Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 189820 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tetriadi
"Latar Belakang Studi ini membahas selisih pendapatan BPJS dengan tarif pelayanan sectio caesaria sebesar Rp508.932.651. Hal ini terjadi karena Perda tarif yang sudah lama tidak direvisi (tahun 2011) dan perhitungannya belum menggunakan unit cost. RSD Kol. Abundjani Bangko berdiri sejak tahun 1982 sampai sekarang belum menghitung biaya pelayanan sesuai standar keuangan. BPJS sesuai undang-undang nomor 24 tahun 2011 ditunjuk pemerintah untuk menjalankan pelayanan kesehatan bagi seluruh Indonesia. Agar rumah sakit dapat berjalan normal maka perlu dihitung biaya per layanan unit cost dan efisiensi yang bisa dilakukan berdasarkan standar clinical pathway yang dijalankan di rumah sakit Kol. Abundjani Bangko.
Tujuan Penelitian ini adalah terciptanya unit cost pelayanan sectio caesaria (SC) dan efisiensi yang bisa dilakukan di RSD Kol Abundjani Bangko.
Metode Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode cros sectional, menggunakan data retrospektif tahun 2017. Pengolahan data menggunakan metode double distribution dilanjutkan RVU untuk perhitungan unit cost. Efisiensi dapat diketahui dengan menggunakan alat bantu clinical pathway beserta tool-nya.
Hasil Penelitian diperolehnya biaya layanan section caesaria di RSD Kol. Abundjani Bangko, Ruang rawat VIP Rp6.704.891, Kelas I Rp6.491.721, Kelas II Rp6.320.449 dan Kelas III Rp6.503.920, serta inefisiensi kapasitas ruang VIP dan OK/OKE ditambah terjadi penambahan layanan pada laboratorium, obat dan BHP.
Kesimpulan diperolehnya biaya satuan pelayanan kasus sectio caesaria dan upaya efisiensi yang dapat dilakukan di RSD Kol, Abundjani Bangko.

Background This study discusses the difference in BPJS income with the rate of caesaria section services amounting to Rp508,932,651. This happened because the old tariff regulation was not revised (in 2011) and the calculation had not used unit cost. RSD Col. Abundjani Bangko was established in 1982 until now and has not calculated the cost of services according to financial standards. BPJS according to law number 24 of 2011 was appointed by the government to carry out health services for all of Indonesia. In order for a hospital to run normally it is necessary to calculate the cost per service unit cost and efficiency that can be done based on the standard clinical pathway that is run in the hospital Kol. Abundjani Bangko.
The purpose of this study is to create a unit cost of sectio caesarean (SC) services and efficiency that can be done at Kol Abundjani Bangko Hospital.
Research Method is a quantitative descriptive study with cros sectional method, using retrospective data in 2017. Data processing uses a double distribution method followed by RVU for unit cost calculations. Efficiency can be known by using clinical pathway tools and tools.
The results of the research obtained the service fee for the caesaria section at RSD Kol. Abundjani Bangko. VIP care rooms Rp.6,704,891, Class I Rp.6,491,721, Class II Rp.6,320,449 and Class III Rp6,503,920, and not yet the capacity efficiency of VIP and OK / OKE rooms plus additional services in the laboratory, medicine and BHP.
