Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 50501 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mega Safira
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai hal-hal yang harus di konsiderasi dalam proses penerimaan dan evaluasi klien audit. Seperti integritas, keadaan khusus, dan resiko yang tidak biasa di klien. Selain itu auditor juga harus independen dan kompeten dalam mengaudit.

ABSTRACT
This thesis discusses matters that must be considered in the process of client 39;s acceptance. Such as integrity, special circumstances, and unusual risks in a prospective client. In addition, auditors must also be independent and competent while auditing a client. "
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Randy Adianto Prathama
"ABSTRAK
Dalam tugas ini, penulis di asumsikan berperan sebagai Jasmine Burbank, manajer senior di Bristol Merriweather & Partners (BMP). Penulis ditugaskan menyiapkan laporan kepada managing partner BMP, menjelaskan alasan mengapa firma harus (atau tidak harus) menghabiskan waktu dan sumber daya dalam menyiapkan tawaran untuk mendapatkan hak untuk mengaudit Delphinium LTD., sembari tetap mempertimbangkan keinginan Jasmine untuk mendapatkan klien baru dan keinginannya untuk meminimalkan risiko bisnis untuk BMP. Penulis juga harus menyiapkan laporan untuk engagement partner yang menjelaskan rekomendasi penulis mengenai penilaian persediaan barang (inventory) klien, apakah ada kebutuhan untuk penyesuaian nilai. Penulis juga akan menganalisis risiko yang datang dengan penilaian yang salah dalam penilaian persediaan barang dan bagaimana keputusan audit berpotensi mempengaruhi hubungan BMP dengan Delphinium LTD sebagai auditor dan klien.

ABSTRACT
In this assignment, the writer is assuming the role of Jasmine Burbank, senior manager in-charge at Bristol Merriweather & Partners (BMP). The writer is in-charge of preparing a report to the managing partner of BMP, explaining the rationale on why the office should (or should not) spend time and resources in preparing a bid to obtain the rights to audit Delphinium LTD., while keeping in mind the counterbalancing forces of Jasmine s desire to obtain a new client and her desire to minimise business risk for BMP. The writer must also prepare a report for the engagement partner explaining the writer s recommendation regarding the approval of the client s valuation of inventory, whether there is need for adjustment in inventory value. The writer will also analyse the risk that comes with incorrect valuation in inventory and how the audit decision could potentially impact relationship of BMP with Delphinium LTD as auditor and client.
"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Sekar Hanjani
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai hal-hal yang harus di konsiderasi dalam proses penerimaan dan evaluasi klien audit. Seperti integritas, keadaan khusus, dan resiko yang tidak biasa di klien. Selain itu auditor juga harus independen dan kompeten dalam mengaudit.

ABSTRACT
This thesis discusses matters that must be considered in the process of client 39;s acceptance. Such as integrity, special circumstances, and unusual risks in a prospective client. In addition, auditors must also be independent and competent while auditing a client. "
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dewina Camelia Wongso
"ABSTRAK
Audit internal di dalam proses manajemen risiko perusahaan memiliki peran penting dalam memberikan assurance atas risiko-risiko yang dihadapi oleh perusahaan. Peran penting ini perlu diikuti dengan pemahaman audit internal sendiri akan perannya dalam proses manajemen risiko. Pemahaman ini penting dikarenakan adanya batasan-batasan sejauh mana audit internal boleh mengambil peran sehingga tidak bertumpuk dengan tugas dari manajemen. Di dalam penelitian ini, akan mencari tahu mengenai sejauh mana pemahaman audit internal dalam sebuah perusahaan, yaitu PT Sucofindo, akan perannya dalam proses manajemen risiko. Penelitian ini akan menggunakan kuesioner dan juga wawancara, dengan responden auditor yang ada di PT Sucofindo, sebagai metode untuk pengambilan data. Kondisi PT Sucofindo yang masih dalam proses transisi atas pemecahan antara Satuan Pengawasan Intern Unit Manajemen Risiko, membuat masih banyak kebingungan atas perannya dalam proses manajemen risiko. Masih ada peran yang seharusnya dilakukan oleh manajemen dianggap sebagai tanggung jawab dari Satuan Pengawasan Intern dan sebaliknya. Penelitian ini, memberikan kesimpulan bahwa, masih perlunya pemberian pemahaman atas peran Satuan Pengawasan Intern dalam proses manajemen risiko dalam PT Sucofindo, agar proses manajemen risiko dapat berjalan lebih baik lagi.

