Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 196112 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mahbib Khoiron
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T52511
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuurul Fajari Fadhilla
"ABSTRAK
Kelompok keagamaan Ahmadiyah telah masuk ke Indonesia sejak tahun 1920-an. Kelompok ini terbagi menjadi dua subkelompok yang berbeda, yaitu Gerakan Ahmadiyah Indonesia GAI dan Jemaat Ahmadiyah Indonesia JAI . Setelah masa reformasi, komunitas JAI dihadapkan pada situasi yang kurang menguntungkan. Fatwa Kesesatan yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia MUI pada tahun 1980 membuat posisi kelompok ini semakin sulit. Pemerintah pascareformasi bahkan seakan memberikan ruang gerak yang lebih besar kepada kelompok-kelompok Islam dominan antiahmadiyah untuk melakukan kekerasan terhadap kelompok ini. Komunitas-komunitas JAI di berbagai daerah mengalami diskriminasi dan kekerasan, seperti penutupan masjid, penyerangan, dan pengusiran. Menyikapi hal ini, JAI yang memiliki dasar ajaran Islam yang damai mengembangkan pendekatan-pendekatan kultural yang bersifat persuasif agar mereka dapat bertahan dan selanjutnya diterima oleh masyarakat luas. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis JAI sebagai gerakan sosial baru berdasarkan pendekatan kultural yang dikembangkannya untuk dapat mempertahankan eksistensinya di tengah masyarakat. Upaya ini selanjutnya mencerminkan terjadinya kebangkitan identitas kolektif yang juga menjadi ciri dari gerakan ini.

ABSTRACT
Ahmadiyah religious group had entered Indonesia since 1920s. This group is divided into two different subgroups, namely Gerakan Ahmadiyah Indonesia GAI and Jemaat Ahmadiyah Indonesia JAI . Since the post reform period, JAI community has to face a less favorable situation. Fatwa Kesesatan issued by Majelis Ulama Indonesia MUI in 1980 had put this group into an even more difficult position. The post reform government seemed like gave a greater space to the Islamic antiahmadiyah dominant groups to express violence towards this group. JAI communities in various areas experienced many forms of discrimination and violence, such as the closure of mosque, assault, and expulsion. Dealing with this situation, JAI with their belief of peaceful Islam, tried to develop persuasive cultural approaches to survive and subsequently accepted by the society. This article aims to analyze JAI as a new social movement based on their cultural approaches to maintain their existence in the society. These efforts reflects the occurence of the revival of collective identity, which also becomes the characteristics of this movement."
2017
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Alfilian Maulana Fajar Haryono
"Produksi ruang kehidupan masyarakat Kampung Bali muncul akibat adanya interaksi sosial yang terjadi di dalam lingkungan tempat tinggal masyarakat Kampung Bali. Interaksi sosial yang terjadi dalam lingkungan Kampung Bali dapat dilihat pada berbagai aktivitas yang dilakukan masyarakat setempat, termasuk pada saat proses pemanfaatan ruang dalam bentuk pembuatan mural, taman, kolam ikan, dan ornamen-ornamen khas Bali hingga proses tersebut selesai dilakukan. Pada proses pemanfaatan ruang yang dilakukan secara bersama-sama, menyebabkan masyarakat Kampung Bali melakukan suatu interaksi sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis dan pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi lapangan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa interaksi sosial dalam pemanfaatan ruang lingkungan tempat tinggal masyarakat Kampung Bali mendorong terjadinya produksi ruang-ruang di dalam Kampung Bali. Hal ini kemudian menyebabkan kehidupan masyarakat Kampung Bali memiliki ruang-ruang tertentu untuk melakukan aktivitasnya sehingga mendorong terjadinya interaksi sosial pada ruang-ruang tersebut. Ruang yang diproduksi dalam kehidupan masyarakat Kampung Bali bergantung pada tujuan dan interaksi sosial yang terjadi di Kampung Bali, seperti ruang berfoto, ruang berkumpul, ruang bermain anak, ruang menari, dan ruang bermusik.

