Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 190366 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fandya Rachman Hakim
"ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kapasitas sumber daya manusia, kepemimpinan, sistem pengendalian intern, dan remunerasi berpengaruh terhadap terwujudnya sasaran reformasi birokrasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa analisis regresi. Data primer berupa persepsi responden terhadap variabel-variabel penelitian, dengan sampel pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Badan Pusat Statistik, Kementerian Hukum dan HAM, dan Kementerian Perindustrian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kapasitas sumber daya manusia, kepemimpinan, sistem pengendalian intern, dan remunerasi berpengaruh signifikan terhadap terwujudnya sasaran reformasi birokrasi.


ABSTRACT


This study aims to determine whether the capacity of human resources, leadership, internal control systems, and remuneration affect the realization of the target of bureaucratic reform. This research uses quantitative methods such as regression analysis. The primary data of respondents' perceptions of the variables the study, with a sample of the Directorate General of Customs and Excise, Financial and Development Supervisory Agency, the Central Bureau of Statistics, the Ministry of Justice and Human Rights, and the Ministry of Industry. Results from the study showed that the capacity of human resources, leadership, internal control systems, and remuneration significant effect on the realization of the target of bureaucratic reform.

"
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gilang Dwiandaru
"Sebuah organisasi cenderung memiliki proses bisnis dan struktur organisasi yang kompleks sehingga dibutuhkan auditor internal untuk membantu tugas manajemen dalam melakukan pengawasan seluruh fungsi dan untuk memastikan bahwa risiko telah dikelola hingga batas yang telah ditetapkan manajemen. Metodologi terkini yang saat ini menjadi standar bagi auditor internal adalah metodologi audit internal berbasis risiko RBIA ndash; Risk Based Internal Audit . RBIA tidak hanya metodologi yang diterapkan oleh fungsi audit internal saja, namun butuh kerjasama dari seluruh fungsi untuk dapat menerapkan RBIA.Penerapan RBIA sangat bergantung pada meturitas risiko organisasi. Jika maturitas risiko sebuah organisasi belum mampu untuk mendukung auditor internal dalam tugasnya memberikan keyakinan yang obyektif, dalam hal ini RBIA dapat digunakan auditor internal untuk dapat menyediakan jasa konsultasi. Jasa konsultasi fokus pada perbaikan maturitas risiko. Sebaliknya, jika sebuah organisasi telah memiliki maturitas risiko yang memadai, RBIA dapat digunakan auditor internal untuk dapat memberikan jaminan apakah risiko telah dikelola hingga batas yang telah ditetapkan manajemen.PT XYZ Persero membutuhkan peran auditor internal yang baik untuk dapat memberikan kontribusi kepada negara. Pada kenyataannya, aktivitas audit internal sudah menerapkan audit internal berbasis risiko dengan sangat baik saat audit atas arus minyak jika dibandingkan dengan teori yang tercantum pada laporan magang ini. Perbedaan dalan urutan pelaksanaan antara teori dan terapannya tidak menjadi masalah. Perbedaan tersebut terjadi karena pada pelaksanaannya, PT XYZ berusaha mengadaptasi teori yang ada kepada aktivitas bisnisnya yang kompleks.

