Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 224078 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eurica Firdha Ramandita
"Preferensi merupakan variabel yang merupakan input penting dalam banyak model ekonomi. Berbeda dengan teori, preferensi terbukti berubah secara empiris dari waktu ke waktu termasuk karena proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk melihat ada dan seberapa besar penularan dari orang tua ke anak terhadap preferensi risiko, preferensi waktu, dan rasa saling percaya. Dengan menggunakan data Indonesian Family Life Survey (IFLS) gelombang kelima, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara preferensi orang tua dengan preferensi anak, baik dari preferensi ayah maupun preferensi ibu. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa orang tua yang kurang menghindari risiko lebih cenderung memiliki anak yang juga menghindari risiko lebih rendah. Begitu pula preferensi waktu dimana orang tua yang lebih sabar cenderung memiliki anak yang juga lebih sabar. Dalam rasa saling percaya ditemukan juga bahwa orang tua yang mempercayai orang lain di sekitarnya cenderung memiliki anak dengan karakteristik yang sama. Hasil yang ditemukan juga menunjukkan bahwa ibu memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan ayah pada ketiga preferensi tersebut

Preference is a variable that is an important input in many economic models. In contrast to the theory, preferences are shown to change empirically over time, including because of the learning process. This research was conducted to see if there is and how much transmission from parent to child on risk preferences, time preferences, and mutual trust. By using the fifth wave of Indonesian Family Life Survey (IFLS) data, it was found that there was a significant relationship between parental preferences and children's preferences, both from father's preference and mother's preference. In other words, it could be concluded that parents who were less risk averse were more likely to have children who were also less risk averse. Likewise, the time preference in which parents who are more patient tend to have children who are also more patient. In mutual trust, it is also found that parents who trust others around them tend to have children with the same characteristics. The results found also show that mothers have a greater influence than fathers on the three preferences."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Affandi Ismail
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara risk preference dan time preference dengan perangai konsumsi kalori yang terlihat dari parameter obesitas IMT. Studi ini menggunakan data Indonesia Family Life Survey (IFLS) untuk memperoleh informasi preferensi ekonomi, parameter obesitas, dan variabel kontrol lainnya. Selain efek langsung dari risk preference dan time preference terhadap obesitas, studi ini juga menganalisis efek mediasi kedua preferensi tersebut terhadap obesitas melalui aktivitas fisik dan proporsi pengeluaran makanan tinggi kalori/lemak. Hasil estimasi menunjukkan bahwa individu yang bersifat impatient memiliki kecenderungan untuk mengalami obesitas, sedangkan sifat risk tolerant tidak memiliki dampak langsung terhadap obesitas. Individu yang risk tolerant memiliki aktivitas fisik yang lebih banyak dari individu yang risk averse dan ditemukan bahwa aktivitas fisik menurunkan kemungkinan mengalami obesitas.

This study aims to examine the relationship between risk and time preference and the calorie consumption behavior seen from the obesity parameters of BMI. This study uses Indonesia Family Life Survey (IFLS) data to obtain information on economic preferences, obesity parameter, and other control variables. In addition to the direct effects of risk preference and time preference on obesity, this study also analyzes the mediating effect of both preferences on obesity through physical activity and proportion of high-calorie/fat food expenditure. Estimation results show that impatient individuals have a tendency to be obese, whereas risk tolerant trait does not have a direct impact on obesity. Risk tolerant individuals have more physical activity than risk averse individuals and it is found that physical activity decreases the likelihood of being obese."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T55020
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amardita Nur Fathia
"Memutuskan untuk memiliki anak dan membesarkan mereka menciptakan sejumlah biaya meskipun diyakini bahwa anak dapat menjadi sumber kegembiraan dan kepuasan dalam jangka pendek dan penyedia keamanan ekonomi keluarga dalam jangka panjang. Selain itu, biaya dan manfaat yang diperoleh seorang anak bersifat tidak pasti karena tidak ada yang mengetahui kemungkinan apakah anak tersebut akan membawa lebih banyak dampak positif atau negatif bagi orang tuanya. Oleh karena itu, ketika seseorang memutuskan untuk menginginkan kelahiran seorang anak, artinya mereka bersedia menghadapi kondisi ketidakpastian. Dalam kondisi ketidakpastian, preferensi risiko dan preferensi waktu seseorang akan mempengaruhi pertimbangan pengambilan keputusan ekonominya. Dengan menggunakan data IFLS-5, penelitian ini mencoba mengungkap hubungan preferensi risiko dan preferensi waktu wanita dalam mempengaruhi niat mereka untuk memiliki anak tambahan. Hasil dari regresi logistik biner yang dilakukan menunjukkan bahwa wanita yang toleran terhadap risiko dan tidak sabaran lebih cenderung menginginkan tambahan anak dibandingkan yang sebaliknya.