ABSTRAK
Internal audit within a company has an important role in providing assurance on the risks faced by the company. This important role needs to be followed by a comprehension of its role in the risk management process. This comprehension is important because of the limitations on the extent to which internal audit may take a role so as not to overlap with the task of management. This research will look out about the extent to which the understanding of internal audit within a company, PT Sucofindo, will be its role in the risk management process. This study will use questionnaires and interviews, with the respondents of auditors in PT Sucofindo, as a method for data retrieval. The condition of PT Sucofindo, which is still in the process of transition between the Internal Audit Unit and an independent Risk Management Unit, makes a lot of confusion over its role in the risk management process. There is still a role of management, that auditors think as the responsibility of the Internal Audit Unit and vice versa. This study concludes that there is still a need an improvement to understand the role of the Internal Audit Unit in the risk management process in PT Sucofindo, in order for the risk management process to proceed even better. "
2017
S69639
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pardede, Tiurma Juliani
"Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan Risk Based Internal Audit RBIA dan perencanaan audit dengan pendekatan risiko di Inspektorat Jenderal Kementerian Perindustrian. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan checklist tingkat kematangan risiko, wawancara, serta simulasi pemeringkatan risiko sederhana. Penghambat pelaksanaan RBIA secara optimal yaitu: sumber daya manusia; waktu audit; software audit; komitmen pimpinan; prioritas risiko; penilaian risiko; peraturan, prosedur, dan kebijakan; audit; serta monitoring dan evaluasi. Penghambat perencanaan audit dengan pendekatan risiko secara optimal yaitu: faktor risiko; auditor tidak berpartisipasi dalam rapat pembahasan faktor risiko; serta auditor tidak mengevaluasi ulang faktor risiko. Kata kunci:Faktor penghambat pelaksanaan RBIA; faktor penghambat perencanaan audit dengan pendekatan risiko; faktor risiko; kementerian perindustrian; manajemen risiko; program kerja pengawasan tahunan; risk based internal audit RBIA ; sistem pengendalian internal.

This qualitative descriptive study aims to determine the factors that hinder the implementation of Risk Based Internal Audit RBIA and planning the audit with risk approach in the Inspectorate General of the Ministry of Industry. This study is using questionnaires, checklists of risk maturity level, interviews, and simple risk scoring simulation. The study shows that inhibiting optimal implementation of RBIA are human resources audit time audit software management commitment risk priority risk assessment regulations, procedures, and policies audit and monitoring and evaluation. Inhibiting the audit plan using risk approach run optimally are the risk factors auditor does not participate in the meeting discussion of the risk factors and the auditor are not re evaluate risk factors, etc. Keywords Annual supervision work program internal control system ministry of industry obstacles in implementing RBIA approach obstacles in implementing risk based audit planning risk factor risk management risk based internal audit RBIA."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sumantri Bratakusuma
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari proses perubahan paradigma atau
pandangan terhadap fungsi dan peran audit internal, penyebab ketidakefisienan
fungsi dan peran audit internal dalam pengelolaan risiko, dukungan manajemen
puncak dan auditee terhadap temuan audit internal serta proses perbaikan dan
pencegahan yang dilakukan agar tercipta tata kelola perusahaan yang baik. Objek
penelitian adalah grup perusahaan DHG yang bergerak dalam bidang farmasi dan
alat-alat kesehatan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif
analisis yaitu dengan membandingkan fakta-fakta yang terjadi dalam kegiatan
perusahaan antara teori dan praktik. Dari hasil studi lapangan dan studi
kepustakaan, menunjukkan bahwa DHG telah melakukan proses perubahan
paradigma terhadap fungsi dan peran audit internal dari ?watch dog? menjadi
?consultant? dan mitra bagi manajemen perusahaan yang dilakukan oleh
Departemen Corporate Internal Audit. Meskipun telah terjadi perubahan
paradigma audit di DHG, namun belum terdapat kesesuaian kebijakan fungsi dan
peran dari audit internal yang telah berjalan di perusahaan sehingga fungsi dan
peran audit internal belum dapat berjalan lebih efektif dan belum dapat
memberikan kontribusi terhadap peningkatan pengendalian internal dan
pengelolaan risiko perusahaan. Belum terdapat dukungan manajemen puncak dan
auditee terhadap temuan yang didapatkan oleh audit internal sehingga tata kelola
perusahaan yang baik di DHG belum tercapai.

