Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 138552 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Luthfi Arif Radriyantomo
"Simulasi ini membahas tentang perancangan, dan desain DC to DC Converter Bidirectional untuk aplikasi sistem Regenerative Braking yang akan digunakan pada kendaraan listrik. Dimana sistem Regenerative Braking ini merupakan sistem yang biasa digunakan pada kendaraan beroda untuk memanfaatkan energi kinetik balik saat dilakukan pengereman, dan diubah menjadi energi listrik, sehingga energi tersebut tidak terbuang sia-sia dan dapat dimanfaatkan secara efektif.
Pada simulasi ini ditunjukan proses pendesainan Full-Bridge Push-Pull DC-DC Converter Bidirectional 400V menjadi 10.8V dan sebaliknya, dengan menggunakan transformator berfekruensi tinggi 50kHz. Full-Bridge Push-Pull DC-DC Converter Bidirectional yang telah didesain tersebut akan digunakan untuk menyimpan energi lebih dari sistem Regenerative Braking menuju supercapacitor, lalu energi yang tersimpan tersebut dapat dikembalikkan lagi menuju Dc Link untuk digunakan kembali energinya sebagai energi cadangan yang nantinya dapat diimplementasikan pada kendaraan listrik. Supercapacitor dipilih karena sifatnya yang ideal untuk sistem, yaitu dapat dengan cepat melakukan charge/discharge, dan dapat menyuplai energi dengan densitas yang besar.

This simulation discusses the process, and the design of DC to DC Bidirectional Converter for Regenerative Braking system applications that will be used on electric vehicle. Where the Regenerative Braking system is a system commonly used in wheeled vehicles to utilize reverse kinetic energy when braking is carried out, and converted into electrical energy, so that energy is not wasted and can be utilized effectively.
In this simulation the design process for Full-Bridge Push-Pull DC-DC Bidirectional 400V Converter to 10.8V and vice versa, using a transformer with a high frequency of 50kHz. The Full-Bridge Push-Pull Bidirectional DC-DC Converter that has been designed will be used to store extra energy from the Regenerative Braking system towards the supercapacitor, then the stored energy can be returned to Dc Link to be reused as a backup energy which can later be implemented on electric vehicles. Supercapacitor was chosen because it is ideal for systems, which can quickly charge / discharge, and can supply energy with a large density.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nalanda Catumorli
"Forward Converter adalah salah satu jenis power supply yang biasa digunakan datam sehari-bari. Converter ini merupakan salah satu jenis isolated DC- DC converter atau switch mode power supply, Dilihat dari sudut pandang respon frekuensi, forward converter memiliki proill datar pada bagian frekuensi rendahnya. sehingga masih terdapat error steady state. Error steady state ini terlihat leblh jelas pada respon transien. Untuk menghilangkannya, dibutuhkan pengendali yang memiliki pole di origin. Pengendali tersebut antara lain pengendali PID, pengendali tipe 2, dan pengendali tipe 3. Maka dibuatlah desain dan simulasi menggunakan pengendali-pengendali tersebut dengan menggenakan matlab 6.5.
Dari hasil desain didapatkan nilai-nilai parameter (zero. pole, dan gain} untuk setiap pengendali Pada parameter ini dilakukan variasi Sebanyak 4 buah yaitu, sedikit lebih tinggi dari nilai parameter awal, sedikit lebih rendah dari nilai parameter awal, jauh lebih tinggi dari nilai parameter awal, dan terakhir, jauh lebih rendah dari nilai parameter awal. Hasil siruulasi ini menunjukkan bahwa ketiga pengendali tersebut terbukti dapat menghilangkan error steady slate dan nilai parameter hasil desain relatif pa1ing baik digunakan, hal ini ter1ihat dari respon transien dan diagram bode. Selain itu., yang paling mendekati spesifikasi yang diinginkan adalah sistem yang menggunakan pengendali tipc 3."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S39959
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sembiring, Reynhard Josian
"Sejalan dengan semakin meningkatnya perkembangan penelitian dan pengembangan di bidang kendaraan listrik, maka dibutuhkan suatu sistem inverter tiga fasa yang memiliki efisiensi tinggi serta memiliki kecepatan switching yang cukup tinggi dan impedansi masukan yang tinggi sehingga tidak membebani rangkaian pengendali. Solusi untuk permasalahan itu adalah pemakaian IGBT dikarenakan IGBT cocok digunakan pada arus yang besar hingga ratusan ampere sehingga dapat diaplikasikan pada motor berdaya besar. Pada Skripsi ini akan dilakukan implementasi pengendalian inverter tiga fasa menggunakan teknik Space Vector Pulse Width Modulation(SVPWM) menggunakan NI COmpactRIO. Hasil yang didapatkan pada skripsi ini adalah tegangan dan arus keluaran dari inverter berbentuk sinusoidal dan memiliki beda fasa 1200.