Deciding to have a child and raising them incur several costs although it is believed that children can be a source of joy and satisfaction in the short run and family economic security provider in the long run. Furthermore, the costs and benefits of a child is uncertain as no one knows the probability of whether the child will bring more positive outcome or negative outcome to its parents. Hence, when someone is deciding to pursue a child’s birth, it means if they are willing to face uncertainty. Under uncertainty, an individual’s risk preference and time preference will affect their economic decision-making consideration. Using IFLS-5 data, this study tried to unravel the relationship of women’s risk preference and time preference in affecting their intention to have additional children. Result from from binary logistic regression being conducted showed that risk tolerant and impatient women are more likely to intend additional children than the opposite."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Hidayati Pertiwi
"H&M merupakan merek mode high street asal Swedia yang baru memasuki pasar Indonesia pada tahun 2013 dengan animo masyarakat yang cukup besar pada saat acara pembukaan gerai perdananya di Indonesia. Sampai dengan kuartal I 2014, H&M memiliki tiga gerai di Indonesia dengan gerai H&M Grand Indonesia yang merupakan gerai H&M terbesar di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kongruensi citra diri terhadap preferensi merek H&M dengan sampel konsumen H&M Grand Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampel purposive. Pada penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa kongruensi citra diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap preferensi merek H&M.

H&M is a high street fashion brand from Swedia which just entered Indonesian high street fashion market in 2013 and got a high enthusiasm from people on H&M?s first store opening. Until first quartal in 2014, H&M has three stores in Indonesia and the biggest store located in Grand Indonesia.
This research was intended to analyze the effect of self image congruence on H&M's brand preference with H&M Grand Indonesia consumer?s sample. This research used quantitative approach and purposive sampling technique with 100 respondents. This research proved that self image congruence had a significant effect on H&M?s brand preference.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S55458
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Barron, Jason
Jakarta: Rene Turos Indonesia, 2022
174.4 BAR v
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sihite, Ester Lydya Natalina
"Tesis ini membahas hubungan coolness dan citra merek terhadap preferensi merek, studi pada ponsel pintar iPhone. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatif, responden mahasiswa pascasarjana komunikasi Universitas Indonesia, berjumlah 163 orang. Metode analisa data dilakukan dengan analisa statistik deskriptif dan analisa regresi berganda untuk membuktikan hipotesa dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan coolness dan citra merek memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap pembentukan preferensi merek ponsel pintar.

This thesis disscusses about relationship between coolness and brand image toward brand preference. This research use quantitative explanatory design, the respondents are communication college student of University Indonesia, total respondents 163. Data analysis method are descriptive statistical analysis and regression to prove hypothesizing in this research. Results from this research are: coolness and brand image have significant and positive effect toward formation of brand preference of smartphone."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T43766
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Situmorang, Indri Br
"Preferensi risiko adalah konsep yang menjelaskan bagaimana individu mengambil keputusan ketika dihadapkan dengan ketidakpastian. Preferensi risiko menjadi penting terutama dalam konteks ekonomi karena dalam banyak keputusan sering melibatkan ketidakpastian dan risiko. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi risiko antara Generasi Milenial dan Generasi Z sebagai kelompok yang mendominasi usia produktif di Indonesia saat ini dengan mempertimbangkan urutan kelahiran sebagai faktor yang turut membentuk perilaku dan pengambilan keputusan mereka. Dalam penelitian ini, generasi dianggap sebagai faktor yang dapat memengaruhi cara pandang individu terhadap risiko, mengingat pengalaman kolektif sosial dan budaya akan membentuk keyakinan serta perilaku individu. Selain itu, urutan kelahiran, yang mencerminkan posisi individu dalam keluarga, juga diyakini memainkan peran penting dalam membentuk sikap terhadap risiko. Dengan menggunakan data sekunder IFLS-5, hasil regresi logistik menunjukkan bahwa generasi Milenial cenderung lebih menghindari risiko dibandingkan dengan generasi Z. Meskipun urutan kelahiran tidak menciptakan perbedaan perilaku terhadap pengambilan keputusan terkait ketidakpastian, lebih jauh ditemukan bahwa kondisi psikologis, gender, usia, pendidikan, latar belakang orangtua, pendapatan dan wilayah tempat tinggal individu memengaruhi perilaku pengambilan keputusan terkait ketidakpastian dan risiko.