Conclusion Obtained service unit costs of sectio caesarean cases and efficient efforts that can be done at RSD Kol. Abundjani Hospital Bangko.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
T52698
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arismen
"

Latar Belakang : Guna miningkatkan kualitas pelayanannya, rumah sakit harus memiliki target program untuk efektivitas dan produktivitas pelayanannya dalam bentuk rencana strategis bisnis yang dapat mengatasi permasalahan-permasalahan dimasa yang akan datang. Penyusunan rencana strategis bisnis ini haruslah melibatkan semua pengambilan keputusan di rumah sakit dan sumber daya organisasi yang ada secara efisien dan efektif dengan memperhatikan kondisi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan tinjauan komperhensif tentang proses penyusunan rencana strategis bisnis rumah sakit sehingga diperoleh strategi alternatif untuk 5 tahun kedepannya dan menjadi rujukan alternatif dalam proses penyusunan rencana strategis bisnis organisasi nonprofit. Metode : penelitian ini adalah penelitian operasional, penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam dan penelitian dokumen mengunakan laporan kinerja rumah sakit. Hasil : Berdasarkan analisa faktor lingkungan eksternal dan internal, strategi alternatif yang cocok dengan kondisi rumah sakit sekarang adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk layanan. Guna mewujudkan strategi ini ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian khusus yaitu keterbatasan sumber daya yang dimiliki yang meliputi ketersediaan sumber daya manusia dan dukungan keuangan serta belum tersedia sistem informasi rumah sakit yang terintegrasi. Kesimpulan : Strategi alternatif yang ditetapkan dalam rencana strategis bisnis RSD Kolonel Abundjani Bangko berdasarkan pemetaan dari kondisi faktor-faktor lingkungan eksternal dan internal saat ini adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk pelayanan. Strategi alternatif ini dijabarkan menjadi strategi terpilih dan tujuan dari strategi terpilih. Guna mewujudkan rencana strategis ini membutuhkan komitmen yang kuat dari seluruh sumber daya manusia yang ada di rumah sakit dan stakeholder yang terkait, terutama dalam hal ketersediaan SDM dan ketersediaan anggaran.


Background: In order to improve the quality of its services, hospitals must have a program target for the effectiveness and productivity of their services in the form of a business strategic plan that can solve problems in the future. The preparation of this business strategic plan must involve all hospital decision-making and organizational resources efficiently and effectively by taking into account the current conditions. This study aims to provide a comprehensive review of the hospital business strategic planning process so that alternative strategies are obtained for the next 5 years and become an alternative reference in the process of preparing a business strategic plan for nonprofit organizations. Methods: This study is operational research, qualitative research with in-depth interviews and document research using hospital performance reports. Results: Based on an analysis of external and internal environmental factors, alternative strategies that are suitable for current hospital conditions are market penetration and service product development. In order to realize this strategy there are several things that must be of particular concern, namely the limited resources that are available which include the availability of human resources and financial support and there is no available integrated hospital information system. Conclusion: The alternative strategy set out in The business strategic plan RSD Kolonel Abundjani Bangko`s based on the mapping of current external and internal environmental factors is market penetration and service product development. This alternative strategy is described as the chosen strategy and the objectives of the chosen strategy. In order to realize this strategic plan requires a strong commitment from all human resources in the hospital and related stakeholders, especially in terms of human resources availability and budget availability

"
2019
T53098
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fenny Hamka
"Rumah sakit sebagai penyelenggara layanan kesehatan mempunyai beban tersendiri untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan adil bagi masyarakat. Hal ini mendorong seluruh elemen, baik pihak rumah sakit maupun stakeholder untuk menghitung secara riil berapa biaya pelayanan yang dibutuhkan sehingga bisa menjadi alat advokasi dalam pembiayaan pelayanan kesehatan. Analisis biaya melalui perhitungan biaya per unit (unit cost) dapat dipergunakan rumah sakit sebagai dasar pengukuran kinerja, penyusunan anggaran dan subsidi, alat negosiasi pembiayaan kepada stakeholder terkait dan dapat pula dijadikan acuan dalam mengusulkan tarif pelayanan rumah sakit yang baru dan terjangkau masyarakat.
