Ditemukan 129078 dokumen yang sesuai dengan query
Safia Lainufar
"Penelitian ini berfokus pada pengaruh dari perilaku konsumen dalam kegiatan berbelanja online melalui ecommerce yang mengarah pada pengabaian keranjang belanja. Penelitian diukur melalui variabel-variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen baik dari sisi ecommerce maupun internal konsumen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian conclusive causal dan single cross sectional dengan total 216 responden. Pengolahan data menggunakan Partial Least Square Sequential Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa push factors lebih mempengaruhi perilaku konsumen, sedangkan pull factors tidak memiliki pengaruh pada perilaku konsumen.
The focus of this study is the impact of consumer behavior in online shopping activities through e-commerce that lead to shopping cart abandonment. This study measured by variables that have several impacts in consumer behavior both by the ecommerce (pull factors) and the consumers itself (push factors). This study used conclusive causal and single-cross sectional research design, with 216 respondents obtained. The data processing was done by Partial Least Square Sequential Equation Modeling (PLS-SEM) with SmartPLS 3 software. The result showed that push factors have impact on consumer behavior, while the pull factors do not have impact on consumer behavior."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Akhmad Adrian Wiryatomo
"E-niaga atau E-commerce telah menjadi suatu hal yang esensial dan fenomena yang berkembang pesat saat ini. Kenyamanan dan kemudahan belanja online menjadikan hal ini tren yang juga berkembang di kalangan konsumen. Kebiasaan ini telah meningkatkan minat perusahaan-perusahaan e-commerce untuk fokus pada bidang ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan antara perceived risk, attributes of online shopping, dan subjective norms dengan online shopping behavior dan dengan variabel mediator purchase intention. Subjek analisis adalah masyarakat Jabodetabek yang pernah bertransaksi di e commerce B2C di Indonesia. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS dan SmartPLS. Structural Equation Modelling digunakan untuk menguji kesesuaian model dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian adalah bahwa perceived risk berpengaruh positif namun kecil, attributes of online shopping sangat berpengaruh, dan subjective norms hanya memiliki pengaruh kecil, serta purchase intention juga terbukti menjadi variabel mediator yang berfungsi dengan baik.
E commerce has become an essential and rapidly growing phenomenon today. The convenience and ease of online shopping make this a trend that is also growing among consumers. This practice has increased the interest of e commerce companies to focus on this field. Therefore, this study aims to determine the relationship between perceived risk, attributes of online shopping, and subjective norms with online shopping behavior and with purchase intention as mediator variable. The subject of analysis is the Jabodetabek people who have transacted in B2C e commerce in Indonesia. The data collected is then analyzed using SPSS and SmartPLS applications. Stuctural Equation Modeling is used to test the suitability of models and hypothesis testing. The result of the research is that perceived risk has positive but small effect, attributes of online shopping is very influential, and subjective norms only have small influence, and purchase intention also proved to be a mediator variable that works well."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ginting, Afriandi
"Indonesia merupakan pasar dengan pertumbuhan e-commerce yang menarik dari tahun ke tahun. Jumlah transaksi e-commerce meningkat hampir dua kali lipat di tengah pandemi COVID-19. Dengan meningkatnya Business to Consumer (B2C) e-commerce di seluruh dunia, penggunaan transportasi darat untuk distribusi produk juga meningkat. Di sisi lain, transportasi merupakan salah satu kontributor utama emisi global karbon dioksida (CO2) termasuk di Indonesia. Tujuan dari makalah ini adalah untuk menganalisis faktor perilaku konsumen e- commerce dalam memilih & kesediaan membayar pada pengiriman mil terakhir yang ramah lingkungan. Konseptual model penelitian ini didasarkan pada Theory Planned Behavior (Teori Perilaku Terencana) yaitu diperluas dengan penambahan faktor peraturan/kebijakan pemerintah, wawasan tentang keadaan lingkungan saat ini, biaya yang ditimbulkan, dan menjelaskan hubungan setiap faktor tersebut terhadap niat serta kesediaan membayar pada pengiriman mil terakhir yang ramah lingkungan. Data dari survei konsumen yang didapat kemudian dianalisa dengan Structure Equation Modeling (SEM). Hasil yang didapatkan dari pengolahan data yang dilakukan menyatakan bahwa niat mempengaruhi kesediaan konsumen untuk membayar pada pengiriman mil terakhir yang ramah lingkungan (p-value<0,05). Sedangkan niat itu sendiri dipengaruhi oleh faktor sikap, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, keyakinan tentang biaya pengiriman ramah lingkungan, wawasan lingkungan dan peraturan/kebijakan pemerintah.