The production of living space for the people of Kampung Bali arises as a result of social interactions that occur in the environment where the people of Kampung Bali live. The social interactions that occur in the Kampung Bali environment can be seen in various activities carried out by the local community, including during the process of utilizing space in the form of making murals, gardens, fish ponds, and Balinese ornaments until the process is completed. In the process of using space together, it causes the people of Kampung Bali to carry out social interaction. The research method used is qualitative with an analytical descriptive approach and data collection is carried out by in-depth interviews and field observations. The results of this study concluded that social interaction in the use of environmental space where the people of Kampung Bali live encourages the production of spaces in Kampung Bali. This then causes the life of the people of Kampung Bali to have certain spaces to carry out their activities to encourage social interaction in these spaces. The space produced in the lives of the people of Kampung Bali depends on the goals and social interactions that occur in Kampung Bali, such as photo rooms, gathering rooms, children's playrooms, dancing rooms, and music rooms."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"On radicalism, intolerant, terorism, and diversity; collection of articles."
Ambon: Ambon Reconciliation and Mediation Center (ARMC), 2018
302 ORA
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Subhan
"ABSTRAK
Pasca krisis politik-ekonomi tahun 1997-1998, setelah tumbangnya rezim Suharto selama 32 tahun, kondisi di Indonesia berada dalam fase guncangan keras. Pasca Suharto, agenda paling penting adalah reformasi. Demokrasi menjadi pilihan politik untuk menggantikan sistem otoriter Orde Baru. Namun, dalam proses, krisis politik-ekonomi itu juga menimbulkan krisis. Di berbagai daerah timbul konflik, dengan latar belakang antara lain etnik, agama, pertentangan kelas, batas wilayah.
Konfllik sosial yang paling parah adalah konflik berlatar agama seperti yang terjadi di Poso, Sulawesi Tengah, dan Ambon, Maluku, yang faktor pemicunya sesungguhnya bukanlah masalah agama. Konflik etnik, misalnya, terjadi di Kalimantan. Konflik politik lokal terutama terutama terkait pemekaran daerah dan pemilihan kepala daerah (pemilukada) meningkat ketika Indonesia memasuki fase transisi demokrasi hingga konsolidasi demokrasi saat ini.
Dalam situasi yang transisional tersebut, kehidupan sosial juga mengalami guncangan. Tatanan sosial lama yang tertutup dengan ciri masyarakat yang pasif, berubah drastis menjadi masyarakat yang reaktif dan agresif, sehingga begitu mudah timbul konflik sosial. Konflik paling rawan dan berdampak sangat destruktif adalah bermotif agama (ideologis). Sebab, agama menyangkut sistem kepercayaan dan sumber kebenaran, sistem kerja, dan sistem relasi sosial. Agama memberikan pengaruh yang kuat dalam kehidupan pemeluknya, baik secara pribadi maupun sosial. Dalam konflik agama, para pelakunya merasa faktor penggeraknya adalah ?misi ketuhanan? atau ?jalan menuju surga? atau ?jalan mulia?. Dalam 13 tahun pasca reformasi ini, konflik berlatar agama menimbulkan kekerasan demi kekerasan.
Fakta yang paling jelas adalah kekerasan terhadap jemaah Ahmadiyah. Dalam pandangan umat Islam arus utama, Ahmadiyah merupakan aliran menyimpang karena menyangkut kenabian Mirza Ghulam Ahmad. Dibanding kasus konflik agama lainnya, kekerasan terhadap Ahmadiyah merupakan paling banyak sepanjang tahun 2011. Surat Keputusan Bersama 3 Menteri dijadikan dasar oleh sekelompok masyarakat untuk melakukan aksi-aksi kekerasan terhadap Ahmadiyah. Sebab, jemaah Ahmadiyah pun dinilai tidak mematuhi aturan sebagaimana tertuang dalam SKB 3 Menteri tersebut.
Dengan kondisi Indonesia seperti itu, maka konflik agama sangat mencemaskan. Kekerasan komunal sangat merusak fondasi negara Indonesia. Konflik komunal menjadi ancaman yang merusak sendi-sendi masyarakat yang multikultur sekaligus merobek jati diri bangsa. Tidak mengherankan, konflik komunal berlatar agama merupakan masalah yang paling rawan, karena menjadi persoalan yang laten di negeri ini. Konflik-konflik tersebut menjadi ?mesin perusak? terhadap kohesi kebangsaan Indonesia yang telah lama dibangun.

