Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 123792 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bilqis Safira
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana kualitas layanan dan persepsi harga yang meliputi harga moneter dan perilaku, mempengaruhi kepuasan pelanggan dan niat perilaku dalam kasus Lion Air setelah insiden JT610. Artikel ini juga membahas bagaimana efek moderasi WOM eksternal mempengaruhi hubungan antara kepuasan pelanggan dan niat perilaku. Selain itu, sampel artikel ini adalah penumpang yang telah diterbangkan oleh Lion Air dalam 6 bulan terakhir. Studi ini memberikan wawasan untuk Lion Air yang merupakan maskapai penerbangan bertarif rendah di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui survei online, didistribusikan ke seluruh platform media sosial online dan diproses oleh Structural Equation Modeling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan secara positif mempengaruhi persepsi harga (harga moneter dan perilaku) dan kepuasan pelanggan. Harga moneter itu sendiri juga memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruh negatif terhadap niat perilaku. Di sisi lain, harga perilaku tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan memiliki pengaruh positif terhadap niat perilaku. Selain itu, kepuasan pelanggan ditemukan secara positif mempengaruhi niat perilaku. Namun, tidak ada efek moderasi dari mulut ke mulut terhadap hubungan antara kepuasan pelanggan dan niat perilaku.

The purpose of this study is to understand how service quality and price perception which includes of monetary and behavioral price, influence customer satisfaction and behavioral intention in a case of Lion Air after JT610 incident. This article also discusses how the moderation effect of external WOM affects the relationship between customer satisfaction and behavioral intention. Moreover, the sample of this article are the passengers who have flown by Lion Air in the past 6 months. This study provides insights for Lion Air which a low-cost airline in Indonesia. This research is a quantitative descriptive study, with the data collected through online survey, distributed throughout online social media platforms and processed by Structural Equation Modelling.
The results of this study indicate that service quality positively influences price perception (monetary and behavioral price) and customer satisfaction. The monetary price itself also has a positive influence towards customer satisfaction and negative influence towards behavioral intention. On the other hand, behavioral price has no influence towards customer satisfaction and has positively influence behavioral intention. Moreover, customer satisfaction is found to positively influence behavioral intention. However, there is no moderation effect of external word of mouth towards the relationship between customer satisfaction and behavioral intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sisca Aulia
"Tesis ini bertujuan untuk mengidentifikasi model dalam bentuk faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan terhadap kepuasan dan word of mouth (WOM). Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas layanan yang baik membuat konsumen puas dan akan menceritakan hal-hal positif kepada khalayak. Permodelan faktor-faktor ini dilakukan dengan metode Structural Equation Model (SEM).
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor dari service quality dapat mempengaruhi word of mouth. Penelitian ini dilakukan dengan sampel Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara sebanyak 155 responden yang terdiri dari mahasiswa semester dua hingga delapan. Kepuasan dapat menjadi variabel intervening antara kualitas pelayanan dan WOM, dengan koefisien indirrect effect sebesar 0,197. Hal ini berarti bahwa kepuasan dapat menjadi variabel intervening antara kualitas layanan dan WOM, sehingga kepuasan perlu juga diperhatikan untuk meningkatkan WOM mahasiswa UNTAR.

This thesis aims to identify the model in the form of the factors that affect the quality of services to satisfaction. The factors used in this study is a good quality service make customers satisfied and will tell positive things to the audience. Modeling these factors was conducted using Structural Equation Model (SEM).
Results of this study concluded that the factors of service quality can influence word of mouth. This research was conducted with a sample of students of the Faculty of Communication Sciences University Tarumanagara as many as 155 respondents consisting of two to eight semester students. Satisfaction can be an intervening variable between service quality and WOM, with effect indirrect coefficient of 0.197. This means that the satisfaction may be an intervening variable between quality of service and WOM, that satisfaction should also be considered to improve student WOM UNTAR.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T44688
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anzil Sifa Fauziah
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas integrasi saluran melalui omnichannel retailing terhadap keterlibatan pelanggan (customer engagement) dan hasil positif dari keterlibatan konsumen tersebut berupa niat pembelian ulang (repurchase intention) dan penyebaran pesan positif dari mulut ke mulut (positive word-of-mouth). Desain penelitian yang digunakan adalah conclusive-causal untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode single cross sectional. Metode pengumpulan data dengan menggunakan self-administrated-survey yang disebarkan secara online menggunakan google form. Data primer diperoleh dari 100 responden yang pernah mengunjungi online dan offline store Berrybenka dan berbelanja di online atau offline store Berrybenka dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Olah data dalam penelitian ini dilakukan dengan Structural Equation Modeling(SEM) dengan menggunakan software SmartPLS.3. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas integrasi saluran berpengaruh secara positif terhadap customer engagement dan customer engagement berpengaruh secara positif pada repurchase intentiondan positive word-of-mouth.

