Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 150265 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Deisy Kristianty Handayani
"ABSTRAK
Tujuan ndash; Tesis ini membahas pengembangan saluran dan kompetensi pemasaran melalui media sosial online, dan perbaikan logo sebagai identitas merek, dengan intervensi business coaching.Desain/Metodologi/Pendekatan - Serangkaian wawancara terstruktur dilakukan dengan pemilik PT Mumtaz Multi Mandiri, di Bandung. Hasil dari wawancara terstruktur dianalisis dengan menggunakan STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, SWOT, Porter 39;s 5 Forces, Gap Analysis dan Pareto Analysis untuk sampai pada masalah yang paling penting untuk dipecahkan.Temuan - Temuan menunjukkan bahwa ada tiga masalah utama yang dihadapi UMKM yang dapat diperbaiki untuk meningkatkan kinerja UMKM, yaitu: 1 kurangnya saluran pemasaran, khususnya melalui media sosial; 2 kurangnya kompetensi dalam melakukan marketing dengan menggunakan media sosial online; dan 3 logo yang kurang menarik sebagai identitas merek yang mempengaruhi brand awareness.Keterbatasan Penelitian/Implikasi ndash; Penelitian ini hanya dilakukan pada satu UMKM di Indonesia. Walaupun begitu, Business Coaching ini diharapkan dapat membantu PT Mumtaz Multi Mandiri dan UMKM lainnya di Indonesia dalam meningkatkan kinerjanya.Originalitas / Nilai ndash; Saluran pemasaran dan identitas merek merupakan faktor penting yang mempengaruhi kinerja perusahaan. Hubungan ini belum pernah diteliti di PT Mumtaz Multi Mandiri.

ABSTRACT
Purpose This thesis discusses about social media marketing channel and competencies development, and logo improvement as brand identity, with business coaching intervention.Design Methodology Approach A series of structured interviews were conducted with the owner of PT Mumtaz Multi Mandiri, in Bandung. The results of structured interviews were analyzed using STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, SWOT, Porter rsquo s 5 Forces, Gap Analysis and Pareto Analysis to arrive at the most urgent problems to be solved.Findings The findings showed that there were three main problems faced by the SME that could be diminished to improve SME performance, which were 1 lack of marketing channels, especially social media channel 2 lack of competencies in doing marketing by using social media and 3 unattractive logo as brand identity that affect brand awareness.Research Limitation implications This study was only conducted in one SME in Indonesia. Despite this limitation, this business coaching is expected to help PT Mumtaz Multi Mandiri to improve its performance.Originality value Marketing channel and brand identity are critical factors that affecting performance of a firm. This relationship has not been investigated so far in PT Mumtaz Multi Mandiri."
2018
T50498
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stefanny Octavia
"Dengan memanfaatkan TikTok sebagai platform pemasaran, sebuah usaha kecil bernama By.Painters mampu meraih kesuksesannya dalam waktu 4 bulan karena viral di platform tersebut. Oleh sebab itu, tujuan dari makalah penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran By.Painters melalui teori e-WOM. Penelitian ini menerapkan pendekatan analisis sentimen terhadap akun TikTok pemilik By.Painters (@erikaricharrdo) serta publikasi dari konsumen yang terkait dengan By.Painters di TikTok untuk menelaah dimensi e-WOM dan motif WOM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari banyaknya jumlah opini positif dari publik, By.Painters berhasil mengoptimalkan strategi pemasarannya di TikTok. Hasil penelitian juga menemukan bahwa By.Painters tidak hanya fokus menciptakan konten yang menarik interaksi antar pengguna, tetapi juga mempertimbangkan komentar-komentar pengguna dan menanggapinya dengan positif.

