Ditemukan 175934 dokumen yang sesuai dengan query
Nur Ramadhania
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh deal proneness terhadap reparticipation niat menjual flash online Tokopedia dengan mempertimbangkan
atribusi sebagai variabel moderasi. Responden yang dituju adalah pengguna di
Jabodetabek yang pernah berpartisipasi dalam Flash Sale online Tokopedia sebelumnya 1 (satu) kali terakhir dan mengalami kegagalan layanan proses. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada responden diperoleh dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis menggunakan metode Parsial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menunjukkan bahwa kesepakatan kerentanan memiliki pengaruh langsung pada niat partisipasi ulang di pengguna yang telah berpartisipasi dalam penjualan flash online dan mengalami kegagalan layanan proses. Sedangkan peran moderasi berasal dari atribusi internal dan eksternal pengaitan menunjukkan bahwa tidak ada hubungan interaksi dengan rawan kesepakatan dalam mempengaruhi niat partisipasi ulang. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa atribusi eksternal memiliki efek langsung yang signifikan terhadap partisipasi niat.
ABSTRACTThis study aims to analyze the effect of deal proneness on reparticipation of Tokopedia's online flash selling intentions by considering attribution as a moderating variable. The intended respondents are users on Jabodetabek that has participated in the previous Tokopedia online Flash Sale 1 (one) last time and experienced a process service failure. This research using a quantitative approach through distributing questionnaires to respondents obtained by purposive sampling technique. The results of the analysis using the Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method indicate that the agreement of vulnerability has a direct influence on the intention of re-participation in users who have participated in online flash sales and experienced a service process failure. Meanwhile, the role of moderation comes from internal and external attributions showing that there is no interaction relationship with agreement-prone in influencing the intention to re-participate. The analysis results also show that external attributions have a significant direct effect on intention participation."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ismeralda Putri Hasiani
"Seiring perkembangan e-commerce yang terus berlanjut, peran platform media sosial telah berkembang secara signifikan menjadi sebuah marketplace yang dapat memiliki kekuatan tersendiri dalam mendominasi pasar atau disebut social commerce. Dalam konteks ini, keberadaan digital celebrities di media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen, melalui dukungan dan interaksi mereka yang membentuk keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian impulsif di social commerce. Beberapa faktor diuji: social interaction, website ease of use, perceived usefulness, positive affect, parasocial relationship with digital celebrities, dan sale proneness. Menggunakan kuesioner online, penelitian ini berhasil mengumpulkan data dari 303 pengguna aplikasi TikTok yang sering menggunakan fitur TikTok Shop. Model Persamaan Struktural (SEM) digunakan untuk menganalisis data dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi sosial, hubungan parasosial dengan selebriti digital, dan sale proneness terbukti memengaruhi dorongan untuk membeli secara impulsif sehingga akhirnya melakukan perilaku pembelian impulsif.
As e-commerce continues to evolve, the role of social media platforms has developed significantly into a marketplace that can independently wield its own power in dominating the market, known as social commerce. In this context, the presence of digital celebrities on social media has a significant influence on consumer behavior, through their endorsements and interactions that shape purchasing decisions. This study aims to analyze factors that influence consumers' impulse buying behavior in social commerce. Several factors were tested: social interaction, website ease of use, perceived usefulness, positive affect, parasocial relationship with digital celebrities, and sale proneness. Using an online questionnaire, this study successfully collected data from 303 TikTok app users who frequently use the TikTok Shop feature. Structural Equation Model (SEM) was used to analyze the data and the results of this study indicate that social interactions, parasocial relationships with digital celebrities, and sale proneness are proven to influence the urge to buy impulsively, resulting in impulse buying behavior."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Saffanah Fausta Lamis
"Online marketplace menerapkan berbagai bentuk promosi penjualan untuk menarik pembeli di mana salah satunya adalah flash sale. Flash sale merupakan penjualan produk dengan harga lebih murah dalam jumlah dan waktu terbatas. Pembelian impulsif merupakan perilaku pembelian online yang dapat terjadi di mana pembelian dilakukan secara tiba-tiba serta tanpa perencanaan sebelumnya. Flash sale dapat menjadi peluang bagi online marketplace untuk merangsang dilakukannya pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi pembelian impulsif pada flash sale. Teori Stimulus-Organism-Response (SOR), Competitive Arousal Model, Pleasure-Arousal-Dominance (PAD) serta konsep scarcity digunakan untuk merepresentasikan hubungan faktor-faktor pada flash sale terhadap pembelian impulsif. Penelitian dilakukan dengan 1.093 responden dan analisis menggunakan metode PLS-SEM. Wawancara juga dilakukan untuk mendukung hasil penelitian. Hasil menunjukkan bahwa pembelian impulsif dipengaruhi rangsangan untuk membeli dan perasaan senang. Waktu dan jumlah terbatas memengaruhi rangsangan untuk membeli. Informasi, perasaan terhibur, dan keuntungan ekonomis memengaruhi rangsangan untuk membeli dan perasaan senang. Rangsangan untuk membeli berpengaruh terhadap perasaan senang. Sikap terhadap flash sale dipengaruhi oleh informasi, ketertarikan pada tampilan visual, perasaan terhibur, dan keuntungan ekonomis. Pihak online marketplace dapat memerhatikan keuntungan ekonomis dan pengalaman berbelanja yang menghibur untuk meningkatkan peluang pembelian impulsif pada flash sale.