Penentuan unit cost dalam analisis biaya diperlukan untuk mengetahui besarnya biaya yang benar?benar dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk, tujuan lainnya menilai efisiensi dalam anggaran. Tindakan terbanyak pada di RS X unit Obstetri dan Ginekologi adalah persalinan sectio caesaria sehingga RS X menciptakan paket operasi yaitu Paket Hemat Sectio Caesaria. Permasalahan yang terjadi yaitu pihak manajemen rumah sakit X tidak mengetahui apakah revenue rumah sakit tindakan sectio caesaria Pahe A selama ini sudah menutupi seluruh biaya yang terjadi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran biaya satuan tindakan sectio caesaria Paket Hemat A tahun 2009.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus analitik dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode analisis biaya dengan metode Real Cost. Data yang digunakan adalah data sekunder yang tercatat di keuangan pada tahun 2009. Dari hasil penelitian, didapat biaya satuan aktual untuk tindakan sectio caesaria Paket Hemat A termasuk biaya obat/BHP dan biaya jasa medis sebesar Rp. 2.804.652, sedangkan biaya satuan normatif untuk tindakan sectio caesaria Paket Hemat A termasuk biaya obat/BHP dan biaya jasa medis sebesar Rp. 2.719.458.
Maka dengan hasil tersebut, disarankan untuk menjadi pertimbangan bagi manajemen rumah sakit dalam menentukan kebijakan dan mengambil keputusan mengenai tarif untuk pelayanan tindakan sectio caesaria pada umumnya dan tindakan Paket Hemat A pada khususnya.

Hospitals as health care providers have the burden to be able to provide the high quality health care and fair for the society. This encourages all elements, both the hospitals and stakeholders to calculate in real how much cost is needed so that can be a tool in advocacy and health care financing. Cost analysis by calculating the cost per unit (unit cost) can be used by hospital as a base performance assessment, budgeting and subsidies, financing negotiating tools to the relevant stakeholders and also can be used as a reference in proposed new rates of hospital services and affordable to the society.
The determination of unit costs in the cost analysis is needed to determine the costs actually required to produce a product, the other purposes is to assess the efficiency of budgeting. The most health care in Hospital X Obstetry and Ginekology unit is Sectio Caesaria so that Hospital X creating operation packages named Sectio Caesaria Economical Package. The problems that occurred, is the management of Hospital X did not know whether the hospital's revenue in Sectio Caesaria Economical Package A for all this time was covered all the costs that incurred. Therefore, the purpose of this research is to obtain the unit cost of Sectio Caesaria Economical Package A year 2009.
The research design is an analytical case studies with quantitative descriptive approach. Method of cost analysis by Real Cost method. The data used in this research are secondary data that was recorded in finance unit year 2009.
From the results of the research, obtained the actual unit cost for Sectio Caesaria Economical Package A includes the cost of drugs/consumables and medical fees is Rp. 2,804,652, whereas normative unit cost for Sectio Caesaria Economical Package A includes the cost of drugs/consumables and medical fees is Rp.2,719,458. So with these results, it is suggested to be a consideration for the hospital management in setting the policies and making decisions on tariffs for Sectio Caesaria services in general and Economical Package A in particular.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
T31713
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Suci Kirana Yulius
"Di tahun 2021 COVID-19 masih menjadi wabah pandemik di seluruh dunia, yang menimbulkan disrupsi ekonomi di berbagai industri termasuk rumah sakit. Angka kunjungan rawat jalan dan rawat inap rumah sakit menurun di tahun 2020 sebanyak 80% yang berdampak pada penurunan pendapatan bulanan rumah sakit sampai ke 40% (Persi, 2021). Dalam menjaga layanan yang komprehensif dan bermutu, ada tambahan biaya operasional yang meningkat termasuk untuk perlindungan staf berupa Alat Perlindungan Diri (APD) terutama bagi tenaga kesehatan. Sebagai salah satu Rumah Sakit rujukan COVID-19, RS Bunda Palembang mengalami penurunan pasien rawat inap sebesar 55,2% di tahun 2020 dibanding tahun sebelumnya. Pelayanan unggulan yang diberikan adalah layanan persalinan ibu bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), termasuk layanan Sectio Caesarean (SC). Walau telah disadari terdapat kesenjangan antara tarif RS dan tarif INA-CBGs sebelum COVID-19, tim manajemen internal RS belum mempunyai analisis biaya persalinan SC. Beban operasional yang semakin bertambah di era COVID-19, memaksa tim manajemen mempunyai informasi biaya satuan SC ringan. Menggunakan data biaya aktual tahun 2021, biaya satuan tindakan SC ringan tanpa komplikasi dihitung dengan metode Double Distribution dan Relative Value Unit. Hasilnya menunjukkan bahwa biaya satuan SC ringan di ruangan SVIP sebesar Rp 11.877.883, ruangan VIP sebesar Rp7.782.915, ruangan Kelas I sebesar Rp 6.388.681, Kelas II yaitu Rp 6.009.725, dan Kelas III sebesar Rp 5.753.963. Secara keseluruhan, tingkat pengembalian biaya (CRR) terhitung sebesar 124,2%, dimana dari perspektif keuangan angka ini dianggap cukup ideal oleh manajemen. Pembelajaran yang dapat dipetik dalam menghadapi masa pandemi ke depan yaitu rumah sakit sebaiknya bersiap dalam menghadapi berbagai disrupsi kesehatan ke depannya dengan memfasilitasi tindakan ANC dan SC untuk seluruh pasien termasuk pasien infeksius.

