Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 140022 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurul Yusyawiru
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengendalian internal terkait pengelolaan persediaan di Universitas Riau serta bertujuan memberikan rekomendasi untuk menghadapi masalah yang terjadi. Laporan audit BPKP menyatakan bahwa UR belum melaksanakan kegiatan pengendalian dengan tepat dan memadai. Metode dalam penelitian ini merupakan analisis deskriptif berupa studi kasus. Data telah diperoleh melalui analisis dokumen, observasi, serta wawancara mendalam terhadap informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kelemahan universitas dalam melaksanakan kegiatan pengendalian atas pengelolaan persediaan. Kelemahan yang ditemukan seperti pada pengendalian fisik aset, ditemukannya kegiatan yang belum memiliki SOP serta flowchart pada SOP yang sangat sederhana atas proses penerimaan, penyimpanan dan pendistribusian barang. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada universitas terkait kelemahan atas kegiatan pengendalian tersebut, seperti SOP baru dan rekomendasi lain dalam upaya mengatasi masalah yang ada. Kelemahan penelitian ini adalah tidak adanya data terkait audit report dari Tim SPI serta data audit atas sistem informasi akuntansi.

ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze internal control system related to inventory management at University of X and aims to provide a recommendation to manage problems that occurred. Audit report from State Development Audit Agency stated that the university has not conducted proper and adequate control activities. The method in this research is descriptive analysis in the form of case study. Data have been obtained through document analysis, observation, and in-depth interviews with informants. The results show that there are weaknesses of university in conducting control activities on inventory management. The weakness that has been found such as, at physical control of asset, where there is an activity that does not have a SOP and an unsophisticated flowchart for standard SOP on accepting, saving and distributing goods. The recommendation obtained from this study to organization related to control activities such as new SOP and other recommendation that can be applied to solve existing problems. The limitations of this study are the absence of audit reports from the university's internal audit team and the audit results of the accounting information system.

"
2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Micky Haryanto
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang prosedur dalam sistem pengadaaan di Fakultas X
Universitas Y (FXUY), risiko-risko yang ada dalam sistem tersebut dan mitigasi
risikonya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Hasil analisis
menyimpulkan bahwa FXUY sudah memiliki pengendalian intemal yang baik
dalam sistem pengadaannya. Sebagian besar risiko yang teridentifikasi adalah
risiko dengan probabilitas terjadi rendah darVatau risiko dengan dampak
merugikan yang besar. Hal tersebut menunjukkan penanganan risiko FXIX sudah
cukup baik untuk menekan te{adinya risiko dalam sistem pengadaan, namun
masih diperlukan penanganan yang lebih baik untuk mengurangi dampak risiko.

ABSTRACT
This research analyzes the procedures in the procurement system in the Faculty of
X University of Y (FXW), the risks in the system and mitigations on those risl
This study uses case study method. The results of the analysis concluded thqt
FXW ovwt good internal control systems in the procurement system. Most of the
itlentifi.ed risks are rislcs with low probability of happening and/or risks with a
signiJicant adverse impact. It shows FXLrY's risk handling is good enough to
reduce the risk in the procurement system, but still needed a better handling to
reduce the impact of risk."
2017
S65942
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananta Adi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta memberikan rekomendasi atas peningkatan efektivitas sistem pengendalian internal pada siklus persediaan di PT TMT. PT TMT adalah perusahaan keluarga yang beroperasi di sektor manufaktur khususnya dalam bidang elevator dan escalator, maka dari itu persediaan menjadi sumber pendapatan utama perusahaan. Sebagai perusahaan keluarga, PT TMT memiliki keterbatasan sumber daya dan infrastruktur sehingga hal ini dapat menghambat penerapan sistem pengendalian internal yang efektif.  Penelitian ini mengadopsi metode pendekatan kualitatif yang mengacu pada kerangka kerja Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi langsung, dan melakukan analisis terhadap dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) PT TMT. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa PT TMT masih memiliki kelemahan pengendalian internal terkait dengan kelima komponen kerangka pengendalian internal COSO. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi yang akurat mengenai kondisi pengendalian internal di PT TMT dan memberikan rekomendasi untuk memperbaiki kelemahan dalam pengendalian internal perusahaan tersebut.

