Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 133755 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shinta Suhartono
"ABSTRACT
Millennials generation touted as the generation tech and is believed to have a role in social movements. They are tech-savvy in which it forces the market to comply with the demand digitally, therefore, they embrace sharing economy activities. Sharing economy gains its popularity in Indonesia in 2013 by the arrival of online-ride-sharing businesses. However, the idea of sharing possession with strangers leaves a trust issue for the service. With the theory of reasoned action and the issue of trust in the digital world, this quantitative research. aims to identify millennials value perception, behavioral intent, and trust in online-ride-sharing purchase intention in Indonesia. Using structural equation modeling (SEM), this study found that utilitarian and hedonic value affect positively millennials attitude to online-ride-sharing services which then affect their intention to purchase the service whereas empathy does not. An intention to purchase online-ride-sharing services also will be escalated when there is trust.

ABSTRACT
Generasi milenial dikenal sebagai generasi teknologi dan diyakini memiliki peran dalam gerakan sosial. Mereka adalah generasi yang paham teknologi dan membuat pasar memenuhi permintaan mereka secara digital. Hal inilah yang membuat terlahirnya sharing economy dan menjadi popular sejak tahun 2013 di Indonesia, ditandai dengan kedatangannya online-ride-sharing. Namun, adanya gagasan untuk berbagi kepemilikan dengan orang asing meninggalkan masalah kepercayaan untuk industry ini. Dengan theory of reasoned action dan adanya masalah kepercayaan digital, penelitian kuantitatif ini mengidentifikasi persepsi nilai (value perception), niat perilaku (behavioral intent), dan kepercayaan(trust) terhadap niat beli (purchase intention) online-ride-sharing di Indonesia. Dengan menggunakan structural equation model (SEM), penelitian ini menemukan bahwa nilai utilitas (utilitarian value) dan hedonis (hedonic value) mempengaruhi sikap milenial secara positif terhadap niat mereka untuk menggunakan (purchase intention) layanan online-ride-sharing sedangkan empati tidak mempunyai pengaruh. Niat untuk menggunakan layanan online-ride-sharing juga akan meningkat ketika adanya kepercayaan."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Berto Mulia Wibawa
Jakarta: FEB UIN Syarif Hidayatullah, 2018
650 ESENSI 8:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Furqon Anshori
"Kehadiran dan peran retail dan pasar online di Indonesia tidak bisa diabaikan. Tingginya akses dan transaksi yang dilakukan secara online menimbulkan kekhawatiran terhadap praktik etika antara pelaku bisnis online dengan pelanggannya. Tesis ini membahas persepsi pelanggan terhadap etika ritel online dan dampaknya terhadap persepsi risiko dan repurchase intention. Penelitian ini juga memperkenalkan analisis tambahan berdasarkan kelompok generasional yaitu Milenial dan Generasi Z; dan juga analisis berdasarkan tingkat keterlibatan produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berhasil mengumpulkan 500 responden melalui survei daring sebagai metode utama pengumpulan data. Hasil analisis menyimpulkan bahwa persepsi etika ritel online berpengaruh negatif terhadap persepsi risiko dan berpengaruh positif terhadap repurchase intention. Analisis tambahan juga menemukan bahwa terdapat: perbedaan signifikan dalam persepsi etika ritel online dan repurchase intention antara generasi Milenial dan Gen Z; dan perbedaan signifikan dalam persepsi risiko dan repurchase intention antara pelanggan produk dengan keterlibatan tinggi dan pelanggan produk dengan keterlibatan rendah.