Along with increased interest of the research and development in the field of electric car, then it is needed a three phase inverter system which has high efficiency and have high speed switching and also small input impedance so it will not loaded the control circuit. The solution is using IGBT as the power switching device in inverter because it has high efficiency and have high current capability so it is usied for high power motor. In this thesis the implementation of three phase inverter control using SVPWM and NI CompactRIO is been done. The results are the voltage and currents which has sinusoidal and three phase sinusoidal waveform.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56348
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irfan Alfath
"Mengikuti tren global dari mengadopsi energi terbarukan ke dalam sistem tenaga listrik, banyak arus langsung (DC) rumah konsep yang diusulkan, karena sebagian besar energi terbarukan sumber tegangan DC. Penulisan ilmiah ini membahas pengembangan pengisian baterai yang ringan, rendah profil, dan terpasang di dalam sepeda motor listrik yang dapat menghemat ruang dan kompatibel untuk rumah sistem DC. Oleh karena itu, inverter yang umum digunakan dapat dihilangkan karena menghasilkan kerugian konversi daya yang lebih rendah. Desain topologi Dual Active Bridge (DAB) dalam frekuensi switching tinggi sebesar 1 MHz dan menggunakan magnetis planar ini dilakukan untuk mendesain dan menentukan sistem kontrol dari DC-DC konverter yang paling sesuai. Untuk mencapai efisiensi tinggi dalam frekuensi switching tinggi dan untuk mengurangi ukuran charger, perangkat divais elektronika wide band gap (wbg) yang digunakan. Langkah-langkah metodologi desain diusulkan dan divalidasi melalui simulasi pada rangkaian yang mengonversi 120 V dari input ke tegangan output 55 V di 550 W. Hasil dari penelitian ini menunjukkan semua metode phase shift modulation (PSM) berhasil didesain untuk mencapai ZVS. Single Phase Shift merupakan PSM yang terbaik untuk penerapan kasus ini karena memiliki Irms yang paling rendah. Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa DAB dapat beroperasional secara dua arah. Desain dibuat hingga tahap pembuatan footprint dengan komponen magnetis menggunakan 84,7% dari total ukuran komponen.

