Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 104127 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mazarani Oktavia Myzar
"Penelitian ini membahas mengenai pembinaan minat baca melalui Program Cinta Membaca di Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan Program Cinta Membaca, dan mengetahui kendala yang dialami Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana dalam menumbuhkan minat baca anak melalui Program Cinta Membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kategori peserta Program Cinta Membaca, proses Program Cinta Membaca, pembinaan minat baca melalui Program Cinta Membaca, kendala pembinaan minat baca pada Program Cinta Membaca, manfaat Program Cinta Membaca dalam menumbuhkan minat baca, serta sikap gemar membaca melalui Program Cinta Membaca. Program Cinta Membaca mampu menumbuhkan minat baca anak melalui pembinaan minat baca dengan hadiah wisata yang menjadi motivasi eksternal anak.

This study discusses the fostering of reading interest through Program Cinta Membaca in Library of Yayasan Pustaka Kelana. The purpose of this study is to describe Program Cinta Membaca, and to know the obstacles experienced by the Library of Yayasan Pustaka Kelana in growing children 39 s reading interest through Program Cinta Membaca. This research is a qualitative research with case study method. Methods of data collection conducted by observation, interview and document studies.
The result of this research is describing the categories of participants in Program Cinta Membaca, process of Program Cinta Membaca, build interest in reading through Program Cinta Membaca, constraints in building reading interest on Program Cinta Membaca, responses of Program Cinta Membaca in growing children 39 s reading interest, and reading attitude through Program Cinta Membaca. Program Cinta Membaca is able to foster children 39 s reading interest through build interest in reading with educational tour prizes that become external motivation of children.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfian Dwi Santosa
"Skripsi ini membahas kegiatan membacakan cerita yang dilakukan oleh Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana di SDN 07 Jatinegara Kaum dalam upaya meningkatkan minat baca anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses persiapan hingga evaluasi serta pengaruh dari kegiatan membacakan cerita oleh pihak Yayasan Pustaka Kelana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam proses kegiatan membacakan cerita oleh pendongeng yayasan pustaka kelana dilakukan sebagai program dan membatasi ruang gerak kreativitas pendongeng. Yayasan Pustaka Kelana perlu melakukan evaluasi agar kegiatan membacakan cerita lebih menarik.

This undergraduate thesis discusses about storytelling activity that was carried out by a storyteller of Library of Yayasan Pustaka Kelana at SDN 07 Jatinegara Kaum in an effort to increase children?s reading interest. The purpose of this research is to describe a process of preparation until the evaluation and the influence of the activity storytelling by Yayasan Pustaka Kelana. This type of research is called a qualitative research with a case study method. The result of this research shows that the process of storytelling by Yayasan Pustaka Kelana depends on the program and the policy of the Yayasan Pustaka Kelana. Therefore, this program needs to be evaluated more interesting storytelling activity."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S62274
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmad
"Skripsi ini membahas proses layanan anak ditinjau dari sudut pandang pustakawan Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pandangan, layanan, dan kendala yang terjadi pada proses layanan anak di Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan di Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana sudah berjalan cukup lancar. Pustakawan telah melayani anak sesuai dengan kebutuhan anak-anak berdasarkan visi dan misi perpustakaan yakni menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini. Namun menurut penulis masih dibutuhkan seorang staf yang memiliki kemampuan dan kompetensi secara khusus dalam melayani anak.

This objective of this research is to discuss about the process of childrens services that Yayasan Pustaka Kelana Library gives based on the librarian overview. The purpose of this study is to identify the opinion, services and the problem happens in the processed of children services at the Yayasan Pustaka Kelana Library. The research is a case study by using qualitative method. The data collection was taken by using participant observation, in-depth interviews and literature review. The results of this research shows that the implementation of children services in Yayasan Pustaka Kelana Library has been done fairly well. The librarians has served the children according to their needs well enough based on their library vision and mission, to gain the children's interest of reading at early age. However, the writer experienced that Yayasan Pustaka Kelana Library still requires a staff which has the good capability and competence in children serving."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65527
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Bian Alamanda
"Skripsi ini membahas mengenai seleksi bacaan anak yang dilakukan oleh pustakawan di Perpustakaan Pustaka Kelana. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan mengenai analisis seleksi bacaan anak yang terdiri dari komponen internal dan komponen eskternal buku. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam proses penyeleksian bacaan anak oleh pustakawan, penyeleksian yang dilakukan tidak berdasarkan kebijakan ataupun prosedur secara tertulis. Namun berdasarkan kebijakan lisan yang berasal dari kepala program di Perpustakaan Pustaka Kelana. Hal tersebut mengakibatkan kebijakan seleksi bacaan anak yang dilakukan di perpustakaan Pustaka Kelana berubah-ubah.

This undergraduate thesis discusses about the books selection analysis for children that was carried out by librarians in Pustaka Kelana Library. The purpose of this research is to describe about the books selection for children, covering internal components and external components. This type of research is called a qualitative research with case study method.
This result of this research shows that process the books selection for children by librarians is not using the policy or procedures writing guide. But, they were using the oral policy or procedures from head of the library programs in Pustaka Kelana Library. That rsquo s effect makes the policy about process the books selection for children in Pustaka Kelana Library is changeable.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67724
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kania Rianthi
"Skripsi ini membahas peningkatan minat baca anak melalui mendongeng. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Pustaka Kelana Rawamangun, Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dibatasi pada kelompok anak yang merupakan anggota Perpustakaan Pustaka Kelana. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan yang dilakukan Perpustakaan Pustaka Kelana untuk meningkatkan minat baca anak melalui kegiatan mendongeng di perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, anak yang gemar mendengarkan mendongeng memiliki minat membaca yang cukup baik. Sehingga kegiatan ini harus terus dikembangkan dan dilakukan secara rutin di perpustakaan.

