Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 25580 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Fadhil Dzulfikar
"

Urgensi personalisasi e-commerce saat ini didorong oleh beberapa faktor, diantaranya pertumbuhan pasar e-commerce, ekpektasi konsumen, information overload dan keuntungan yang signifikan bagi pengembang. Akan tetapi, menerapkan personalisasi e-commerce yang efektif bukanlah permasalahan yang mudah (non-trivial). Terdapat berbagai macam tantangan dari setiap proses personalisasi, mulai dari  tahap memahami konsumen, menyajikan personalisasi hingga tahap mengevaluasi dampak personalisasi. Saat ini, penelitian pada bidang ilmu komputer banyak memfokuskan studi pada tahap memahami konsumen dan menyajikan personalisasi. Di sisi lain, tahapan terakhir yakni evaluasi belum dieksplor sehingga evaluasi performa personalisasi e-commerce yang ada belum efektif. Beberapa penyebab masalah ini di antaranya adalah tujuan dan metrics yang tidak jelas, evaluasi hanya menggunakan perspektif teknis, dan terbatasnya metode evaluasi performa personalisasi. Untuk itu penelitian ini mencoba untuk mengusulkan metode yang metrics evaluasi dipetakan berdasarkan tujuannya dengan jelas. Selain itu, metode ini juga tidak hanya mengevaluasi dari perspektif teknis, tetapi juga bisnis. Pengembangan metode dilakukan berdasarkan hasil analisis data primer (wawancara) dan data sekunder (literatur). Setelah itu metode diuji engan pendekatan online dan offline menggunakan dataset Amazon dan MovieLens. Kesimpulannya, hasil pengembangan metode ini jika dibandingkan metode Carvalho tidak hanya menggunakan perspektif teknis, tetapi juga bisnis berupa akurasi, cakupan konsumen dan daya tarik produk yang dipersonalisasi.


The urgency of e-commerce personalization is currently driven by several factors, including e-commerce growth, consumer expectations, information overload and significant benefits for enterprise. However, implementing an effective e-commerce personalization is a non-trivial problem. There are several challenges in every personalization process, start from understanding consumers, presenting personalization and evaluating personalization performance. Today, research in computer science focuses on understanding consumers and presenting personalization only. On the other hand, the evaluation process has not been explored. It causes ineffectiveness in the evaluation of e-commerce personalization. The causes of this problem are unclear goals and metrics, technical perspective only, and limited methods of evaluating personalization performance. Therefore, this research proposes a method which evaluation metrics are mapped based on their objectives clearly. In addition, this method also not only evaluates from a technical perspective, but also business perspectives. Method development is based on the analysis results of primary data (interviews) and secondary data (literatures). The proposes method was tested with online and offline approaches using the Amazon dataset and MovieLens. In conclusion, the results of developing this method when compared to the Carvalho’s method have another insight not only technical perspective but also business perspective, including consumer coverage and attractiveness.

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
T52457
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sembiring, Sarah Deasyca
"Pembelian secara online merupakan sebuah terobosan dalam era digitalisasi dunia pemasaran. Berbeda dengan etalase fisik, belanja di internet merupakan cara baru untuk berbelanja. Internet telah menjadi sarana penting untuk melaksanakan transaksi komersial. Salah satu industri yang mengalami banyak perubahan akibat munculnya perdagangan secara online yaitu pariwisata. Dengan adanya digitalisasi tiket menjadi e-ticket, sebuah efisiensi menjadi sangat signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris bagaimana hubungan kepribadian website web personality yang terdiri dari lima indikator yaitu solidity, enthusiasm, genuineness, sophistication, unpleasantness terhadap perilaku pembelian impulsif online secara langsung, dan dengan di mediasi oleh perilaku penelusuran web yang utilitarian dan hedonik terhadap perilaku pembelian impulsif secara online pada produk pariwisata oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan menggunakan teknik snowball sampling dengan menggunakan googleforms. Kuesioner dibuat secara online pada link berikut: www.bitly.com/risettraveloka. Kemudian tautan kuesioner ini disebarkan melalui berbagai aplikasi instant messaging seperti LINE, WhatsApp, dan Instagram Message. Total kuesioner yang tersebar dan terkumpul adalah sejumlah 272 dengan jumlah responden yang lolos dalam kualifikasi sejumlah 254 responden. Sampel penelitian yang telah terkumpul sebanyak 254 tersebut merupakan representatif dari pembeli produk pariwisata secara online khususnya melalui situs web www.traveloka.com yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi sesuai dengan cakupan wilayah yang ingin diteliti dan terdiri dari jenis kelamin pria sebanyak 81 31,9 dan wanita sebanyak 183 68,1. Metode statistik menggunakan Structural Equation Model dengan software AMOS 20.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima dan berpengaruh signifikan, hal ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Rezai et al.