This research aims to analyze and provide recommendations for improving the effectiveness of the internal control system in the inventory cycle at PT TMT. PT TMT is a family-owned company operating in the manufacturing sector, especially in the elevator and escalator industry, making inventory a major source of revenue for the company. As a family-owned company, PT TMT faces limitations in resources and infrastructure which can hinder the implementation of an effective internal control system. This study adopts a qualitative approach that refers to the framework of the Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO). Data collection techniques include interviews, direct observations, and analysis of PT TMT's Standard Operating Procedures (SOP) documents. Based on the research findings, it was found that PT TMT still has weaknesses in internal control related to all five components of the COSO internal control framework. This research is expected to provide accurate information about the internal control conditions at PT TMT and provide recommendations to address the weaknesses in the company's internal control."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Hikmayanti
"Laporan magang ini membahas analisis prosedur pengujian pengendalian dan aktifitas pengendalian internal atas persediaan pada perusahaan konstruksi PT ABC. Pembahasan dimulai dari perlakuan akuntansi persediaan pada PT ABC, dilanjutkan dengan pembahasan prosedur pengendalian internal atas persediaan dan pergudangan PT ABC. Pembahasan juga mencakup identifikasi kelemahan-kelemahan atas pengendalian internal, beserta temuan-temuan audit atas lemahnya pengendalian internal tersebut. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengendalian internal perusahaan tersebut memiliki beberapa kelemahan. Selanjutnya, analisis dari prosedur tersebut dibandingkan dengan teori yang ada. Selain itu, pembahasan juga akan mengungkapkan mengenai pencatatan dan pengukuran persediaan pada perusahaan konstruksi beserta analisis terhadap praktik yang dilakukan di lapangan.

This internship report discusses the analysis of Test Of Control (TOC) procedure, and the internal control activity for inventory in a construction company, PT ABC. The discussion starts from inventory accounting treatment in PT ABC, then continues to internal control procedures of material and warehousing in PT ABC. Discussion also consists of identificatiion of weaknesses in internal control along with its audit findings. The results show that the company’s internal control has several weaknesses. Furthermore, the analysis of that procedure is compared to the theories. In addition, the discussion reveals the recording and measurement of inventories at the construction company and the analysis of the practices conducted in the internship."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tifanny
"Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan memberikan usulan perbaikan terhadap pengendalian internal atas sistem berbasis ERP pada siklus persediaan PT PJM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif
dengan metode studi kasus dengan PT PJM sebagai unit analisis. Penelitian ini
menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan analisis pada serangkaian
dokumen perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat beberapa kelemahan
pada pengendalian internal atas pengelolaan persediaan perusahaan. Kelemahan ini
disebabkan karena belum adanya penyesuaian prosedur terhadap proses bisnis
perusahaan, terutama proses melalui sistem ERP. Hal ini berdampak pada
pencatatan persediaan perusahaan yang tidak akurat. Oleh karena itu, penelitian ini
memberikan rekomendasi perbaikan atas analisis aktivitas pengendalian internal perusahaan guna menyelesaikan permasalahan yang timbul saat ini.

This study aims to evaluate and provide recommendations for improvements to
internal control over ERP-based systems in the PT PJM inventory cycle. This study
used a descriptive qualitative approach with a case study method with PT PJM as
the unit of analysis. This research uses observation, interview, and analysis
instruments on a series of company documents. The types of data used are primary
and secondary data. The results of the research conducted indicate that there are
several weaknesses in internal control over the company's inventory management.
This weakness is due to the lack of procedural adjustments to the company's
business processes, especially that processes through the ERP system. This results
in inaccurate company inventory records. Therefore, this study provides
recommendations for improvements from the analysis of the company's internal
control activities conducted in order to solve current problems.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rauda Intan Suryaningtyas
"Kegiatan dari suatu universitas adalah memberikan pengajaran, memberikan pencerahan, mencerdaskan masyarakat, dan memberikan manfaat langsung untuk kehidupan masyarakat. Salah satu kegiatan spesifik yang universitas lakukan adalah melakukan penelitian. Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh universitas adalah untuk memberikan stimulan kepada para sivitas atau akademisi untuk menghasilkan penemunan-penemuan baru. Adanya kewajiban terhadap pelaksanaan kegiatan penelitian dan pencapaian terhadap target-target yang ditentukan menuntut setiap Perguruan Tinggi atau Univeristas untuk mengadakan suatu pengelolaan secara keseluruhan. Untuk menjaga proses pengelolaan berjalan dengan baik, suatu institusi dapat mengoperasikan pengendalian internal. Tujuan dari pengendalian internal itu sendiri merupakan cara atau langkah bagi suatu institusi untuk menjaga setiap proses operasional dan kepatuhannya supaya dapat mencapai target kinerja yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengendalian Internal pada pengelolaan penelitian yang berjalan di Universitas XYZ. Analisis dilakukan berdasarkan kerangka pengendalian internal COSO dengan lima elemen pengendalian internal dan standar yang berlaku terkait pengelolaan penelitian di perguruan tinggi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengendalian internal pada pengelolaan penelitian yang dilakukan oleh Universitas XYZ sudah berjalan dengan baik namun masih perlu adanya peningkatan di beberapa aspek antara lain lingkungan pengendalian terhadap pengelolaan sumberdaya manusia; identifikasi dan penilaian terhadap risiko penelitian; aktivitas pengendalian terhadap pendokumentasian pencatatan yang memadai dan pengecekan fisik terhadap pelaporan keuangan penelitian; informasi komunikasi untuk memperoleh, menghasilkan, dan menggunakan informasi yang berkualitas dan relevan; pengawas untuk melakukan evaluasi yang berkesinambungan dan terpisah secara periodic. Peningkatan pengelolaan terhadap penelitian dan inovasi juga perlu dilakukan untuk memaksimalkan langkah Universitas untuk mencapai tujuannya menjadi unggulan di Asia Tenggara dan menuju Universitas Kelas Dunia.