This study aims to determine the effect of channel integration quality through omnichannel retailing on customer engagement and the positive results of consumer involvement in the form of repurchase intention and the spread of positive messages by word of mouth (positive word-of-mouth) The research design used is conclusive-causal to determine the influence between variables. The sampling method used in this study is a singlecross-sectionalmethod. Methods of collecting data usedself-administered surveys that are distributed online using Google Form. Primary data was obtained from 100 respondents who had visited Berrybenkas online and offline store and shop at Berrybenkas online or offline store in the past 6 months. The data in this study was carried out by Structural Equation Modeling (SEM) using SmartPLS software.3. The results in this study indicate that the quality of channel integration positively influences customer engagement and customer engagement positively influences repurchase intention and positive word-of-mouth."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nine Primastita Arif
"Mengingat e-commerce telah menjadi kebutuhan utama, maka penyedia e-commerce harus meningkatkan produk dan layanannya. Layanan purna jual adalah salah satu yang harus dipertimbangkan untuk mengurangi keraguan pelanggan dalam menggunakn e- commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran layanan purna jual e- commerce (pengembalian produk, pertukaran, dan pemeliharaan) pada sikap pelanggan (membangun hubungan) dan aspek perilaku (mengembangkan niat pembelian kembali pelanggan dan dari mulut ke mulut). Penelitian ini menggunakan metode judgemental sampling dimana 255 sampel yang memenuhi syarat disesuaikan dengan kriteria tertentu. Structural Equation Model (SEM) yang didukung oleh perangkat lunak SmartPLS digunakan untuk menganalisis data. Temuan dalam penelitian ini adalah pengembalian produk dan layanan pemeliharaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan online dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pelanggan. Sedangkan pertukaran produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan dan kepercayaan pelanggan, sebagai indikator kualitas hubungan memediasi hubungan antara layanan purna jual (pengembalian produk, penukaran dan pemeliharaan), niat pembelian kembali pelanggan secara online dan WOM intention. Niat pembelian kembali dan WOM intention secara positif dipengaruhi oleh kepercayaan dan kepuasan. Implikasi penelitian akan bermanfaat bagi pembuat kebijakan, peneliti, serta industri e-commerce dalam mengimplementasikan dan mempromosikan penggunaan e-commerce.

Considering that e-commerce has become a major requirement, e-commerce providers must improve their products and services. After-sales service is one that must be considered to reduce customer doubts in using e-commerce. The purpose of this study was to investigate the role of e-commerce after-sales service (product returns, exchanges, and maintenance) on customer attitudes (relationship building) and behavioral aspects (developing customer repurchase intentions and word of mouth). This study used a judgemental sampling method in which 255 samples that met the requirements were adjusted to certain criteria. Structural Equation Model (SEM) supported by SmartPLS software is used to analyze the data. The findings in this study are that product returns and maintenance services have a significant effect on online customer satisfaction and satisfaction has a significant effect on customer trust. While product value has no significant effect on customer satisfaction. Customer satisfaction and trust, as indicators of relationship quality mediate the relationship between after- sales service (product returns, exchanges and maintenance), online customer repurchase intentions and WOM intention. Repurchase intention and WOM intention are positively influenced by trust and satisfaction. The research implications will be useful for policy makers, researchers, and the e-commerce industry in implementing and promoting the use of e-commerce. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abraham Mosses Leonard
"Pertumbuhan konsumsi kopi di Indonesia didorong oleh konsumsi tinggi kopi di kalangan penggemar kopi muda dari Generasi Y dan Z, membuat Indonesia menjadi konsumen kopi nomor satu di Asia Tenggara. Karena tren ini terus membentuk perilaku konsumen, mengeksplorasi dampak dari keterlibatan pelanggan di dalam toko kopi ini menjadi penting. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana keterlibatan pelanggan mempengaruhi niat beli kembali dan word-of-mouth dalam toko kopi yang menggunakan konsep grab-and-go. Sebuah survei yang melibatkan 339 responden yang familiar dengan toko kopi grab-and-go dilakukan dan data dianalisa melalui Struktural Equation Modeling (SEM). Temuan ini mengungkapkan bahwa peningkatan keterlibatan pelanggan secara signifikan berkorelasi dengan peningkatan kemungkinan niat perilaku termasuk niat beli kembali dan word-of-mouth, yang juga termasuk E-WoM. Dalam industri toko kopi yang sangat kompetitif, hasil ini menekankan pentingnya memprioritaskan strategi keterlibatan pelanggan untuk toko grab-and-go.