The presence and role of online retailers and marketplaces in Indonesia cannot be underestimated. The high number of access and transactions carried out online brings forth concern of ethical practices between online businesses and their customers. This thesis discusses customers' perception of online retail ethics and their impact on risk perceptions and repurchase intentions. This research also introduces additional analysis on generational groups with Millennials and Generation Z; and product categories based on the level of product involvement. The study is a quantitative research that has successfully collected 500 respondents through an online survey as the main method of data collection. The analyses concluded that perception of online retail ethics has a negative effect on perceived risk and a positive effect on repurchase intention. The additional analyses also discovered that there are: significant differences in perception of online retail ethics and repurchase intention between Millennials and Gen Z; and significant differences in perceived risk and repurchase intention between customers of high-involvement and low-involvement products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ritonga, Raisa Chairisina Putri
"[ABSTRAK
Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengamati faktor-faktor yang secara positif
mempengaruhi niat pembelian kembali jasa Go-Jek, dengan menganalisis faktorfaktor
seperti citra merek, harga, kepercayaan serta nilai. Dalam riset ini, data
diperoleh dengan menggunakan teknik sample convenience sampling dengan
pengguna Go-Jek yang berdomisili di area Jabodetabek sebagai sampelnya.
Penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh terhadap niat pembelian
kembali, harga berpengaruh positif terhadap nilai, harga berpengaruh positif
terhadap niat pembelian kembali dimediasi oleh nilai, kepercayaan berpengaruh
positif terhadap nilai, kepercayaan berpengaruh positif terhadap niat pembelian
kembali dimediasi oleh nilai, dan nilai berpengaruh positif terhadap niat
pembelian kembali. Sementara itu, citra merek tidak berpengaruh terhadap harga,
kepercayaan, nilai dan niat pembelian kembali terhadap Go-Jek. Temuan di dalam
penelitian ini diharapkan akan bermanfaat untuk penelitian-penelitian berikutnya
yang membahas topik ini dan juga menguntungkan bagi perusahaan Go-Jek untuk
menilai faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi niat pembelian kembali
terhadap layanan Go-Jek.
ABSTRACT
This focus of this research is to observe the factors that positively influences
repurchase intention on Go-Jek by examining several factors namely brand image,
price, trust, and value. Convenience sampling was used and the samples are Go-
Jek users that reside in Jabodetabek area. This research shows that price positively
influences repurchase intention, price positively influences value, price positively
influences repurchase intention mediated by value, trust positively influences
value, trust positively influences repurchase intention mediated by value, and
value positively influences repurchase intention. Meanwhile brand image does not
have any influence toward price, trust, value, and repurchase intention of Go-Jek.
The findings in this research are beneficial for further research regarding this topic
and also benefit for Go-Jek company to assess factors that might influence
consumers? repurchase intention toward their services., This focus of this research is to observe the factors that positively influences
repurchase intention on Go-Jek by examining several factors namely brand image,
price, trust, and value. Convenience sampling was used and the samples are Go-
Jek users that reside in Jabodetabek area. This research shows that price positively
influences repurchase intention, price positively influences value, price positively
influences repurchase intention mediated by value, trust positively influences
value, trust positively influences repurchase intention mediated by value, and
value positively influences repurchase intention. Meanwhile brand image does not
have any influence toward price, trust, value, and repurchase intention of Go-Jek.
The findings in this research are beneficial for further research regarding this topic
and also benefit for Go-Jek company to assess factors that might influence
consumers’ repurchase intention toward their services.]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S62270
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Adrian Adiputra Iwan
"Investigasi online purchase intentions di e-commerce Indonesia dengan fokus pada pengaruh trust, perceived risk, and perceived usefulness of online reviews adalah tujuan dari penelitian ini. Temuan tersebut berasal dari survey online yang ditanggapi oleh 203 partisipan pengguna e-commerce di Indonesia. Menurut hasil dari Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan SmartPLS, perceived usefulness of online reviews mempengaruhi trust dan online purchase intention. Selain itu, perceived risk dan online purchase intentions tidak terpengaruh oleh trust. Lalu, perceived risk mempengaruhi online purchase intention. Menurut temuan tersebut, perusahaan e-commerce Indonesia harus bekerja untuk mendorong pelanggan memposting ulasan positif secara online untuk meningkatkan kepercayaan dan memperkuat pembelian online.

Investigating online purchase intentions in Indonesian e-commerce with a focus on the influence of trust, perceived risk, and perceived usefulness of online reviews is the goal of this study. The findings came from an online survey that had 203 respondents of Indonesian e-commerces users. According to results from partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) using SmartPLS, the perceived value of online reviews affects trust and online purchase intention. Furthermore, perceived risk and purchase intention are unaffected by trust. Additionally, perceived risk affects plans to make purchases online. According to the findings, Indonesian e-commerce companies should work to encourage customers to post positive reviews online in order to increase trust and strengthen online purchases."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Alifah Umairah
"Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan pemasaran influencer telah meningkat secara eksponensial. Penelitian ini mengadopsi studi terdahulu untuk memahami mekanisme pemasaran influencer yang memengaruhi konsumen melalui media sosial. Dengan mengusulkan model nilai pengaruh media sosial untuk menjelaskan peran nilai iklan dan kredibilitas sumber, penelitian ini mengelola survei daring di antara 270 orang pengguna media sosial yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) berdomisili di wilayah Indonesia, beragama Islam, dan mengikuti setidaknya selama 6 bulan, 1 atau lebih akun Instagram dan/atau YouTube social media influencer muslim (bukan selebriti/tokoh publik media tradisional) yang sering mempromosikan produk-produk halal dengan jumlah pengikut minimal 1.000. Hasil pemodelan jalur partial least square (PLS) menunjukkan bahwa nilai keinformatifan dari konten yang dihasilkan influencer, keahlian, sifat dapat dipercaya, dan daya tarik influencer secara positif memengaruhi kepercayaan konsumen pada konten promosi produk halal, yang kemudian memengaruhi kesadaran merek dan niat pembelian.