An organization tend to have a complex business process and organizational structures so that Internal Auditor is needed to help management rsquo s tasks in supervise all the functiona and to make sure that the risks is being maintained until limit that management rsquo s decide. Current methodology that is being the standar for Internal Auditor is Risk Based Internal Audit RBIA . RBIA is not just being implemented in Internal Audit function only but need a teamwork from every other function to implement RBIARBIA implementation really depend on organization risk maturity. If risk maturity in an organization not able to support internal auditor in their tasks to give an objective beliefs, in this aspect RBIA can be used by internal auditor to provide consulting services. Consulting services focus on repair risk maturity. Otherwise, if an organization already have adequate risk maturity, RBIA can be used by internal auditor to provide guarantee whether the risk is being maintained untul the limit that management setted.PT XYZ Persero need a good auditor role to contribute to the country. In fact, internal audit activity already implemet a great risk based internal audit over oil flow if compare to theories in this internship report. Differences in execution order between the theori and implementation is not a matter. Those differences can happen because in the execution, PT XYZ trying to adapting the current theory into their complex business activities."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Haerunnisa
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas audit internal di bidang Internal Audit PT Telekomunikasi Indonesia Internasional dan bagaimana persepsi auditan terhadap bidang tersebut. Faktor-faktor yang diteliti adalah Perencanaan, Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Komunikasi dan Penerimaan, Independensi, Peraturan dan Prosedur, Dukungan Dari Manajemen Puncak, serta Laporan Terhadap Manajemen Puncak. Dalam meneliti faktor-faktor tersebut, digunakan metode deskriptif komparatif. Dalam meneliti persepsi auditan, digunakan metode deskriptif statistik hasil kuesioner dengan sampel sebanyak 30 auditan.
Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar keadaan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas tersebut telah sesuai dengan karakteristik yang ada dari beberapa sumber literatur dan auditan berpersepsi baik terhadap kinerja dari bidang Audit Internal perusahaan.

This study aims to identify factors that influence internal audit?s effectiveness of Internal Audit Department, PT Telekomunikasi Indonesia Internasional and the perception of auditee to its productivity. The examined factors are Planning, Resource Management, Communication and Approval, Independency, Policies and Procedures, Support of the Board, and Reporting to the Board. In examining the factors, this study uses descriptive-comparative method. And in examining the auditee's preception, the study uses descriptive-statistic method with 30 samples of auditee.
The results show that almost factors that influence audit internal's effectiveness are appropriate with the characteristics that be able in some literatures. And in average, auditees have a good perception to the productivity of Internal Audit Department.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46153
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ghulam Azzam Robbani
"Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas audit internal di Indonesia. Data diperoleh dari 101 auditor internal di Indonesia. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa independensi audit internal, dukungan manajemen terhadap audit internal, dan marketing audit internal berpengaruh positif terhadap efektivitas audit internal Sementara itu, tiga variabel lainnya yaitu hubungan antara auditor internal dan auditor eksternal, komunikasi audit internal, dan continuous auditing tidak berpengaruh terhadap efektivitas audit internal.

This study assesses factors influencing internal audit effectiveness (IAE) in Indonesia. Data were obtained from 101 internal auditors in Indonesia. Multiple regression analysis examines the association between IAE and six principal factors. Multiple regression analysis results conclude that independence of internal audit, management support for internal audit, and internal audit marketing has positive and significant effect on internal audit effectiveness. Three other variables, i.e., relationship between internal auditor and external auditors, internal audit communication, and continuous auditing do not have significant effect on internal audit effectiveness."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63817
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Triazty Resti Ramadhani
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi staf internal audit, hubungan antara internal auditor dengan eksternal auditor, dukungan atasan terhadap auditor internal, dan independensi auditor internal terhadap efektivitas audit internal pada Instansi Pemerintah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data primer dalam bentuk penyebaran kuesioner yang dilakukan di 9 Kementerian/Lembaga, dan 1 Lembaga Non Kementerian di Jakarta, dengan auditor internal yang bekerja pada Instansi Pemerintah sebagai respondennya. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode convenience sampling. Penganalisaan data yang diperoleh untuk pengujian hipotesis penelitian ini dilakukan dengan regresi berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kompetensi staf internal audit, hubungan antara internal auditor dengan eksternal auditor, dukungan manajemen terhadap auditor internal, dan independensi auditor internal berpengaruh positif terhadap efektivitas audit internal pada Instansi Pemerintah.