ABSTRACT
After the political and economic crisis of 1997-1998, after the fall of the Suharto regime for 32 years, conditions in Indonesia are in a phase of violent shocks. Post-Suharto, the most important is the reform agenda. Democracy is a political choice to replace the authoritarian New Order. However, in the process, the political and economic crisis also caused the crisis. Conflicts arise in different regions, with a background such as ethnicity, religion, class conflict, boundaries.
Social Konfllik most severe religious conflict as happened in Poso, Central Sulawesi, and Ambon, Maluku, the real trigger factor is not an issue of religion. Ethnic conflict, for example, occurs in Borneo. Mainly the local political conflicts related to regional expansion and local elections (elections) increases when Indonesia entered a phase of democratic transition to democratic consolidation today.
In transitional situations, the social life also suffered shock. The old social order which closed with the characteristics of a passive society, largely shifted to the reactive and aggressive, so it's so easy social conflicts arise. Most conflict-prone and very destructive impact is religiously motivated (ideological). Therefore, religion and other belief systems concerning truth, work systems, and the system of social relations. Religion gives a strong influence in the lives of its followers, both personally and socially. In religious conflict, the perpetrators are the driving factor is "the divine" or "road to heaven" or "noble path".
The most obvious fact is that violence against Ahmadiyah. In the view of mainstream Muslims, Ahmadis are deviant because it involves the prophethood of Mirza Ghulam Ahmad. Compared to other religious conflicts, violence against Ahmadis is most of the year 2011. Joint Decree of the 3 Minister (SKB) made the basis by a group of people to commit acts of violence against Ahmadis. Therefore, Ahmadiyah was judged not to comply with the rules as stated in the SKB 3 Ministers.
With such conditions in Indonesia, the religious conflict is very worrying. Communal violence severely damage the foundation of the Indonesian state. Communal conflicts pose a damaging joints multicultural society once tore national identity. Not surprisingly, communal conflicts, religious background are the most vulnerable, due to a latent problem in this country. These conflicts become "the engine destroyer" of the Indonesian national cohesion that has been long established."
[, ], 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ivana Maliha
"Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) wilayah Tangerang menerapkan metode dakwah dan nilai-nilai Islam melalui kegiatan sosial yang telah diprogramkan. Teori yang digunakan adalah teori dakwah yang dikemukakan oleh Muliaty Amin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dengan pengurus program sosial beserta mubalig JAI dan partisipasi dalam program sosial. Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa JAI memiliki satu lembaga sosial yang bergerak di bidang kemanusiaan yang bernama Humanity First Indonesia dan tiga program sosial. Ketiga program sosial tersebut yaitu Aksi Bersih-Bersih Kota atau Clean the City, Donor Darah, dan Donor Mata dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Program sosial dan lembaga yang bergerak di bidang sosial itulah yang menjadi salah satu cara Jemaat Ahmadiyah Indonesia menerapkan salah satu metode dakwah, yakni metode dakwah bi-al-hal. Dakwah ini dilakukan secara langsung melalui program sosial, di mana JAI Tangerang berbaur dengan masyarakat sekitar. Dalam melaksanakan program sosialnya, JAI Tangerang konsisten menerapkan slogan Love for All, Hatred for None yang kerap dipublikasikan melalui media internet dan media cetak.

The focus of this study is how Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) region Tangerang applied Islamic values by the social program. The theory used is the da'wah theory proposed by Muliaty Amin. The method used in this research is qualitative method. The data collection method used is the interview method with the organizers of social activities along with JAI preachers and participation in social activities. From the research, the authors discover that JAI has a social organization engaged in the field of humanity called Humanity First Indonesia and three social activities like Clean the City, Blood Donation, and Eye Donation are carried out routinely every year. Social activities and institutions engaged in the social field is one of the ways the JAI has applied one of the da'wah methods, namely the bi-al-hal da'wah method. This da'wah is done directly through social activities, where JAI Tangerang mingles with the surrounding community. In carrying out its social activities, JAI Tangerang consistently applies the slogan Love for All, Hatred for None which is often published through the internet and print media."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sumintarsih
Jakarta: Direktorat tradisi, Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata , 2011
302 SUM i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fathul Karimul Khair
"Studi ini menjelaskan dinamika masyarakat Kepulauan Tukang Besi dalam jaringan maritim Indonesia pada periode 1960-1990. Umumnya masyarakat kepulauan tersebut merupakan pelaut. Namun pulau-pulau utama di wilayah ini dapat dipetakan dalam tipologi yang berbeda, yakni: Wangi-Wangi sebagai produsen gerabah, Kaledupa yang dikenal sebagai penghasil tanaman pangan, Tomia yang unggul dengan produk ikan kering, dan Binongko sebagai pusat kerajinan besi. Komunitas Bajo yang telah membaur di kepulauan ini juga memainkan peran penting sebagai nelayan penyedia ikan segar. Pertukaran komoditas untuk memenuhi kebutuhan dasar kemudian membentuk pola-pola interaksi yang khas dalam masyarakat. Tetapi, sejumlah kebijakan nasional seperti relokasi pemukiman, perubahan regulasi perdagangan kopra, dan program motorisasi perahu layar mendorong terjadinya beberapa perubahan di kepulauan ini. Namun, respon masyarakat di setiap pulau terhadap perubahan itu juga berbeda sehingga menggeser pola interaksi sebelumnya. Studi ini menggunakan metode sejarah lisan yang didukung dengan analisis sumber-sumber arsip relevan. Di samping itu, studi ini menerapkan pendekatan konseptual strukturalisme-fungsionalis Radcliffe-Brown.