Risk preference is a concept that explains how people make decisions when faced with uncertainty. It is especially important in the economic context because many decisions often involve risks and uncertainty. This study aims to analyze the risk preferences of Millennials and Generation Z, two groups that make up most of the working-age population in Indonesia, while considering birth order as a factor that shapes their behavior and decision-making. In this study, generation is seen as a factor that can affect how individuals view risk, as shared social and cultural experiences influence beliefs and behaviors. Birth order, which shows a person’s position in the family, is also believed to play an important role in shaping attitudes toward risk. Using secondary data from the IFLS-5, the results from logistic regression show that Millennials tend to avoid risk more than Generation Z. Although birth order does not create differences in decision-making related to uncertainty, it was found that psychological conditions, gender, age, education, parental background, income, and place of residence all affect decision-making behavior when dealing with risk and uncertainty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dea Larasati
"ABSTRAK
Sharing economy merupakan sebuah konsep ekonomi yang dianggap mampu mengatasi masalah inefisiensi pasar dan mengalokasikan sumber daya yang tidak digunakan. Di Indonesia, bentuk sharing economy yang sedang populer saat ini adalah sharing-based transportation atau transportasi online, seperti Gojek, Uber, dan Grab. Di lain sisi, konsep dan penerapan sharing economy ini sejalan dengan konsep ekonomi Islam, seperti huquq dan maslahah. Untuk itu, penelitian ini akan menganalisis hubungan antara kedua konsep tersebut, yaitu dengan menganalisis relasi antara preferensi sosio-religius pengguna dengan permintaan terhadap layanan transportasi online di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana data dikumpulkan melalui survei online dengan 1209 responden, serta menggunakan teknik analisis faktor dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan dan kualitas pelayanan, menjadi faktor utama yang mempengaruhi permintaan dan kepuasan terhadap layanan transportasi online. Selain itu, terdapat perbedaan preferensi penggunaan transportasi online antara pengguna dalam kelompok religius dan kurang religius, dimana hasilnya mengindikasikan bahwa semakin religius individu maka semakin peduli terhadap lingkungannya.

ABSTRACT
Sharing economy is an emerging economic platform which is believed to bring a major change in world economy due to its potential to resolve market inefficiency issues and allocate unused resources. In Indonesia, a popular form of sharing economy is sharing based transportation services, such as Gojek, Uber, and Grab. Furthermore, the sharing economy rsquo s concept is related to the Islamic economic concepts particularly huquq and maslahah. Thus, the study aim to analyze the relation of both concepts by analyze the relation of socio religious preference on the demand for the online trasportation services. This uses quantitative study collects primary data by online survey from around 1209 respondens and employs Factor Analysis and inferential statistics. The results shows that user rsquo s trust and service quality being major factors that affecting demand and satisfaction of online transportation services in Indonesia. In addition, there are difference usage in online transportation between users in religious group and quite religious group, where the results implies that more religious individual becomes, the more concerned with the environment. "
2017
S68436
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anita Putri Wulandari
"Studi ini berusaha untuk mencari tahu bagaimana kebijakan pembangunan fasilitas pendidikan terbesar di Indonesia, kebijakan SD INPRES program, yang diikuti oleh generasi pertama dapat memberikan manfaat kepada anaknya atau generasi keduanya dalam bentuk usia menikah pertama sebagai proksi dari manfaat non-tunai dari pengembalian pendidikan. Dengan menggunakan IFLS 4 dan 5 dan juga data dari Duflo, studi ini mengaplikasikan different in different model untuk menganalisis manfaat orang tua dari SD INPRES program dapat mempengaruhi preferensi anaknya dalam bentuk tambahan rata-rata usia menikah. Interaksi antara kelompok grup berdasarkan tahun lahir dan jumlah sekolah yang dibangun berdasarkan lokasi lahir orang tua digunakan untuk menentukan apakah masing-masing orang tua menerima manfaat dari adanya program. Hasil estimasi menemukan bahwa tidak ada cukup bukti bahwa orang tua yang mendapat manfaat dari SD INPRES program mempunyai dampak kepada anaknya dalam bentuk tambahan usia menikah. Lebih lanjut lagi, lokasi spesifik dari pelaksanaan program dapat mempengaruhi hasil tingkat signifikansi dari model regresi.

This study aims to examine how the largest Indonesian schools construction program in 1974, the SD INPRES program, experienced by first generation can give benefits to their children or their second generation in forms of age of first marriage as a proxy of non-cash benefit of return of education. Using IFLS 4 and 5 data and Duflo’s data, this study applies the different in different model to analyze if first generation benefited from the SD INPRES program can affect their children preference with an increasing average age of first marriage. Interaction of young cohort based on parent year of birth and number of schools constructed based on parent location of birth are used to decide if each of the parents can benefited from the program or not. The main finding suggests that there is no significance evidence that parent benefits from the SD INPRES program has an effect to a higher preference on children age of marriage. Furthermore, any specific location can leads to a significance findings in the regression model."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Philip Go
"ABSTRAK
Netflix masuk ke pasar Australi dan menemukan masalah dengan proses penetrasi ke market local. Untuk mengerti lebih lanjut kertas riset ini ditunjukkan untuk menganalisa kemampuan Netflix dibanding para kompetitornya. Riset ini juga mencoba menjelaskan persepsi dengan lebih dalam akan preferensi konsumen untuk fitur di servis online video streaming.
ABSTRACT
Netflix entered the Australian market and found problems as they try to penetrate the local market. To further understand this problem, this research paper is aimed to analyse Netflix's capabilities in comparison to their competitors. This research also aims to explain deeply the perception of consumer preference for features in the online video streaming service."
2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>