The activities of a university are to provide teaching, enlightenment, educate the community, and provide direct benefits for people's lives. One specific activity that universities do is to conduct research. Research activities carried out by universities are to provide stimulants to the civitas or academics to produce new discoveries. There is an obligation to carry out research activities and the achievement of specified targets requires each university or university to carry out an overall management. To keep the management process running well, an institution can operate internal controls. The purpose of internal control itself is a way or step for an institution to maintain each operational process and compliance in order to achieve predetermined performance targets. This study aims to analyze Internal Control in the management of research that runs at XYZ University. The analysis was carried out based on COSO's internal control framework with five elements of internal control and applicable standards related to research management in tertiary institutions. The results of this study conclude that internal control in the management of research conducted by XYZ University has been going well but there still needs to be an improvement in several aspects including the control environment on human resource management; identification and assessment of research risks; control activities for adequate documentation and physical checking of research financial reporting; communication information to obtain, produce and use quality and relevant information; supervisor to carry out continuous and periodic separate evaluations. Improved management of research and innovation also needs to be done to maximize the steps of the University to achieve its goal of becoming a leader in Southeast Asia and towards a World Class University."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ervina Inayah Zulna
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas sistem pengendalian internal atas manajemen persediaan di PT AQB dengan menggunakan kerangka kerja pengendalian internal yang diterbitkan oleh COSO pada tahun 2013. PT AQB adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan Al Quran dan mengelola persediaannya dalam jumlah besar. PT AQB beberapa kali menghadapi kendala dalam pengelolaan persediaannya, khususnya terkait pada ketidaksesuaian dan penundaan pencatatan persediaan. Sehingga masih terdapat indikasi atas kelemahan dari pengendalian internal pada manajemen persediaan perusahaan secara keseluruhan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data primer melalui observasi dan wawancara langsung pihak terkait berdasarkan 5 komponen COSO. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi dokumen yang terkait dengan profil dan pengendalian internal siklus persediaan di PT AQB. Dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa PT AQB telah menjalankan lima komponen pengendalian internal yang diterbitkan oleh COSO (2013) yaitu lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta aktivitas pengawasan. Namun pengendalian internal yang ada, belum berfungsi secara efektif.

