Ditemukan 201422 dokumen yang sesuai dengan query
Emir Prawira
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari Corporate Image terhadap intention to apply dengan di mediasi oleh Employer Attractiveness. Responden dalam penelitian ini adalah generasi Y yang tinggal di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 153 responden yang dikumpulkan dengan metode non-probability sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diolah dengan aplikasi SPSS versi 25 menggunakan metode Multyple Regression Analysis dan menggunakan teknik causal step, Hasil penelitian menemukan bahwa intention to apply dipengaruhi secara positif oleh Corporate Image dan Employer Attractiveness dan didapat kesimpulan bahwa Employer Attractiveness memediasi secara parsial antara pengaruh Corporate Image terhadap intention to apply.
The purpose of this study is to determine the effect of corporate image on the intention to apply and mediated by employer attractiveness. Respondent of this studys is the generation of Y who live in DKI Jakarta. This research was conducted with a total sample of 153 respondents collected by non-probability sampling methods. The data was collected in this study were processed using the SPSS version 25 application using the Multyple Regression Analysis method and using the causal step technique. The results Shows that intention to apply positively influenced by corporate image and employer attractiveness and concluded that employer attractiveness partially mediates the influence of corporate image on the intention to apply."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Raedi Zulfahmi Hanifi
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari employer attractiveness terhadap intention to apply dengan menggunakan dimensi social value,market value, economic value, application value, cooperation value dan working environment. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah generasi Y yang minimal mempunyai gelar sarjana dari 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden yang dikumpulkan dengan metode non-probability sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diolah dengan aplikasi SPSS ver. 23 menggunakan metode Multiple Regression Analysis. Hasil akhir dari penelitian ini menyatakan bahwa employer attractiveness memiliki pengaruh yang positif terhadap intention to apply secara keseluruhan dan dimensi yang paling mempengaruhi adalah social value. Economic value, cooperation value, dan working environment juga punya pengaruh positif sedangkan market value dan application value tidak mempunyai pengaruh yang signifikan.
The purpose of this research is examining the influence of employer attractiveness toward intention to apply. Further employer attractiveness dimensions breakdown of social value, market value, economic value, application value, cooperation value and working environment was used. The object or respondents that were used in this research are generation Y individuals who minimum have an undergraduate degree from top 10 reputable universities in Indonesia. This research was performed with 200 respondents that collected through non probability sampling. Data collected in this research were analyzed using multiple regression analysis with the aid of SPSS ver. 23. The final result of this research found that employer attractiveness has positive influence to intention to apply as a whole and the most impactful dimension is social value. Economic value, cooperation value, and working environment also have a positive influence while market value and application value have insignificant influence."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fazah Zikri Soleha
"Menciptakan keunggulan kompetitif penting bagi perusahaan sebagai kegunaan untuk menarik para pencari kerja kompeten yang diperlukan untuk keberlanjutan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran langsung employer brand attractiveness dan corporate social responsibility sebagai variabel dependen dalam memengaruhi intention to apply, serta pengaruh tidak langsung organizational reputation memediasi hubungan antara employer brand attractiveness dan corporate social responsibility terhadap intention to apply,sebagai variabel independen. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada total 315 responden. Responden adalah mahasiswa tahun terakhir dan lulusan baru yang belum memasuki dunia kerja dan merupakan bagian dari Generasi Z di Indonesia. Kuesioner menggunakan skala Likert 7 poin, dan Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh antara variabel yang digunakan dalam studi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa employer brand attractiveness dan corporate social responsibility perusahaan secara signifikan memengaruhi intention to apply. Sementara itu, organizational reputation mempengaruhi hubungan antara employer brand attractiveness dan corporate social responsibility perusahaan dengan intention to apply melalui mediasi positif. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti tidak adanya detail tentang jenis perusahaan yang dituju oleh responden, penggunaan metode cross-sectional, dan pengukuran self-assessment yang dapat menyebabkan bias subjektif. Berdasarkan penelitian ini, perusahaan dapat belajar bagaimana membentuk organizational reputation yang berfungsi sebagai keunggulan kompetitif dalam meningkatkan employer brand attractiveness dan corporate social responsibility di kalangan Generasi Z sebagai calon tenaga kerja baru yang memasuki pasar kerja.
