Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154918 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Husnaeni Fauziah Amani
"Penelitian terkait dengan pengungkapan yang terjadi di Instagram masih sedikit, padahal Indonesia merupakan pengguna Instagram terbesar di Asia-Pasifik. Penelitian ini ingin melihat faktor yang mempengaruhi keinginan pengguna Instagram dalam melakukan pengungkapan informasi pribadi. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan paradigma positivis. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM AMOS. Responden penelitian ini adalah pengguna Instagram berusia 18-34 tahun dengan jumlah responden 383. Variabel yang dijadikan prediktor dari keinginan untuk melakukan pengungkapan informasi adalah sikap, keuntungan, pemahaman risiko, dan pemahaman kontrol. Dari sepuluh hipotesis yang diajukan, 5 hipotesis ditolak.
Hasil penelitian menemukan bahwa sikap memiliki pengaruh hanya pada pengungkapan informasi pribadi melalui perilaku komunikasi, tetapi tidak pada pengungkapan melalui profil. Keuntungan memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan informasi pribadi, baik melalui profil maupun melalui perilaku komunikasi. Pemahaman risiko memiliki pengaruh negatif terhadap sikap. Akan tetapi variabel pemahaman risiko tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan informasi pribadi di Instagram. Pemahaman kontrol tidak berpengaruh pada sikap yang dimiliki oleh pengguna Instagram. Variabel pemahaman kontrol berpengaruh pada pengungkapan informasi pribadi melalui perilaku komunikasi, tetapi tidak pada pengungkapan informasi melalui profil.

Indonesia is the largest Instagram user in Asia-Pacific, yet still lacking on research related to disclosure of personal information. This study aims to examine the factors that influence the willingness of Instagram users to disclose personal information. The factors attitude, benefit, perceived risk, and perceived control are analyzed in relation with the willingness to disclose personal information. This study uses quantitative analysis with the positivist paradigm. Data was collected via an online survey that was completed by 383 Jabodetabek users with age range 18-34 years old.
The results of this study show that only five from 10 proposed hypothesis are accepted. Instagram users attitudes significantly influence the willingness to disclose personal information by communicative actions, but not to the willingness to disclose personal information by profile. Benefit significantly influence the willingness to disclose personal information, by profiles and by communicative action. Perceived risk significantly has a negative influence to the attitude. Perceived risk does not influnece the willingness to disclose personal information on Instagram. Perceived control does not influence to the attitudes of Instagram users. Perceived control significantly influence the willingness to disclose personal information by communicative action, but not to the willingness to disclose personal information by profile.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Husnaeni Fauziah Amani
"Penelitian terkait dengan pengungkapan yang terjadi di Instagram masih sedikit, padahal Indonesia merupakan pengguna Instagram terbesar di Asia – Pasifik. Penelitian ini ingin melihat faktor yang mempengaruhi keinginan pengguna Instagram dalam melakukan pengungkapan informasi pribadi. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan paradigma positivis. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM AMOS. Responden penelitian ini adalah pengguna Instagram berusia 18 – 34 tahun dengan jumlah responden 383. Variabel yang dijadikan prediktor dari keinginan untuk melakukan pengungkapan informasi adalah sikap, keuntungan, pemahaman risiko, dan pemahaman kontrol. Dari sepuluh hipotesis yang diajukan, 5 hipotesis ditolak. Hasil penelitian menemukan bahwa sikap memiliki pengaruh hanya pada pengungkapan informasi pribadi melalui perilaku komunikasi, tetapi tidak pada pengungkapan melalui profil. Keuntungan memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan informasi pribadi, baik melalui profil maupun melalui perilaku komunikasi. Pemahaman risiko memiliki pengaruh negatif terhadap sikap. Akan tetapi variabel pemahaman risiko tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan informasi pribadi di Instagram. Pemahaman kontrol tidak berpengaruh pada sikap yang dimiliki oleh pengguna Instagram. Variabel pemahaman kontrol berpengaruh pada pengungkapan informasi pribadi melalui perilaku komunikasi, tetapi tidak pada pengungkapan informasi melalui profil.