Following the global trend of adopting renewable energy into electric power system, many direct current (DC) House concepts are proposed, because most of the renewable energy sources are DC voltage. This Scientific writing discusses the development of lightweight, low profile, and the built-in electric bike charger that does not take up excessive space and are compatible for home DC systems. Therefore, commonly used inverters can be eliminated as it generates lower power conversion losses. The topology design for the Dual Active Bridge (DAB) topology in a high switching frequency of 1 MHz and using a magnetic planar is performed to design and determine the control system of the most suitable DC-DC converter. To achieve high efficiency in high switching frequencies and to reduce the size of the charger, wide band gap (WBG) devices are used. Step-by-step in design methodology is proposed and validated through simulation on the circuit convert 120 V from input to output voltage of 55 V at 550 W. The result of this research is the Phase shift modulation (PSM) was successfully designed to achieve ZVS. Single Phase Shift is the best PSM for the application of this case because it has the lowest Irms. This research proved that DAB can operate bidirectional. The design is made to the stage of footprint design with the magnetics component use 84,7% of total size of the components."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Catur Rakhmad Handoko
"Resonance is a method used to compensate the switching losses. It can be obtained the switching process takes place in the conditions of zero current or zero voltage. With this method, the switching losses can be reduced while the efficiency of the converter will be better, switching devices may be more durable, and can increase the maximum switching frequency.
A thorough understanding is necessary in analyzing the operating principle of the equipment of resonant power converter, the characteristic of semoconductor devices used, the switching process, where the current flow, and the wave form of the curve of result. The combination of the method in terms of phase and PSIM are used in this study."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T30261
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Suharsono Halim
"DC-DC boost converter merupakan rangkaian elektronika yang dapat menaikkan (step-up) tegangan DC. Pada proses pengaturan kestabilan tegangan keluaran hasil konversi pada DC-DC boost converter digunakan rangkaian penunjang berupa voltage sensor. Akan tetapi terjadi permasalahan pada bagian voltage sensor yang terganggu karena adanya noise yang disebabkan oleh interferensi switching berfrekuensi tinggi.
Pada skripsi ini akan dirancang dan dibangun rangkaian DC-DC boost converter untuk menaikkan tegangan masukan 48V menjadi tegangan keluaran 200V dengan penambahan rangkaian sensing second orde low pass filter sebagai atenuator noise. Hasil perancangan rangkaian sensing second orde low pass filter dengan perangkat lunak ISIS Proteus menunjukkan respon frekuensi cut off pada 10kHz dengan tipe optimalisasi butterworth low pass filter, sedangkan pada pengujian terjadi pergeseran pada frekuensi cut off menjadi 15kHz.
Hasil perbandingan antara sinyal "A" sebelum dengan sinyal "B" setelah mengalami filter didapatkan sinyal yang lebih baik pada sinyal "B" setelah filter dengan noise yang telah mengalami peredaman.

DC-DC boost converter is an electronics circuit that is used to step-up DC voltage. In the process of regulating the output voltage of DC-DC boost converter, supporting circuit such as a voltage sensor is required to control the stability of the output voltage conversion. However, a problem arises on the voltage sensor component caused by an interference signal generated from a high frequency switching.
In this thesis, we design and develop a DC-DC boost converter to step-up a DC input voltage level of 48V into a DC output voltage level of 200V using a second order sensing active low pass filter as a noise attenuator. The simulation result of the sensing second order low pass filter using the software ISIS Proteus produce a cut off frequency at 10kHz using butterworth low pass filter optimalization, while the actual measurement produce a cut off frequency at 15kHz.
The comparison between sensing "A" signal before and "B" signal after filtering establish a better performance for the "B" signal after filtering with attenuated noise signal.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64191
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paramarddhika Alfarist Bustaman
"Tren kendaraan listrik di Indonesia yang semakin meningkat mendorong industri manufaktur kendaraan listrik untuk meningkatkan nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN). DC-DC converter menjadi salah satu komponen penting dari modul pengisian daya baterai kendaraan listrik. Topologi dari DC-DC converter dibagi menjadi dua, yaitu non-isolated DC-DC converter dan isolated DC-DC converter yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Penelitian ini akan melakukan simulasi dan analisis terhadap kerja dan efisiensi dari synchronous buck converter sebagai non-isolated converter dan flyback converter sebagai isolated converter untuk aplikasi pengisian daya baterai motor listrik. Variasi yang digunakan dalam penelitian adalah nilai duty cycle dari kedua rangkaian. Simulasi kedua rangkaian converter dilakukan dalam software LTspice. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai efisiensi tertinggi dari simulasi rangkaian synchronous buck converter sebesar 97,71% dan rangkaian flyback converter sebesar 96,65%.