By leveraging TikTok as a marketing platform, a small business called By.Painters was able to reach its success in 4 months because it was trending on the platform. Therefore, the purpose of this research paper is to analyze the marketing strategy of By.Painters using the e-WOM theory. The study uses a sentiment analysis approach of the By.Painters’ owner’s TikTok account (@erikaricharrdo) as well as consumer publications on TikTok which are relevant to By.Painters to examine the motives of e-WOM and the dimensions for WOM activity. The findings show that By.Painters has succeeded in practicing marketing strategy on TikTok since it gained a large number of positive comments from the public. The author also found that By.Painters does not only focus on creating content that generates high user engagement, but they also take user comments into account and positively respond to them."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ardiyanto Budi Santoso
"Ramcha merupakan sebuah UMKM yang memproduksi dan menjual produk sprei dan bed cover. Strategi bisnis yang dilakukan oleh Ramcha adalah diferensiasi dengan menghasilkan produk yang berkualitas bagus. Namun, meskipun telah berlangsung sejak 2012, perkembangan bisnis Ramcha belum maksimal. Setelah dilakukan pemetaan kondisi bisnis, hasil analisis menunjukkan terjadi permasalahan di saluran distribusi dan promosi. Tujuan dari penelitian ini akan membantu Ramcha dalam mengembangkan saluran distribusi melalui website dan media sosial, serta melakukan promosi menggunakan iklan media sosial.

Ramcha is a SME that produces and sells sprei and bed cover. Business strategy undertaken by Ramcha is differentiation with produces high quality products. Although it has been going on since 2012, the business development is not maximized. After mapping of business conditions, the result shows there are problems in distribution channels and promotion. The purpose of this thesis is to help Ramcha develop distribution channels through website and social media, and promotion uses social media ads.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T46044
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adila Clevana Annissa
"ABSTRAK
Tujuan dari studi ini adalah untuk menjelaskan bagaimana usaha pemasaran melalui media sosial berjalan pada perusahaan farmasi, bagaimana pemasaran media sosial dapat mempengaruhi ekuitas merek, dan mengetahui aktivitas- aktivitas yang dilakukan untuk menambah pelanggan perusahaan. Konsep- konsep yang terkait dengan pemasaran melalui media sosial, ekuitas merek dan hubungan keduanya disampaikan dan dibahas dalam bab tinjauan pustaka laporan ini. Pengamatan dan temuan selama magang juga disampaikan dalam laporan ini. Hasil praktek menunjukkan bahwa media sosial dapat memperbaiki ekuitas merek melalui loyalitas merek dan kesadaran merek. Media sosial yang biasa digunakan adalah Situs Web; Facebook; Twitter; dan ; Instagram. Perusahaan harus bisa memilih media sosial yang cocok untuk mempresentasikan produk- produk dengan isi konten yang tepat. Kesalahan dia manajemen media sosial dapat memberikan dampak negatif terhadap perusahaan.

ABSTRACT
The purpose of this study is to examine how social media marketing works in a pharmaceutical company, social media marketing influence towards brand equity in Kalbe nutritionals, and to understand other activities done to acquire more customers for the company. Concepts related to social media marketing, brand equity and other relationship are introduced and examined in the Literature Review part of the report. The experiences and findings along internship are presented in this report. The practical result indicate that social media can improve brand equity through increase brand loyalty and brand awareness of a product. Social media that commonly used are Web site Facebook Twitter and Instagram. The company should able to choose the right social media that fit with its product and to present the interested conents. The mistake in social media management can make negative impact for the company. "
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Cellica
"Dalam beberapa tahun terakhir, industri FinTech jenis online marketplace reksa dana di Indonesia mengalami pertumbuhan yang tinggi, dilihat dari banyaknya online marketplace reksa dana atau disebut Aperd FinTech yang bermunculan. Hal ini menyebabkan timbulnya persaingan yang membuat para bisnis online marketplace reksa dana berusaha semaksimal mungkin untuk membangun kepercayaan konsumen dan mempertahankan loyalitas pelanggan dengan berbagai cara, termasuk dalam aktivitas pemasaran perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh aktivitas social media marketing pada media sosial instagram Bibit.id terhadap brand loyalty melalui brand trust pada pengguna online marketplace investasi reksa dana Bibit.id yang berdomisili di DKI Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey berdasarkan purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 180 responden yang didapatkan melalui kuesioner online. Pengolahan data dilakukan menggunakan SmartPLS 3.3.2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara aktivitas social media marketing terhadap brand loyalty melalui brand trust pada pengguna online marketplace Reksa Dana Bibit.id di DKI Jakarta.