Indonesia is the largest Instagram user in Asia-Pacific, yet still lacking on research related to disclosure of personal information.  This study aims to examine the factors that influence the willingness of Instagram users to disclose personal information. The factors attitude, benefit, perceived risk, and perceived control are analyzed in relation with the willingness to disclose personal information. This study uses quantitative analysis with the positivist paradigm. Data was collected via an online survey that was completed by 383 Jabodetabek users with age range 18-34 years old.  The results of this study show that only five from 10 proposed hypothesis are accepted. Instagram users attitudes significantly influence the willingness to disclose personal information by communicative actions, but not to the willingness to disclose personal information by profile. Benefit significantly influence the willingness to disclose personal information, by profiles and by communicative action. Perceived risk significantly has a negative influence to the attitude. Perceived risk does not influnece the willingness to disclose personal information on Instagram. Perceived control does not influence to the attitudes of Instagram users. Perceived control significantly influence the willingness to disclose personal information by communicative action, but not to the willingness to disclose personal information by profile."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T54078
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiara Annisa Adhi Moulidhanty
"Penelitian ini menyelidiki perilaku pembelian pakaian bekas generasi Z di Instagram berdasarkan socio-environmental awareness, preconception, frugality, brand awareness, social prestige, need for uniqueness, scarcity, dan perceived competition. Menggunakan metode kuantitatif dengan 312 responden berusia 17-27 tahun, ditemukan bahwa socio-environmental awareness, social prestige, scarcity, dan perceived competition berpengaruh secara positif terhadap second-hand clothing purchase intention, sedangkan brand awareness dan preconception berpengaruh secara negatif. Need for uniqueness dan frugality tidak memiliki pengaruh signifikan. Pada akhirnya, second-hand clothing purchase intention memengaruhi second-hand clothing purchase behavior. Implikasi dari penelitian ini adalah penjual pakaian bekas di Instagram perlu menekankan aspek lingkungan dan kelangkaan untuk menarik konsumen generasi Z.

This study examines Generation Z's behavior in purchasing second-hand clothing on Instagram, focusing on socio-environmental awareness, preconception, frugality, brand awareness, social prestige, need for uniqueness, scarcity, and perceived competition. Using a quantitative method with 312 respondents aged 17-27, the findings reveal that socio-environmental awareness, social prestige, scarcity, and perceived competition positively influence purchase intention, while brand awareness and preconception have negative effects. Need for uniqueness and frugality are not significant factors. Purchase intention positively affects purchase behavior. The study suggests that sellers should emphasize environmental aspects and scarcity to attract Generation Z consumers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manulang, Yosua Parhorasan
"Instagram merupakan sebuah platform media sosial popular dengan banyak fitur telah menjadi media pemasaran yang penting khususnya untuk hotel. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan perilaku konsumen terhadap pemasaran melalui Instagram termasuk faktor dan pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan model integrasi antara pemasaran dan psikologi sosial pada Instagram. Data dikumpulkan melalui survey online dimana responden diminta untuk mengunjungi Instagram Hotel dan kemudian menyelesaikan survey. Structural Equation Model (SEM) digunakan untuk menguji model penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah Compliance sebagai bagian dari psikologi sosial bukan merupakan faktor untuk menjelaskan sikap terhadap Instagram Hotel. Identification dan Internalization menjadi faktor yang dapat mempengaruhi sikap terhadap Instagram Hotel. Intensi untuk melakukan pemesanan hotel dan intensi untuk menyebarkan e-WOM merupakan hasil dari pemasaran pada Instagram. Penelitian ini merupakan panduan bagi hotel untuk menciptakan strategi marketing melalui Instagram dengan menciptakan nilai bagi konsumen daripada memberikan reward sehingga akan muncul intensi untuk melakukan pemesanan hotel dan intensi menyebarkan e-WOM sebagai hasil dari pemasaran. Penelitian ini diharapkan berkontribusi menjadi literatur tentang efektifitas pemasaran melalui Instagram di Industri perhotelan.

