Ditemukan 25282 dokumen yang sesuai dengan query
Napitupulu, Fenty Debora
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh monitoring, questioning, and repredicting strategy terhadap pemahaman mahasiswa teknik dalam membaca teks deskriptif. Metode penelitian dirancang dengan metode eksperimen kuantitatif. Dalam hal ini, sampel penelitian ini terdiri atas dua grup yang masing-masing tiap grup berjumlah 30 mahasiswa. yaitu grup control dan grup eksperimen dimana siswa pada grup control diajarkan dengan menggunakan metode konvensional dan siswa pada grup eksperimen diajarkan dengan menggunakan stategi monitoring, questioning, and repredicting. Kegiatan yang dilakukan pada kedua kelas tersebut adalah pre test, treatment dan post test dan instrument pengumpul data adalah test yakni pilihan berganda. Berdasarkan perhitungan yang didapatkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post test dalam kelas eksperimen (80,6) lebih tinggi dari nilai rata-rat post test dalam kelas control. (71,5). Perbedaannya diuji dengan menggunakan rumus t-test. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai t-observed(3.29) lebih tinggi dari nilai t- table (1,671).ini berarti bahwa hipotesis alternative(Ha) diterima dan hipotesis awal (Ho) ditolak. Pada kesimpulannya, Monitoring, Questioning and Repredicting Strategy dapat mempengaruhi pencapaian pemahaman mahasiswa teknik dalam membaca teks deskriptif."
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
050 VISI 25:3 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Napitupulu, Fenty Debora
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola-pola dasar kalimat mahasiswa dalam menulis karangan. metode penelitian dirancang dengan metode deskriptif kualitatif. dalam hal ini, subjek penelitian adalah mahasiswa bahsa inggris semester satu. setiap mahasiswa diarahkan menuliskan teks recount dan selanjutnya peneliti menganalisanya. hasil penelitian menunjukkan bahwa sebahagian besar dari mahasiswa hanya mampu menggunakan tiga pola kalimat dasar yaitu s+v, s+v+o, dan s+lv+adj. pola kalimat lainnya seperti sv+io+o, s+v+o+oc, s+lv+n belum ditemukan. disamping itu terdapat beberapa kesalahan dalam grammar seperti tenses, penggunaan linking verb, parts of speech, dsb. ini menunjukkan bahwa mahasiswa semester satu jurusan pendidikan bahasa inggris masih sangat lemah dalam menggunakan pola-pola kalimat bahasa inggris."
Sumatera Utara: Universitas HKBP Nommensen, 2018
VISI 26:1 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Napitupulu, Fenty Debora
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
050 VISI 25:2 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"This research studies about the students about the students paragraph writing. The data are the students paragraph of English students Nommensen university on sixth semester. In this research, the writer collected the data by reading all the students writing of 17 paragraph and underlined the topic sentence, supporting sentence, and concluding sentence. The data are analyzed by identifying the writing based on part and types of the paragraph. After analyzing the data the writer finds that there are the part and types in writing of students. And the capacity of students is not good because ost of the students can not filled the rule of part paragraph, consist of: topic sentence, supporting sentence, and concluding sentence. "
EPISTEME 1:2 (2015)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sinaga, Nenni Triana
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
VISI 25:1 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sianturi, Srisofian
"
ABSTRAKPenelitian ini mengkaji tentang elemen dasar dalam ilmu pragmatik. Teori tindak tutur yang berfokus pada tindak tutur langsung pada diskusi kelompok yang digunakan oleh mahasiswa semester enam di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommensen. Penelitian ini mengelompokkan dan menggambarkan jenis atau bentuk, fungsi tindak tutur langsung dalam diskusi kelompok dan factor yang mempengaruhi tindak tutur. Data pada penelitian ini diambil dari ucapan-ucapan penyaji dan penanya pada diskusi kelompok dengan menggunakan Bebas Simak Libat Cakap. Subjek penelitian ini adalah 8 kelompok diskusi. Kemudian data dianalasis dengan menggunakan metode identitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan penyaji yang mengaplikasikan tindak tutur langsung dapat dipersentasekan bahwa permintaan (44%) dan yang terendah adalah larangan (0%). Hal ini menunjukkan bahwa tingginya keingitahuan mahasiswa tentang materi/topic yang dibahas dan memiliki kerjasama yang baik. Kelompok diskusi mengaplikasikan instruksi sebagai tindak tutr langsung yang paling banyak. Dapat diasumsikan bahwa penggunaan instruksi memberikan keuntungan kepada pendengar. Penggunaan permintaan dalam memberikan instruksi menjadikan instruksi lebih mudah untuk dipahami. Factor yang mempengaruhi tindak tutur dalam diskusi kelompok adalah lingkungan social, latar belakang dan peran penyaji atau pendengar ."
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
050 VISI 25:3 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"This study about the analysis of the lexical errors translating English text and also to find out the causes of doing the errors. In the lexical errors the there are two causes of the errors, namely: interlingual and intralingual. In writing this research, the writer did a descriptive method. Besides, the writer also made a test toward students of English depart of 2006/2007 academic year of language and art faculty of HKBP Nommensen University. The writer asked the students to translate two English texts and the data from the result of the translation. Finally, from the data gathered, the writer can made a conclusion that the causes of error of the lexical errors also give effects to the result of the translation.
"
EPISTEME 1:3 (2015)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Khatiyem
"Penelitian ini membahas pengaruh aplikasi busuu terhadap pembelajaran kosakata bahasa Jerman mahasiswa semester II Program Studi Sastra Jerman. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh aplikasi busuu sebagai m-learning terhadap pembelajaran kosakata bahasa Jerman serta keunggulan dan kelemahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode eksperimen. Data diperoleh melalui borang penilaian dan kuesioner. Responden dipilih menggunakan metode purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kosakata melalui aplikasi busuu memberikan pengaruh positif pada 92 responden. Pengaruh tersebut berupa penambahan pengetahuan kosakata yang sebelumnya tidak diketahui. Keunggulan aplikasi busuu terletak pada komponen multimedianya, sedangkan kelemahannya terdapat bagian-bagian pelajaran hanya untuk pengguna berbayar.
This study discusses the effects of busuu application on German vocabulary learning of semester two students of German Literature Studies Program. This study aims to determine the effect of busuu application as m learning on German vocabulary learning as well as its advantages and disadvantages. This research uses quantitative and qualitative approaches with experimental method. Data were obtained through assesment forms and questionnaire. The results show that vocabulary learning through busuu application gives a positive effect on 92 of respondents. The effect is the addition of vocabulary knowledge that was previously unknown. The advantages of busuu application are brought by its multimedian components, while its weakness is that there are parts of the lesson only for paid users."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69601
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
IJAL 3(1-2)(2013/2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sinaga, Nenni Triana
Sumatera Utara: Universitas HKBP Nommensen, 2018
VISI 26:1 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library