Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 216927 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cicilia Sriliasta Bangun
"ABSTRAK
Tingginya jumlah Perguruan Tinggi Swasta PTS di Indonesia menciptakan persaingan ketat untuk mendapatkan mahasiswa baru. PTS dituntut memberikan layanan terbaik agar mahasiswanya puas. Mahasiswa yang puas menjadi marketing tools yang handal, karena kecenderungan pemilihan PTS dipengaruhi oleh refrensi dari orang terdekat. Manajemen Hubungan Pelanggan Customer Relationship Management/CRM merupakan strategi untuk mengelola informasi terkait pelanggan dan memanfaatkannya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan retensi. CRM memiliki 3 dimensi, yaitu proses, teknologi dan sumber daya manusia. Kualitas layanan diwakili oleh varibel layanan akademik, non akademik, reputasi, biaya, infrastruktur, fasilitas pendukung, dimana masing-masing variabel dikelompokkan dalam dimensi CRM sehingga menciptakan model konseptual. Model keterkaitan ini diuji dengan metode Structural Equation Modelling SEM untuk mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi kualitas layanan dan menguji hubungan antar dimensi CRM tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan mahasiswa adalah teknologi 0,46 , diikuti sumber daya manusia 0,36 dan terakhir adalah proses 0,17 . Ketiga dimensi tersebut merupakan kovarian dengan keterkaitan yang sangat erat nilai estimasi > 0,8

ABSTRACT
The vast amount of private Higher Education Institution HEI in Indonesia made it more difficult and competitive to get students. HEIs are required to deliver the best service for students to get student 39 s satisfaction. Satisfied students become effective marketing tools, because tendencies to select HEI are mostly influenced by references and recommendation from close relatives. Customer Relationship Management CRM is a strategy for managing customer information and leverages it to increase customer loyalty and retention. CRM has 3 dimensions, namely process, technology and human resources. Service quality is represented by academic, non academic, reputation, cost, infrastructure and support facilities where each varaible will be applied to different dimensions thus creating a conceptual model. This conceptual model will be tested by the Structural Equation Modelling SEM method to identify variables that affect service quality and test the relationship between variables. The result conducted that the dimensions of CRM that had the greatest influence on student satisfaction was technology 0,46 , followed by human resources 0,36 and the last was process 0,17 . These three dimensions of CRM have a very significant correlation relationship. These three dimensions are covariant with a very close relationship estimated value 0,8 .Key words Private Higher Education Institution, service quality, student satisfaction, Customer Relationship Management, Structural Equation Modelling"
2018
T51270
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Romadhani Ardi
"Tesis ini berupaya membuat rancangan model TQM di perguruan tinggi Indonesia. Dimensi mutu yang menyusun fondasi TQM divalidasi dan dianalisis keterkaitan di dalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Structural Equation Modeling terhadap data yang diambil dari 251 mahasiswa tahun terakhir di FTUI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 dimensi mutu yang menyusun bangunan TQM di perguruan tinggi, yaitu dimensi Komitmen Pimpinan Dekanat, Komitmen Pimpinan Departemen, Kegiatan Perkuliahan, Fasilitas Kampus, Sikap Positif yang Diterima, dan Umpan Balik. Kemudian, model keterkaitan yang dirancangan dinyatakan valid untuk menunjukkan hubungan antar dimensi mutu dan hubungan antar dimensi mutu dengan kepuasan mahasiswa FTUI.

This thesis tried to design TQM model in Indonesian higher education. Quality dimensions that construct TQM foundation were validated and the relationships among quality dimensions were analyzed. Structural Equation Modeling was used to investigate the data obtained from 251 last year student in Engineering Faculty.
The results showed that there six quality dimensions that construct the TQM model, i.e. Commitment of Faculty Management, Commitment of Department Management, Course Delivery, Campus Facilities, Courtesy, and Customer Feedback&Improvement. The results also revealed that the relationship model was valid to explain the relationships among quality dimensions and between quality dimension and students' satisfaction.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T29731
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Arum Sari
"Persaingan global dan krisis perekonomian dunia yang sedang melanda dewasa ini, membuat suatu organisasi harus memproduksi barang maupun jasa yang mempunyai kualitas sangat bagus sehingga membuat pelanggan sangat puas dan loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model hubungan antar faktor untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah model Service Quality dan Structural Equation Modeling yang diuji coba pada suatu perusahaan trading bahan kimia. Penentuan faktor penelitian diperoleh dengan melakukan focus group discussion bersama 9 orang pakar, kemudian diperoleh 263 responden.
Hasil penelitian menunjukkan semua faktor pada ServQual menghasilkan nilai gap negatif, yang menunjukkan perusahaan belum dapat memenuhi ekpektasi pelanggan. Hasil SEM menunjukkan bahwa variabel yang signifikan berpengaruh pada customer satisfaction adalah people, situation dan product. Sedangkan variabel yang berpengaruh kepada customer loyalty adalah customer satisfaction, product, situation, people.