This study aims to evaluate the effectiveness of the internal control system over inventory management at PT AQB using the internal control framework published by COSO in 2013. PT AQB is a company engaged in the publication of the Quran and manages its inventory in large quantities. PT AQB has faced several challenges in inventory management, particularly related to discrepancies and delays in recording inventory. Thus, there are still indications of weaknesses in the company’s overall inventory management internal controls. This research is qualitative in nature, using primary data collection methods through observation and direct interviews with relevant parties based on the 5 components of COSO. Meanwhile, secondary data were obtained through document reviews related to the profile and internal control of the inventory cycle at PT AQB. The evaluation results indicate that PT AQB has implemented the five internal control components published by COSO (2013), namely the control environment, risk assessment, control activities, information and communication, and monitoring activities. However, the existing internal controls have not been functioning effectively."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indinesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hilda Muliana
"Di Rumah Sakit Awal Bros Batam selama bulan Oktober 2015 sampai bulan September 2016 ditemukan ada kejadian penundaan resep pasien yang berdampak pada kualitas pelayanan rumah sakit dan terjadi back order yang berdampak pada keuangan rumah sakit. Penulis ingin meneliti permasalahan yang terjadi untuk melakukan perbaikan dalam hal pengendalian persediaan farmasi di rumah Sakit Awal Bros Batam untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas pelayanan dan meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit.
Peneltian ini merupakan penelitian riset operasional untuk menyusun model pengendalian persediaan farmasi. Model pertama, dalam penelitian ini akan dilakukan analisis ABC pemakaian, analisi ABC investasi, dan ABC Indeks kritis, untuk mengetahui persediaan farmasi yang menjadi kelompok A, B dan C. Selanjutnya akan dihitung EOQ dan ROP, serta efisiensi TIC. Dilakukan wawancara mendalam dengan informan. Model kedua, metode Periodic Review System, Order up to level, didalam penelitian ini juga melakukan analisis 10 persediaan tertinggi berdasarkan ABC Investasi dan ABC pemakaian melalui penilaian average inventory, ITOR dan PNP pada rumah sakit Awal Bros Batam selama periode 12 bulan. Pada metode kedua ini diharapkan dapat menghindari terjadinya kelebihan stok farmasi dengan investasi tinggi yang dapat mempengaruhi cash flow rumah sakit.
Pengendalian persediaan farmasi di Rumah Sakit Awal Bros Batam masih belum dilakukan dengan optimal, meskipun setiap bulan telah dilakukan analisa ABC Investasi dan menerapkan metode maksimal dan minimal stok yang sederhana. Penelitian ini, menghasilkan rekomendasi kebijakan untuk Rumah Sakit Awal Bros Batam untuk dapat membantu pihak managemen dalam melakukan perbaikan pengendalian persediaan farmasi dan mengatasi permasalahan stock out di farmasi.

Prescription delays at Pharmacy Department services Awal Bros Batam Hospital during the month of October 2015 until September 2016 influences the impact on the quality of hospital services and going on back order ending with financial problems to Awal Bros Batam hospitals. The author wants to identify problems that occur for improving efficiency and effectiveness of services pharmacy inventory control at Awal Bros Batam Hospital and overall improving the quality of hospital services.
This study is an operational research study to develop a pharmaceutical inventory control models. The first model, in this study will be made use of ABC analysis, investment analysis ABC, and ABC critical index, to determine pharmaceutical supplies into groups A, B and C. Furthermore, will be calculated EOQ and ROP, as well as the efficiency of TIC. Conducted in-depth interviews with informants. The second model, the method Periodic Review System, Order up to the level, in this study also conducted an analysis 10 largest inventory investment by ABC and ABC average user through the assessment of inventory, ITOR and PNP on Awal Bros Batam hospital over a period of 12 months. In the second method is expected to avoid overstocking pharmaceuticals with high investments that may affect the cash flow of the hospital.
Pharmacy inventory control at Awal Bros Batam Hospital has not performed optimally, although every month have made the ABC analysis Investments and apply maximum and minimum stock method is simple. This research, produce policy recommendations for the Awal Bros Batam Hospital to help the management to improve ppharmacy inventory control and solve the problems in the pharmaceutical stock out.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
T47754
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elis Nurhayati
"[ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai evaluasi efektivitas sistem pengendalian internal pada siklus persediaan pada Perum BULOG. Persediaan merupakan aset yang memiliki nilai paling besar dibandingkan aset lainnya pada Laporan Posisi Keuangan Perum BULOG. Sistem pengendalian internal pada siklus persediaan diperlukan untuk meningkatkan keandalan akun persediaan pada laporan keuangan. Penelitian ini adalah penelitian kuantatif dengan studi kasus pada Perum BULOG Subdivre ?X?. Pengumpulan data dan informasi diperoleh melalui observasi, pengumpulan prosedur terkait siklus persediaan dan pengendalian internal yang sudah ada, wawancara dan melalui survey dengan menggunakan kuesioner kepada para pegawai di Perum BULOG Subdivre ?X?. Dari penelitian ini diketahui bahwa Efektifitas Sistem Pengendalian Internal Siklus Persediaan pada Perum BULOG Subdivre ?X? cukup baik untuk meningkatkan keandalan akun persediaan pada laporan keuangan. Seluruh komponen pengendalian internal siklus persediaan telah dilaksanakan dengan cukup efektif, namun masih harus ditingkatkan agar efektivitasnya meningkat.