Instagram, a popular global mobile photo and video sharing platform with variety of features has become an important marketing tools especially for hotel. These paper aim to examine the consumer behavior model toward marketing on Instagram including factors and impact. This study expressed the integrated model between marketing and social psychology theories through Instagram Hotel. Data have been collected via a structural online survey which respondent expected to visit the live Instagram Hotel then fill out the survey. Structural equation model (SEM) has been used to test the model. The result of this study is Compliance as a part of social psychology hasnt strong affected for attitude toward Instagram rather than Identification and Internalization. On the other side, Hotel Booking Intention and Intention of e-WOM is impact from marketing. This study provided guidelines for hotel marketers to create marketing strategy through Instagram with considering how to create value for customer rather than impress customer with giving reward. Intention to purchase and e-WOM are impact of marketing definitely, however it would be starting with strategic approach that is by creating interactive ways (attractive photos and videos) by utilizing variety of Instagram features. The study contributes to become knowledge about Instagram marketing effectiveness in hospitality industry."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Dian Prasasti
"Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang memprediksi berbagi informasi publik di Facebook. Hubungan yang dihipotesiskan dalam model yang diusulkan diverifikasi dengan data survei daring dari 110 pranata humas. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa para pranata humas pada dasarnya memiliki motivasi intrinsik yang cukup tinggi dalam berbagi informasi publik di Facebook dan mereka menganggap bahwa berbagi informasi publik di Facebook mendorong pencapaian tugas organisasi. Para pranata humas yang saling berbagi dan mengejar visi, misi, dan tujuan yang sama, menganggap bahwa berbagi informasi publik di Facebook mendorong integrasi dan tanggung jawab kolektif. Dengan berbagi informasi publik di Facebook, mereka yakin bahwa kegiatan ini akan mempererat hubungan dengan publik dan memungkinkan publik untuk memberikan komunikasi dua arah dan membantu dalam asimilasi pengetahuan baru terkait kebijakan publik. Penelitian ini memiliki signifikansi ilmiah dan praktis terhadap bidang komunikasi antarpribadi di media sosial dan kehumasan pemerintah.

This study aims to investigate the factors that predict public information sharing on Facebook. The hypothesized relationships in the proposed model are verified with online survey data from 110 government public relations (GPR) officials. From the research results, it can be concluded that GPR officials basically have a high intrinsic motivation and think that sharing public information on Facebook encourages the achievement of organizational tasks. GPR officials who share and pursue the same vision, mission and goals, think that sharing public information on Facebook encourages integration and collective responsibility. By sharing public information on Facebook, they believe that this activity will strengthen relations with the public and enable the public to provide twoway communication and assist in the assimilation of new knowledge related to public policy. This research has scientific and practical significance to the field of interpersonal communication on social media and government public relations."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daniella Tasya Effendy
"Pandemi COVID-19 telah banyak mempengaruhi aspek kehidupan, salah satunya adalah aspek ekonomi. Negara Indonesia, mengalami banyak penurunan ekonomi dan berakibat pada penurunan ekonomi rumah tangga khususnya bagi mahasiswa. Dalam hal tersebut, seorang wirausahawan memiliki peran yang besar dalam pembangunan ekonomi melalui penciptaan inovasi, lapangan kerja, dan kesejahteraan. Untuk menciptakan wirausahawan, perlu adanya minat berwirausaha yang tumbuh sejak dini. Salah satunya adalah mahasiswa. Mahasiswa dianggap sudah memasuki tahap awal dewasa, yang artinya masa tersebut adalah masa peralihan dari remaja ke dewasa dalam pemilihan karier. Pada masa tersebut, muncul banyak minat pada diri mahasiswa, salah satunya adalah minat berwirausaha. Minat berwirausaha dipengaruhi oleh banyak faktor. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Faktor yang diduga menjelaskan minat berwirausaha mahasiswa adalah jenis kelamin, lingkungan keluarga, keluarga wirausahawan, sikap mental berwirausaha, keinginan memperoleh pendapatan, pendidikan kewirausahaan, dan penggunaan media sosial. Metode yang digunakan adalah mann-whitney dan analisis regresi linier berganda, untuk melihat variabel-variabel yang menjelaskan minat berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini menggunakan data primer sebanyak 620 mahasiswa FMIPA Universitas Indonesia dengan 240 mahasiswa laki-laki dan 380 mahasiswa perempuan dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa, kemudian mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan FMIPA Universitas Indonesia memiliki faktor signifikan yang sama yaitu sikap mental berwirausaha, persepsi berwirausaha, keinginan memperoleh pendapatan, pendidikan kewirausahaan, dan penggunaan media sosial. Perbedaan antara minat berwirausaha pada mahasiswa laki-laki akan cenderung memiliki persepsi berwirausaha lebih tinggi dibandingkan mahasiswa perempuan

