Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 125305 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Angela Irena Rahardja
"Laporan ini membahas tentang prosedur audit yang dilakukan terhadap risiko fraud pada laporan keuangan PT Mekar tahun 2018, dan menganalisis kesesuaian prosedur tersebut dengan standar dan peraturan audit yang relevan, yaitu Public Company Accounting Oversight Board Accounting Standards (PCAOB AS) dan International Standards on
Auditing (ISA). Laporan ini membahas mengenai analisis Penulis dalam penentuan adanya risiko fraud pada pembuatan laporan keuangan PT Mekar melalui teori fraud diamond dan seluruh proses audit yang dilakukan sebagai respon dalam menghadapi risiko tersebut, dengan melakukan prosedur audit yang diwajibkan pada PCAOB AS 2401, khususnnya Journal Entry Testing (JET), dan yang diwajibkan pada ISA 240, yaitu unpredictability testing.

This report discusses the audit procedures performed on fraud risk in PT Mekar's 2018 financial statements, and analyzes the compliance of these procedures with relevant audit standards and regulations, namely Public Company Accounting Oversight Board Accounting Standards (PCAOB AS) and International Standards on Auditing (ISA). This report discusses the author's analysis in determining the existence of fraud risk in the making of PT Mekar's financial statements through diamond fraud theory and the entire audit process performed as response in dealing with those risks, by conducting audit procedures required on PCAOB AS 2401, specifically Journal Entry Testing (JET), and what is required on ISA 240, the unpredictability testing."
2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aisyah Lintang Kirana
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas evaluasi prosedur audit terhadap risiko fraud yang dilakukan KAP INI pada laporan keuangan PT ITU tahun 2018. Prosedur audit KAP INI terhadap risiko fraud dimulai dari penilaian risiko, respons atas risiko, hingga pengumpulan bukti audit untuk mendukung opini laporan keuangan yang bebas dari salah saji material karena fraud. Dari prosedur audit yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tidak ada salah saji material karena fraud dalam laporan keuangan PT ITU. Prosedur audit dievaluasi dengan membandingkan pada International Standards on Auditing (ISA) 315 dan 240. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, prosedur audit terhadap risiko fraud yang dilakukan KAP INI pada laporan keuangan PT ITU telah sesuai dengan ISA 315 dan 240

ABSTRACT
This internship report discusses the evaluation of audit procedures for fraud risk performed by KAP INI in PT ITU financial statements for period 2018. KAP INI audit procedures for fraud risk began with risk assessment, response to risk, to collecting audit evidence to support opinion that financial statement is free from material misstatement due to fraud. Based on the audit procedures performed, auditor concluded that there was no material misstatement due to fraud in PT ITU financial statements. Audit procedures are analyzed by comparing to International Standards on Auditing (ISA) 315 and 240. Based on the evaluation, audit procedures for the risk of fraud performed by KAP INI in PT ITU financial statements are in accordance with ISA 315 and 240.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dwiyanjana Santyo Nugroho
"Penelitian ini menguji pengaruh probabilitas perilaku direksi yang ada di dalam elemen Fraud Hexagon terhadap indikasi terjadinya Fraud Laporan Keuangan (FLK), serta menguji peran komite audit dalam memperlemah pengaruh perilaku direksi tersebut. Model analisis yang digunakan adalah regresi logit logistik dengan data seluruh perusahaan non-keuangan di Indonesia tahun 2016-2020. Penelitian ini juga melakukan uji sensitivitas dengna melakukan uji beda koefisien yang didasarkan pada seberapa banyak komponen laporan keuangan yang dimanipulasi menggunakan Overall Manipulation Index. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa probabilitas direksi melakukan FLK semakin tinggi ketika direksi memiliki stimulus yang tinggi, peluang memanfaatkan kecurangan yang besar, serta kapabilitas yang tinggi untuk mengeksekusi kecurangan tersebut. Sebaliknya, direksi yang terindikasi melakukan FLK tidak mempertimbangkan rasionalisasi atas kecurangan yang dilakukan serta tidak memanfaatkan jaringan kolusi yang dimiliki. Menariknya, direksi yang berego tinggi justru cenderung untuk tidak melakukan FLK. Temuan lainnya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa komite audit mampu meminimalisir kecenderungan direksi melakukan FLK apabila direksi memiliki stimulus yang tinggi, peluang yang besar, serta kapabilitas yang tinggi. Sebaliknya, komite audit tidak mampu meminimalisir probabilitas direksi dalam melakukan FLK apabila direksi memiliki rasionalisasi dan ego yang tinggi, serta jaringan kolusi yang besar.