Indonesia is a market with attractive e-commerce growth from year to year. The number of e-commerce transactions has almost doubled amid the COVID-19 pandemic. With the increase in Business to Consumer (B2C) e-commerce worldwide, the use of land transportation for product distribution is also increasing. On the other hand, transportation is one of the main contributors to global carbon dioxide (CO2) emissions, including in Indonesia. The purpose of this paper is to analyze the behavioral factors of e-commerce consumers in choosing & willingness to pay on environmentally friendly last mile delivery. The conceptual model of this research is based on the Theory of Planned Behavior, which is expanded by adding factors of government regulations/policies, environment concern, belief about cost, and explaining the relationship of each of these factors to intentions and willingness to pay for eco-friendly last mile delivery. Data from consumer surveys obtained are then analyzed using Structure Equation Modelling (SEM). The results obtained from data processing carried out state that intention affects consumers' willingness to pay for eco-friendly last mile delivery (p-value <0.05). While the intention itself is influenced by attitude factors, subjective norms, perceived behavioral control, belief about cost, environment concern and government regulations/policies."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Yuza Yasya Aliyya
"Penelitian ini menggunakan Tehcnology Acceptance Model (TAM) yang sudah banyak digunakan untuk melihat bagaimana penerapan atau penerimaan suatu teknologi. Pada konteks penelitian ini adalah, melihat bagaimana penerapan atau penerimaan teknologi E-Commerce pembelian pakaian oleh konsumen muslim di Indonesia, serta melihat bagaimana pengaruh dari Subjective Norms dan Online Shopping Anxiety-nya. Penelitian ini juga menggunakan religious commitment sebagai variabel moderasi. Berjumlahkan 666 responden, penelitian ini menggunakan metode Structural Eqaution Modeling (SEM) untuk menganalisis data.
This study uses the Technology Acceptance Model (TAM) which has been widely used to see how the adoption or acceptance of a technology is. This study wants to see how the adoption or acceptance of E-Commerce technology for clothing purchases by Muslim consumers in Indonesia, as well as seeing how the influence of Subjective Norms and their Online Shopping Anxiety. This study also uses a religious commitment as a moderating variable. With 666 respondents in total, this study used the Structural Equation Modeling (SEM) method to analyze the data."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sekar Maya Padmaniasti
"Sebelum melaksanakan transaksi jual beli melalui e-commerce, untuk menambah keyakinan terhadap suatu barang dan/atau jasa, konsumen kerap membaca ulasan atau testimoni yang ditulis konsumen sebelumnya. Mayoritas situs e-commerce bahkan telah melengkapi situs mereka dengan fitur testimoni konsumen agar konsumen merasa lebih nyaman berbelanja. Namun dewasa ini, semakin banyak beredar testimoni palsu yang ditulis oleh pihak yang bukan konsumen sesungguhnya.
Melalui penelitian yuridis-normatif, tulisan ini membahas bagaimana pelindungan konsumen terhadap testimoni palsu dalam kegiatan e-commerce, baik di luar negeri maupun di Indonesia, juga upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah keberadaan testimoni palsu.
Dapat disimpulkan beberapa negara telah memiliki self regulation yang mengatur khusus tentang testimoni palsu, sementara Indonesia masih menggunakan undang-undang yang ada seperti Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, sehingga diperlukan peraturan tambahan yang lebih tegas.
Before making a purchasement through e commerce service, to gain more faith on a good and or service, consumers often read reviews or testimonies which are written by previous consumers. The majority of e commerce websites have even enhanced their sites with a consumer review feature so that their consumers feel more comfortable to shop. But nowadays, a lot of fake testimonies which were written by non consumers are spotted. Through a normative juridical research, this thesis discuss how consumers are protected against fake testimony on e commerce activity, both outside and inside Indonesia, also some efforts that can be done to prevent the existence of false testimony. It can be concluded that some countries have self regulations specifically about fake testimonies, while Indonesia still uses the existing law such as Act No. 8 of 1999 about Consumer Protection, thus a clearer additional regulation is needed."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2017
S66074
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hamzah Muhammad Mardi Putra
"Terjadi peningkatan pembelian mobile phone melalui e-commerce mobile apps. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan perilaku konsumen terhadap pembelian handphone melalui e-commerce mobile application. Metode yang digunakan adalah integrase TAM dan IDT yaitu menghubungkan Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Kompatibilitas dengan Sikap terhadap Penggunaan dan Kepuasan Konsumen. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling dengan cara purposive sampling dan snonwbowling. Jumlah sampel sebanyak 120 responden.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dari Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Kompatibilitas terhadap Sikap pada Penggunaan Mobile Application. Kegunaan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif terhadap Kegunaan aplikasi Mobile. Sikap berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen.