ABSTRACT
The aim of this study is to review the process of paradigm or view change process
of the role and function of internal audit, the cause of inefficiency in the role and
function of internal audit in risk management, support from the top management
and auditee towards internal audit findings as well as the rectification and
prevention process to achieve good corporate governance. The object of this study
is the DHG corporate group that operates in the field of pharmacy, medical and
healthcare equipment. This study uses the descriptive analysis method through
comparison of facts in the company?s operation between theory and practice.
From the field and literature studies, it was shown that DHG has undergone a
paradigm change process on the function and role of internal audit from ?watch
dog? to ?consultant? and partner for the company?s management, performed by
the Corporate Internal Audit Department. Even though there has been an audit
paradigm change in DHG, there is still no consistency between the company?s
policy for the internal audit function and role, therefore internal audit?s function
and role is still ineffective and unable to contribute towards improving the
company?s internal control and risk management. In addition, the lack of support
of the top management and auditee towards internal audit findings causes DHG to
not yet achieve good corporate governance, The aim of this study is to review the process of paradigm or view change process
of the role and function of internal audit, the cause of inefficiency in the role and
function of internal audit in risk management, support from the top management
and auditee towards internal audit findings as well as the rectification and
prevention process to achieve good corporate governance. The object of this study
is the DHG corporate group that operates in the field of pharmacy, medical and
healthcare equipment. This study uses the descriptive analysis method through
comparison of facts in the company’s operation between theory and practice.
From the field and literature studies, it was shown that DHG has undergone a
paradigm change process on the function and role of internal audit from “watch
dog” to “consultant” and partner for the company’s management, performed by
the Corporate Internal Audit Department. Even though there has been an audit
paradigm change in DHG, there is still no consistency between the company’s
policy for the internal audit function and role, therefore internal audit’s function
and role is still ineffective and unable to contribute towards improving the
company’s internal control and risk management. In addition, the lack of support
of the top management and auditee towards internal audit findings causes DHG to
not yet achieve good corporate governance]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Tauhid Arifudin Antoni
"ABSTRAK
Tesis ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh persepsi pemeriksa mengenai penerapan risk based audit dan profesionalisme Pemeriksa terhadap kualitas laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah pada BPK RI Perwakilan Provinsi Banten, dengan menggunakan pendekatan cross-sectional (Pendekatan Silang). Teknik analisis data dilakukan dengan pengujian secara statistik yang menggunakan program SPSS. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara kualitatif interpretasi tabulasi data jawaban responden menunjukkan terdapat adanya hubungan persepsi pemeriksa mengenai penerapan risk based audit dan profesionalisme Pemeriksa terhadap kualitas laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah pada BPK RI Perwakilan Provinsi Banten. Sedangkan dari uji statistik menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan baik hipotesis utama maupun sub hipotesis penelitian (H1) secara teoritis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi pemeriksa mengenai penerapan risk based audit dan profesionalisme Pemeriksa berpengaruh positif terhadap kualitas laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah pada BPK RI Perwakilan Provinsi Banten.