ABSTRACT
The purpose of this study is to examine the effect of the competence of the internal audit staff, the relationship between internal and external auditors, supervisor support for internal auditors, and the independence of internal auditors on the effectiveness of internal audit in Government Agencies in Indonesia. This study uses primary data in the form of questionnaires conducted in 9 Ministries, and 1 Institute of Non Ministry in Jakarta, with the internal auditors working in government agencies as respondents. The data obtained for this research is examined using multiple regression analysis. Results of the study found that the competence of the internal audit staff, the relationship between internal and external auditors, management support for internal auditors, and the independence of the internal auditor have positive influence on the effectiveness of internal audit in Government Agencies.
"
Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi Bisnis, 2016
S62503
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mariam Ulfah
"Studi ini bertujuan untuk membahas faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja auditor internal pada sektor privat dan publik. Metode tinjauan literatur digunakan untuk meninjau 15 (lima belas) paper (Q1-Q4 dan SINTA 1-SINTA 4) yang diambil dari periode tahun 2018-2023. Hasil tinjauan literatur menemunkan bahwa seluruh paper yang ditinjau menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data dengan metode analisis regresi linear berganda dan partial least squares (PLS) sebagai teknis analisis data. Menemukan sebanyak 33 (tiga puluh tiga) faktor yang berhubungan dengan kinerja auditor internal, dimana 30 (tiga puluh) faktor secara konsisten berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja auditor internal. Faktor internal diri auditor, seperti kompetensi, etika, dan faktor psikologis, dan faktor eksternal diri auditor seperti, lingkungan organisasi, dan teknologi sistem informasi memiliki pengaruh langsung yang kuat terhadap kinerja auditor internal, serta 6 (enam) faktor yang berpengaruh tidak langsung dimana masing-masing 3 (tiga) faktor yang berasal dari internal dan eksternal diri auditor. Menemukan juga 2 (dua) variabel moderasi, tetapi hanya 1 (satu) variabel yang terbukti memperkuat hubungan antara variabel dependen dan independen. Penelitian sektor privat meneliti faktor internal dan eksternal, sementara sektor publik hanya meneliti faktor internal saja. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu sebagai berikut: 1). Meneliti faktor eksternal diri auditor pada sektor publik; 2). Menggunakan metode eksperimen; 3). Meneliti variabel moderasi seperti perubahan aturan organisasi; dan 4). Meneliti lebih lanjut terkait faktor – faktor yang belum terbukti berpengaruh terhadap kinerja auditor internal. Kata kunci: Auditor internal, kinerja auditor internal.

This study aims to discuss the factors that influence the performance of internal auditors in the private and public sectors. The literature review method was used to review 15 (fifteen) papers (Q1-Q4 and SINTA 1- SINTA 4) taken from the period 2018–2023. The results of the literature review found that all the papers reviewed used questionnaires as a data collection method with analytical methods. multiple linear regression and partial least squares (PLS) as data analysis techniques. Found as many as 33 (thirty-three) factors related to internal auditor performance, of which 30 (thirty) factors consistently had a significant positive effect on internal auditor performance. The auditor's internal factors, such as competence, ethics, and psychological factors, and the auditor's external factors, such as the organizational environment and information system technology, have a strong direct influence on the performance of the internal auditor, as well as 6 (six) factors that have an indirect influence, each of which consists of 3 (three) factors, each originating from internal and external auditors. We also found 2 (two) moderating variables, but only 1 (one) was proven to strengthen the relationship between the dependent and independent variables. Private sector research examines internal and external factors, while public sector research only examines internal factors. Suggestions for further research are as follows: 1). Examining auditors' external factors in the public sector; 2). Using experimental methods; 3). Examining moderating variables such as changes in organizational rules; and 4). Research further regarding factors that have not been proven to influence the performance of internal auditors."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nurlaela
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis pengaruh sistem pengendalian internal, yang meliputi peran audit internal, tingkat penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan BPK , efektivitas pengendalian internal, serta kualitas pengelolaan keuangan negara, terhadap penerapan tata kelola yang baik. Model penelitian adalah penelitian kausalitas dengan menggunakan regresi berganda dan metode convenience sampling. Responden penelitian adalah pegawai pada Biro Keuangan Sekretariat Jenderal dan auditor internal pada Inspektorat Jenderal di tiga kementerian negara/lembaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya tingkat penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK dan efektivitas pengendalian internal yang berpengaruh signifikan dan positif terhadap penerapan tata kelola yang baik, sedangkan peran audit internal dan kualitas pengelolaan keuangan negara tidak mempunyai pengaruh terhadap penerapan tata kelola yang baik.