Online purchase transaction is a breakthrough in the era of digitalization of the marketing world. In contrast to the physical storefront, shopping on the internet is a new way to shop. The internet has become an important means to carry out commercial transactions. One of the industries that experienced many changes due to the emergence of online trading is tourism. With the digitization of tickets into e ticket, an efficiency becomes very significant. This study aims to know and test empirically how the relationship personality website web personality which consists of five indicators of solidity, enthusiasm, genuineness, sophistication, unpleasantness of online impulsive buying behavior directly, and by mediation by utilitarian web search behavior and hedonic to the impulsive buying behavior online in tourism products by the people of Jakarta and surrounding areas. The data were collected using questionnaires distributed using snowball sampling technique using googleforms. Questionnaires are made online at the following link www.bitly.com risettraveloka. Then the questionnaire link is disseminated through various instant messaging applications like LINE, WhatsApp, and Instagram Message. Total questionnaires that are scattered and collected are a number of 272 with the number of respondents who qualified in a number of 254 respondents. The sample of research that has been collected as many as 254 is representative of the buyers of tourism products online, especially through the website www.traveloka.com domiciled in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi in accordance with the scope of the area to be studied and consists of male gender as many as 81 31.9 and women as many as 183 68.1. Statistical method using Structural Equation Model with AMOS 20.0 software. The results of this study indicate that all hypotheses are accepted and have a significant effect, this is in line with previous research conducted by Rezai et al."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Carlton, Katherine Tasheff
Gloucester, Ma Rockport Publisher 2001,
R 380.1 Car w
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Dea Indriyani
"ABSTRAK
Pertumbuhan pengguna smartphone telah merubah gaya hidup masyarakat Indonesia kearah digital, salah satunya dalam berbelanja online. Beberapa hambatan dalam perkembangan e-commerce di Indonesia mendorong munculnya aplikasi mobile platform e-commerce model online-to-offline untuk memecahkan hambatan ini. Persaingan antara berbagai jenis e-commerce di Indonesia telah membuat para pelaku e-commerce gencar melakukan strategi untuk menarik masyarakat memilih dan menggunakan e-commercenya. User experience (UX) merupakan faktor yang sangat penting bagi sebuah aplikasi dalam memberikan kesan pertama tentang perusahaan dan produk yang ditawarkan melalui interaksi antara pengguna dengan produk. Efektivitas, efisiensi, error, satisfaction, attractiveness, visual appeal merupakan dimensi UX yang paling berpengaruh dalam memberikan persepsi kepada pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi UX aplikasi mobile platform e-commerce dengan menggunakan pendekatan performance metrics, self-reported metrics, behavioral metrics, dan issue-based metrics yang menilai kinerja, persepsi, perilaku, dan mengeluarkan apa yang dirasakan pengguna dalam berinteraksi dengan aplikasi serta mengetahui pengaruh pengalaman pada penggunaan aplikasi. Berdasarkan hasil evaluasi, ditemukan dalam dimensi efisiensi dan visual appeal faktor pengalaman berpengaruh secara signifikan, serta ditemukan bahwa penilaian pengguna terhadap aplikasi berada dalam kategori yang belum baik terutama pada interface. Oleh karena itu, dilakukan perancangan ulang user interface (UI) menggunakan prinsip-prinsip desain UI dan Activity Relationship Chart (ARC) dengan mengkombinasikan elemen-elemen UX yang telah dievaluasi dengan tujuan untuk peningkatan ketertarikan pengguna.

