Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 153575 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hatib Setiana
"Konfigurasi multi-motor terhubung paralel dengan inverter tunggal memiliki kelebihan dari segi efisiensi dan bentuk yang ringkas sehingga direkomendasikan untuk penggunaan pada kendaraan listrik. Kebutuhan performa sistem penggerak untuk kendaraan listrik mensyaratkan performa dinamik dengan respon torsi yang cepat, efisiensi tinggi pada keadaan transien maupun steady-state, dan dapat beroperasi pada berbagai kondisi medan kendaraan. Agar memenuhi persyaratan performa tersebut, penelitian ini mengkombinasikan Kendali Torsi Langsung Modulasi Vektor Ruang atau Direct Torque Control Space Vector Modulation DTCSVM dan Observer Kecepatan Adaptif untuk Kendali Motor Parallel dengan Inverter Tunggal. Implementasi DTC SVM diharapkan dapat memberikan respon torsi yang cepat dengan rugi rugi steady state akibat ripple torsi dan fluks yang minimum. Agar sistem dapat beroperasi pada berbagai medan kendaraan, eliminasi sensor kecepatan dapat menambah mechanical robustness dari sistem. Untuk memungkinkan hal tersebut, kendali speed sensorles dapat diimplementasikan menggunakan Observer Kecepatan Adaptif. Hasil uji simulasi dari sistem kendali yang dirancang menunjukan respon torsi dan fluks yang cukup cepat dengan ripple steady state yang rendah. Implementasi sistem kendali yang diusulkan dengan skema kendali paralel dasar yaitu kendali master slave dan kendali rata rata juga menunjukan respon yang stabil sesuai karakteristik dari masing masing skema pengendalian paralel motor

ABSTRACT
Single inverter multi-motor SIMM drive system has attractive advantages in terms of efficiency and compactness that makes it recommended for electric vehicle traction system. The electric vehicle drive system has dynamic performance requirements such as fast torque response, high efficiency over wide range of speed, and able to operate at hostile environtment. To fulfill these requirements, this research combines Direct Torque Control Space Vecor Modulation DTC SVM and Speed Adaptive Observer to be implemented in SIMM control system. DTC SVM is implemented to achieve fast torque response with minimum loses ripple at steady-state caused. The elimination of speed sensor can improve mechanical robustness of the system so that the system is more robust to operate at hostile environtment. To realize speed sensorless control, Speed Adaptive Observer is implemented. The simulation result shows sufficently fast flux and torque response with minimum steady state ripple. The Speed Adaptive Observer can estimate the speed of the motors satisfactorily at certain speed range. The results of the implementation of the proposed control method with basic SIMM control schemes these are master slave control and mean or average control shows good response behaviour and confirms the characteristics of each SIMM control schemes"
2019
T53092
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fanniesha Hamada
"Tesis ini menerapkan kendali berorientasi fluks (Field Orientad Control) tanpa sensor kecepatan menggunakan pengendali kecepatan Integral-Proportional Anti-windup (IPA) pada motor induksi terhubung paralel dengan inverter tunggal. Estimasi kecepatan adaptif digunakan untuk mengestimasi fluks rotor, arus stator, dan kecepatan motor. Field Oriented Control (FOC) berbasis strategi selisih dan rata-rata bekerja untuk mengatasi beban tak seimbang. Pengendali kecepatan IP dengan penambahan anti-windup digunakan untuk meningkatkan performa yang menurun pada sistem akibat fenonema windup, yang menyebabkan overshoot yang tinggi, waktu tunak yang lama, respon tunda, bahkan dapat membuat sistem tidak stabil. Performansinya akan dibandingkan dengan pengendali kecepatan Proportional-Integral Anti-windup (PIA). Hasil simulasi menunjukkan FOC tanpa sensor kecepatan menggunakan pengendali kecepatan IPA memiliki performa yang lebih baik dibandingkan pengenali kecepatan PIA.

This thesis applies speed sensorless Field Oriented Control (FOC) using Anti-windup Integral-Proportional (AIP) speed controller of parallel connected induction motor with single inverter. Speed adaptive observer is adopted to estimate rotor flux, stator current, and motor speed. Averages and differences based FOC strategy works to overcome unbalanced load torque. An AIP speed controller is employed to improve the degradation of system performance due to windup phenomenon such as large overshoot, slow settling time, delayed response and could even destabilized system. It will be compared to Anti-windup Proportional-Integral (API) speed controller to verify the reliability. Simulation results show that speed sensorless FOC with AIP has better performance than API."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53093
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The emrging of Internet as a digital library has transformed the ways of processing a text-based document.Recently,an information-retrieval of a data text that works fast,accure,and reliable is one of the services that deeply needed by everyone that uses this virtual library....."
004 CJTK 1:1 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Muhammad Luniara
"Metode kendali vektor telah menjadi alternatif utama dalam pengendalian motor induksi tiga fasa. Salah satu metode kendali vektor yang sering digunakan adalah metode kendali torsi langsung. Namun sistem ini memiliki kekurangan dengan adanya riak pada torsi yang besar. Penambahan duty ratio berbasis logika Fuzzy dapat memberikan unjuk kerja yang lebih baik bila dibandingkan dengan metode kendali torsi langsung konvensional. Dengan melakukan pengujian sistem kendali torsi langsung dan duty ratio dengan motor induksi tiga fasa kapasitas kecil, sedang dan besar, dapat dilihat pengaruh dari momen inersia terhadap putaran rotor. Pada tesis ini digunakan MATLAB SIMULINK untuk simulasi dengan tiga tipe motor, yaitu 1 HP, 10 HP dan 50 HP. Dengan parameter yang sama, dapat terlihat motor dengan nilai momen inersia besar memiliki putaran lebih stabil bila dibandingkan dengan motor yang memiliki momen inersia kecil.