In 2021, COVID-19 is still a worldwide pandemic, causing economic disruption in various industries, including hospitals. The number of outpatient visits and hospitalization decreased in 2020 by 80%, which resulted in a decrease in hospital monthly income of up to 40% (Persi, 2021). In maintaining comprehensive and quality services, additional operational costs increase, including staff protection in the form of Personal Protection Equipment (PPE), especially for health workers. As one of the COVID-19 referral hospitals, Bunda Palembang Hospital experienced a decrease in hospitalizations of 55.2% in 2020 compared to the previous year. The superior service provided is maternal delivery services for National Health Insurance (JKN) participants, including Caesarean Section (C-Section) services. Even though it was realized that there was a gap between the hospital rates and the INA-CBGs rates before COVID-19, the hospital's internal management team still needed an analysis of the cost of delivering a C-Section. Operational expenses are increasing in the era of COVID-19, forcing the management team to have information on low C-Section unit costs. Using actual cost data for 2021, the unit cost for mild C-Section without complications is calculated using the Double Distribution and Relative Value Unit method. The results show that the unit cost of light C-Section in the SVIP room is IDR 11,877,883, the VIP room is IDR 7,782,915, the Class I room is IDR 6,388,681, Class II is IDR 6,009,725, and Class III is IDR 5,753,963. Overall, the cost recovery rate (CRR) is calculated at 124.2%, which management considers ideal from a financial perspective. The lesson that can be learned in dealing with future pandemics is that hospitals should be prepared to face various health disruptions by facilitating ANC and C-Section actions for all patients, including infectious patients."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Nurhayati
"Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa hubungan penerapan operasi sesar metode ERACS (Enhanced Recovery After Sectio Surgery) dengan efisiensi biaya dan mutu layanan di RS Hermina Galaxy tahun 2022. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kohort retrospektif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa dengan menggunakan metode ERACS pada pasien tindakan operasi bedah sesar didapatkan efektivitas biaya dengan mutu layanan yang baik. Mutu layanan yang dinilai pada penelitian ini adalah mobilisasi yang lebih cepat, lama hari rawat yang lebih singkat, dan infeksi daerah operasi tidak ditemukan.
Disarankan pada RS Hermina Galaxy untuk menggunakan metode ERACS pada pasien tindakan operasi bedah sesar agar mutu layanan meningkat dan menyebabkan pasien menjadi lebih nyaman pasca operasi SC dan biaya layanan menjadi lebih rendah daripada SC metode konvensional

This study aims to analyze the relationship between the implementation of the ERACS (Enhanced Recovery After Sectio Surgery) method and the cost efficiency and quality of service at Hermina Galaxy Hospital in 2022. The research design used was a retrospective cohort with a quantitative and qualitative approach. The conclusion in this study is that by using the ERACS method in patients with cesarean section surgery, cost effectiveness with good service quality is obtained. The quality of service assessed in this study was faster mobilization, shorter length of stay, and no surgical site infections were found.
