Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 170678 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fitria Cahyaningrum
"Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis argumentasi dan keterampilan menulis argumentasi melalui penerapan model Think Pair Share dengan media audiovisual siswa kelas X-10 SMA Negeri Kebakkramat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Sumber data berupa peristiwa, informan, dan dokumen. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data dengan teknik triangulasi metode, triangulasi sumber data dan review informan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Model Think Pair Share dengan audiovisual mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis argumentasi dengan indikator kinerja guru dan siswa. Pada prasiklus, nilai kinerja guru dan siswa masih berada di bawah indikator pencapaian. Siklus I, nilai kinerja guru meningkat menjadi 69,29% dan kinerja siswa sebesar 47,22% sedangkan pada siklus II nilai kinerja guru menjadi 80,71% dan kinerja siswa menjadi 78,95%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, siswa yang tuntas hanya 21 siswa yang artinya dianggap belum memenuhi indikator pencapaian. Penerapan Think Pair Share dengan media audiovisual pada siklus II, menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan menulis argumentasi, yaitu skor 31 siswa melampaui KKM. Disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dengan audiovisual mampu meningkatkan kualitas proses dan keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri Kebakkramat.
"
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2018
370 JPK 3:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Cahyaningrum
"This research aims to improve learning process quality of writing argumentationtext and argumentation writing skills through the Think Pair Share model with audiovisualmedia of students X-10 grade SMA Negeri Kebakkramat. This research was a ClassroomAction Research (CAR) with two cycles. Data sources include events, informants, anddocuments. Data collection through interviews, observation, and document analysis. Datavalidity by triangulation method technique, triangulation of data source and informant review.Data analysis technique using comparative descriptive analysis technique. Think Pair Sharemodel with audiovisual is able to improve the quality of learning process of argumentationwriting skill indicated by teacher and student performance. In pre-cycles, the teacher andstudent performance values were still below the achievement indicator. In cycle I, thevalue of teacher performance increased to 69.29 and the percentage of student performanceof 47.22%. Meanwhile, in cycle II the teacher performance value became 80.71 and thepercentage of student performance became 78.95%. After the action done on the firstcycle, there were only 21 students who achieved the value of KKM (minimum completenesscriteria) which means it did not meet the achievement indicators. Implementation of ThinkPair Share with audiovisual media in cycle II showed a significant improvement inargumentation writing skill, that is, score of 31 students exceeded KKM. In conclusion, theapplication of Think Pair Share model with audiovisual media is able to improve learningprocess quality and argumentation writing skill for the tenth grade students of SMA Negeri Kebakkramat."
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2018
370 JPK 3:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tarida Alvina Simanjuntak
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk ; (1) untuk mengetahui kemampuan dalam menulis surat pribadi (Persönlicher Brief) mahasiswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi menulis surat pribadi (Persönlicher Brief), (3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar bahasa Jerman mahasiswa pada materi menulis surat pribadi (Persönlicher Brief). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 2 (dua) yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah mahasiswa 10 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik total sampling (sampel total). Maka sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang ada.
Penemuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil Pre Test diperoleh nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 75, rata-rata skor adalah 64,5. Sedangkan pada hasil Post Test yang telah diajarkan dengan model pembelajaran koperatif tipe STAD diperoleh nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 90, rata-rata skor adalah 81,5. Pada kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi diperoleh hasil nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 90, rata-rata skor adalah 82,86. Sedangkan pada kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah diperoleh skor hasil belajar terendah 70 dan tertinggi 85, serta skor rata-rata 78,33.
Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dilihat bahwa harga F hitung ( ) = 2,99 dengan taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05 dengan dk = 1
ISSN 0853 - 0203
VISI (2017) 25(3) 3261-3287
3261
adalah ( ) = 2,89, sehingga dapat dinyatakan (2,99) > (2,89). Dengan demikian dapat disimpulkan pernyataan hipotesis penelitian yang menyatakan terdapat interaksi antara model pembelajaran koperatif tipe STAD dan motivasi belajar terhadap hasil menulis surat pribadi (Persönlicher Brief) telah teruji kebenarannya pada taraf signifikan α = 0,05.