In the past few years, the use of influencer marketing has increased exponentially. This study adopts previous studies to understand the influencer marketing mechanism that influences consumers through social media. By proposing a social media influence value model to explain the role of message value and source credibility, this research manages an online survey among 270 social media users who are Indonesian citizens who live in Indonesia, are muslims, and have been following for at least 6 months, 1 or more Instagram and/or YouTube account(s) of muslim social media influencers (not celebrities/public figures from traditional medias) who often promote halal products with a minimum number of followers of 1.000. The results of partial least square (PLS) path modeling show that the informativeness value of the content produced by influencers, expertise, trustworthiness, and attractiveness of influencers positively influence consumer trust towards halal product promotional content, which then influences brand awareness and purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bianti Traviata Prakarti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari perilaku belanja online yang diukur dengan sikap, motif, keakraban, dan perilaku pencarian terhadap keputusan berbelanja kembali pada generasi millennial dan Gen Z di Indonesia. Sampel yang digunakan pada penelitian ini merupakan penduduk Indonesia, terdapat 145 responden dengan umur 17-25 (Generasi Z) dan 139 responden untuk umur 26-40 (Millennial). Penelitian ini menggunakan PLS-SEM Multigroup Analysis dalam mengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua generasi memiliki niat pembelian ulang yang sama tetapi motivasi yang berbeda mendorong mereka. Millennial mungkin lebih termotivasi oleh motif nilai, sedangkan Gen Z lebih termotivasi oleh motif sosial.

This study aims to determine the extent to which the influence of online shopping behavior as measured by attitudes, motives, familiarity, and search behavior on repurchase intention among the millennial and Gen Z generations in Indonesia. The sample used in this study is Indonesian, there are 145 respondents aged 17-25 (Generation Z) and 139 respondents aged 26-40 (Millennial). This study uses the PLS-SEM Multigroup Analysis in processing data. The results of this study suggest that both generations have similar repurchase intentions, but different motivations drive them. Millennials may be more motivated by values, while Gen Z may be more motivated by social motives."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Carissa Lorens Marchia Raharja
"Meningkatnya penggunaan internet telah mempengaruhi perkembangan travel agent. Pertumbuhan internet juga menjadi pemicu para milenial melakukan wisata. Namun, pandemi Covid-19 membuat para milenial harus mempertimbangkan risiko dalam niat pembelian di travel agent. Penelitian ini ingin mempelajari bagaimana persepsi risiko mempengaruhi niat pembelian travel agent secara online pada masa pandemi Covid-19.
Terdapat enam persepsi risiko yang diukur yaitu, risiko keuangan, risiko produk, risiko, keamanan, risiko waktu, risiko sosial, dan risiko psikologis. Survei akan dilakukan penyebaran kuesioner kepada 310 responden yang akan difokuskan kepada generasi milenial sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa pandemi, keenam persepsi risiko yang diukur memiliki pengaruh yang negatif terhdap niat pembelian pada online travel agent. Risiko produk, risiko waktu, dan risiko psikologis menjadi ketiga risiko yang memiliki pengaruh negatif tertinggi terhadap niat pembelian online pada masa pandemi Covid-19.Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pandemi mengubah perilaku konsumen dalam melihat risiko yang akan dihadapinya. Dengan memahami persepsi risiko, perusahaan travel agent dapat mengurangi persepsi risiko yang akan berdampak negatif kepada niat pembelian dari konsumen.