It is recommended for Hermina Galaxy Hospital to use the ERACS method for cesarean section patients so that the quality of service increases and causes patients to be more comfortable after SC surgery and service costs are lower than conventional SC methods.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Nurhayati
"Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa hubungan penerapan operasi sesar metode ERACS (Enhanced Recovery After Sectio Surgery) dengan efisiensi biaya dan mutu layanan di RS Hermina Galaxy tahun 2022. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kohort retrospektif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa dengan menggunakan metode ERACS pada pasien tindakan operasi bedah sesar didapatkan efektivitas biaya dengan mutu layanan yang baik. Mutu layanan yang dinilai pada penelitian ini adalah mobilisasi yang lebih cepat, lama hari rawat yang lebih singkat, dan infeksi daerah operasi tidak ditemukan. Disarankan pada RS Hermina Galaxy untuk menggunakan metode ERACS pada pasien tindakan operasi bedah sesar agar mutu layanan meningkat dan menyebabkan pasien menjadi lebih nyaman pasca operasi SC dan biaya layanan menjadi lebih rendah daripada SC metode konvensional.

This study aims to analyze the relationship between the implementation of the ERACS (Enhanced Recovery After Sectio Surgery) method and the cost efficiency and quality of service at Hermina Galaxy Hospital in 2022. The research design used was a retrospective cohort with a quantitative and qualitative approach. The conclusion in this study is that by using the ERACS method in patients with cesarean section surgery, cost effectiveness with good service quality is obtained. The quality of service assessed in this study was faster mobilization, shorter length of stay, and no surgical site infections were found. It is recommended for Hermina Galaxy Hospital to use the ERACS method for cesarean section patients so that the quality of service increases and causes patients to be more comfortable after SC surgery and service costs are lower than conventional SC methods."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nufus Dwi Talitha
"[Program Jaminan Kesehatan Nasional menerapkan sistem pembayaran prospektif
yaitu dengan tarif INA CBG?s untuk pelayanan di rumah sakit. Tujuan penelitian
ini yaitu untuk menganalisis selisih biaya layanan dengan tarif INA CBG?s dan
tarif rumah sakit khusus kasus sectio caesaria dengan kode ICD X (O.342) pada
pasien BPJS berdasarkan komponen biaya serta mengetahui gambaran perbedaan
biaya layanan tersebut berdasarkan karakteristik pasien. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif dengan metode cross sectional dengan sampel
sebanyak 89 pasien. Dari hasil penelitian didapat rata-rata selisih biaya layanan
untuk kasus sectio caesaria dengan diagnosa utama O.342 terhadap tarif rumah
sakit adalah selisih negatif (efisien) sebesar Rp 1,236,793,- dengan CRR (cost
recovery rate) 120% dan terhadap tarif INA CBG?s adalah selisih positif (tidak
efisien) sebesar Rp 1,974,050,- dengan CRR (cost recovery rate) 68% Gambaran
perbedaan biaya layanan berdasarkan karakteristik pasien yang memiliki
hubungan dengan besarnya biaya layanan adalah kelas rawat (p=0,000), diagnosis
sekunder (p=0,050) dan lama hari rawat (p=0,046), sedangkan yang tidak
memiliki hubungan dengan besarnya biaya layanan adalah umur pasien
(p=0,956).;The National Health Insurance Scheme implementing prospective payment
system INA CBG's rates for hospital services. The purpose of this study is to
analyze the difference in cost services with INA CBG's rates and hospitals rates
specialty in patients BPJS with sectio caesaria cases with ICD X (O.342) based
component costs and reveal the differences in cost of these services is based on
the characteristics of the patient. This type of research is quantitative descriptive
cross sectional method with a sample of 89 patients. The result is the average
difference between the cost of services for Caesaria sectio cases with primary
diagnosis O.342 against hospital rates are negative difference (efficient) to Rp
1,236,793, - with the CRR (cost recovery rate) of 120% and against the CBG's
INA rates are positive difference (inefficient) to Rp 1,974,050, - with the CRR