"
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
050 VISI 25:3 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki: (1) Apakah para siswa diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki prestasi matematika lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe Jigsaw kooperatif dan model pembelajaran konvensional dan apakah siswa diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pencapaian matematika lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada subjek Dua Variabel Sistem Persamaan Linear, (2) Diantara model pembelajaran kooperatif jenis STAD, jenis Jigsaw dan model pembelajaran konvensional yang menghasilkan prestasi yang lebih baik belajar bila dilihat dari motivasi belajar siswa, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi-eksperimental. Populasi adalah semua siswa kelas VIII dari Sekolah SMP Negeri di Kota Surakarta pada tahun akademik 2010/2011. Sampel penelitian ini adalah 283 siswa dan diambil dengan teknik cluster sampling stratified random. Data penelitian dikumpulkan melalui dokumentasi, angket, dan tes. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis dua arah berbeda dengan sel tak sama, pra-syarat yang dianalisis menggunakan uji Liliefors untuk uji normalitas, uji homogenitas menggunakan uji Bartlett, pada tingkat signifikasi = 5%. kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Siswa diajarkan dengan pembelajaran STAD memiliki prestasi matematika yang lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model jigsaw dan model pembelajaran konvensional dan siswa diajarkan dengan model Jigsaw pencapaian matematika yang sama dari siswa diajarkan dengan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memiliki prestasi matematika yang sama dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional."
JPUT 13:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Pasaribu, Elfrida
"ABSTRAK
This research aim to analyse theme, didactic commendation and value in general of novel I am Hope masterpiece Gayatri Djajengminardo as component of study teaching of art in school. This research is qualitative research done in library FKIP UHN Pematangsiantar.
Method applied in this research is descriptive method of Analitis with qualitative form. Data is obtained with read technique repeatedly and record- keeping.
Based on result of data analysis in general of novel I am Hope is obtained theme; During there are bravery of hope will be able to be reached while commendation obtained in this novel is; Life is struggle, never give up and is patient in experiencing life. Didactic value gotten in general of novel I am Hope is; religion education value , education value of morale, social education value and liberal education value.
General of Novel I am Hope has relevansi with study teaching material of art in school, either from the angle of art, language, culture social, and also psychology."
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
050 VISI 25:3 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Derwin Suhartono
"ABSTRAK
Argumentation mining merupakan bidang penelitian yang berfokus pada kalimat dengan tipe argumentasi. Kalimat argumentasi sering digunakan pada komunikasi sehari-hari serta memiliki peran penting pada setiap proses pengambilan keputusan atau kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan observasi mengenai pemanfaatan deep learning dengan mekanisme atensi pada anotasi dan analisa kalimat argumentasi.Anotasi argumentasi merupakan pengelompokan komponen argumen dari sebuah wacana ke dalam beberapa kelas. Kelas didefinisikan menjadi 4, yaitu major claim, claim, premise dan non-argumentative. Analisa argumentasi mengarah kepada karakteristik dan validitas argumentasi yang tersusun pada topik tertentu. Salah satu bentuk analisa adalah penilaian apakah argumentasi yang dibentuk sudah terkategori sufficient atau belum. Dataset yang digunakan untuk anotasi dan analisa argumentasi adalah 402 esai persuasif. Dataset ini juga ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia untuk memberikan gambaran bagaimana model bekerja pada bahasa lain.Beberapa model deep learning, diantaranya CNN Convolutional Neural Network , LSTM Long Short-Term Memory , dan GRU Gated Recurrent Unit digunakan untuk anotasi dan analisa argumentasi sedangkan HAN Hierarchical Attention Network hanya digunakan untuk analisa argumentasi. Mekanisme atensi ditambahkan pada model sebagai pemberi weighted access untuk performa yang lebih baik. Classifier yang digunakan adalah fully connected layer dan XGBoost.Dari eksperimen yang dilakukan, integrasi deep learning dengan mekanisme atensi untuk anotasi dan analisa kalimat memberikan hasil yang lebih baik dari penelitian sebelumnya.

ABSTRACT
Argumentation mining is a research field which focuses on sentences in type of argumentation. Argumentative sentences are often used in daily communication and have important role in each decision or conclusion making process. The research objective is to do observation in deep learning utilization combined with attention mechanism for argument annotation and analysis.Argument annotation is argument component classification from discourse to several classes. Classes include major claim, claim, premise and non-argumentative. Argument analysis points to argumentation characteristics and validity which are arranged in one topic. One of the analysis is how to assess whether an established argument is categorized as sufficient or insufficient. Datased used for argument annotation and analysis is 402 persuasive essays. This data is translated to Bahasa as well to give overview about how does it work with other language.Several deep learning models such as CNN Convolutional Neural Network , LSTM Long Short-Term Memory , and GRU Gated Recurrent Unit are utilized for argument annotation and analysis while HAN Hierarchical Attention Network is utilized only for argument analysis. Attention mechanism is combined with the model as weighted access setter for a better performance. The classifiers are fully connected layer and XGBoost.From the whole experiments, deep learning and attention mechanism integration for argument annotation and analysis arrives in a better result compared with previous research."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
D2502
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>