ABSTRACT
This study evaluates the effectiveness of internal control in inventory cycle at Perum BULOG. Inventory is the largest item in the assets category on the consolidated statement of Perum BULOG financial position. Internal control system in inventory cycle is important to improve inventory account reliability in financial reporting. This study is a quantitative research which use study case at Perum BULOG Subdivre ?X?. Data and information was collected from observation, current procedur inventory cycle and internal control review, interview, and questionnaire to sampled employees at Perum BULOG Subdivre ?X?. From this study, it can be concluded that the effectiveness of internal control in inventory cycle at Perum BULOG subdivre ?X? is adequate to improve inventory account reliability in financial reporting. The implementation of internal control component in inventory cycle is sufficient with several rooms for improvement, This study evaluates the effectiveness of internal control in inventory cycle at Perum BULOG. Inventory is the largest item in the assets category on the consolidated statement of Perum BULOG financial position. Internal control system in inventory cycle is important to improve inventory account reliability in financial reporting. This study is a quantitative research which use study case at Perum BULOG Subdivre “X”. Data and information was collected from observation, current procedur inventory cycle and internal control review, interview, and questionnaire to sampled employees at Perum BULOG Subdivre “X”. From this study, it can be concluded that the effectiveness of internal control in inventory cycle at Perum BULOG subdivre “X” is adequate to improve inventory account reliability in financial reporting. The implementation of internal control component in inventory cycle is sufficient with several rooms for improvement]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hera Khairunnisa
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan auditor internal atas sikluspengeluaran Unit A. Temuan Auditor Internal tersebut menunjukkan adanyaketidaksesuaian antara pelaksanaan dengan desain pengendalian internal padasiklus pengeluaran. Terdapat pula temuan berupa adanya penumpukan bukupembelajaran di gudang Unit A. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis danmemberi usulan pada sistem pengendalian internal siklus pengeluaran Unit Adengan membandingkan komponen-komponen dalam kerangka pengendalianinternal dari Committee of Sponsoring Organizations of the TreadwayCommission COSO.
Metode analisis data menggunakan analisis kualitatifdengan mengumpulkan data yang bersumber dari wawancara, telaah dokumen,dan tinjauan pustaka. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapatkelemahan dari seluruh komponen pengendalian internal COSO pada Unit A. Namun kelemahan tersebut hanya terdapat pada sembilan prinsip dari 17 prinsipyang ada. Kesimpulan atas lingkungan pengendalian yaitu karyawan belummenyadari eksistensi dan fungsi dari SOP, belum ada pelatihan rutin bagikaryawan akuntansi, dan lainnya.
Kesimpulan atas penilaian risiko yaitu entitasbelum memiliki identifikasi risiko formal dan tertulis dan belummempertimbangkan potensi kecurangan. Kesimpulan atas aktivitas pengendalianyaitu entitas belum menerapkan aktivitas pengedalian yang sejalan denganpengendalian risiko. Kesimpulan atas informasi dan komunikasi yaitu entitasbelum memiliki standar informasi atas kelengkapan data pendukung transaksipengeluaran. Kesimpulan atas pemantauan yaitu manajer logistik belummelakukan pemantauan optimal atas proses penerimaan barang di gudang.

This research is motivated by the auditor findings on the expenditure cycle of UnitA. Internal auditor findings showed incompability between the implementationand design of internal control on the expenditure cycle. There are also findings ofthe excess book purchased in a warehouse of Unit A. This research aims toanalyze and give proposal on internal control system in expenditure cycle of UnitA by comparing components on the Committee of Sponsoring Organizations ofthe Treadway Commission COSO internal control framework.
The method ofanalysis data is using qualitative analysis by gathering data with interview,document review, and literature review. This research result shows that there areweakness of all COSO internal control components of Unit A. However, theweakness is only found in the 9 principles out of 17 principles thatexist. Conclusions from environment control are employees are not aware of theexistence and function of operational standards, and there is no regular trainingfor accounting employees, and others. Conclusions from risk assessment arethat the entity has no formal and written risk identification and has not consideredthe potential for entitiy fraud.
Conclusion from control activities is that the entitiyhas not implemented control activities in line with risk control. Conclusion frominformation and communication is that the entity does not have standardinformation on the completeness of supporting data cash disbursementtransactions. Conclusion from monitoring is that the logistic manager has notconducted optimal monitoring of the process of receiving goods in the warehouse.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>