The growth of coffee consumption in Indonesia is driven by the high coffee consumption among young coffee enthusiasts from Generation Y and Z, making Indonesia the number one coffee consumer in Southeast Asia. As this trend continues to shape consumer behavior, exploring the impact of customer engagement within these coffee shop outlets becomes imperative. Therefore, this study aims to investigate how customer engagement influences repurchase intention and word-of-mouth within coffee shop outlets using the grab-and-go concept. A survey involving 339 respondents familiar with grab-and-go coffee shop outlets was conducted, analyzing data through Structural Equation Modeling (SEM). The findings reveal that heightened customer engagement significantly correlates with an increased likelihood of behavioral intention including repurchase intention and word-of-mouth, which also includes E-WoM. In a fiercely competitive coffee shop industry, these results underscore the importance of prioritizing customer engagement strategies for grab-and-go outlets."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bagus Wicaksono Aji
"Di era globalisasi, persaingan sudah terlihat jelassehingga membuat seluruh pelaku usaha melakukan segala upaya untuk memenangkan hati pelanggan. Beberapa pihak memanfaatkan tren yang sedang hipe yaitu syariah halal. Pelaku usaha mulai memikirkan strategi pemasaran yang jitu, salah satunya dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik dan benar dibutuhkan pelanggan. Untuk memberikan informasi ilmiah dan sistematis kepada manajer atau aktor bisnis terkait hubungan antara penyedia layanan dan pelanggan, studi ini telah dilakukan untuk mengeksplorasi hubungan antara faktor-faktor seperti kualitas layanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, dan dari mulut ke mulut.
Dengan menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif dan berdasarkan hasil alpha Cronbach, EFA, CFA dan SEM, penulis studi telah menganalisis dan memeriksa 232 kuesioner. Dengan delapan elemen yang terbentuk, faktor-faktor telah dianalisis untuk menilai hubungan yang disebutkan dalam model, hasilnya menunjukkan bahwa ada dampak positif dari fasilitas, keandalan, interaksi pribadi dan memecahkan masalah pada kepuasan pelanggan, hasilnya juga menunjukkan efek positif dari kepuasan atas kesetiaan dan dari mulut ke mulut pelanggan yang membeli produk pertanian di supermarket.

In the era of globalization, the competition has been clearly visible. All business actors make every effort to win customers 39 hearts. Some parties take advantage of a trend that is hipe that is halal sharia. In order to provide manager or business actors scientific and systematic information regarding relationship between services providing and customers, this study has been c on ducted to explore relationships between such factors as service quality, customers satisfaction, customers loyalty and word of mouth.
By combining quantitative and qualitative methods and based on the results of the Cronbach alpha, EFA, CFA and SEM, authors of the study have analyzed and examined 232 questionnaires. With eight elements formed, the factors have been analyzed to assess the relationships mentioned in the model, the results indicate that there are positive impacts of facility, reliability, personal interaction and solving problems on satisfaction of customers, the results have also showedpositive effect of satisfaction on loyalty and on word-of mouth of customers purchasing agricultural products at the supermarket.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Conny Yuanita
"Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi word-of-mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada agensi model Perfect10. Adapun variabel yang diuji pada penelitian ini adalah outcome risk, psychosocial risk, service purchase decision involvement, WOM influence, dan tie strength. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 113 responden yang pernah menggunakan jasa agensi model Perfect10. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS 24 for windows, dengan metode multiple regression.
Hasil pengolahan menunjukkan bahwa tie strength berpengaruh positif terhadap WOM influence, service purchase decision involvement berpengaruh positif terhadap WOM influence, tie strength tidak memoderasi hubungan service purchase decision involvement terhadap WOM influence, outcome risk tidak berpengaruh secara positif terhadap service purchase decision involvement, dan psychosocial risk berpengaruh service purchase decision involvement.