There are increase in e commerce through mobile phone mobile application purchases. Purpose of this Research is analyzing the relationship consumer behaviour towards mobile phone purchasing through e commerce mobile applications. The method used is integrase TAM and IDT Which connects perceived Usefulness, perceived Ease of Use, Cognition of Compatibility to Attitudes toward Using and Customer Satisfaction. The sampling technique using sampling nonprobability with purposive sampling and snow bowling. The number of respondent contribute is 120 respondent. Research shows influences of positive perceived Usefulness, perceived Ease of Use, and compatibility on Attitudes Toward Mobile Applications. Perceived Usefulness NOT affect Customer Satisfaction. Perceived Ease of USE positive influence on Customer Satisfaction. Perceived Ease of USE has positive effect on perceived Usefulness of Mobile Applications. Attitude toward Using has positive influence on Customer Satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Arief Ramadhan
"Penelitian ini berfokus pada intensi pembelian konsumen generasi X yang sebagian besar memiliki daya beli yang kuat. Berdasarkan sampel 190 responden generasi X di Indonesia, peneliti menguji pengaruh variabel personal awareness of security, personal innovativeness, perceived ease of purchasing, dan perceived usefulness terhadap online purchase intention dengan menjadikan variabel attitude towards online purchase dan habitual online usage sebagai variabel mediasi dan menggunakan metode analisis data berbasis structural equation modelling SEM. Hasilnya, nilai personal awareness of security yang rendah menunjukkan kekhawatiran konsumen generasi X terhadap situs e-commerce, lalu personal innovativeness dan perceived usefulness menjadi faktor penting yang menentukan intensi pembelian online, sedangkan perceived ease of purchasinghanya berpengaruh secara langsung terhadap intensi pembelian online tanpa dimediasi oleh kedua variabel mediasi. Temuan dalam penelitian ini diharapkan memiliki implikasi bagi para peneliti, pelaku bisnis e-commerce dan pihak ritel dengan target di segmen generasi X, di mana harapannya adalah mereka mampu memahami secara lebih baik karakteristik target konsumennya dan dapat merumuskan strategi online yang lebih baik.
This study focuses on the intention of purchasing of consumer generation X which mostly have a strong purchasing power. Based on a sample of 190 respondents of generation X consumers in Indonesia, the researcher examined the effect of personal awareness of security, personal innovativeness, perceived ease of purchasing, and perceived usefulness toward online purchase intention by making the attitude towards online purchase and habitual online usage as mediator variables and using SEM based data analysis method. As a result, the low personal awareness of security pointed to the worries of generation X consumers on e commerce, on the other hand personal innovativeness and perceived usefulness became important factors in determining online purchasing intention, while perceived ease of purchasing affects directly the intention of online purchase without any mediation on both mediator variables. The findings in this study are expected to have implications for researchers, e commerce and retailers with a target in the generation X consumers, with expectations that they get better understanding of the characteristics of their target customers thus they can formulate better online strategies."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sitompul, Lasmaria Isabella
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh evaluasi emosional dan rasional Chou Hsu 39s 2015 yang meliputi dua dimensi. Dimensi emosional adalah kepuasan terhadap kualitas hasil dan kepuasan terhadap kualitas proses. Dimensi evaluasi rasional adalah kepercayaan dan pembelajaran. Sebagai dimensi tambahan, penelitian ini juga menganalisis pengaruh kualitas informasi produk.
Penelitian ini kemudian membahas tentang dimensi yang mempengaruhi konsumen untuk berbelanja dengan menggunakan faktor moderasi yaitu kebiasaan berbelanja. Data penelitian ini diperoleh dari data primer berupa kuesioner kepada 137 konsumen Shopee yang telah menggunakan Shopee dalam satu bulan terakhir.
Penelitian ini menggunakan metode analisis Regresi Berganda dengan software SPSS 25 untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis ini menunjukkan bagaimana peran kebiasaan berbelanja berpengaruh terhadap evaluasi emosional, evaluasi rasional, dan kualitas informasi produk terhadap niat beli kembali konsumen Shopee Indonesia.
