Bahasa Indonesia Sipensimaru dan nilai Bahasa Inggris Sipensimaru dengan menggunakan analisis diskximinan. Variabel-variabel prediktor yang secara signifikan membcdakan kelompok prestasi belajar mahasiswa angkatan V sampai dengan VIII di Prodi Keperawatan Persahabatan Poltekkes Depkes Jakarta III adalah Nilai Bahasa Indonesia Sipensimaru, Nilai Bahasa Inggris Sipensimam, Nilai Kclulusan SMU dan Nilai IPA Sipensimaru, dimana Nilai Bahasa Indonesia Sipensimaru merupakan variabel prediktor dominan.
Model diskriminan yang dapat digunakan untuk prediksi prestasi belajar adalah - 7,114 + 4,250 Nilai IPA Sipensimaru + 3,108 Nilai Bahasa Inggris Sipensimam + 2,502 Nilai Bahasa Indonesia Sipensimaru + 0,548 Nilai Kclulusan SMU, dengan batasan nilai diskriminan sebesar -3,582 x 104. Hasii validitas silang memiliki angka ketepatan prediksi sebesar 69,03%. Model diskriminan dengan batasan nilainya memiliki nilai area di bawah kurva Receiver Operator Characzeristic (ROC) sebcsar 0,795 dengan nilai p 0,000."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2007
T34500
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hema Anita
"one or factors that determine the success of education process in classroom is teacher. Teachers not only has role as teacher that transfer knowledge to the students but also as a model. The are various ways conducted by the techers to improve students study result."
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2013
370 JGR 10:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Erma Suryani
"Biology is one of the science subjects learnt by the senior high school students .The research was done to aplly class discussion model by using think-pair-discussion in learning biology at the first class (X) of SMAN 2 Padangpanjang"
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2014
370 JGR 11 : 2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Yenita
"English is one of foreign language learned by junior high school students. learning consist of learning four integrated skills, listening , speaking, reading and writing .Writing is supposed to be the most difficult skill for the students. In this case the writer tried to use an approach in learning and teaching process, that is RDAS ( Read discuss arrange and stick)."
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2013
370 JGR 10:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Lase, Sadiana
"Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran matematika yang kooperatif di sekolah dasar dan sekolah lanjutan. Penulisan makalah ini menggunakan metode tinjauan literatur (library research). Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa fokus pembelajaran kooperatif tidak saja tertumpu pada apa yang dilakukan peserta didik tetapi juga pada apa yang dipikirkan peserta didik selama aktivitas belajar berlangsung. Informasi yang ada pada kurikulum tidak ditransfer begitu saja oleh guru kepada peserta didik, tetapi peserta didik difasilitasi dan dimotivasi untuk berinteraksi dengan peserta didik lain dalam kelompok, dengan guru dan dengan bahan ajar secara optimal agar ia mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Dari berbagai pertimbangan dan bukti empirik menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif perlu diterapkan dalam pembelajaran di sekolah di berbagai tingkatan dan berbagai bidang studi, termasuk bidang studi matematika dan sains."
Universitas Dharmawangsa, 2016
330 MIWD 48 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rr. Mayadewi Istyawardhani
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supportive learning environment terhadap retensi karyawan dengan dimediasi oleh psychological capital dan person – organization fit. Penelitian ini menggunakan data yang didapatkan dari responden (n = 166) yang bekerja di sebuah perusahaan telekomunikasi, diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode structural equation modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psychological capital memediasi secara parsial pengaruh supportive learning environment terhadap retensi karyawan dengan arah hubungan negatif. Artinya lingkungan kerja yang mendukung pembelajaran karyawan menyebabkan meningkatnya psychological capital namun mengakibatkan menurunnya retensi karyawan. Hasil lainnya mengungkapkan person – organization fit memediasi secara parsial pengaruh positif supportive learning environment terhadap retensi karyawan. Disimpulkan bahwa adanya supportive learning environment mempengaruhi peningkatan person-organization fit dan kemudian meningkatkan retensi karyawan.

This research aims to analyze the effect of supportive learning environment on employee retention through person-organization fit and psychological capital as mediators. This research is using data obtained from 166 employees who work in a telecommunication company. The data processed and analyzed using the structural equation modeling method. The results demonstrate that psychological capital partially mediates the influence of supportive learning environment toward employee retention in negative direction. This means that the supportive learning environment causing the increasing psychological capital but later resulted in a decrease in employee retention. Another result reveals that the person – organization fit partially mediates the positive influence of supportive learning environment against the retention of employees. It is concluded that the provision of supportive learning environment affects the increase of person-organization fit and then increase the retention of employees."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53715
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu cara yang efektif dalam pembimbingan praktik Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) dan digunakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa S1 PGSD-UT dalam perbaikan pembelajaran. Melalui lesson study dalam PKP dianggap penting, karena secara teoretis, menyediakan suatu cara bagi guru untuk dapat memperbaiki pembelajaran secara sistematis (Podhorsky, C., & Fisher, D., 2007). Sebagai program muara dari program S1 PGSD-UT, program ini merupakan puncak dari mata kuliah yang telah di ikuti sebelumnya oleh mahasiswa S1 PGSD. Melalui PKP, mahasiswa diharapkan akan memiliki kemampuan profesional yang lebih baik dalam menerapkan prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk menemukan, menganalisis, dan merumuskan masalah pembelajaran yang dihadapi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan paradigma participatory atau emancipatory sebagai konsep dasar yang berangkat dari participatory action reseach (McTaggart, R., 1991, Carr and Kemmis, 1990, Connole, 1993). Penelitian dilakukan pada tahun 2014 dengan 34 mahasiswa S1 PGSD-UT sebagai sampel. Metode penelitian menggunakan teknik observasi, jurnal belajar, wawancara, dan dokumenter. Hasil menunjukkan bahwa lesson study sebagai model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Lesson study dipilih dan diimplementasikan pada bimbingan PKP menjadi cara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di kelas. Pengembangan lesson study dilakukan dan didasarkan pada hasil ?sharing? pengetahuan yang berlandaskan pada praktek dan hasil pembelajaran guru. Tahapan lesson study pada pembimbingan PKP mencakup enam, yaitu: (1) membentuk group lesson study, (2) menentukan fokus kajian, (3) merencanakan research lesson, (4) pelaksanaan dan observasi pembelajaran, (5) mendiskusikan dan menganalisis hasil observasi, dan (6) refleksi. Bimbingan PKP dengan lesson study dihasilkan 5 fase, yaitu fase in service training, Generik PTK (praktik PKP), belajar ICT, penyusunan laporan PKP dan Presentasi hasil laporan PKP. Melalui lesson study dalam bimbingan PKP terjadi peningkatan kompetensi guru, peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran, pengembangan pembelajaran yang demokratis berbasis paradigma konstruktivisme untuk membangun pola pikir ilmiah. "
370 JPUT 16:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>