(cost recovery rate) of 68% service charge difference picture based on the
characteristics of patients who have a relationship with the cost of the service is
ambulatory class (p = 0.000), a secondary diagnosis (p = 0.050) and the length
of stay (p = 0.046), whereas no relation to the cost of the service is the age of the
patients (p = 0.956)., The National Health Insurance Scheme implementing prospective payment
system INA CBG's rates for hospital services. The purpose of this study is to
analyze the difference in cost services with INA CBG's rates and hospitals rates
specialty in patients BPJS with sectio caesaria cases with ICD X (O.342) based
component costs and reveal the differences in cost of these services is based on
the characteristics of the patient. This type of research is quantitative descriptive
cross sectional method with a sample of 89 patients. The result is the average
difference between the cost of services for Caesaria sectio cases with primary
diagnosis O.342 against hospital rates are negative difference (efficient) to Rp
1,236,793, - with the CRR (cost recovery rate) of 120% and against the CBG's
INA rates are positive difference (inefficient) to Rp 1,974,050, - with the CRR
(cost recovery rate) of 68% service charge difference picture based on the
characteristics of patients who have a relationship with the cost of the service is
ambulatory class (p = 0.000), a secondary diagnosis (p = 0.050) and the length
of stay (p = 0.046), whereas no relation to the cost of the service is the age of the
patients (p = 0.956).]"
Universitas Indonesia, 2015
S59334
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gina Tania
"Di era JKN ini, rumah sakit dituntut harus efisien dalam mengendalikan biayalayanan agar tidak melebihi tarif INA CBGs dengan catatan mutu layanan harustetap terjaga dengan baik. Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuanmenganalisis biaya berdasarkan tarif rumah sakit dan klaim INA CBGs padapasien peserta BPJS kasus sectio caesarea di RSUD dr. Doris Sylvanus padaJanuari sampai Agustus Tahun 2016.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui biaya yang tidak dibayar sesuai tarifrumah sakit sebesar Rp 1.708.663.354 42 . Biaya pelayanan persalinan sesarringan sesuai tarif rumah sakit pada kelas 1 sebesar Rp 10.267.710,-, kelas 2sebesar Rp 9.441.399,- dan kelas 3 sebesar Rp 8.591.730,-. Komponen biayatertinggi adalah biaya tindakan operasi. Sehingga perlu dilakukan kajian ulangtarif pelayanan Sectio caesarea.

In this National Health Insurance period, hospital ospitals are required to beefficient in controlling the cost of services so as not to exceed the tariff of INACBGs with the quality record of the service must be maintained properly. Thisquantitative descriptive study aims to analyze the cost of Sectio caesarea of BPJSparticipants based on hospital rates and INA CBGs rates in dr. Doris Sylvanusregional public hospital on January until August 2016.
The result revealed that the unpaid cost according to hospital rates is Rp1.708.663.354 42 . The cost of light cesarean delivery service according tohospital rates in grade 1 is Rp 10,267,710, , 2nd grade is Rp 9,441,399, and grade3rd is Rp 8,591,730, . The highest cost component is the cost of surgery. So it isnecessary to review the hospital rates of cesarean delivery service.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oktaviana Muharromah
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan antara metode pembayaran INA-DRG dengan FFS terhadap efisiensi dan mutu layanan pada kasus Sectio Caesaria di RSUD Kota Bandung. Desain penelitian adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. pengumpulan data dilakukan dengan penelaahan terhadap Rekam Medis rawat inap, Rekam Medis rawat jalan, nota perincian perawatan dan laporan farmasi.Selain itu dengan wawancara medalam kepada pihak yang terkait.
Metode pembayaran INA-DRG mempunyai tujuan untuk mendorong efisiensi dan mutu layanan, dari hasil penelitian di RSUD Kota Bandung pada kasus Sectio Caesaria, metode pembayaran INA-DRG gagal mendorong efisiensi untuk kasus tersebut. Namun, untuk kasus Sectio Caesaria pihak Rumah Sakit memberikan pelayanan yang sama dengan metode pembayaran FFS sehingga tidak terjadi penurunan pada mutu layanan di RSUD Kota Bandung.