ABSTRACT

 

This study describes the dynamics of the Tukang Besi Archipelago islanders in the Indonesian maritime network from 1960-1990. Generally, the people of the islands are seafarers. However, the main islands in this region can be mapped in different typologies, namely: Wangi-Wangi as a pottery producer, Kaledupa which is known as a producer of food crops, Tomia which excels in dried fish products, and Binongko as a center for iron crafts. The Bajo community that has mingled in these islands also plays an essential role as fishers for fresh fish providers. The exchange of commodities to meet basic needs then forms the typical patterns of interaction in society. However, a number of national policies such as settlements relocation, changes in copra trade regulations, and sailboats motorization program led to some changes in the islands. However, the response of the people on each island to these changes was also different, thus shifting the previous pattern of interaction. This study uses an oral history method that is supported by an analysis of relevant archival sources. In addition, this study applies Radcliffe-Brown's structuralism-functionalist conceptual approach.

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Paulus Wirutomo
Jakarta: UI-Press, 2015
302.598 PAU s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Relasi antara korporasi dengan komunitas lokal pada industri tambang, minyak, dan gas mengalami banyak perubahan
sejak reformasi politik (1998) dan digulirkannya Undang-Undang Otonomi Daerah (1999 dan 2004). Gejala utama yang
mengemuka dalam perubahan ini adalah maraknya peristiwa konflik, diperkirakan hampir seluruh korporasi besar
tambang dan migas menghadapi masalah dengan komunitas lokalnya. Berdasarkan sejumlah penelitian lapangan
sebelumnya, anatomi konflik secara analitik dapat dipetakan dalam tiga dimensi, yakni dimensi sebab, dinamika, dan
resolusi konflik. Dimensi sebab mencakup variabel perubahan politik, ketimpangan, eksploitasi, dominasi,
pemberdayaan dan tekanan demografi, serta ekonomi; dimensi dinamika meliputi fluktuasi, eskalasi dan bentuk konflik,
itensitas, peran aktor dan lembaga, serta karakter budaya komunitas; dan dimensi resolusi mencakup kontrak sosial
lama dan kontrak sosial baru. Dengan model ini secara empirik dikaji kasus konflik antara korporasi dengan komunitas
lokal di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Hasil studi menunjukkan adanya pola berkenaan
dengan signifikan-tidaknya sebab konflik, tinggi-rendahnya dinamika konflik, signifikan-tidaknya resolusi konflik, dan
secara keseluruhan menunjukkan tiga dimensi konflik ini saling berhubungan dalam proses konflik.

Abstract
Relationship between corporation and local community in mining and oil industry in Indonesia has changed
significantly since political reform (1998) and the enactment of regional autonomy (1999 and 2004). Social conflicts
arouse as main symptom of such changes, that almost all corporations had common problems in their relationship with
local communities. Based on previous studies, the anatomy of conflicts can be elaborated into three dimensions: causes,
dynamics and resolution of conflict. Cause of conflict includes variables of political reform, inequality, exploitation,
domination, empowerment, demographic and economic pressure; dimension of dynamics includes variables of
fluctuation, escalation and type of conflict, role of actor and institution, and local cultural characteristics; and dimension
of resolution consist of variables of old and new social contracts. With this framework this study analyses empirically
the conflict between corporation and local community in Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, West Java. The
results indicate that there is a pattern of significance of causes, dynamics and resolution of conflicts, which is in general
reveals a relation among dimensions of conflict."
[Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2010
UI-MASOSHUM 14:1 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>