Online marketplaces use various sales promotions to attract buyers, one of the promotions is flash sale. Flash sale offers products at lower prices in limited quantity and limited time. Impulse buying is an online buying behavior that can occur which purchases are made suddenly and without prior planning. Flash sale can be an opportunity for online marketplaces to stimulate impulse buying. This study aims to examine factors that influence impulse buying on flash sale. Stimulus-Organism-Response (SOR) theory, Competitive Arousal Model theory, Pleasure-Arousal-Model (PAD) theory and scarcity concept are used to represent the relationship of flash sale factors toward impulse buying. This study was conducted with 1.093 respondents and PLS-SEM is used for analysis. Interviews were also conducted to support the result. Results show impulse buying is influenced by arousal and pleasure. Limited quantity scarcity and limited time scarcity affect arousal. Information, entertainment, and economic benefits affect arousal and pleasure. Arousal affects pleasure and attitude towards flash sale influenced by information, visuality, entertainment, and economic benefits. Online marketplace can give more attention to economic benefits and entertaining shopping experience to increase the chance of impulse buying occurs."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Andika Ridho Baskoro
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Experience Toko Online Tokopedia, baik itu experience yang positif maupun negatif dalam mengengaruhi tingkat Online Repurchase Intention Konsumen Toko Online Tokopedia pada wilayah Jabodetabek. Data pada penelitian ini didapatkan melalui penyebaran kuesioner yang melibatkan 100 responden dengan menggunakan salah satu teknik penarikan sampel non-probability sampling, yaitu teknik purporsive yang dilakukan melalui adanya screening questions pada kuesioner seperti apakah mereka melakukan transaksi di Tokopedia setidaknya satu kali dalam tiga bulan terakhir. Data pada penelitian ini diolah menggunakan program SPSS 22 for Windows. Dilakukan Uji Analisis Regresi yang pertama untuk mengukur kekuatan hubungan (korelasi) antara Variabel Brand Experience Terhadap Online Repurchase Intention dan yang kedua untuk mengetahui diterima atau ditolaknya hipotesis pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh yang terbentuk antara Brand Experience Toko Online Tokopedia dengan Tingkat online repurchase intention konsumen merek tersebut yang artinya Hipotesisnya diterima atau Ha diterima sementara Ho ditolak, dengan kekuatan interpretasi korelasi yang tergolong kuat menuju sangat kuat, dimana seluruh dimensi dalam penelitian memiliki pengaruh yang signifikan.
This study aim to analyzing the influence of the Tokopedia Online Store Brand Experience, either positive and negative experiences in influencing the level of Online Repurchase Intention of Tokopedia Online Store Consumers in the Jabodetabek area. The data in this study were obtained through distributing questionnaires involving 100 respondents using one of the non-probability sampling techniques, that is the purposive technique which was carried out through the filtering questions on the questionnaire such as whether they had made transactions on Tokopedia at least once in the last three months. The data in this study were processed using the SPSS 22 for Windows program. The first regression analysis test was conducted to measure the relationship (recommendation) between the Brand Experience Variable on Online Purchase Intention and the second, the hypothesis could be accepted or rejected in this study. The results of this study indicate that there is an influence that is formed between the Tokopedia Online Store Brand Experience with the level of Online Repurchase Intention consumers of the brand, which means the hypothesis is accepted or Ha is accepted while Ho is rejected, with the power of interpretation that is classified as strong towards very strong, where all dimensions in this study have a significant effect."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Raisha Putri Aprilia
"Seiring berjalannya waktu, persaingan antara perusahaan transportasi online di Indonesia semakin sengit. Perusahaan saling berlomba dalam meningkatkan keterikatan merek kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bahwa brand attachment tidak hanya mempengaruhi perilaku positif (brand loyalty) saja, tetapi juga perilaku negatif (oppositional brand loyalty), seperti trash-talking, schadenfreude, dan anti-brand actions pada industri ride-hailing di Indonesia, seperti Go-Jek dan Grab. Metode purposive sampling digunakan untuk penelitian ini dengan 357 responden dan dianalisis menggunakan structural equation modeling (SEM).
Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa brand attachment memiliki pengaruh terhadap brand loyalty, trash-talking, dan anti-brand actions namun tidak pada schadenfreude. Selanjutnya, variabel moderasi attachment anxiety meningkatkan hubungan antara brand attachment dengan trash-talking dan anti-brand actions sedangkan attachment avoidance tidak memoderasi hubungan tersebut. Implikasi manajerial serta rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut dibahas dalam penelitian ini.
Over time, competition between online transportation companies in Indonesia is increasingly fierce. Companies compete with each other to increase brand attachment to consumers to get higher profits. This study aims to understand that brand attachment not only affects positive behavior (brand loyalty), but also negative behavior (oppositional brand loyalty), such as trash talking, schadenfreude, and anti-brand actions in the ride-hailing industry in Indonesia, such as Go-Jek and Grab. The purposive sampling method was used for this study with 357 respondents and analyzed using structural equation modeling (SEM).The findings of this study reveal that brand attachments have an influence on brand loyalty, trash-talking, and anti-brand actions but not on schadenfreude. Furthermore, the attachment anxiety moderation variable increases the relationship between brand attachment and trash-talking and anti-brand actions while attachment avoidance does not moderate the relationship. Managerial implications and recommendations for further research are discussed in this study."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Farhan Ali
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari dimensi-dimensi kenyamanan berbelanja online terhadap niat membeli kembali melalui perceived value pada pengguna online marketplace Bukalapak. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei berdasarkan purposive sampling terhadap populasi. Responden dalam penelitian ini didapatkan melalui online questionnaire. Data yang didapatkan diolah menggunakan SPSS melalui path analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan yang dimiliki dalam model penelitian signifikan. Pada penelitian ini ditemukan hasil bahwa search convenience dan transaction convenience pada kenyamanan berbelanja online berpengaruh terhadap perceived value secara positif dan signifikan. Kemudian, diketahui bahwa search convenience dan perceived value memiliki pengaruh niat membeli kembali secara positif dan signifikan. Selain itu penelitian ini menemukan hasil bahwa perceived value berhasil menjadi mediator untuk variabel search convenience, dan transaction convenience.
This study aims to analyze the effect of online shopping convenience dimensions on repurchase intentions through perceived value for users of the online marketplace Bukalapak. The study used a quantitative approach through a survey method based on purposive sampling of the population. Respondents in this study were obtained through an online questionnaire. The data obtained were processed using SPSS through path analysis. The results of this study indicate that the relationship in the research model is significant. In this study, it was found that search convenience and transaction convenience on the convenience of online shopping had a positive and significant effect on perceived value. Then, it is known that search convenience and perceived value have a positive and significant effect on repurchase intention. In addition, this study found that perceived value succeeded in being a mediator for search convenience and transaction convenience variables."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aldwin
"Penelitian ini meneliti peran last mile delivery experience pada kepuasan pelanggan ecommerce. Desain riset yang digunakan adalah konklusif deskriptif dan menggunakan convenience sampling sebagai metode pengambilan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan survei pada 109 responden yang berdomisili di Jabodetabek, aktif menggunakan Tokopedia dalam setahun terakhir, dan pernah membeli barang di Tokopedia lalu mengirimnya menggunakan GrabExpress/GoSend dalam enam bulan terakhir. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa last mile delivery experience memediasi pengaruh online experience terhadap customer satisfaction. Hal ini menunjukan bahwa last mile delivery experience juga penting untuk menciptakan kepuasan pembeli sehingga menjadi faktor yang jadi pertimbangan penyedia platform ecommerce.
This study researchs the role of last mile delivery experience on ecommerce customer satisfaction. This research apply conclusive descriptive design and uses convenience sampling as the sampling method. Data collection was done by doing survey to 109 respondents that live on Jabodetabek, actively using Tokopedia in the past year, and purchase in Tokopedia by using GrabExpress/GoSend to deliver the product in the past six months The result reveals that last mile delivery experience mediates the impact of online experience to customer satisfaction. This study shows that last mile delivery experience is also important to create customer satisfaction; therefore, last mile delivery must also be considered by ecommerce platform provider."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Noval
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh visual appeal terhadap online impulsive buying pada aplikasi tokopedia melalui variabel hedonic browsing pada konsumen aplikasi Tokopedia. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 150 responden sebagai sampel penelitian yang diambil berdasarkan metode sampel non-probabilitas. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan uji sobel untuk menganalisis data yang diperoleh dari kuesioner online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik visual berpengaruh positif terhadap hedonic browsing; penelusuran hedonis berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif online; dan penelusuran hedonis mampu memediasi daya tarik visual pada pembelian impulsif online. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa daya tarik visual dapat meningkatkan aktivitas pembelian impulsif secara online. Oleh karena itu, Tokopedia perlu meningkatkan faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan kunjungan pengguna Tokopedia yang memungkinkan terjadinya pembelian impulsif.