Vector control has become the first alternative in control of three phase inductionmotor. One of the vector control method which is commonly used is a direct torque control method. However, this system has drawback as the existence of ripples at torque. The addition of duty ratio control base on Fuzzy logic can give better performance when compared to conventional direct torque control. By doing an examination on direct torque control and duty ratio with small, medium and big capacities of three phase induction motors can be shown the influence from moment inertia to rotor rotation. This thesis uses MATLAB SIMULINK for the simulation study with three types of motors, for example 1 HP, 10 HP and 50 HP. It is shown that using the same parameters, a motor with a larger moment inertia gives a better performance in comparison to a motor with smaller moment inertia."
2008
T26220
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Uun Endang Saputra
"Aplikasi monitoring tracking kendaraan dengan teknologi SIG (Sistem Informasi Geografi) telah berhasil dikembangkan. Aplikasi ini menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System) sebagai sumber data yang berupa lintang dan bujur. Data tersebut dikirimkan ke database server dengan komunikasi data GPRS (General Packet Radio Service) menggunakan bahasa pemrograman .NET sehingga dapat ditampilkan pada PC penggguna. Hasilnya, berupa tracking kendaraan berdasarkan lintasan jalan menggunakan peta vektor dengan lokasi di dalam lingkungan Universitas Indonesia.

The aplication of vehicle tracking monitoring by using GIS (Geographic Information System) technology has been developed. This aplication was using GPS (Global Positioning System) for data source. The data source is in latitude and longitude sign. By using program .NET, the data source is transfered on the database server via GPRS (General Packet Radio Service) data communication. Hence, the user can receive the data and shows on personal computer. This result, which in vehicle tracking base on the road line with using vector map. The road line located in the Indonesia University environment."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007
S28943
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andri Iskandar
"Pengambilan data dilakukan di laboratorium PT. ROMAS INDONESIA yang mengkhususkan bidang usahanya pada diagnosa getaran rotating machinery. Fokus penelitian adalah tentang bagaimana mengkompensasi vektor getaran yang terjadi dengan menambahkan massa koreksi pada posisi yang paling optimal sehingga didapatkan vektor getaran yang diijinkan. Pengkompensasian vektor getaran harus melalui minimal tiga langkah uji coba, pertama, yaitu dengan mencatat vektor getaran yang terjadi pada putaran kerja tampa beban, kedua, menambahkan massa trial weight dengan besar sekitar 10% berat rotor agar influence vektor yang terjadi dapat terbaca, selanjutnya yang ketiga ialah dengan menambahkan massa koreksi pada sudut yang tepat. Semua langkah kerja diatas berdasar pada asumsi linieritas untuk memudahkan penganalisaan dan dengan derajat kebebasan tunggal atau umum disebut 1 Degree of Freedom (DOF)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37796
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siktimu, Bronson Paul
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
TA3356
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bagus Irawan Handoyo
"ABSTRAK
Pengembangan teknologi telckomunikasi yang mendukung multimedia perlu menekankan pada pengolahan data-data multimedia. Salah satunya adalah pengolahan data multimedia berupa gambar yang memerlukan teknik kompresi agar dalam pcnyimpanannya tidak memerlukan ruang yang besar dan waktu pentransmisian menjadi lebih singkat, namun tanpa penurunan kualitas gambar yang berarti.
Salah satu metode kompresi gambar adalah menggunakan transformasi wavelet dan kuantisasi vektor. Transformasi wavelet mampu memadatkan energi dari gambar ke dalam bentuk koefisien-koelisien yang berada dalam spektrum frekuensi-waktu terlokalisir. Koefisien-koelisien hasil pengolahan data berada pada subband-subband transfonnasi berdasarkan skala atau resolusi yang berbeda. Untuk meningkatkan rasio kompresi digunakan kuantisasi vektor.
Kuantisasi vektor adalah suatu metode kuantisasi yang mengeksploitasi ketergantungan antar piksel-koefisien dengan mengkuantisasi kombinasi dari piksel-koefisien transformasi secara bersama-sama. Koefisien transformasi diubah menjadi vektor dengan ukuran dimensi tertentu kemudian dikuantisasi dengan kuantisasi vektor algoritma Binary split dan menghasilkan indeks pemetaan dan codebook yang berukuran lebih kecil dari vektor data sehingga menghasilkan kompresi yang besar.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa peningkaran ukuran dimensi vektor data memberikan kontribusi terhadap peningkatan rasio kompresi tapi menurunkan PSNR, pada jumlah codebook tetap. Peningkatan jumlah codebook memberikan kontribusi terhadap penurunan rasio kompresi dn peninglcatan PSNR, pada ukuran dimensi yang sama. Variasi kuantisasi yang menghasilkan rasio kompresi terbesar namun PSNR > 30 dB untuk gambar Lenna adalah dimensi 16 danjumlah codebook 64; gambar Clara adalah dimensi 16 dan jumlah codebook 16; gambar Rektorat adalah dimensi I6 dan jumlah codebook 128