This study examines the effect of the probability of the behavior of directors in the Fraud Hexagon element on the indications of Fraud Financial Statements (FLK). It also examines the audit committee's role in weakening the influence of the behavior of the directors. The analytical model used is logistic logit regression with data on all non-financial companies in Indonesia in 2016-2020. This study also conducted a sensitivity test by conducting a different coefficient test based on how many components of the financial statements were manipulated using the Overall Manipulation Index. The findings of this study indicate that the probability of directors committing FLK is higher when the directors have a high stimulus, ample opportunities to take advantage of fraud, and a high capability to execute the fraud. On the other hand, directors indicated to have committed FLK do not consider the rationalization of the fraud committed and do not take advantage of the collusion network they have. Interestingly, directors with high egos tend not to do FLK. Other findings in this study indicate that the audit committee can minimize the tendency of directors to conduct FLK if the directors have high stimulus, great opportunities, and high capabilities. On the other hand, the audit committee cannot minimize the probability of the board of directors performing FLK if the board of directors has high rationalization and ego and an extensive network of collusion."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fazlan Muallif
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan prosedur audit atas pendapatan PT FMR pada tahun 2018 oleh KAP MNO dan menjelaskan temuan audit. Prosedur audit yang dilakukan oleh KAP MNO telah sesuai dengan MNO Audit Guide yang berpedoman pada International Standard on Auditing. Berdasarkan audit yang dilakukan, tim audit menemukan beberapa temuan atas pendapatan PT FMR. Adapun temuan itu berkaitan dengan eliminasi intercompany transaction, pengakuan unbilled revenue dan reklasifikasi dari interdelivery charged. Atas temuan tersebut, manajemen sepakat untuk melakukan penyesuaian oleh auditor yang berakibat nilai pendapatan PT FMR menjadi turun dari yang dilaporkan semula.

This report aims to evaluate the audit procedures implementation for revenue of PT FMR for the year 2018 by KAP MNO and to explain the audit findings. Audit procedures carried out by KAP MNO are in accordance with MNO Audit Guide that follow International Standard on Auditing. Based on audit conducted, the audit team found several findings on revenue of PT FMR. The findings are related to elimination of intercompany transaction, recognition of unbilled revenue and reclassification of interdelivery charged. For these findings, management agreed to make adjustment by the auditor which results a decrease of revenue from what was originally reported."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Nur Ilmi
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit yang dilakukan oleh KAP WTR atas provisi persediaan yang ditetapkan PT DNI. PT DNI merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi ban motor. Prosedur audit dilakukan berdasarkan DEF Audit Guide yang telah diselaraskan dengan ISA. Selama proses audit berlangsung, auditor menilai kesesuaian kebijakan PT DNI atas provisi persediaan dengan PSAK 14 sebagai standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Berdasarkan hasil audit, secara keseluruhan kebijakan yang ditetapkan oleh PT DNI dalam menetapkan provisi persediaan telah tepat dan sesuai dengan PSAK 14, serta provisi persediaan telah disajikan secara wajar atas seluruh hal yang bersifat material.