This research aims to analyze the effect visual appeal on online impulsive buying on the tokopedia application through hedonic browsing variables (study on consumers of the tokopedia application). This research is an explanatory research with a quantitative approach. This study used 150 respondents as research samples taken based on the non-probability method. This research adopt linear regression analysis and sobel test to analyze the data obtained from an online questionnaire. The results of this reasearch indicate that visual appeal have a positive effect on hedonic browsing; hedonic browsing has a positive influence on online impulsive buying; and hedonic browsing is able to mediate visual appeal on online impulsive buying. Based on these results, it shows that the visual appeal can increase impulse buying activities online. Thus, Tokopedia needs to increase the other that can increase the visits of Tokopedia users which allows for impulsive buying."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Kyla Zhahra Ravenska
"Berkembangnya industri kosmetik dan kecantikan di Indonesia menyebabkan permintaan konsumen akan kosmetik dan kecantikan meningkat dan memiliki potensi pasar yang luas. The Body Shop merupakan salah satu brand kosmetik dan kecantikan yang memiliki inovasi produk kosmetik eco-friendly di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh innovation resistance terhadap eco-friendly cosmetic purchase intention brand The Body Shop melalui environmental concern dan health concern sebagai variabel moderasi pada pembeli kosmetik di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling kepada 167 responden melalui pengisian kuesioner secara online di Google Form. Teknik pengukuran pada penelitian ini diperoleh menggunakan SPSS dan SEM-PLS dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa innovation resistance berpengaruh positif secara signifikan terhadap purchase intention. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa environmental concern dan health concern sebagai variabel moderasi juga berpengaruh memperkuat secara signfikan terhadap purchase intention pada kosmetik eco-friendly.
The development of the cosmetics and beauty industry in Indonesia has increased consumer demand and has a broad market potential for cosmetics and beauty. The Body Shop is a cosmetic and beauty brand that has innovative eco-friendly cosmetic products in Indonesia. This study aims to analyze the effect of innovation resistance on eco-friendly cosmetic purchase intention for the The Body Shop brand through environmental concerns and health concerns as moderating variables for cosmetic buyers in Jabodetabek. This study used a quantitative approach with a purposive sampling technique to 167 respondents by filling out an online questionnaire on the Google Form. The measurement technique in this study was obtained using SPSS and SEM-PLS, where the results showed that innovation resistance had a significant positive effect on purchase intention. This study also reveals that environmental concerns and health concerns as moderating variables also have a significant strengthening effect on purchase intention for eco-friendly cosmetics."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dessuryani
"Beberapa tahun terakhir pertumbuhan jumlah pengguna Internet di Indonesia selalu mengalami peningkatan. Internet tidak hanya digunakan sebagai sumber informasi, tapi juga dijadikan sebagai sarana pembangun koneksi antar individu hingga menjadi lahan bisnis. Salah satu bisnis yang sedang menjadi tren baru di pasaran Indonesia adalah online shop e-commerce. Banyak sekali online shop e-commerce bermunculan sehingga persaingan antar online shop e-commerce pun semakin tinggi. Untuk menjadi online shop e-commerce No 1 di Indonesia banyak cara dilakukan salah satunya meningkatkan brand awarenessterhadap kustomer. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand awareness terhadap trust, ewom dan purchase intention dari kustomer. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner online di Internet. Total didapatkan 127 jawaban kuesioner yang valid yang digunakan untuk analisis. Analisis menggunakan pendekatan Structural Equation Model SEM dan menggunakan alat AMOS 23. Dari hasil analisis didapatkan bahwa brand awareness mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap eWOM electronic Word of Mouth tapi tidak berpengaruh langsung terhadap trusts dan purchase intention. eWOM juga memberi pengaruh yang signifikan terhadap trust dan purchase intentionsedangkan Trustjuga memberi pengaruh yang sangat signifikan terhadap Purchase Intention.
In the last few years, the number of Internet users in Indonesia was growing rapidly. Internet is not only used as a source of information, but also connect peoples and as a commercial enterprise. One of business that is becoming a new trend in the Indonesian market is online shop e commerce. So many online shop commerce grow, so the competition between online shop be higher. To be the No 1 online shop e commerce in Indonesia, so many way will do, one of the way is increase customer brand awareness. The purpose of this study is to analyze the things that affect the willingness of customers brand awareness to trust, eWOM dan purchase intention. Data were obtained by distributing online questionnaires in Internet. Total 127 valid questionnaire responeses were used for analysis. The analysis was conducted using Structural Equstion Model SEM and AMOS 23 as the tools. We found that brand awareness have a positive and significant effect to eWOM electronic Word of Mouth but not significant effect to trust and purchase intention.eWOM also have a positive and significant effect to the trust and purchase intention, and trust also have a positive and significant effect to the purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library