ABSTRACT
The growth of smartphone users have changed Indonesian society lifestyle towards digital, one of the strongest is to shop online. Some of the obstacles in e-commerce expansion in Indonesia has encourage the emergence of online-to-offline e-commerce platform mobile applications to tackle this barrier. Competition between the various types of e-commerce in Indonesia has made actors of e-commerce aggressively pursuing a strategy to attract the public to choose and use their e-commerce. User experience (UX) is a very important factor for an application to give a first impression about the company and products offered through the interaction between user and product. Effectiveness, efficiency, error, satisfaction, attractiveness, and visual appeal is the most influential UX dimensions in giving the perception to the user. This study aims to evaluate UX e-commerce platform mobile application by using performance metrics, self-reported metrics, behavioral metrics, and issue-based metrics approach that assess performance, perception, behavior, and filter out user feels as a result of the interaction with applications, and also reveal the effect of experience in using the application. Based on the evaluation, it was found in the dimensions of efficiency and visual appeal was significantly affect by experience factor, and the result indicate the user perception about the application was not good enough, especially on the interface design. Therefore, user interface (UI) redesign was developed using the principles of UI design and Activity Relationship Chart (ARC) by combining the UX elements that have been evaluated, in order to increase user attraction."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63589
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hafidz Syauqi
"Kondisi pandemi covid-19 di Indonesia menyebabkan perubahan pola belanja masyarakat yang lebih memilih untuk berbelanja secara online. Peningkatan pengguna telepon genggam dan pengguna internet menjadi salah satu hal yang turut mendukung perubahan tersebut. Perubahan pola belanja ini, mengakibatkan terjadinya pertumbuhan transaksi E-commerce di Indonesia. Salah satu kelompok produk yang banyak dijual di E-commerce Indonesia adalah furniture dan kebutuhan rumah tangga. Perusahan XYZ merupakan salah satu perusahaan ritel yang mempunyai aplikasi mobile sebagai salah satu sarana penjualannya. Tetapi menurut ulasan pengguna, aplikasi mobile ini masih banyak dikeluhkan oleh pengguna khususnya pada aspek user experience (UX) dan user interface (UI). Evaluasi user experience dilakukan pada aplikasi ini dengan menggunakan metode usability testing yang mengukur performance metrics, self-reported metrics dan issue-based metrics. Analisis dilakukan dari data yang didapat dan menggunakan hierarchical task analysis (HTA). Berdasarkan hasil analisis, aplikasi mobile ini memiliki permasalahan pada desain interface yang mempengaruhi user experience yang dirasakan oleh pengguna. Oleh karena itu, perbaikan dilakukan dengan merancang desain interface berdasarkan permasalahan yang ada serta berdasarkan literatur. Dari penelitian ini dihasilkan evaluasi user experience dari penggunaan aplikasi mobile furniture e-commerce dan rekomendasi yang berbentuk desain tampilan aplikasi yang dapat meningkatkan kepuasan penggunaan aplikasi.

The Covid-19 pandemic condition in Indonesia has caused changes in people's shopping behavior who prefer to shop online. The increase in mobile phone users and internet users is one of the things that support this change. This change in people's shopping behavior has resulted in the growth of e-commerce transactions in Indonesia. One of the product groups that are widely sold in Indonesian E-commerce is furniture and household needs. XYZ Company is a retail company that has a mobile application as a channel of selling. But according to user reviews, this mobile application is still has many complaints by users, especially in the aspect of user experience (UX) and user interface (UI). User experience evaluation is carried out on this application using the usability testing method which measures performance metrics, self-reported metrics, and issue-based metrics. The analysis was carried out from the data obtained and using hierarchical task analysis (HTA). Based on the analysis, this mobile application has problems in the interface design that affect the user experience. Therefore, improvements are made by designing the interface design based on the existing problems and based on the literature. This research is in user experience evaluation from the use of e-commerce mobile furniture applications and recommendations in the form of application display designs that can increase user's satisfaction."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Candra Ahmadi
Yogyakarta: Andi, 2013
005.276 CAN e (1);005.276 CAN e (2)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tiara Rizka Utami
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kepercayaan terhadap retailer dalam memoderasi pengaruh internal pada konsumen, yaitu perceived usefulness, reactance dan privacy concern ketika berhadapan dengan iklan yang terpersonalisasi diantara konsumen produk elektronik portable/wearable di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan terhadap retailer secara signifikan meningkatkan respons internal positif, yaitu perceived usefulness, dan menurunkan respons internal negatife, yaitu reactance dan privacy concern. Namun, respons internal tidak dapat langsung diterjemaahkan ke dalam intention to click pada iklan terkait. Intention to click pada iklan yang dianggap berguna menunjukan hubungan yang positif dan signifikan, tetapi tidak halnya dengan reactance dan privacy concern. Konsumen tetap memiliki batas tertentu dalam hal pemberian informasi, bahkan terhadap retailer yang mereka percaya sekalipun. Untuk mengatasi ini, selain membangun kepercayaan dengan konsumen di tingkat yang lebih dalam dan tepat, personalisasi iklan juga perlu mempertimbangkan jenis advertising appeal yang digunakan, jumlah informasi yang ditampilkan, frekuensi penampilan iklan dan insetif yang ditawarkan untuk mendorong intention to click rate yang lebih tinggi.