The COVID-19 pandemic has affected many aspects of life, one of which is economic. Indonesia experienced many economic downturns and resulted in a decline in the household economy especially for college students. In this regard, an entrepreneur has a large role in economic development through the creation of innovation, employment, and welfare. In order to create entrepreneurs, early entrepreneurial interest is needed. One of them is a student. Students are considered to have entered the early stages of adulthood, which means that the period is the transition from adolescence to adulthood in career choice. During this time, there was a great deal of interest in students, one of which was entrepreneurial interest. Entrepreneurial interest is influenced by many factors. The study aims to look at factors that significantly affect entrepreneurial interest in male and female students. Factors that allegedly explain students' entrepreneurial interests include gender, family environment, entrepreneurial family, entrepreneurial mental attitude, income, entrepreneurial education, and social media use. The methods used are mann-whitney and multiple linier regression analysis, to look at variables that explain students' entrepreneurial interests. The study used 620 primary data from the University of Indonesia's FMIPA students with 240 male and 380 female students and sampling using purposive sampling. The results show that gender influences student entrepreneurship, male and female students of FMIPA University of Indonesia have similar significant factors: entrepreneurial mental attitude, entrepreneurial perception, income, entrepreneurial education, and social media useThe difference between entrepreneurial interest in male students will tend to have a higher perception of entrepreneurship than female students."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danny Wienda Pranata
"Online travel agent (OTA) merupakan kanal reintermediasi antara hotel dan konsumen. Pada reservasi online, konsumen bisa memilih antara kanal OTA atau langsung melalui situs e-commerce yang dimiliki oleh hotel. OTA bersaing dengan situs web hotel melalui berbagai penawaran untuk menarik konsumen. Di sisi lain, manajemen hotel ternyata merasa perlu meningkatkan kinerja web hotelnya untuk mengimbangi dominasi OTA dalam menangani reservasi online.
Penulis melakukan penelitian secara kuantitatif menggunakan sebuah model kerangka kerja teoritis generik untuk menganalisis purchase intention pada web hotel dan OTA. Pendekatan yang digunakan adalah untuk membuktikan perceived value mempengaruhi purchase intention. Hasil analisis web hotel dan OTA dibandingkan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan konsumen memilih OTA daripada web hotel.
Pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan kuesioner survei yang disebarkan dalam bentuk elektronik online dan cetak. Data valid yang terkumpul sebanyak 351 sampel untuk web hotel dan 369 sampel untuk OTA dianalisis menggunakan metode PLS-SEM.Penulis menemukan bahwa perceived value mempengaruhi purchase intention pada web hotel dan OTA.
Hasil penelitian menunjukkan faktor keamanan, kemudahan pembayaran, dan harga mempengaruhi perceived value pada kedua kanal namun OTA masih lebih unggul. Sedangkan faktor-faktor yang berkaitan dengan risiko tidak mempengaruhi perceived value pada web hotel dan OTA. Namun justru web hotel unggul pada ketiga faktor ini.

Online travel agent OTA is reintermediating channel between consumers and hotels. In the online hotel reservations, consumers can choose between OTA channels or directly through e commerce sites owned by the hotel. OTA competes with the hotel 39 s web site through various deals to attract consumers. On the other hand, the hotel management felt the need of improving their own web performance to counterbalance the dominance of OTA in handling online reservation.
The researcher performed quantitative research through a generic model of theoretical framework for analyzing purchase intention of the hotel website and OTA with an approach to prove that perceived value affects purchase intention. Both the hotel website and OTA analytic results are compared to determine the factors that influence consumers making reservation via OTA than the hotel website.
The research data collection was performed using a questionnaire survey distributed in both electronic online and hardcopy form. The total of valid samples collected for the hotel website is 351 samples and 369 samples for OTA were analyzed using PLS SEM.The researcher found that perceived value affects purchase intention on the hotel website and OTA.