In the last few years, the FinTech industry, a type of online marketplace mutual fund in Indonesia, has experienced high growth, seen from the number of online marketplaces mutual funds known as Aperd FinTech that have sprung up. This has led to competition, which makes online marketplace mutual funds’ businesses should do their best to build consumer trust and maintain customer loyalty in various ways, including in the company's marketing activities. The purpose of this study was to analyze the effect of social media marketing activities on Bibit.id’s social media instagram on brand loyalty through brand trust among users of the online marketplace mutual fund investment Bibit.id who are domiciled in DKI Jakarta. The study used a quantitative approach with a survey on purposive sampling. The number of respondents in this study was 180 respondents obtained through online questionnaires. Data processing was performed using SmartPLS 3.3.2. The results of this study indicate that there is an influence between activities social media marketing on brand loyalty through brand trust on users of the mutual funds’ online marketplace Bibit.id in DKI Jakarta."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Enike Maria Vianey
"Laporan akhir magang ini bertujuan untuk memberikan saran bagaimana proses implementasi social media marketing dilakukan serta dampaknya terhadap peningkatan jumlah investor ritel yang membuka akun investasi dan konsumen loyal untuk terus menggunakan platform PT. Trimegah Securities, Tbk. PT. Trimegah Securities, Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang investasi pasar modal yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Penelitian ini diadaptasi dari penelitian Patria Laksamana (2018) yang berjudul “Impact of Social Media Marketing on Purchase Intention and Brand Loyalty: Evidence from Indonesia’s Banking Industry”. Terdapat 3 variabel yang diuji pada penelitian ini diantaranya adalah variabel Social Media Marketing, Purchase Intention, dan Brand Loyalty. Hipotesis yang dibangun pada penelitian ini diantaranya adalah Social Media Marketing berhubungan positif terhadap Purchase Intention, Social Media Marketing berhubungan positif terhadap Brand Loyalty, dan Purchase Intention berhubungan positif terhadap Brand Loyalty. Berdasarkan konstruk penelitian tersebut tentunya variabel ini merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan brand loyalty yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan PT. Trimegah Securities, Tbk untuk mengambil keputusan dalam hal strategi pemasaran. Data valid terkumpul adalah 256 responden yang disebarkan melalui kuesioner online. Pengambilan data dilakukan pada pertengahan April 2022. Hasil pengujian menyebutkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Social Media Marketing yang dapat mempengaruhi Purchase Intention dan Brand Loyalty dari investor di pasar modal Indonesia untuk mengambil keputusan untuk memilih platform sekuritas untuk berinvestasi.

This final internship report aims to advise how the social media marketing implementation process carries and its impact on increasing the number of retail investors who open investment accounts and loyal consumers to continue using the PT. Trimegah Securities, Tbk. PT. Trimegah Securities, Tbk is a company engaged in capital market investment registered with the Financial Services Authority. This study adaption from Patria Laksamana's research (2018) entitled "Impact of Social Media Marketing on Purchase Intention and Brand Loyalty: Evidence from Indonesia's Banking Industry." This study tested three variables: Social Media Marketing, Purchase Intention, and Brand Loyalty. The hypotheses built in this study include Social Media Marketing is positively related to Purchase Intention, Social Media Marketing is positively related to Brand Loyalty, and Purchase Intention is positively related to Brand Loyalty. Based on the research construct, of course, this variable is an important aspect that needs to be considered in increasing brand loyalty, which can be used for PT. Trimegah Securities, Tbk to make decisions in terms of marketing strategy. The valid data collected were 256 respondents who were distributed through online questionnaires. Data collection was carried out in mid-April 2022. The test results state that there is a positive influence on Social Media Marketing which can affect the Purchase Intention and Brand Loyalty of investors in the Indonesian capital market to make decisions to choose a securities platform to invest."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Fiki Maulana
"Fenomena Korean Wave membuat berbagai macam produk Korea lebih dikenal terutama melalui drama Korea dan musik pop Korea. Fenomena ini membuat konsumen tertarik untuk mempelajari kebudayaan Korea secara lebih luas mulai dari tradisi, bahasa, gaya berpakaian dan makanan khas Korea. Fenomena ini menghasilkan peluang yang coba dimanfaatkan oleh PT. XYZ untuk bekerjasama dengan salah satu restoran makanan Korea terkenal di Indonesia yaitu Mujigae untuk memproduksi dan meluncurkan makanan ready to eat khas Korea dengan merek dagang Mujigae. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui target pasar perusahaan menggunakan strategi segmentation, targeting dan positioning terkait dengan produk makanan ready to eat khas Korea. Kemudian penulis juga menganalisis implementasi social media marketing yang diterapkan oleh perusahaan pada divisi makanan khas Korea PT. XYZ. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods yang datanya berasal dari interview kepada manajer dan konsumen serta data internal perusahaan. Penelitian ini menghasilkan informasi bahwa strategi target pasar yang digunakan oleh perusahaan adalah mass market, perusahaan masih berfokus untuk mengenalkan produk dan implementasi social media marketing sangat dominan menggunakan influencers untuk menyampaikan opini kepada konsumen melalui media sosial serta menggunakan official akun media sosial yang masih membutuhkan banyak peningkatan dan cara yang saat ini dilakukan adalah mempelajari referensi media sosial brand lain.