This report aims to discuss the audit procedures of provision for inventory of the PT DNI. PT DNI is a company that manufactures motorcycle tires. The audit process is implemented based on DEF Audit Guide which is approriate with ISA standard. During the performances of audit, the auditor assessed the accounting policy conformity of provision for inventory with PSAK 14 as the applicable accounting standard in Indonesia. The results of the audit showed that the policy formed by PT DNI in determining the provision of inventory is appropriate and in accordance with PSAK 1, and this account is declared as reasonably presented in all material respects."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"The purpose of this study is to investigate the effect of ownership structure and audit committees size to the disclosure of executive management compensation in the Financial Statement. The research s samples are 125 manufacturing companies that listed in Indonesia Stock Exchange in 2012. The results of this research show that managerial ownership and audit committees size does not have a significant effect to the disclosure of executive management compensation in the Financial Statements. Besides that, institutional ownership has a negative significant effect to the disclosure of executive management compensation in the Financial Statements."
DEREMA 10:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Akmal
"Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang membahas tentang peran dari audit laporan keuangan terhadap keputusan berdonasi pada entitas crowdfunding. Penelitian bermetode campuran dengan pendekatan deskriptif menggunakan dokumentasi, survey dan dilanjutkan dengan wawancara. Hasilnya adalah laporan keuangan entitas crowdfund kitabisa memiliki peran sebagai bentuk akuntabilitas dan kredibilitas dari entitas. Adapun hasil penelitian mengungkapkan audit atas laporan keuangan kitabisa menjadi salah satu faktor bagi donatur dalam mengambil keputusan berdonasi dikarenakan adanya bounded rationality, yakni tiap manusia sebagai individu memiliki keterbatasan dalam pengambilan keputusan tergantung kemampuan masing-masing individu, ketidakpastian lingkungan dan waktu dan juga kompleksitas informasi yang tersedia.

This research is a case study that discusses the role of financial statement audits on the decision to donate to crowdfunding entities. The research method is a descriptive approach using documentation, surveys and followed by interviews. The result is that the crowdfund entity financial statements having role as a form of accountability and responsibility of the entity. The results of the study also reveal that audits of financial statements can became one of many factors for donors in making decisions to donate because this pertains to bounded rationality, which is limitations of each human being as an individual in making decisions depending on the abilities of said individual, environment and the time uncertainty and complexty of available information."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sanders, Ivan
"Laporan ini membahas proses audit yang dilakukan Kantor Akuntan AMF atas fraud risk yang berasal dari risk of management override of control untuk tahun 2016 pada KKK Group dan menganalisa kesesuaian proses audit tersebut dengan standar audit yang relevan, PCAOB AS Public Company Accounting Oversight Board Auditing Standards . Laporan ini membahas proses audit yang dimulai dari menentukan adanya fraud risk dari management override of control, hingga respons terhadap risiko tersebut dengan melakukan prosedur audit yang diminta sesuai PCAOB AS, dalam kasus ini, Journal Entry Review.

This report discusses the audit procedure performed by AMF Public Accountant on fraud risk originating from the risk of management override of controls for the year of 2016 on KKK Group, and analyzes the compliance of the audit process to the auditing standard relevant to the audit, PCAOB AS Public Company Accounting Oversight Board Auditing Standards . This report discusses the process starting from establishing the existence of fraud risk from management override of control, to the risk response by doing the appropriate audit procedure as stated in PCAOB AS, in this report, the Journal Entry Review.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Palwoto
"PT. Bank A telah menerapkan Kebijakan Strategi Anti Fraud, dalam kurun waktu yang cukup lama, namun fraud pada perusahaan tersebut masih tetap terjadi. PT.Bank A belum melakukan pemetaan risiko fraud secara komprehensif, salah satunya karena PT. Bank A belum memiliki rancangan penilaian risiko fraud Fraud Risk Assesment/FRA.
Penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah dalam perancangan penilaian risiko fraud dan penerapan FRA dalam pelaksanaan audit internal dan strategi anti fraud serta memetakan risiko fraud berdasarkan unit-unit dan proses bisnis pada PT.Bank.A.
Metode yang digunakan dengan menggunakan pendekatan matrik, yang dimulai dengan mengidentifikasi indikator faktor risiko dan kasus-kasus fraud yang pernah dilakukan audit internal guna menyusun inherent risk berdasarkan atas Dampak dan Kecenderungan. Selanjutnya melakukan asesmen terhadap internal control masing masing cabang guna mendapatkan residual fraud risk.
Berdasarkan penelitian dari 16 kantor cabang diperoleh hasil residual risk sebanyak 2 kantor cabang memiliki risiko fraud dengan kategori moderate to high, 3 kantor cabang memiliki kategori risiko moderate, 5 kantor cabang dengan kategori low to moderate, 6 kantor cabang dengan kategori low dan tidak terdapat kantor cabang dengan kategori high.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa rancangan fraud risk assessment ini dapat dijadikan model bagi PT. Bank A atau lembaga keuangan atau non keuangan lainnya sebagai dasar menetapkan unit dan proses bisnis yang perlu perhatian lebih dibanding lainnya terutama untuk auditor saat melakukan audit umum dan dalam penerapan Strategi Anti Fraud.