Creating a competitive advantage is crucial for companies to attract competent job seekers necessary for business sustainability. This study aims to examine the direct role of employer brand attractiveness and CSR as dependent variables influencing the intention to apply, as well as the indirect influence of organizational reputation mediating the relationship between employer brand attractiveness and CSR on the intention to apply, as independent variables. Data were collected through questionnaires given to a total of 315 respondents, consisting of final-year students and fresh graduates who have not yet entered the workforce and are part of Generation Z in Indonesia. The questionnaire used a 7-point Likert scale, and Structural Equation Modeling (SEM) was employed to analyze and explain the relationships between the variables in this study. The results showed that employer brand attractiveness and CSR significantly affect the intention to apply. Meanwhile, organizational reputation positively mediates the relationship between employer brand attractiveness and CSR with the intention to apply. This study has several limitations, such as the lack of detail about the type of companies targeted by respondents, the use of cross-sectional methods, and self-assessment measurements that can cause subjective bias. These limitations necessitate careful interpretation of the results due to potential response variation, inability to explain post-study changes, and possible bias in the findings. Based on this research, companies can learn how to shape organizational reputation as a competitive advantage in enhancing employer brand attractiveness and CSR among Generation Z as new job market entrants."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Kezia Lumongga Habasaron
"Penelitian ini bertujuan dalam melakukan analisis dan pengelolaan data lebih lanjut dalam mengetahui pengaruh antara social media use, employer brand attractiveness, organizational reputation terhadap intention to apply bagi mahasiswa terhadap perusahaan fast moving consumer goods atau FMCG. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan positivis, yakni menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dari purposive sampling. Sampel yang didapatkan pada penelitian ini diperoleh dari 285 bagi mahasiswa Generasi Z (kelahiran tahun 1995-2012) di perguruan tinggi atau universitas di Indonesia, dengan domisili DKI Jakarta. Pengelolaan data dilaksanakan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan perangkat lunak Lisrel dalam menguji hipotesis dan mengetahui hubungan antarvariabel. Hasil penelitian membuktikan bahwa intention to apply terhadap perusahaan FMCG dipengaruhi oleh usaha perusahaan melalui adanya social media use, yang dalam hal ini berhubungan secara langsung dengan organizational reputation serta employer brand attractiveness. Keterkaitan dalam penggunaan sosial media oleh perusahaan FMCG menjadi salah satu bentuk digitalisasi sistem sumber daya manusia saat ini. Penelitian ini bertujuan dalam mengidentifikasi bagaimana intention to apply dapat berhubungan dengan adanya social media use pada perusahaan FMCG, yang juga perlu dipertimbangkan dengan mengusahakan peranan organizational reputation serta employer brand attractiveness yang menarik bagi mahasiswa yang merupakan bagian dari Generasi Z di Indonesia, sebagai acuan praktik manajemen sumber daya manusia oleh manajemen di organisasi maupun perusahaan.