The Focus of this study is the relationship between storytelling and increased interest in the part of children in readin. The study was conducted at Pustaka Kelana Library in Rawamangun, East Jakarta. Methodologically, this is a case study limited to children who are members of that library. The study concludes that children who enjoy hearing stories told, have a higher interest in reading. As such, storytelling is an activity that should be further developed, and regularly held at the libraries."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15469
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pipit Kesumawardani
"Skripsi ini membahas persepsi siswa sekolah dasar terhadap layanan Perpustakaan Keliling Yayasan Pustaka Kelana apakah positif atau negatif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriftif. Sampel yang diambil sebanyak 102 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa adalah positif terhadap layanan perpustakaan. Hal tersebut dapat dilihat dari persepsi positif terhadap jadwal dan durasi layanan, koleksi, petugas serta fasilitas Perpustakaan Keliling Yayasan Pustaka Kelana.

This thesis discussed about the perception of elementary school students towards Pustaka Kelana Mobile Library service whether positive or negative. This research is descriptive quantitative research design. Samples are taken as many as 102 students. Sampling technique is accidental sampling. The results showed that the perception of students is positive about the library service. This can be seen from the positive perception of the schedule and duration of service, collection, personnel and facilities Pustaka Kelana Mobile Library."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43084
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Shinta Silviana
"Skripsi ini membahas mengenai pola asuh para orangtua yang menggunakan Perpustakaan Anak Rimba Baca sebagai upaya dalam menumbuhkan minat baca anak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola asuh orangtua ketika berada di perpustakaan dan di rumah, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pola asuh orangtua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan jenis pola asuh orangtua merupakan pola asuh demokratis. Oleh karena jenis pola asuh tersebut, maka pola asuh orangtua ketika berada di perpustakaan ialah dengan memberikan kepercayaan kepada staf perpustakaan untuk membantu menumbuhkan minat baca anak melalui kegiatan perpustakaan. Sedangkan di rumah, para orangtua memberikan pengasuhan dengan meluangkan waktu untuk membacakan buku.

This undergraduate thesis discusses on parenting pattern that use at Perpustakaan Anak Rimba Baca as an effort to excite children’s reading interest. The purpose of this research are to identify the parenting at library and at home, and for identify the factors to determine the parenting. This type of research is qualitative research with case study method. The result of this research indicates that the type of parenting id authoritative parenting. Therefore, that type of parenting, the pattern of parenting when the parent at library is gives confidence to library staff in order to help increasing reading interest by library activity. Whereas, at home, parents can take some time to read their children a book."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joko D. Muktiono
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003
028.9 JOK a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fenti Damayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan kebijakan pengembangan koleksi di Perpustakaan Cinta Baca terhadap kegiatan storytelling dalam program Smart Reading. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian adalah pengelola dan peserta program Smart Reading di Perpustakaan Cinta Baca. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara dan observasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Cinta Baca telah melakukan pengembangan koleksi berdasarkan empat komponen yang terdiri dari analisis kebutuhan pengguna, seleksi bahan pustaka, pengadaan, dan evaluasi. Penerapan kebijakan pengembangan koleksi terhadap program Smart Reading berdampak pada terciptanya kriteria koleksi yang digunakan dalam program. Selain itu hadirnya program Smart Reading juga berpengaruh terhadap pengadaan koleksi big book yang berfungsi untuk menunjang kegiatan storytelling dalam program.

This study aims to identify the application of collection development policies in the Cinta Baca Library to storytelling activities in the Smart Reading program. This research was conducted using a qualitative approach with a case study method. The research informants were the managers and participants of the Smart Reading program at Cinta Baca Library. Data collection methods used in this study consisted of interviews and observations.
The results of the study show that the Cinta Baca Library has developed collections based on four components consisting of user needs analysis, library material selection, procurement, and evaluation. The implementation of the collection development policy on the Smart Reading program has an impact on the creation of collection criteria used in the program. In addition, the presence of the Smart Reading program also affected the procurement of a big book collection that served to support storytelling activities in the program.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fenti Damayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan kebijakan pengembangan koleksi di Perpustakaan Cinta Baca terhadap kegiatan mendongeng dalam program Smart Reading. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian adalah pengelola dan peserta program Smart Reading di Perpustakaan Cinta Baca. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Cinta Baca mengembangkan koleksi berdasarkan empat komponen yang terdiri dari analisis kebutuhan pengguna, pemilihan bahan pustaka, pengadaan, dan evaluasi. Penerapan kebijakan pengembangan koleksi pada program Smart Reading berdampak pada terciptanya kriteria koleksi yang digunakan dalam program tersebut. Selain itu, hadirnya program Smart Reading juga berdampak pada pengadaan koleksi buku besar yang berfungsi untuk mendukung kegiatan mendongeng dalam program tersebut.

This study aims to identify the application of collection development policies at the Cinta Baca Library to storytelling activities in the Smart Reading program. This research was conducted using a qualitative approach with a case study method. Research informants are managers and participants of the Smart Reading program at the Cinta Baca Library. The data collection method used in this study consisted of interviews and observations. The results showed that Cinta Baca Library developed a collection based on four components consisting of analysis of user needs, selection of library materials, procurement, and evaluation. The implementation of the collection development policy in the Smart Reading program has an impact on the creation of collection criteria used in the program. In addition, the presence of the Smart Reading program also has an impact on the procurement of a large book collection that functions to support storytelling activities in the program."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>