The purpose of this study is to analyze the effects of emotional and rational evaluation Chou Hsu 39s 2015 , which includes two dimensions. The dimension of emotional is the satisfaction with the quality of the results and the satisfaction with the quality of the process. The dimension of rational evaluation is trust and learning. As additional dimension, this study also analyzed the effect of product information quality. This study then discusses the dimensions that influence consumers to shop by using the moderation factor, namely shopping habit. This research data is obtained from primary data, which is questionnaire to 137 Shopee consumers who have used Shopee in the last one month. This research uses Multiple Regression analysis method with SPSS 25 software to test the research hypothesis. The results of this analysis show how the role of shopping habits affect the emotional evaluation, rational evaluation, and quality of product information on repurchase intention consumers Shopee Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rafi Farhan Perkasa
"Dengan pertumbuhan Internet dan teknologi selama bertahun-tahun, telah terjadi pergeseran dalam cara penjual dan pembeli yang terlibat di pasar berinteraksi. Salah satu perkembangan yang disebutkan di atas disebut streaming langsung, yang melibatkan individu yang menyiarkan video langsung atau real-time tentang apa pun yang mereka inginkan di Internet. Dalam hal ini, penjual yang menggunakan streaming langsung dapat secara efektif memamerkan produk dan layanan mereka secara real-time, sebingga memungkinkan pembeli untuk terlibat dalam pengalaman yang lebih interaktif dibandingkan metode tradisional dengan mengurangi jarak virtual dan ketidakpastian dalam berbisnis di saluran online. Tren livestreaming telah mengembangkan dan mentransformasi e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Kedua platform e-commerce tersebut merupakan pemimpin pasar dalam lanskap e-commerce Indonesia, dan masing-masing memiliki layanan yang menawarkan streaming langsung. Indonesia adalah salah satu negara terpadat dan terbesar di dunia yang menjadikannya salah satu negara pengguna Internet terbesar di dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi niat membeli peserta livestreaming e-commerce, yaitu kehadiran sosial dan identifikasi konsumen-streamer. Penelitian ini melibatkan 112 partisipan dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS - SEM). Menurut penelitian ini, kehadiran sosial dan identifikasi konsumen-streamer mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap niat membeli pemirsa siaran langsung e-commerce.
With the growth and development of the Internet and technology throughout the years, there has been a shift in the methods that sellers and buyers engage in the market. One development is livestreaming, it involves individuals broadcasting a real-time or live video of anything that they want on the Internet. In this case, sellers who use livestreaming can showcase their products and services in real-time, allowing buyers to engage in a more interactive shopping by reducing the virtual distance and uncertainty of doing businesses in online channels. The latest trend of livestreaming also affected e-commerce platforms such as Shopee and Tokopedia. Both platforms are the market leaders in Indonesian e-commerce landscape, with both offering livestreaming services. Indonesia is both one of the populous and biggest countries in the world which leads to it having one of the largest internet users in the world. Thus, this study aims to understand the effects of social presence and consumer-streamer identification. This study included 112 participants and was analysed using Partial Least Squares - Structural Equation Modelling (PLS - SEM). According to this study, social presence and consumer-streamer identification hasve a significant and positive effect toward the purchase intention of an e-commerce livestreaming viewers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indinesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Salma Amelia Dina
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan intensi pembelian konsumen produk Islamic fashion pada situs e-commerce dan e-commerce Islam dilihat dari sisi transaction-related services dan pre-purchase services seperti billing and paying mechanism, delivery arrangement, security and privacy, product pricing, support of product search and evaluation, dan web appearance. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 318 responden wanita muslim konsumen produk Islamic fashion berusia minimal 17 tahun yang pernah melakukan pengalaman online pada situs Zalora dan Hijup. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif dan partial least squares menggunakan Smart PLS 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa situs e-commerce dan e-commerce Islam signifikan berbeda dan konsumen masih cenderung memilih e-commerce dalam pembelian produk Islamic fashion.
This study aims to determine the comparison of consumer purchase intention of Islamic fashion products on conventional e commerce and Islamic e commerce in terms of transaction related services and pre purchase services such as billing and paying mechanism, delivery arrangement, security and privacy, product pricing, support of product search and evaluation, and website appearance. Data obtained from 318 respondents aged at least 17 year old Muslim women who have done online experience on Zalora and Hijup web sites. Data was performed by descriptive analysis and partial least squares using Smart PLS 2.0. The results indicates that conventional e commerce and Islamic e commerce are significantly different and consumer still tend to choose conventional e commerce in purchasing Islamic fashion products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67949
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library