This study aims to conduct further analysis and data management to determine the influence of social media use, employer brand attractiveness, and organizational reputation on the intention to apply among students towards fast-moving consumer goods (FMCG) companies. The study adopts a positivist approach, employing quantitative research methods with primary data collected through purposive sampling. The sample consists of 285 Generation Z students (born between 1995 and 2012) from universities in Indonesia, specifically located in DKI Jakarta. Data management is conducted using Structural Equation Modeling (SEM) with the Lisrel software to test hypotheses and identify relationships between variables. The research findings demonstrate that the intention to apply to FMCG companies is influenced by the company's efforts through social media use, which directly relates to organizational reputation and employer brand attractiveness. The integration of social media use by FMCG companies represents a form of digitization in human resource management systems today. This study aims to identify how the intention to apply can be related to social media use in FMCG companies, which should also consider the role of Organizational reputation and attractive employer brand for Generation Z students in Indonesia. The findings of this research can serve as a reference for human resource management practices by management in organizationals and companies."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mouline Zulfa Maharani
"Generasi Z merupakan generasi yang akan mulai masuk dan mendominasi pasar kerja. Dengan adanya fenomena ini, perusahaan harus mampu mengetahui faktor yang dibutuhkan oleh generasi Z dalam dunia kerja supaya mampu menarik generasi Z untuk bekerja di perusahaannya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan strategi employer branding. Selain itu, perusahaan juga harus mengadopsi karakteristik generasi Z dalam konteks proses rekrutmen, salah satunya adalah dengan mengadopsi e-recruitment. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran employer branding dan e-recruitment terhadap intention to apply generasi Z di DKI Jakarta. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menyebarkan kuesioner kepada 307 responden generasi Z yang merupakan mahasiswa aktif angkatan 2020 sampai dengan 2023. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa employer branding dan e-recruitment berpengaruh terhadap intention to apply. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan mampu menggunakan strategi employer branding dan e-recruitment untuk meningkatkan minat melamar pekerjaan generasi Z.
Generation Z is the generation that is beginning to enter and dominate the job market. With this phenomenon, companies must be able to understand the factors needed by Generation Z in the workplace to attract them to work for the company. This can be achieved by employing employer branding strategies. Additionally, companies should also adopt the characteristics of Generation Z in the context of the recruitment process, one of which is adopting e-recruitment. This research aims to examine the roles of employer branding and e-recruitment in the intention to apply among Generation Z in Jakarta, Indonesia. Using a quantitative approach, the study distributed questionnaires to 307 Generation Z respondents who are active students from the years 2020 to 2023. Data analysis was conducted using multiple linear regression analysis. The results of this study prove that employer branding and e-recruitment influence the intention to apply. Based on these findings, companies can use employer branding and e-recruitment strategies to enhance Generation Z's interest in applying for jobs."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fadhilah Adiati Heryani
"Peristiwa war for talent menyebabkan meningkatnya persaingan dalam memperoleh kandidat karyawan yang berpotensial. Meningkatnya persaingan, membuat perusahaan untuk memaksimalkan upayanya dalam menarik minat melamar para pencari kerja sehingga perusahaan dapat memperoleh karyawan yang berpotensial. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh corporate image PT Telekomunikasi Selular terhadap intention to apply pada mahasiswa tingkat akhir Perguruan Tinggi di Indonesia dengan employer attractiveness sebagai variabel mediasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 195 responden yang merupakan mahasiswa tingkat akhir menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis jalur untuk melihat pengaruh antar variabel baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa corporate image memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap intention to apply melalui employer attractiveness. Namun, pengaruh corporate image terhadap intention to apply melalui employer attractiveness memiliki nilai pengaruh yang lebih kecil dibandingkan dengan nilai pengaruh corporate image terhadap intention to apply secara langsung