PT. Bank A has implemented the Anti Fraud Strategy Policy, for a considerable period of time, but the fraud on the company still persists. PT.Bank A has not conducted comprehensive fraud risk mapping, one of them is because PT. Bank A does not yet have a Fraud Risk Assessment FRA design.
This research was to determine the steps in planning a fraud risk assessment and application of fraud risk assessment in the implementation of internal audit anti fraud strategy and mapping fraud risk based on units and business process at PT. Bank A.
Method used by using matrix approach, which starts by identifying indicators of risk factors and fraud cases of internal audited to establish inherent risk based on impact and likelihood. Then, conduct the assessment of internal control of each branch office to obtain residual fraud risk.
Based on research from 16 sixteen branch offices, the result of residual risk is 2 two branch offices have fraud risk with moderate to high category, 3 three branch offices have moderate risk category, 5 five branch offices with low category to moderate, 6 six branch offices with low category and no branch office with high category.
The conclusion of this research is that the design of fraud risk assessment can be used as a model for PT. Bank A or other financial or non financial institution as the basis for establishing units and business processes that need more attention than others especially for auditors when conducting internal audits and in applying Anti Fraud Strategy.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agusmansyah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pengendalian mutu (SPM) atas kinerja pemeriksaan yang dilaksanakan pada BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. 6 (enam) komponen pada kinerja pemeriksaan yang dianalisis adalah perencanaan pemeriksaan, pelaksanaan pemeriksaan, supervisi & reviu, pelaporan hasil pemeriksaan, pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksan, dan evaluasi pemeriksaan. Selain itu, penelitian ini juga akan memberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan efektivitas penerapan SPM. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengevaluasi dokumen pelaksanaan SPM dan hasil wawancara dengan pelaksana SPM dan penilai SPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat telah menerapkan sistem pengendalian mutu namun, dalam pelaksanaannya masih perlu mempertimbangkan untuk meningkatkan pemahaman tentang SPM bagi pemeriksa, pemenuhan kekurangan jumlah pemeriksa dalam susunan Tim Pemeriksaan, mengusulkan sistem manajemen mutu pada komponen pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan, dan penguatan pengawasan terhadap pelaksanaan SPM. Serta perlu dilakukan penyesuaian terhadap pelaksanaan SPM selama masa Pandemi Covid 19 dengan melakukan digitalisasi pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan.

This study aims to evaluate the quality control system (SPM) for the performance of the audit of financial statements carried out at the BPK Representative of West Sulawesi Province. The six components in the audit performance analyzed are audit planning, audit implementation, supervision & review, reporting of audit results, follow-up monitoring of audit results, and audit evaluation. In addition, this thesis will also provide recommendations for improvements to improve the effectiveness of the implementation of SPM. This study used qualitative descriptive analysis by evaluating SPM implementation documents and the results of interviews with SPM implementers and SPM assessors. The results of this study show that overall the BPK Representative of West Sulawesi Province has implemented a quality control system but in its implementation it is still necessary to consider improving the understanding of SPM for auditors, fulfilling the shortage of auditors in the composition of the Audit Team, proposing a quality management system on the component of monitoring follow-up audit results, and strengthening supervision on the implementation of SPM. It is also necessary to make adjustments to the implementation of SPM during the Covid 19 Pandemic by digitizing the Audit Application System."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>