Global competitiveness and the world economic crisis that hit the world these days have affected many organizations in such a way that an organization must produce very high quality goods or services to satisfy their customers and hence obtaining customers loyalty. Research method used is a model of Service Quality and Structural Equation Modeling were implemented in a chemical trading company. The determination of research obtained by conducting Focus Group Discussion with 9 experts, then obtained 263 respondents.
The results showed that all the factors on ServQual have produced negative gap values, which indicated that the company could not meet customer expectations. On the other hand, SEM results indicated that significant variables that affected customer satisfaction are people, situation and product, whereas the variables that affected customer loyalty are customer satisfaction, product, situation, people.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44497
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Ramanda
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi
kepuasan pelanggan sepeda motor jenis bebek dan matic dengan menggunakan
metode Structural Equation Modeling (SEM). Pengambilan data dilakukan di
wilayah Jabodetabek dengan melakukan survey kepada pengguna sepeda motor
jenis bebek dan matic. Variabel yang diuji pada penelitian ini antara lain:
Pemenuhan Manfaat Fungsional (Functional Benefit Fulfilment), Pemenuhan
Jaminan Operasional (Operational Assurance Fulfilment), Keandalan Produk
(Product Reliability) dan Kualitas Pelayanan Purna Jual (Service Quality). Selain
itu, penelitian ini juga melibatkan Variabel Moderator Disiplin Operasional
(Operational Discipline) dan Pengetahuan Operational (Operational Knowledge)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel yang terbukti berpengaruh
terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel Pemenuhan Manfaat Fungsional,
Pemenuhan Jaminan Opersional, dan Keandalan Produk. Sedangkan variabel
Kualitas Pelayanan Purna Jual tidak berpengaruh secara signifikan terhadap
kepuasan pelanggan. Disamping itu Variabel Moderator Pengetahuan serta
Disiplin Operasional terbukti dapat memperkuat maupun memperlemah hubungan
antara variabel independen yang diuji dengan variabel dependen Kepuasan
Pelanggan.

ABSTRACT
This study aims to determine factors that influences of customer?s motorcycle
satisfaction by using the method of Structural Equation Modeling (SEM). Data
were collected to customer of moped and skutic in Jabodetabek, using
questionnaires. Variables used in this study are Functional Benefit Fulfillment,
Operational Assurance Fulfillment, Product Reliability, Service Quality and also
Operational Discipline & Knowledge as Moderator Variable. The result showed
that the factors that significantly affect satisfaction of customer are Functional
Benefit Fulfillment, Operational Assurance Fulfillment and Product Reliability.
While service quality has no influence towards patient satisfaction. Also, this
study proved to be significant that Discipline and Knowledge Operational has
effect to relationship between independent and dependent variable."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43055
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fatkhurrohman
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor inovasi terhadap peningkatan loyalitas pelanggan pada perusahaan telekomunikasi. Perusahaan telekomunikasi yang dijadikan objek penelitian adalah PT Indosat Tbk., sampel diambil dari pelanggan Indosat yang berada di Jabodetabek dan menggunakan produk dan layanan GSM dari Indosat. Faktor inovasi yang digunakan adalah relative advantage dan compatibility, dan dilihat dari 4 area inovasi yaitu produk, layanan, teknologi, dan pemasaran. Sedangkan loyalitas pelanggan tersusun dari beberapa anteseden, yaitu customer expectation, perceived quality, perceived value, corporate image, customer satisfaction, customer trust/confidence, customer commitment, customer complaint, dan customer loyalty. Dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) didapatkan bahwa ternyata faktor inovasi tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, namun tetap memiliki pengaruh total yang signifikan melalui pengaruhnya terhadap anteseden dari loyalitas, seperti customer expectation, perceived quality, corporate image, dan customer trust/confidence. Selain itu, didapatkan pula bahwa faktor inovasi (relative advantage dan compatibility), komitmen pelanggan (customer commitment), kepercayaan pelanggan (customer trust/confidence), dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction) merupakan empat faktor utama yang memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Indosat. Melalui pengaruhnya yang signifikan terhadap loyalitas, Indosat perlu mempertimbangkan faktor inovasi (relative advantage dan compatibility) dalam meningkatkan loyalitas pelanggannya, yang pada akhirnya akan meningkatkan value dari Indosat.