Hal ini dikarenakan konsep INA-DRG yang kurang dipahami dan tidak terimplementasi pada kasus Sectio Caesaria oleh pihak RSUD Kota Bandung. Terlihat pada utilisasi visit dokter, laboratorium, obat dan bhp yang diberikan sama seperti metode pembayaran FFS.
Disarankan bagi RSUD Kota Bandung agar mengevaluasi manajemen INA-DRG yang sedang berjalan di Rumah Sakit. Sehingga Rumah Sakit dapat mengetahui bagian-bagian yang harus diperbaiki terutama pada sosialisasi INA-DRG dan mengaplikasikan konsep INA-DRG agar tujuan implemetasi INA-DRG tercapai dan Rumah Sakit dapat merasakan pengaruh metode pembayaran INA-DRG di semua kasus.

This study aimed to evaluate the difference between INA-DRG payment method with FFS on the efficiency and quality of service in case Sectio Caesaria in Bandung Hospital. Design research is research with quantitative and qualitative approaches. Data collection is done by a review of Medical Records Inpatient, Outpatient Medical Record, note the details of care and pharmacy reports. In addition to in-depth interview to the parties concerned.
INA-DRG payment method has the objective to promote efficiency and quality of service, the result in hospitals on the upcoming Caesaria Sectio case, INA-DRG payment method fail to encourage efficiency to the case. However, for cases Sectio Caesaria party's Hospital providing services similar to the FFS payment method so that no decrease in quality of care in hospitals in Bandung.
This is because the concept of INA-DRG are poorly understood and not implemented in the case Sectio Caesaria by the hospital in Bandung. Seen on the utilization of physician visits, laboratory, medication and given the same bhp as the FFS payment method.
Suggested for hospitals to evaluate the management of Bandung INA-DRG ongoing at the hospital. So that's Hospital to find out the parts that should be improved especially in the socialization of INA-DRG and apply the concept of INA-DRG for implementation of INA-DRG goal is reached and the Hospital can feel effect of INA - DRG payment method in all cases.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2011
T31358
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Febriyanti Winahyu
"Operasi sectio caesarea (SC) adalah tindakan bedah untuk mengeluarkan janin dengan membuka dinding perut dan dinding rahim. Ibu post section caesarea akan merasakan nyeri dan dampaknya adalah mobilisasi ibu menjadi terbatas, Activity of Daily Living (ADL) terganggu, bonding attachment (ikatan kasih sayang) dan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) tidak terpenuhi karena adanya peningkatan intensitas nyeri apabila ibu bergerak. Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk melaporkan asuhan keperawatan pada ibu post section caesarea yang mengalami masalah nyeri beserta dengan pengaruh penerapan aromaterapi lavender untuk relaksasi. Metode studi kasus dengan melakukan intervensi terapi komplementer aromaterapi selama tiga hari dengan teknik steaming. Hasil analisis setelah dilakukan intervensi terapi komplementer aromaterapi yaitu terjadi penurunan tingkat nyeri dinilai dengan pengukuran mengunakan metode PQRST.

Sectio Caesarea (SC) surgery is a surgical procedure to remove the fetus by opening the abdominal wall and uterine wall. Post caesarean section mothers will feel pain and the impact is that the mother's mobility becomes limited, Activity of Daily Living (ADL) is disrupted, attachment bonding and Early Breastfeeding Initiation are not fulfilled due to an increase in the intensity of pain when the mother moves. The aim of writing this scientific work is to report nursing care for mothers post caesarean section who experience pain problems along with the effect of applying complementary aromatherapy therapy to reduce pain levels. The case study method involves carrying out a complementary aromatherapy therapy intervention for three days using the steaming technique. The results of the analysis after the complementary aromatherapy therapy intervention were carried out, namely that there was a decrease in pain levels assessed by measurements using the PQRST method."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>