The results showed the security, ease of payment and price factors affect the perceived value on both channels but OTA is superior. The factors associated with risks such as product risk, cancelation policy risk, and booking problem risk do not negatively affect the perceived value of the hotel website and OTA. Whereas the hotel website is only competitive on these three factors.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Parhusip, Armando Rilentuah
"OTA merupakan agen perjalanan yang menggunakan internet untuk menjalankan bisnisnya sebagai penghubung penyedia produk perjalanan dengan penggunanya, misalnya: menghubungkan penyedia layanan penerbangan dan hotel dengan penggunanya. OTA biasanya dapat memberikan beberapa pilihan dan memberikan harga yang lebih murah daripada kanal lain. Namun ternyata pengguna tidak cukup puas jika OTA hanya memberikan harga yang lebih murah, pengguna membutuhkan beberapa faktor lain.
Penulis mengembangkan model kerangka pemikiran untuk membuktikan apakah trust, perceived risk, dan perceived value mempengaruhi purchase intention penerbangan domestik melalui OTA dan membuktikan pengaruh kualitas sistem OTA terhadap trust, perceived risk, dan perceived value. Penulis menggunakan PLS-SEM sebagai metode pengolahan data. Data penelitian dikumpulkan dari 307 responden yang mengisi survei dalam bentuk kuesioner yang disebarkan secara daring dengan alat bantu www.surveymonkey.com.
Penulis menemukan bahwa trust dan perceived value merupakan faktor yang mempengaruhi purchase intention dalam OTA dengan trust sebagai faktor yang terpenting. Penulis juga menemukan bahwa perceived risk tidak memiliki pengaruh yang kuat terhadap purchase intention. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa OTA quality merupakan antecedent yang membentuk trust, perceived value, namun tidak terbukti mengurangi perceived risk.

OTA is a travel agent using internet to run its business. OTA acts as an intermediary between travel providers and travellers (e.g. OTA delivers the airline ticket from airline providers or hotel voucher from the hotels to the consumers). Unlike the airline company websites, OTAs has multiple access to airlines system to give more options to their consumers. OTAs offer more price-saving to the consumers due to special agreement with other party. However, consumers need more than price saving, they consider other factors before purchasing a product or service.
We developed a model or theoritical framework to prove whether trust, perceived risk, and perceived value determine purchase intention of domestic flight from OTA, and to prove whether OTA Quality is the antecedent of trust, perceived risk, and perceived value. We used PLS-SEM to analyze the data which gathered from 370 OTA users who filled out the questionnaire. The survey was distributed online using www.surveymonkey.com.
The results indicate that trust and perceived value determine the purchase intention. Trust was found as the main predictor of purchase intention within an OTA. However, there is no significant effect of perceive risk on the purchase intention. Our finding also indicates that OTA quality is the antecedent of trust and perceived value. On the other hand, we found there is no significant relationship with between OTA Quality with perceived risk.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ferry Cahyadi Putra
"Tesis ini membahas tentang analisis pengaruh variabel similarity, brand reputation, perceived risk, perceived innovativeness dan original category loyalty terhadap brand extension acceptance khususnya di kategori produk penataan rambut sebagai original category dan perawatan wajah sebagai kategori hasil brand extension pada merek Gatsby. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menguji dua model, yaitu yang tidak menggunakan mediating variable dan yang menggunakan mediating variable. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada model tanpa mediating variable, similarity dan original category loyalty berpengaruh signifikan secara statistik dan positif terhadap brand extension acceptance. Sementara pada model dengan mediating variable, brand reputation dan original category loyalty berpengaruh secara statistik dan positif terhadap perceived risk. Sementara itu, similarity berpengaruh secara statistik dan positif terhadap perceived innovativeness. Namun, dalam model dengan mediating variable tidak terbukti bahwa mediating estimation lebih baik dibandingkan dengan direct estimation. Dari hasil penelitian ini juga ditemukan bahwa model yang tidak menggunakan mediating variable lebih baik dilihat dari indikator nilai-nilai Uji Kecocokan Model (goodness of fit test) dibandingkan model yang menggunakan mediating variable.