This study aimed to investigate the influence of innovation factors to increase customer loyalty in the telecom companies. Telecommunications Company which becomes object of the research is PT Indosat Tbk., and samples were taken from our customers who live in Jabodetabek and use of products and services from Indosat's GSM. Innovation factors used are relative advantage and compatibility, and its being view from four areas of innovation, product, service, technology, and marketing. While customer loyalty is composed of several antecedents, namely customer expectation, perceived quality, perceived value, corporate image, customer satisfaction, customer trust/confidence, customer commitment, customer complaint, and customer loyalty. Structural Equation Modeling (SEM) using showed that in fact innovation factors has no significant direct influence on customer loyalty, but still has a significant total effect through its influence on the antecedents of loyalty, as customer expectation, perceived quality, corporate image and customer trust/confidence. In addition, it was found also that the factor of innovation (relative advantage and compatibility), commitment of customer, customer trust, and customer satisfaction are the four main factors that have significant influence on customer loyalty in Indosat. Through a significant effect on loyalty, Indosat will need to consider the factor of innovation (relative advantage and compatibility) in improving customer loyalty, which in turn will increase the value of Indosat."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51952
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Renata Early Setiawan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada minuman kesehatan RTD khususnya Adem Sari Ching Ku serta perumusan rekomendasi strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan untuk memperluas pangsa pasar Adem Sari Ching Ku. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk pengolahan data menggunakan metode covariance based-structural equation modeling (CB-SEM) dan dengan melakukan wawancara kepada ahli untuk menentukan nilai kepentingan dari setiap faktor yang akan dianalisis menggunakan importance – performance matrix. Berdasarkan hasil CB-SEM, didapatkan bahwa harga merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan menurut importance – performance analysis, harga dan promosi merupakan indikator yang masuk ke dalam zona perbaikan. Oleh karena itu, dirumuskan empat rekomendasi strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Adem Sari Ching Ku, yaitu dengan kolaborasi dengan influencer, meluncurkan produk baru dengan varian rasa yang berbeda dan rendah gula, mengubah desain kemasan, dan membuat promo spesial melalui media sosial.

This study aims to determine what factors influence customer satisfaction in RTD health drinks, especially Adem Sari Ching Ku, and formulate recommendations for marketing strategies that can be implemented to expand the market share of Adem Sari Ching Ku. Data in this study were collected using a questionnaire for data processing using the covariance based-structural equation modeling (CB-SEM) method and by conducting interviews with experts to determine the importance of each factor to be analyzed using the importance - performance matrix. Based on the results of CB-SEM, it was found that price is the variable that has the most influence on customer satisfaction. Meanwhile, according to the importance - performance analysis, price and promotion are indicators that fall into the improvement zone. Therefore, four recommended strategies were formulated to increase customer satisfaction of Adem Sari Ching Ku, namely by collaborating with influencers, launching new products with different flavors and low sugar, changing the packaging design, and creating special promos through social media. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmat Afandy Soleman
"Tingginya angka kecelakaan kerja di Indonesia membawa dampak yang serius bagi sektor industri konstruksi. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan yaitu rendahnya kesadaran akan budaya berkeselamatan dalam organisasi. salah satu cara untuk meningkatkan budaya keselamatan yaitu dengan mengelola pengetahuan keselamatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh manajemen pengetahuan keselamatan dalam upaya peningkatan budaya keselamatan dalam industri konstruksi di Indonesia. Besar pengaruh akan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan memperhatikan hubungan statistik manajemen pengetahuan keselamatan dan budaya keselamatan kemudian menggunakan metode delphi untuk pengembangan strategi. Hasil menunjukkan bahwa dengan 14 variabel dan 49 indikator diperoleh 44 hubungan langsung antar variabel dimana 21 hubungan memiliki nilai signifikansi yang tinggi serta 36 hubungan tidak langsung antar variabel yang 3 diantaranya memiliki nilai signifikansi tinggi. Pengaruh antar variabel tersebut menjadi dasar untuk mengembangkan rekomendasi berupa 21 strategi implementasi manajemen pengetahuan keselamatan pada industri konstruksi. Diperlukan adanya studi lebih lanjut terkait variabel-variabel manajemen pengetahuan dalam mengelola budaya keselamatan di Indonesia serta kajian yang berfokus kepada objek atau subjek tertentu dalam mengimplementasikan manajemen pengetahuan keselamatan pada industri konstruksi di Indonesia.