This paper aims to see the effect of trust on retailers in moderating internal responses namely perceived usefulness, reactance and privacy concern when faced with personalized advertising among consumers of portable/wearable electronic products in Jabodetabek. The results showed that the level of trust in retailers significantly increased positive internal response such as perceived usefulness and reduced negative internal responses such as reactance and privacy concern. However, these internal responses cannot be directly translated into the intention to click on the related digital advertisements. Intention to click on ads that are considered useful shows a positive and significant relationship, but not with reactance and privacy concern. Consumers still have certain limitations in disclosing their private information, even for the retailers they believe in before the respective ads are considered as an act of privacy intrusion and personal freedom revocation. To overcome this, beside building trust with consumers in a deeper and more precise level, advertisement personalization needs to consider the type of advertising appeal, the amount of information displayed, the frequency of advertisement delivery, and the incentives offered in order to trigger a higher intention to click rate"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Radityo Pradana
"Penelitian ini mengambil salah satu contoh penggunaan Big Data Analytics di perusahaan dan bagaimana pengimplementasian Big Data Analytics dapat membantu Manajer untuk mengambil keputusan dari data yang diambil. Dalam hal ini, Dataset yang diambil adalah data aktivitas pengguna situs web e-commerce yang memiliki fitur penjualan produk perusahaan melalui situs web. Dalam prosesnya, aktivitas pengguna situs web seperti page visit, penambahan produk ke keranjang belanja, dan pembelian produk produk akan dikumpulkan. Dari data yang dikumpulkan, laporan akan dibuat untuk diberikan kepada Manajer. Penelitian ini  akan mengidentifikasi poin yang dapat dicatat dari laporan yang dihasilkan. Seperti bagaimana performa penjualan dari produk tertentu, indentifikasi hubungan antar produk (apakah satu produk tertentu tergantung pada produk lain), Dan mengidentifikasi perilaku pengguna terhadap pembelian produk. Penelitian ini juga akan mengidentifikasi apakah implementasi Big Data yang ada di perusahaan saat ini dapat ditingkatkan, dan mengidentifikasi apakah peningkatan sistem implementasi Big Data merupakan investasi yang baik dan bermanfaat bagi perusahaan.

This paper takes one example of Big Data Analytics usage on a company and how it can help Managers to take decision from the data taken. In this case, the Big Data taken would be the data of user activities of an e-commerce website which holds features to sell the company products through the website. In the process, the user activities of the website such as website visits, user clicking the add to cart button, and proceed on buying the product will be collected. From the data collected, a report will be created to be shown to the Managers. This paper will specifically identify the points to be noted from the generated report. Such as how is the sales for a specific product, identify the relations between products (either one product is dependent to other product), and identify specific behavior of user towards product purchases. This paper would also identify whether the current Big Data implementation on the company can be improved, and identify if it is a good investment for the company to improve the Big Data implementation system."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54658
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aries Richi
"Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi ke era Internet of Things (IoT) dan komputasi awan, performa aplikasi web semakin menjadi perhatian. Oleh karena itu, peningkatan performa sistem terus diteliti oleh ilmuwan di seluruh dunia, melahirkan teknologi pipeline pada web yang dikembangkan oleh Facebook dengan nama BigPipe. SPADOCK, sebagai pengembangan sistem pipeline adaptif BigPipe dengan menggunakan arsitektur sistem terdistribusi dengan memanfaatkan WebSocket dari teknologi HTML5 diajukan.
Tulisan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap performa SPADOCK dibandingkan dengan teknologi-teknologi yang telah dikembangkan sebelumnya. Parameter-parameter yang digunakan dalam pengukuran adalah latency, beban CPU, memory, serta bandwidth. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa SPADOCK dapat mengurangi latency sebesar 68.28% dibandingkan dengan sistem web normal, dan 20.63% lebih cepat dibandingkan dengan BigPipe.