ABSTRACT
This research examines the effect of the Internal Control System, which includes the role of internal audit, the level of completion of the follow up the results of BPK, the effectiveness of internal controls, and the quality of the management of state finances to the implementation of good governance. The research is causality study by using multiple regression, and convenience sampling method in analysis involving respondents consist of the officer in the Financial Bureau of the General Secretariat and the internal auditor in the General Inspectorate at the three state ministries agencies. The results show that only the level of completion of the follow up the results of BPK and the effectiveness of internal control have significant and positive impact to the implementation of good governance, while the role of internal audit and quality of public finance management have no effect on the implementation of good governance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Muhamad Fadilah
"Penelitian ini membahas terkait faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja implementasi kebijakan peningkatan kapabilitas APIP di Sekretariat Kabinet. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan post-positivistm dengan metode kualitatif dan dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan dari Van Meter dan Van Horn (1975) mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja implementasi kebijakan, antara lain standar dan sasaran kebijakan, sumber daya kebijakan, hubungan antar organisasi, disposisi implementer, karakteristik agen pelaksana, dan terakhir dukungan ekonomi, sosial, dan politik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat faktor-faktor yang menghambat dalam implementasi kebijakan peningkatan kapabilitas APIP menurut PerkaBPKP Nomor 8 Tahun 2021 di Sekretariat Kabinet secara optimal, antara lain sumber daya, karakteristik agen pelaksana, serta dukungan ekonomi, sosial, dan politik. Oleh karena itu, Sekretariat Kabinet perlu untuk melakukan sejumlah perbaikan seperti, peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia auditor, membentuk pedoman umum pengawasan intern dan merubah mindset seluruh pegawai terkait perlunya kolaborasi antar unit kerja di Sekretariat Kabinet. Penelitian ini juga menggambarkan pentingnya peranan APIP, khususnya dalam pelaksanaan reformasi birokrasi di Sekretariat Kabinet.

This study discusses the factors that determine the performance of internal audit capability policy conducted by the Cabinet Secretariat. This research was performed using post-positivist approach and included in descriptive research type. This study uses theory proposed by Van Meter and Van Horn (1975) regarding factors that determine the performance of policy, including policy standards and objectives, resources, inter-organizational communication and enforcement activities, the disposition of implementers, characteristics of implementing agencies, and last, economic, social, and political support. The results of this study indicate that several factors that hinder the implementation of the internal audit capability improvement policy according to the Head of BPKP regulation Number 8 of 2021 at the Cabinet Secretariat optimally, including resources, the characteristics of implementing agents, and social support. Therefore, the Cabinet Secretariat needs to make various improvements, such as increasing the quantity and quality of human resources for auditors, formulate guidelines for internal supervision and changing the mindset of all employees regarding the need for collaboration between units within the Cabinet Secretariat. This study also illustrates the important role of internal auditor, especially in implementing bureaucratic reform at the Cabinet Secretariat."
Jakarta: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudha Anugerah Indrawan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas audit internal di lingkungan Inspektorat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dengan menggunakan variabel-variabel yang digunakan oleh Alzeban dan Gwilliam (2014) yang terdiri dari hubungan auditor internal dan eksternal, dukungan manajemen auditan, dan independensi audit internal. Penilaian efektivitas diukur dari persepsi 29 auditor dan 104 auditan Inspektorat BPKP melalui kuesioner yang disebar.
Hasil penelitian membuktikan bahwa hubungan auditor internal dan eksternal, dukungan manajemen auditan, dan independensi audit internal berpengaruh positif terhadap efektivitas audit internal. Hal ini memberikan implikasi bahwa Inspektorat BPKP perlu meningkatkan hubungan baik antara auditor internal dan eksternal, meningkatkan dukungan manajemen terhadap Inspektorat BPKP serta untuk selalu menjaga teguh independensi seorang auditor dalam pelaksanaan tugasnya.