The war for talent phenomenon leads to increased competition for finding potential candidates. Increased competition made companies maximize their efforts to attract job seekers so that companies can get the potential candidates. The purpose of this study was to analyze the effect of corporate image PT Telekomunikasi Selular on intention to apply to final year students with employer attractiveness as a mediating variabel. This research used a quantitative approach by distributing questionnaires to 195 respondents who were final year students using non-probability sampling techniques. The data analysis technique used is path analysis to see the influence between variables, either directly or indirectly. The results showed that company image has a direct and indirect influence on the intention to be implemented through the attractiveness of the employer. However, the effect of corporate image on the intention to apply through the attractiveness of the employer has a smaller effect value than the effect value of the corporate image on the intention to apply directly"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Amira Latifah
"Perusahaan memiliki tantangan “war for talent”, yaitu persaingan dengan perusahaan lain dalam mendapatkan SDM yang unggul. Untuk menarik calon karyawan, perusahaan harus memiliki daya tarik yang dapat meningkatkan minat pencari kerja dalam melamar pekerjaan. Selain itu, reputasi perusahaan juga dipertimbangkan oleh pencari kerja ketika ingin melamar pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh employer attractiveness terhadap intention to apply for a job dengan corporate reputation sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form. Jumlah sampel yang terkumpul pada penelitian ini adalah 264 sampel, yaitu mahasiswa/i S1 tingkat akhir perguruan tinggi di Indonesia yang sedang mencari tempat magang atau tempat pekerjaan. Analisis penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, dan analisis sobel test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa employer attractiveness berpengaruh secara signifikan terhadap intention to apply for a job dan corporate reputation. Selain itu, hasil juga menunjukkan bahwa corporate reputation berpengaruh secara signifikan terhadap intention to apply for a job. Kemudian, hasil sobel test menunjukan bahwa corporate reputation memediasi pengaruh antara employer attractiveness terhadap intention to apply for a job.
Corporates face the challenge of "war for talent", which is a competition with other corporates in obtaining superior human resources. To attract the job applicants, the corporate must have an appeal that can increase the interest of job seekers in applying for jobs. In addition, the corporate reputation also comes to consideration when they want to apply for a job. This study aims to analyze the effect of employer attractiveness on the intention to apply for a job with corporate reputation as a mediating variable. This study used quantitative approach with a survey method using a questionnaire distributed online via google form. The number of samples collected in this study were 264 samples, who are undergraduate students at the final year of college in Indonesia looking for internship programs or job vacancies. The analysis methods used in this study were descriptive statistical analysis, simple linear regression analysis, multiple linear regression analysis, and sobel test analysis. The results of this study indicate that employer attractiveness has a significant effect on intention to apply for a job and corporate reputation. Other than those, corporate reputation also has a significant effect on intention to apply for a job. Furthermore, the result of the sobel test shows that corporate reputation mediates the effect of employer attractiveness on the intention to apply for a job."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Amira Latifah
"Perusahaan memiliki tantangan “war for talent”, yaitu persaingan dengan perusahaan lain dalam mendapatkan SDM yang unggul. Untuk menarik calon karyawan, perusahaan harus memiliki daya tarik yang dapat meningkatkan minat pencari kerja dalam melamar pekerjaan. Selain itu, reputasi perusahaan juga dipertimbangkan oleh pencari kerja ketika ingin melamar pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh employer attractiveness terhadap intention to apply for a job dengan corporate reputation sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form. Jumlah sampel yang terkumpul pada penelitian ini adalah 264 sampel, yaitu mahasiswa/i S1 tingkat akhir perguruan tinggi di Indonesia yang sedang mencari tempat magang atau tempat pekerjaan. Analisis penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, dan analisis sobel test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa employer attractiveness berpengaruh secara signifikan terhadap intention to apply for a job dan corporate reputation. Selain itu, hasil juga menunjukkan bahwa corporate reputation berpengaruh secara signifikan terhadap intention to apply for a job. Kemudian, hasil sobel test menunjukan bahwa corporate reputation memediasi pengaruh antara employer attractiveness terhadap intention to apply for a job.