The high number of work accidents in Indonesia has a serious impact on the construction industry. One of the causes of accidents is a low awareness of the culture of security within the organization. One way to enhance a security culture is to manage security knowledge. The study aims to analyze the impact of safety knowledge management in efforts to enhance safety culture in the construction industry in Indonesia. Large influences will be analyzed using the Structural Equation Modelling (SEM) method by looking at the relationship between security knowledge management statistics and security culture and then using the Delphi method for strategy development. The results showed that with 14 variables and 49 indicators, 44 direct relationships were obtained between variables where 21 relationships had high significance values and 36 indirect relationships among variables, 3 of which had high significance values. The inter-variable impact forms the basis for developing recommendations of 21 strategies for implementing safety knowledge management in the construction industry. Further studies related to knowledge management variables in managing a safety culture in Indonesia and studies focused on a specific object or subject in implementing safety knowledge management in the construction industry in Indonesia are needed."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putika Yussi
"Estimasi biaya konseptual pembangunan flyover merupakan estimasi biaya pembangunan pada tahap konseptual, saat pembangunan flyover belum memiliki data perencanaan yang lengkap. Estimasi ini digunakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk usulan penganggaran pembangunan flyover dalam 5 tahun di Rencana Strategis dan 2 tahun di Tahun Jamak. Dalam proses estimasi tersebut, nampaknya menghasilkan estimasi dengan tingkat akurasi yang masih perlu ditingkatkan, yang menyebabkan Perencanaan Pembangunan Daerah menjadi kurang efektif/boros dan kurang tepat manfaat karena ada alokasi lain yg bergeser prioritasnya. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor dalam proses estimasi yang memengaruhi tingkat akurai estimasi biaya konseptual tersebut, yaitu kualitas informasi, kualitas ruang lingkup, kinerja estimator, prosedur proses estimasi, definisi proyek, informasi biaya, karakteristik proyek dan peraturan pemerintah. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan tingkat akurasi estimasi biaya konseptual, dengan membuat model hubungan antar faktor-faktor yang memengaruhi dan antara faktor-faktor tersebut dengan tingkat akurasi estimasi, sehingga dapat diketahui model hubungan, faktor-faktor dominan dalam proses estimasi biaya konseptual yang memengaruhi tingkat akurasi estimasi biaya konseptual pembangunan flyover di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta pengembangan strategi untuk meningkatkan tingkat akurasi estimasi biaya konseptual pembangunan flyover berdasarkan faktor-faktor dominan yang memengaruhinya. Setelah dilakukan penelitian, berdasarkan hasil responden dan analisa model hubungan antar variabel dalam proses estimasi biaya konseptual pembanguan flyover dengan tingkat akurasi dengan menggunakan metode SEM-PLS, model tersebut menghasilkan 12 hubungan yang signifikan antara variabel proses estimasi biaya konseptual pembangunan flyover dengan tingkat akurasi, dengan nilai R-square sebesar 0,279. Serta didapatkan 4 faktor dominan yang memengaruhi akurasi yaitu kualitas informasi, definisi proyek, informasi biaya dan karakteristik proyek. Kemudian setelah mendapatkan strategi-strategi untuk meningkatkan akurasi berdasarkan faktor-faktor dominan tersebut dengan metode gap analisis, kemudian strategi-strategi tersebut disusun ke dalam Panduan Proses Estimasi Biaya Konseptual Pembangunan Flyover di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