As information technology grows to the era of Internet of Things (IoT) and cloud computing, the performance of web application and web service which acts as the information gateway becomes an issue. Thus, system performance improvement is being studied by scientists around the world, giving birth to BigPipe pipeline technology which was developed by Facebook. SPADOCK, an adaptive pipeline system which is built under distributed system architecture with the utilization of HTML5 WebSocket is proposed.
This paper purpose is to measure and testify its performance compared to the existing techniques. Parameters used for the measurement are latency, workload, and bandwidth. The result shows that SPADOCK could reduce serving latency by 68.28% compared with the conventional web, and it is 20.63% faster than BigPipe.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S45518
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marina Ellim
"Perkembangan industri e-commerce menuntut pelaku bisnis e-commerce untuk terus melakukan perbaikan. Perbaikan yang konsisten dapat mendukung penyediaan layanan yang memuaskan dan memperluas pangsa pasar e-commerce. Salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan pelayanan adalah perbaikan sistem informasi. Sistem informasi yang efektif dan efisien dapat dicapai jika prosedur operasi standar (Standard Operating Procedure/SOP) memiliki pengendalian internal yang baik. Penelitian menggunakan data primer kualitatif yang diperoleh melalui wawancara dan prosedur operasi berjalan yang diterapkan selama pandemi Covid-19. Metode penelitian adalah studi kasus pada e-commerce XYZ. Penelitian bertujuan mengevaluasi SOP siklus pendapatan e-commerce XYZ. Penelitian menemukan pemasalahan terkait hak akses, verifikasi, otorisasi, dan efisiensi siklus pendapatan. E-commerce XYZ perlu membatasi akses atas fitur harga jual, diskon, promosi, dan e-wallet. Pengaturan hak akses dapat menghindari terjadinya fraud. Penelitian menyarankan e-commerce XYZ melakukan pembatasan akses dan menambah aktivitas pengendalian seperti level otorisasi dan verifikasi transaksi. Siklus pendapatan e-commerce XYZ disarankan untuk mengatur ulang kebijakan pemrosesan transaksi. Perubahan kebijakan bertujuan menghindari kapasitas overload dan mempercepat waktu proses pesanan. Seluruh rekomendasi tersebut telah disertakan dalam rancangan SOP untuk siklus pendapatan e-commerce XYZ yang diusulkan.

The development of the e-commerce industry requires e-commerce businesses to continue to create improvements. Consistent improvement may support the delivery of satisfactory services and expansion of e-commerce market share. One of the most important factors to improve services is the improvement of information systems. An effective and efficient information system can be achieved if standard operating procedures (SOP) have proper internal controls. This study obtained primary qualitative data through interviews and related SOP documents applied during covid-19. The research method is a case study in e-commerce XYZ. This study aims to evaluate the SOP of e-commerce XYZ's revenue cycle. This study finds problems related to control access, verification, authorization, and revenue cycle efficiency. E-commerce XYZ needs to limit access over selling prices, discounts promotions, and e-wallet. Control of access could evade fraud. Result of this study suggests that e-commerce XYZ need to limit the access and complement control activities as level authorization and transaction’s verification. The revenue cycle of e-commerce XYZ advised to change its transaction processing policy. The policy changes aim to limit overload capacity and fasten the order process. These recommendations are included in the design of proposed SOP for XYZ e-commerce revenue cycle."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>