The increasing trend of electric vehicles in Indonesia is encouraging the electric vehicle manufacturing industry to increase the value of the tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). The DC-DC converter is an important component of the electric vehicle battery charging module. The topology of DC-DC converters is divided into two, namely non-isolated DC-DC converters and isolated DC-DC converters, each of which has advantages and disadvantages. This research will simulate and analyze the work and efficiency of a synchronous buck converter as a non-isolated converter and a flyback converter as an isolated converter for electric motor battery charging applications. The variation used in the research is the duty cycle value of the two circuits. Simulation of both converter circuits is carried out in the LTspice software. The research results obtained from this research show that the highest efficiency value from the simulation of the synchronous buck converter circuit is 97.71% and the flyback converter circuit is 96.65%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Fikri Maulana
"

Media televisi merupakan salah satu media yang dapat menyampaikan informasi dan hiburan bagi seluruh masyarakat Indonesia secara Free to Air. Perkembangan televisi telah masuk ke sistem digital terestrial yang memiliki banyak keunggulan daripada sistem sebelumnya (analog). Sifat gelombang radio untuk penyiaran televisi digital terestrial yang merambat atau propagasi menyebabkan terjadinya refleksi dan difraksi akibat adanya gangguan atau halangan (barrier) berupa gedung tinggi dan pepohonan. Sehingga, terjadi variasi nilai propagasi sistem televisi digital terestrial. Hal tersebut menjadi tujuan penelitian ini dalam mengetahui pola propagasi sistem televisi digital terestrial dan mengetahui pengaruh kondisi fisik terhadap nilai propagasi sistem televisi digital terestrial. Total lokasi sampel yang diambil berjumlah 63 lokasi yang dipilih berdasarkan grid 2x2 km dengan mempertimbangkan variasi karakteristik variabel yang digunakan yaitu tutupan lahan, relief, arah hadapan lereng, jarak dari pemancar, ketinggian, dan halangan tinggi bangunan. Metode analisis yang digunakan menggunakan analisis spasial berupa unit analisis grid 1x1 km wilayah penelitian dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola propagasi sistem televisi digital terestrial menyebar secara acak (random) untuk Kelas Sedang di wilayah Tengah dan Timur Laut dari Kota Jakarta Timur dan mengelompok (cluster) untuk Kelas Buruk di wilayah Utara dan Barat Laut Kota Jakarta Timur dan Kelas Baik di wilayah Selatan Kota Jakarta Timur. Berdasarkan analisis korelasi, pola propagasi sistem televisi digital terestrial dipengaruh oleh kondisi fisik wilayah dari variabel ketinggian dan halangan tinggi bangunan.


Television media is one of the media that can convey information and entertainment for all Indonesian people on a Free to Air basis. The development of television has entered the digital terrestrial system which has many advantages over the previous system (analog). The nature of radio waves for broadcasting digital terrestrial television that propagates or propagation causes reflection and diffraction due to interference or obstacles in the form of tall buildings and trees. Thus, there is a variation in the value of the propagation of digital terrestrial television systems. This is the purpose of this research in knowing the propagation patterns of digital terrestrial television systems and knowing the effect of physical conditions on the propagation value of digital terrestrial television systems. The total sample locations taken amounted to 63 locations selected based on the form of a 2x2 km grid by considering variations in the characteristics of the variables used, namely land cover, relief, the direction of the slope, distance from the transmitter, height, and building height barriers. Analytical methods used is spatial analysis in the form of a 1x1 km grid analysis unit for the study area and correlation analysis. The results showed that the propagation pattern of the terrestrial digital television system  spread  randomly (random) for   Medium Class in the Center and Northeast areas of East Jakarta City  and the group  (cluster)  for   Bad Class in the North and Northwest areas  of  East Jakarta City and the Good Class in  the South areas of East Jakarta City. Based on the correlation analysis, pattern of propagation digital terrestrial television system is influenced by the physical   condition of the region of the variable height and high barrier of the building against the propagation pattern of the terrestrial digital television system.

 

"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lenk, John D.
Boston: Newnes, 1997
621.381 532 LEN s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S37979
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>