"
2001
S39750
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haris Firmansyah
"Posisi pada bumi secara unik dapat diketahui melalui sistem koordinat geografis, yaitu berdasarkan lintang dan bujur. Arah dan jarak suatu posisi terhadap posisi lainnya dapat ditentukan dengan menggunakan analisa vektor. Penggunaan GPS (Global Positioning System) memungkinkan pengambilan data lokasi secara simultan. Sehingga, dapat dibuat sistem yang dapat menampilkan nilai sudut (tanpa kompas) dan jarak akhir pengamat terhadap target secara simultan untuk mengantarkannya pada target yang ditentukan sebelumnya.
Sistem tersebut telah berhasil dibuat dengan menggunakan display sederhana berupa LCD 16x2 untuk menampilkan sudut dan jarak, juga digunakan untuk menampilkan langkah pemanduan dalam rangka penyimpanan dan pemanggilan data posisi target yang disimpan pada mikrokontroler melalui keypad. Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan memori mikrokontroler, AVR ATmega 32 yang digunakan juga melakukan tugas dalam hal pengolahan data berupa analisis vektor dan pengubahan format data GPS dari ddmm.mmmm menjadi dddd.dddd maupun dari derajat menjadi meter.

Position on Earth uniquely can known through geographic coordinate system, which is base to longitude and latitude. Direction and distance of one position faces the other position can fixed by vector analysis. Using GPS (Global Positioning System) make possible take data of position periodically. With the result that, can made the system that can show direction (without compass) and distance value from observer to target that fixed previously.
The system have been made successfully with using LCD 16x2 as simple display to show direction and distance, also used for display guide step in the framework saving and calling position data of target that have been saved in microcontroller, AVR ATmega 32 that used also fulfill in framework preparation vector analysis and format changing of GPS data from ddmm.mmmm to dddd.dddd also from degree to meter.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2008
S28975
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nanda Gustianto
"ASBTRAK
Pengendalian motor induksi tiga phasa untuk aplikasi kendaraan listrik
dapat dilakukan dengan penggunaan sensor seperti tacho-generator sebagai umpan
balik kecepatan motornya dan sebagai pengukur posisi rotornya digunakan sensor
encoder. Namun penggunaan sensor kecepatan dan sensor posisi memiliki
keterbatasan dalam hal resolusi dan harga yang mahal serta meningkatkan biaya
perawatan. Oleh sebab itu untuk meniadakan penggunaan sensor (sensorless) pada
motor induksi tiga phasa diajukan metode vektor kontrol dimana estimasi
kecepatan didapatkan dengan menggunakan speed adaptive observer. Metode
vektor kontrol yang digunakan adalah field oriented control dengan estimasi
kecepatan digunakan speed adaptive observer. Dari hasil simulasi ini akan
dibandingkan dengan hasil percobaan yang telah dilakukan sebelumnya merujuk
pada tesis Feri Yusivar (2003) ?Study on Energy Saving in Electrical Drive
System? dimana metode pengestimasian kecepatan yang digunakan pada
percobaan yang telah dilakukan sebelumnya adalah dengan modified observer.
Hasil yang didapat menunjukkan bahwa antara simulasi dengan percobaan
menunjukkan hasil yang sama dan kondisi ini dapat terpenuhi jika kecepatan
estimasi selalu lebih besar dibandingkan dengan kecepatan aktual motor.

ABSTRACT
Control of three phase induction motors for electric vehicle applications
can be done with the use of sensors such as a tacho-generator and for rotor
posisiton can be measured by using encoder. However, the use of the speed sensor
and position sensors have limitations in terms of resolution and a high price and
increasing maintenance costs. Therefore, to eliminate the use of sensors in a three
phase induction motor (sensorless), vector control method where the speed
estimation obtained using the observer, have been proposed. Vector control
method that have been used is field oriented control and to estimate the motor
speed is used with speed adaptive observer. From these simulation results are
compared with experimental results, where the method of estimating the speed in
experiment is a modified observer. From this simulation showed the same
phenomenon with experimental result. The controller can works properly if the
estimated speed is always greater than the actual speed of the motor."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42168
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>