This study was made with the aim to determine the factors that affect the word of mouth to the consumer purchase decision on the model agency Perfect10. The variables tested in this study are outcome risk, psychosocial risk, service purchase decision involvement, WOM influence, and tie strength. This research is a descriptive quantitative research. Data were obtained from questionnaires to 113 respondents who had used the services of Perfect10 Model Management. Data analysis in this research using SPSS 24 for windows, with multiple regression method.
The result of this study found that tie strength positively affecting WOM influence, service purchase decision involvement positively affecting WOM influence, tie strength does not moderate the relationship between service purchase decision involvement to WOM influence, outcome risk does not affect service purchase decision involvement positively, and psychosocial risk positively affecting service purchase decision involvement.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68906
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Sabtani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka konsep yang menjelaskan pengaruh product placement merek lokal Indonesia di drama korea terhadap brand recall dan word of mouth yang diadopsi dari kerangka sosialisasi konsumen (peer communication dan media exposure) untuk menilai sikap dan perilaku audiens. Pada penelitian ini, penulis menggunakan non-probability sampling dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) untuk pengolahan data. Responden pada penelitian ini merupakan orang yang menonton drama korea, sadar adanya product placement merek lokal Indonesia di drama korea yang ditonton dan berdomisili di Indonesia. Data sebanyak 187 responden yang terdapat pada penelitian utama diolah dengan menggunakan metode Partial Least Square- Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 4 dari total 6 hipotesis berpengaruh signifikan dimana peer communication dan acceptability berpengaruh positif terhadap attitude towards product placement. Secara lebih lanjut, ditemukan bahwa attitude towards product placement mampu memberikan pengaruh positif terhadap word of mouth dan brand recall audiens. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan marketer dalam penyusunan strategi pemasaran melalui product placement di drama korea.

This study aims to develop a conceptual framework that explains the influence of local Indonesian brand product placement in Korean dramas on brand recall and word of mouth adopted from the consumer socialization framework (peer communication and media exposure) to assess audience attitudes and behavior. In this study, author used non-probability sampling with the Structural Equation Modelling (SEM) method for data processing. Respondents in this study were people who watch Korean dramas, aware of the product placement of local Indonesian brands in Korean dramas that are watch and domiciled in Indonesia. Data from 187 respondents in the main study were processed using the Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) method. The results of this study indicate that as many as 4 out of a total of 6 hypotheses have a significant effect where peer communication and acceptability have a positive effect on attitude towards product placement. Furthermore, it was found that attitude towards product placement can have a positive influence on the word of mouth and brand recall of the audience. The results of this research can be used by marketers in formulating marketing strategies through product placement in Korean dramas."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Rena Rachmaddia
"Penelitian ini membahas mengenai bagaimana perceived usefulness, competence trust dan continuous commitment dapat mempengaruhi positive word of mouth pada pengguna Aplikasi Digibank. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan single-cross sectional. Penelitian ini mengumpulkan data dengan metode survei dan mengambil sampel dengan metode judgmental sampling. Kuisioner disebar melalui google form dan kepada 130 responden dengan kriteria responden lahir pada tahun antara 1982 sampai 2000, menggunakan aplikasi Digibank dalam 1 bulan terakhir dan responden adalah pengguna aktif Digibank dengan menggunakan minimal 4 transaksi dalam 1 bulan. Pengolahan datanya dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software Lisrel 8.51. Hasil penelitian menunjukkan bahwa positive word of mouth hanya dipengaruhi oleh continuous commitment, sedangkan perceived usefulness dan competence trust akan mempengaruhi positive word of mouth apabila di mediasi oleh continuous commitment.

This study described how the perceived usefulness, competence, trust and continuous commitment to affect positive word of mouth on Digibank App users. This study used a descriptive and single-cross sectional research design. This study collected data with survey methods and used judgmental sampling methods. Questionnaires distributed through google form and to 130 respondents with criteria of respondents born between 1982 and 2000, using the Digibank application in the last 1 month and respondents were active Digibank users using a minimum of 4 transactions in 1 month. Data processing analyzed by Structural Equation Modeling (SEM) using software lisrel 8.51. The results showed that positive word of mouth is only influenced by continuous commitment, while perceived usefulness and competence trust will affect positive word of mouth if mediated by continuous commitment."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosi Dyah Cahyani
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth (WOM) terhadap minat beli konsumen pada produk mobile WiFi 4G Bolt. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian adalah 100 konsumen yang merupakan mahasiswa Universitas Indonesia dengan rentang usia 18-25 tahun, yang pernah terpapar informasi mobile WiFi 4G Bolt dari orang lain dan belum pernah menggunakan produk mobile WiFi 4G Bolt sebelumnya. Metode yang digunakan ialah non-probability sampling serta teknik purposive. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap minat beli.

The objective of this research was to analyze the effect of word of mouth communication on consumer purchase intention of mobile WiFi 4G Bolt. This research applied a quantitative approach. The sample of this research was 100 consumers who are students in Universitas Indonesia, with the range of age is 18 to 25 years old, had exposed about mobile WiFi 4G Bolt products? information through communication with other people and have not owned mobile WiFi 4G Bolt before. The method that applied on this research was non-probability sampling and purposive technique. Questionnaires were used on this research as the research instrument and the data was analyzed by simple regression. The result of this research indicated that word of mouth have a significant effect on consumer purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62343
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>