The increasing use of the internet has influenced the development of travel agents with the existence of online travel agents. The growth of the internet is also one of the triggers for millennials to travel. However, the Covid-19 pandemic makes millennials have to consider the risks in their purchase intentions at travel agents. This research wants to study how perceived risks affect online purchase intention of travel agencies during the Covid-19 pandemic. There are six perceptions of risk that are measured, namely, financial risk, product risk, risk, security, time risk, social risk, and psychological risk.
The survey will be carried out by distributing questionnaires to 310 respondents who will focus on the millennial generation as respondents. The results showed that during a pandemic, the observed risk of perception had a negative effect on purchase intentions of online travel agents. Product risk, time risk and psychological risk are the three risks that have the highest negative influence on online purchase intentions during the Covid-19 pandemic.The results also show that the pandemic changes consumer behavior in seeing the risks they will face. By understanding the differences in risk perceptions, companies can reduce perceived risks that will have a negative impact on consumer purchase intentions.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lifandra Zahra
"Minat pembelian ulang mampu dibangun oleh kepercayaan dan nilai yang dipersepsikan oleh konsumen. Terdapat juga didalamnya yaitu, hal-hal yang dapat membentuk kepercayaan seperti kualitas informasi dan persepsi keamanan dengan menggunakan konstruk seperti, segel jaminan pihak ketiga, kecenderungan terhadap pihak ketiga, kefamilieran dengan situs web, dan reputasi vendor. Melalui penelitian ini, situs Traveloka digunakan sebagai objek penelitian. Pengambilan sampel penelitian sebanyak 200 sampel yang terdiri dari usia 17-50 tahun dan pernah melakukan pembelian melalui situs Traveloka dalam kurun waktu 6 bulan terakhir.
Hasil penelitian menemukan bahwa minat pembelian ulang konsumen untuk membeli tiket pesawat atau memesan kamar hotel hanya dipengaruhi oleh perceived value. Kepercayaan tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap minat pembelian ulang konsumen untuk berbelanja online. Namun, dapat diduga bahwa kepercayaan konsumen harus menerima perceived value dari situs Traveloka terlebih dahulu untuk meningkatkan minat pembelian ulang konsumen.

The intention to repurchase seemed capable to built by trust and the perceived by consumers. There are also the antecedents of trust such third party assurance seals, tendency towards a third party, familiarity with website, and vendor reputation. Through this research, Traveloka used as an object research.The sample as many as 200 sample research consisting of age 17-50 years and have bought through a Traveloka within 6 months.
The results of the study finds that the interest of repeated consumers to buy airfare or order hotel room influenced by perceived value. Trust has no significant links to the interests of consumers to shop online. However, it can be predicted that consumer?s trust could be affecting repurchase intention if there is a perceived value presented by Traveloka.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62911
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rio Ferdinand Putra
"Sepak bola selalu menjadi olahraga yang paling populer di masyarakat Indonesia dan akhirnya menghasilkan banyak pecinta sepak bola. Sepak bola Indonesia sekaligus federasinya yaitu PSSI sering menjadi bahan pembicaraan berdasarkan persepsi para pecinta sepak bola. Saat ini, kinerja dari kepengurusan sekaligus ketua umum PSSI periode 2019-2023 sedang menjadi pembicaraan hangat oleh masyarakat pecinta sepak bola Indonesia di media sosial karena pergantian ketua umum sekaligus pengurus ke periode 2023-2027. Iwan Bule memiliki berbagai kinerja positif serta tindakan buruk selama masa jabatannya. Makalah ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana rasa kepercayaan yang dimiliki berdasarkan persepsi masyarakat pecinta sepak bola Indonesia kepada Iwan Bule sebagai ketua umum PSSI periode 2019-2023 serta membuktikan apakah pada akhir kepemimpinannya, Iwan Bule sudah dapat memberikan rasa puas kepada para pecinta sepak bola Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui pengumpulan data primer yang diperoleh dari wawancara serta pengumpulan data sekunder yang diperoleh melalui observasi daring. Hasil analisis menemukan bahwa rasa kepercayaan dapat dibangun seiring dengan berjalannya waktu. Meskipun pada awal kepemimpinan Iwan Bule tidak memiliki rasa kepercayaan dari para pecinta sepak bola, namun di akhir kepemimpinannya ia berhasil mendapatkan rasa kepercayaan yang menghasilkan rasa puas dari para pecinta sepak bola Indonesia.

Football has always been the most popular sport in Indonesian society and has finally produced a lot of football lovers. At present, the performance of the management as well as general chairman of PSSI for the 2019-2023 period is being hotly discussed by Indonesian football lovers on social media due to the replacement of the general chairman as well as administrators for the 2023-2027 period. Iwan Bule has had various positive performances as well as bad actions during his tenure. This study aims to find out how trust is held based on the perceptions of Indonesian football lovers in Iwan Bule as the general chairman of PSSI for the 2019-2023 period and to prove whether at the end of his leadership, Iwan Bule has been able to give satisfaction to Indonesian football lovers. By combining literature studies and qualitative content analysis, this study found that trust can be built over time. Even though at the beginning of Iwan Bule's leadership he did not have a sense of trust from football lovers, at the end of his leadership he managed to gain a sense of trust which resulted in satisfaction from Indonesian football lovers."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>