The purpose of this study is to determine the factors that influence the effectiveness of the internal audit within the Inspectorate Agency for Financial Supervision and Development using the variables used by Alzeban and Gwilliam (2014) which consists of the relationships internal and external auditors, support audited management, and internal audit independence. The assessment of effectiveness is measured from the perception of 29 auditors and audited Inspectorate 104 BPKP through questionnaires distributed.
The research proves that the relationship of internal and external auditors, the audited management support, and the independence of the internal audit positive influence on the effectiveness of the internal audit. This implies that the Inspectorate BPKP need to promote good relationship between internal and external auditors, improve management support to the Inspectorate of BPKP and to always keep firmly the independence of the auditor in the performance of its duties.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S64704
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinta Paramita
"Monitoring dan Evaluasi merupakan bagian penting dalam pelaksanaan perencanaan. Oleh karena itu, dalam Peraturan Perandungan No 39 Tahun 2009 (PP 39/2006) diatur mengenai tata laksana pelaporan mengenai pelaksanaan rencana pembangunan yang dilakukan oleh seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah. Data hasil laporan pelaksanaan rencana pembangunan ini nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk perencanaan pembangunan di tahun selanjutnya. Oleh karena itu data yang akurat dan tepat waktu menjadi sangat penting dalam pelaksanaan proses ini. Maka, untuk mempermudah dan membantu Kementerian/Lemabaga dan Daerah dalam melakukan pelaporan dibangunlah sebuah Aplikasi pelaporan berdasarkan PP 39/2006. Semenjak digunakan pada 2009, Aplikasi ini diharapkan dapat digunakan oleh seluruh Kementerian/Lembaga sebagai media yang membantu penyusunan pelaporan PP 39/2006. Namun, pada prakteknya hanya 60% dari total seluruh Kementerian/Lembaga dan daerah yang menggunakannya. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap Aplikasi PP 39/2006.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), yaitu dengan menambahkan faktor-faktor eksternal yang disesuaikan dengan Aplikasi PP 39/2006 : (1) job Relevance; (2) Output Quality; (3) Self Efficacy; (4) Accessibility. Model akan diolah dengan menggunakan Structural Equation model (SEM). Selain itu, Penelitian ini menggunakan metode Angket dalam pengumpulan data. Sampel yang diambil adalah seluruh pengguna di tingkat Kementerian/Lembaga dengan Jumlah data yang diolah adalah 130. kemudian data tersebut akan diolah menggunakan AMOS 21.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Job relevance dan output quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perceived Usefulness, dan Accessibility memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Ease of Use. Maka faktor-faktor yang mempengaruhi Penerimaan pengguna terhadap Aplikasi PP 39/2006 adalah Job relevance, Output Quality, Perceived Ease of Use, Accessibility, dan Perceived Ease of Use.

Monitoring and evaluating are the imortant parts on planning regulation. Ruled by law No 39 years 2006 (PP 39/2006), the report regulation was consist the regulation of report that is done by all ministry of Indonesian government. The report data from the application is used as base to plan the development in next year. The accurate and on time data is verry neccesary for this report. Thats why, to make the simple process, the report application was made. Since 2009, this application was assesed to be used by all the ministry of Indonesian government to help the report establisment as said on PP 39/2006. Meanwhile, this application only used by 60% of ministry of Indoensian government. Then this research was done to know the factors that influence the user accpetance of PP 39/2006 application.
This research was done with Technology Acceptance Model (TAM), and add the external factors suited by PP 39/2006 application: (1) job Relevance; (2) Output Quality; (3) Self Efficacy; (4) Accessibility. This model was processed with Structural Equation model (SEM).. Meanwhile, this research is used the questionneire method tocollect the data. Sample of this method was taken by all the user inministry level with value of 130 data and then processed with AMOS 21.
The result of this research was that the Job relevance and output quality has the positive effect and significant to Perceived Ease of Use, and Accessubulity has the positive effect and significant to Perceived Ease of Use. Thats why the factors influencing the user acceptance with PP 39/2006 application are Job relevance, Output Quality, Perceived Ease of Use, Accessibility, dan Perceived Ease of Use.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>