Corporates face the challenge of "war for talent", which is a competition with other corporates in obtaining superior human resources. To attract the job applicants, the corporate must have an appeal that can increase the interest of job seekers in applying for jobs. In addition, the corporate reputation also comes to consideration when they want to apply for a job. This study aims to analyze the effect of employer attractiveness on the intention to apply for a job with corporate reputation as a mediating variable. This study used quantitative approach with a survey method using a questionnaire distributed online via google form. The number of samples collected in this study were 264 samples, who are undergraduate students at the final year of college in Indonesia looking for internship programs or job vacancies. The analysis methods used in this study were descriptive statistical analysis, simple linear regression analysis, multiple linear regression analysis, and sobel test analysis. The results of this study indicate that employer attractiveness has a significant effect on intention to apply for a job and corporate reputation. Other than those, corporate reputation also has a significant effect on intention to apply for a job. Furthermore, the result of the sobel test shows that corporate reputation mediates the effect of employer attractiveness on the intention to apply for a job."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sesilia Dhea Ajeng Arsanti
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan dengan menggunakan reputasi organisasi sebagai variabel mediasi. Variabel employer brand attractiveness diukur dengan beberapa indikator dari Berthon, untuk variabel reputasi organisasi diukur menggunakan indikator dari Bergammi dan Bagozzi, dan yang terakhir untuk variabel intensi untuk melamar pekerjaan diukur menggunakan beberapa indikator dari Lievens et al. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden terkumpul sebanyak 425 responden. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, analisis mediasi (causal step), dan analisis sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik merek perusahaan mempengaruhi intensi untuk melamar pekerjaan secara signifikan; employer brand attractiveness mempengaruhi reputasi organisasi secara signifikan; dan reputasi organisasi mempengaruhi intensi untuk melamar pekerjaan secara positif. Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa reputasi organisasi tidak memediasi pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan dalam penelitian ini.
This study aims to examine of Employer Brand Attractiveness on Intention to Apply by considering organizational reputation as a mediating variable. Employer Brand Attractiveness variable is measured by several indicators from Berthon, for organizational reputation measured by several indicators by Bergammi and Bagozzi, and the last for intention to apply variable measures by several indicators from Lievens et al. The study uses quatitative approach, collecting data by distributing questionnaires with 425 respondents collected. Data analysis was done by descriptive analysis, regression analysis, mediation analysis (causal step) and sobel test analysis. The results showed that employer brand attractiveness affect intention to apply significantly; employer brand attractiveness affects organizational reputation significantly; and organizational reputation affects intention to apply significantly. Based on mediation analysis, organizational reputation does not mediate the effect of employer brand attractiveness on intention to apply."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sesilia Dhea Ajeng Arsanti
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan dengan menggunakan reputasi organisasi sebagai variabel mediasi. Variabel employer brand attractiveness diukur dengan beberapa indikator dari Berthon, untuk variabel reputasi organisasi diukur menggunakan indikator dari Bergammi dan Bagozzi, dan yang terakhir untuk variabel intensi untuk melamar pekerjaan diukur menggunakan beberapa indikator dari Lievens et al. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden terkumpul sebanyak 425 responden. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, analisis mediasi (causal step), dan analisis sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik merek perusahaan mempengaruhi intensi untuk melamar pekerjaan secara signifikan; employer brand attractiveness mempengaruhi reputasi organisasi secara signifikan; dan reputasi organisasi mempengaruhi intensi untuk melamar pekerjaan secara positif. Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa reputasi organisasi tidak memediasi pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan dalam penelitian ini.
This study aims to examine of Employer Brand Attractiveness on Intention to Apply by considering organizational reputation as a mediating variable. Employer Brand Attractiveness variable is measured by several indicators from Berthon, for organizational reputation measured by several indicators by Bergammi and Bagozzi, and the last for intention to apply variable measures by several indicators from Lievens et al. The study uses quatitative approach, collecting data by distributing questionnaires with 425 respondents collected. Data analysis was done by descriptive analysis, regression analysis, mediation analysis (causal step) and sobel test analysis. The results showed that employer brand attractiveness affect intention to apply significantly; employer brand attractiveness affects organizational reputation significantly; and organizational reputation affects intention to apply significantly. Based on mediation analysis, organizational reputation does not mediate the effect of employer brand attractiveness on intention to apply."
Depok: Fakultas Ilmu Adminstrasi Universitas Indonesia , 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library