The focus of this study is to analyze the impact of similarity, brand reputation, perceived risk, perceived innovativeness and original category loyalty variables to brand extension acceptance, specifically in hairstyling category as original category and face wash category as extended category for Gatsby brand. The statistical analysis of this study is Structural Equation Modelling (SEM) to test two models; without and with mediating variables. This study find that similarity and category loyalty variables are statistically significant and positive to influence brand extension acceptance of Gatsby brand in face wash as extended category in model without mediating variable. Meanwhile, in model with mediating variable, brand reputation and original category loyalty are statistically significant and positive to influence perceived risk, while similarity also statistically significant and positive to influence perceived innovativeness. However, in model with mediating variable, there is no evidence to accept that mediating estimation is better than direct estimation. The result of this study also find that model without mediating variable is better than model with mediating variable that is reflected by comparing of goodness of fit test result."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wisnu Sri Nurwening
"ABSTRAK
Tingginya animo masyarakat terhadap produk herbal telah meningkatkan kebutuhan
masyarakat terhadap pengobatan tradisional. Pemerintah mewadahi aspirasi ini dengan
mengeluarkan produk hukum yang memungkinkan berdirinya poli Obat Tradisional
Indonesia (OTI) di institusi pengobatan konvensional seperti RS dan Puskesmas. Fenomena
yang terjadi di RSUD Dr Soetomo Surabaya dan beberapa RS yang memiliki poli OTI
menunjukkan tingkat pemanfaatan yang masih rendah. Untuk itu penelitian ini ditujukan
untuk mengungkap faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pemanfaatan poli OTI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggali informasi secara
mendalam. Peningkatan validitas data dilakukan dengan menggunakan data primer serta data
sekunder serta triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengetahuan, persepsi, sikap dan kebutuhan
yang positif dari masyarakat terhadap obat tradisional dan poli obat tradisional, tetapi tingkat
pengetahuan yang rendah tentang keberadaan poli OTI di RSUD Dr Soetomo Surabaya. Dari
aspek penyedia layanan kesehatan dukungan kebijakan pusat yang belum optimal,
penerimaan intern yang rendah, promosi ekstern yang kurang maksimal serta lokasi yang
kurang strategis terindikasi sebagai faktor yang menjadi kendala dalam pemanfaatan poli OTI
ini.
Kesuksesan suatu program memerlukan upaya evaluasi, maka diperlukan suatu forum dengan
pertemuan rutin bagi pihak yang terkait dalam proses manajemen poli OTI untuk
menganalisa dan mengevaluasi kendala sekaligus upaya untuk meningkatkan pemanfaatan
poli OTI dari berbagai aspek.

Abstract
High public interest for herbal products has increased people?s demand for traditional
Indonesian medicine. The government accommodated the public?s aspirations by issuing the
regulation that allows the establishment of traditional medicine in the conventional health
care institution such as hospital and Puskesmas. The facts founded in The Poly OTI (Obat
Tradisional Indonesia) of RSUD Dr Soetomo Surabaya and some other hospitals who have
ones show a low utilization. Therefore, the thesis is focused to reveal the factors that
influence the utilization of The Poly OTI.
The design of the research is a qualitative approach. It is intended to reveals the constraints of
the utilization of The Poly OTI. To ensure data validity, the research was done by using
primary data obtained from in-depth interview and secondary data from document
assessment. Furthermore, data triangulation was also conducted.
This research concludes that there are positive level of knowledges, perceptions, attitudes and
needs of the community towards traditional medicine and its poly, but lack of knowledge
about the presents of Poly OTI in RSUD Dr Soetomo. Regarding the health care service
providers, some factors such as non-optimal policy support from the top management, low
internal acceptance, lack of external promotion and non-strategic location are determined to
be the constraints in the utilization of The Poly OTI.
The evaluation is the key to the success of a program, a regular forum or meeting of the
parties related to the marketing of Poly OTI is required to analyze and evaluate the
promotional activities and create innovative marketing plans. The internal socialization needs
to be improved regarding what and how Poly OTI also the working of traditional medicine
and clinical trials in various scientific forums as well as the proposed of relocation to a more
strategic position is recomended."
2012
T31203
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>