The Korean Wave phenomenon has made various kinds of Korean products become wellknown, especially through Korean dramas and Korean Pop music. This phenomenon drives consumers interested in learning more about Korean culture, starting from the traditions, language, style of dress and Korean food. These opportunities resulted from the Korean Wave phenomenon, has brought PT. XYZ to cooperate with one of the famous Korean food restaurants in Indonesia, called Mujigae to produce and launch Korean ready-to-eat food with the Mujigae trademark. This research aims to determine PT. XYZ target market using segmentation, targeting and positioning strategies related to Korean ready-to-eat food products. Then the author also analyzes the implementation of social media marketing conducted by the company in the Korean food division of PT. XYZ. The method used in this research is mixed methods which data comes from interviews with the managers and consumers as well as internal company data. Based on the research conducted, some information was obtained including the target market strategy used by the company is the mass market, how the company is still focused on introducing products and implementing social media marketing predominantly using influencers. This is carried out to deliver opinions to consumers through social media and official social media accounts which are still need improvements and the way that’s being used currently is to study the reference of other brands’s social media."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Utomo
"Berbelanja kebutuhan pokok menyita waktu. Ada beberapa aspek dan faktor yang perlu diperhatikan oleh penyedia online groceries shopping agar mereka dapat mengambil kesempatan di industri ini. Salah satunya melalui iklan di Instagram dan melihat gaya hidup konsumen.
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh iklan di Instagram dan gaya hidup konsumen terhadap keputusan pembeliaan dimediasi oleh minat membeli dalam online groceries shopping. Responden wanita bekerja dan aktif menggunakan Instagram.
Metode kuantitatif diadopsi, dengan analisis jalur untuk menganalisis data. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa iklan Instagran dan gaya hidup signifikan berpengaruh dengan keputusan pembelian konsumen.

Groceries shopping is takes time. There are several aspects and factors that need to be considered by online groceries shopping providers so they can take the opportunity in this industry. One of them is through advertisements on Instagram and consumers' lifestyles.
This study aims to analyze the influence of advertising on Instagram and consumer lifestyles on purchasing decisions mediated by buying interest in online shopping groceries. Female worker are respondent and activ use Instagram.
Quantitative methods are adopted, with path analysis to analyze data. The findings of this study reveal that Instagran advertising and lifestyle signifikanly influence consumer purchasing decisions.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T55403
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Situmorang, Melvayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media marketing activity terhadap customer loyalty melalui variabel perantara (mediator) yang terdiri dari value equity, brand equity, dan relationship equity. Penelitian ini dilakukan terhadap nasabah produk Pegadaian Tabungan Emas PT Pegadaian (Persero) di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat yang merupakan follower dan fans akun instagram PT Pegadaian (Persero), dan melakukan transaksi penambahan nominal pada Pegadaian Tabungan Emas dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan terhadap 160 orang responden. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan SEM-PLS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa social media marketing activities berpengaruh positif terhadap value equity; social media marketing activities berpengaruh positif terhadap brand equity; social media marketing activities berpengaruh positif terhadap relationship equity; social media marketing activities tidak menunjukkan pengaruh secara langsung terhadap customer loyalty; social media marketing activities berpengaruh positif melalui value equity, brand equity, dan relationship equity terhadap customer loyalty; value equity berpengaruh positif terhadap customer loyalty; brand equity berpengaruh positif terhadap customer loyalty; dan relationship equity berpengaruh positif terhadap customer loyalty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suatu perusahaan dapat mengembangkan customer loyalty dengan memanfaatkan social media marketing, namun harus melalui upaya memberikan nilai produk itu sendiri, merek, dan hubungan yang baik dengan pelanggannya. Social media marketing activities yang baik membuat pelanggan dapat menilai produk, merek, dan hubungan lebih baik dibandingkan jika perusahaan tidak memiliki interaksi dengan pelanggannya melalui social media.