ABSTRACT
This thesis goal to improve auditor perception analitycal about risk based audit application and professionalism auditor impact to quality of region general audit report in The Supre Audit Board at Banten Province, with the cross-sectional perspective. The Data Analitycal technique with application program of Statistical Program for Social Science (SPSS) version 21. The Analitycal data consist of validity, reliability, classic assumption and hipotesis. The summary of this thesis with tabulation perception responden answer data that the answer positive impact abaout the risk based audit application and professionalism auditor to region general audit report in the Supreme audit Boart at Banten Province."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T33777
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Meilani Tri Nugraheni
"Risk-Based Audit (RBA) is an audit method that applies a risk approach in its implementation. By applying the RBA method, it is expected that an audit can be performed effectively and efficiently, thus producing maximum audit results. This study aims to analyze the implementation of RBA upon audits conducted by The Audit Board of Indonesia (BPK). Furthermore, this study analyzes the preparation of an Audit Program in line with the previously determined RBA. The research framework uses Agency Theory which emphasizes the relationship between management and principal. To ensure that management does not perform any manipulation, an independent third party must conduct the audit. This study applied a qualitative research methodology with a case study approach at BPK. The author expects to dig deeper into the application and implementation of RBA within BPK by using the case study approach support by audit documents and interviews with BPK Audit Team. The results showed that the implementation, performance, and monitoring of RBA by the BPK Audit Team were in line with the instructions and guidelines set by BPK."
Jakarta: Badan Pemeriksa Keuangan Direktorat Penelitian dan Pengembangan, 2021
332 JTKAKN 7:1 (2021)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Elvira Prasiswati Wongsosudiro
"Semakin berkembangnya pasar modal di Indonesia, yang disertai dengan meningkatnya volume transaksi Efek di Bursa Efek, menyebabkan semakin diperlukannya penyelenggaraan proses kliring efek yang efisien. Skripsi ini merupakan hasil analisa resiko yang mungkin timbul dalam penyelenggaraan proses kliring efek. Tujuan dari analisa ini adalah untuk penyusun suatu program audit internal yang lebih efektif, yang diharapkan mampu meminimasikan resiko yang ada. Dari hasil penelitian, program audit yang dapat diterapkan pada proses kliring efek secara lebih efektif adalah dengan menggunakan pendekatan siklus yang berorientasi pada analisa resiko, dengan bentuk dan isi program audit yang dapat memberikan informasi mengenai latar belakang aktivitas, tujuan pemeriksaan, dokumen pendukung dan prosedur yang harus dilakukan dan proses pemeriksaan. Selain itu suatu program audit juga harus fleksibel, sehingga memberikan keleluasaan pada auditor untuk menerapkan profesional judgment-nya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S19231
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vera Partiana Sukardianti
"Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi kepada perusahan dalam mengevaluasi audit berbasis risiko yang dilakukan oleh auditor internal dengan menggunakan COSO Integrated Framework (2013). Penelitian ini dilakukan dengan evaluasi proses kerja auditor internal pada perusahaan e-commerce yang berkaitan dengan pengendalian internal dan  memastikan  pengendalian internal tersebut berjalan dengan baik sehingga dapat mengurangi risiko yang terjadi pada setiap divisi kemudian tujuan perusahaan tercapai. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif  dan pendekatan studi kasus pada PT XYZ. Instrumen penelitian adalah dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara kepada pihak yang terkait. Dan berdasarkan instrumen penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa hampir semua kerangka COSO (2013) digunakan dalam penilaian risiko dan pengendalian internal oleh auditor internal kecuali Control Activities dikarenakan risiko yang ada di PT XYZ langsung dikasifikasikan oleh auditor internal dan bukan dilakukan oleh manajemen.

The purpose of this study is to contribute to companies in evaluating risk-based audits conducted by internal auditors using COSO Integrated Framework (2013). This research was carried out by evaluating the work processes of internal auditors in e-commerce companies relating to internal control and ensuring that internal controls are running well so as to reduce the risks that occur in each division then the company's objectives are achieved. The research method used a descriptive qualitative approach and a case study approach at PT XYZ. The research instrument is carried out by observing and doing interviews to management. And based on the research instrument, it can be concluded that the framework consists of almost all COSO frameworks (2013) used in risk assessment and internal control by internal auditors except Control Environment,  this is because the risks in PT XYZ are directly verified by internal auditors and not by management."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T52669
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>