The conceptual cost estimation for flyover development is estimated at the conceptual stage when the flyover development does not yet have complete planning data. The Government of DKI Jakarta Province uses this estimation for the budget proposed for flyovers in 5 years in the Strategic Plan and 2 years in the Multi-Year. The estimation process seems to produce estimates with accuracy that still needs to be improved, which causes regional development planning to be less effective/wasteful and less appropriate for benefits because other allocations shift priorities. This situation is due to several factors in the estimation process that affect the accuracy of conceptual cost estimation, namely information quality, scope quality, estimator performance, estimating procedure, project definition, cost information, project characteristics, and government regulations. This research aims to make a model of the relationship between the variables/factors with the accuracy level. The model can identify the relationship between variables/factors, and it can identify the dominant factors that affect the accuracy of conceptual cost estimation. After conducting the research, based on the respondents and the analysis of the relationship model using the SEM-PLS analysis, the model resulted in 12 significant relationships between the variables of the conceptual cost estimation process for flyover development with accuracy, with a value of R-square of 0,279. This research obtained 4 dominant factors that affect accuracy: the quality of information, project definition, cost information, and project characteristics. Then strategies are identified to improve accuracy based on those dominant factors, using the gap analysis method. Then these strategies are compiled into the Guidelines for the Conceptual Cost Estimation Process for Flyover Development in the Provincial Government of DKI Jakarta. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutasoit, Wardana Tabrani
"Kebutuhan akan energy listrik di Indonesia semakin tinggi seiring berkembangnya pembangunan peningkatan pembangunan baik di bidang industri, teknologi dan informasi. Pembangunan yang dilakukan dalam jumlah besar membutuhkan Project Management Office PMO untuk meminimalkan kegagalan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran PMO terhadap pengelolaan proyek ketenagalistrikan dengan menggunakan metode Partial Least Square PLS dimana data akan diperoleh melalui hasil survey dan wawancara kepada pakar dan responden. Hasil yang didapat akan menjadi masukan bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan ketenagalistrikan.

The need for electric energy in Indonesia is getting higher as the development of the construction of an increase both in the construction industry, and information technology. Large scale development requires project management office PMO to minimize failures project management office PMO to minimize failures.
This study aims to determine the role of the PMO on the performance of electrification projects using the Partial Least Square methode where the data will be obtained through surveys and interviews to experts and respondents. The results will be input for companies which engaged in the field of electricity development.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T47503
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Monasisca Noviannei
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pelanggan pada perusahaan telekomunikasi. Perusahaan telekomunikasi yang dijadikan objek penelitian adalah PT Telkomsel, PT Exelcomindo Tbk., dan PT Indosat Tbk., dengan sampel diambil dari pelanggan ketiga operator tersebut yang berada di Jabodetabek dan menggunakan kartu prabayar. Variabel yang digunakan untuk mengetahui pengaruh terhadap kepuasan adalah image (citra perusahaan), customer expectation (harapan pelanggan), perceived quality (kualitas yang dirasakan pelanggan), dan perceived value (nilai yang dirasakan pelanggan). Dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), didapatkan bahwa ternyata faktor customer expectation tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun tetap memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan melalui pengaruhnya terhadap anteseden dari kepuasan, seperti image dan perceived quality. Faktor perceived value tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan. Selain itu, didapatkan pula bahwa factor image, customer expectation, perceived quality, dan customer satisfaction merupakan empat faktor utama yang memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Untuk itu, ketiga operator selular tersebut perlu mempertimbangkan faktor image dan perceived quality dalam meningkatkan kepuasan pelanggannya, yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas pelanggan.

This study aimed to investigate the influence of factors which influenced the increasing of customer satisfaction in the telecommunication companies. Telecommunications Company which becomes object of the research is PT Telkomsel, PT Exelcomindo Tbk., dan PT Indosat Tbk., and samples were taken from their customers who live in Jabodetabek and use their pre-paid cards. The variables which are used to analyze their effects to customer satisfaction are image, customer expectation, perceived quality, and perceived value. The using of Structural Equation Modeling (SEM) showed that customer expectation does not have any significant direct effect on customer satisfaction although still has significant indirect effect through its influence on the antecedents of satisfaction as image and perceived quality. In addition, perceived value does not have any significant effect on customer satisfaction. On the other side, image, customer expectation, perceived quality, and customer satisfaction are four factors which have significant effect on loyalty. Thus, those providers need to consider the factor image and perceived quality in improving customer satisfaction, which in turn will increase the loyalty of their customers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S817
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>