This study aims to determine whether social media marketing activities have an influence on customer loyalty through the intermediary variables (mediator) consisting of value equity, brand equity and relationship equity. This research was conducted customers of Pegadaian Tabungan Emas on PT Pegadaian (Persero) in DKI Jakarta and West Java area, who are followers and fans of PT Pegadaian (Persero) instagram accounts @sahabatpegadaian, and made nominal addition transactions in Pegadaian Tabungan Emas within the last one year. This research uses a quantitative approach with a survey method which was conducted towards 160 respondents. Data processing in this study uses a descriptive statistical analysis and SEM-PLS. The results of data analysis show that social media marketing activities has a positive effect on value equity; social media marketing activities has a positive effect on brand equity; social media marketing activities has a positive effect on relationship equity; social media marketing activities do not show a direct influence on customer loyalty; social media marketing activities have a positive effect through value equity, brand equity, and relationship equity to customer loyalty; value equity has a positive effect on customer loyalty; and brand equity has a positive effect on customer loyalty, and relationship equity has a positive effect on customer loyalty. The findings reveal that a particular company may enhance customer loyalty by employing social media marketing, as if the company accomplishes equity on product, brand, and relationship well. Social media marketing activities delivers better customer’s perceptions and knowledge resulted the interactions with customers through social media marketing activities"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rafi
"Selama beberapa tahun terakhir, Populartitas K-Pop semakin menanjak, dari yang dulu hanya merupakan sebuah subkultur di Internet, sekarang telah menjadi sensasi global. Menanjaknya popularitas K-Pop itu dikarenakan strategi marketing mereka yang secara efektif dapat memperbesar jumlah penggemarnya dan mempengaruhi sikap pembelian para penggemar. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh social media marketing dan content marketing terhadap berkembangnya perilaku impulsive buying di kalangan fans K-Pop dengan menggunakan brand loyalty dan celebrity worship sebagai variabel mediasinya. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling dan menggunakan 324 responden agar peneliti dapat mendapatkan data yang valid dan terpercaya mengenai perilaku pembelian impulsif dan apa yang mempengaruhinya. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM dimana hasil dari analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa social media marketing dan content marketing tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap impulsive buying. Namun, content marketing dapat mempengaruhi perilaku pembelian impulsif melalui variabel mediasi brand loyalty. Maka dari itu, hal utama yang mempengaruhi impulse buying adalah adanya rasa kesetiaan kepada suatu brand yang dimana perilaku tersebut dipengaruhi oleh strategi content marketing.

For the last few years, K-Pop have been growing in popularity, from once being only a subculture within the Internet, now have become a global sensation. This growth in popularity is attributed to the extensive marketing operation that these K-Pop production companies have done and in response not only that their fanbase are getting bigger but also influencing their purchasing behavior. This research is conducted to analyze the effect of social media marketing and content marketing towards its effect for the development of impulse buying among K-Pop fanbase with the use of brand loyalty and celebrity worship as its mediating variable. This research manages to get 324 respondents by the use of non-probability sampling, in order to get a reliable and valid data regarding impulse buying behavior and what affects it. The data collected then analyze using PLS-SEM where it is concluded that both social media marketing and content marketing does not have a significant direct effect towards impulse buying. However, content marketing does affect impulse buying behavior through the mediating variable of brand loyalty. Therefore, impulse buying is mainly affected by brand loyalty which in itself is influenced by marketer’s content marketing effort."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>