Ditemukan 68092 dokumen yang sesuai dengan query
Taufan Bahtera
"
ABSTRAKDisamping umumnya praktik Corporate Social Responsibility CSR PADA banyak perusahaan di Indonesia, masih sedikit penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi CSR, terutama faktor terkait karakteristik direksi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh confidence direksi terhadap CSR yang dilakukan perusahaan melalui pendekatan motif keputusan CSR sebagai alat investasi dan manajemen resiko reputasi. Dengan menggunakan skor Environmental, Social, and Governance ESG ASSET4 sebanyak 37 perusahaan dari tahun 2012 sampai 2016, serta proksi confidence berbasis investasi dan media, peneliti menemukan pengaruh positif confidence direksi terhadap CSR. Hasil ini konsisten setelah melakukan analisis sensitivitas menggunakan model CEO.
ABSTRACTThis study aims to test the effect of Directors Confidence on Corporate Social Responsibility CSR. There are two motives of directors in conducting CSR, namely investment and hedging motives. This study use ASSET4 rsquo s Environmental, Social, and Governance ESG to measure CSR, which have not been widely used in CSR previous studies. Investment based and media based measurement are used to measure directors rsquo confidence. Total observations of this study are 185 firm years for the period of 2012 to 2016. This study finds that higher Directors confidence increases CSR disclosure, which support the investment motive."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yola Friana
"Tesis ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan saham institusional, jumlah dewan direksi, jumlah komite audit dan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan PT Bumi Resources, Tbk periode 2007-2011. Penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dan analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian secara parsial terhadap variabel independen struktur kepemilikan saham oleh pihak institusional mempunyai pengaruh positif yang bertolak belakang dengan hasil penelitian atas variabel jumlah komite audit yang berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan.
Hasil penelitian atas variabel independen jumlah dewan direksi dan pengungkapan CSR ditemukan bahwa kedua variabel tersebut tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan (price book value). Sedangkan hasil pengujian atas pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan menunjukkan bahwa variabel independen (kepemilikan saham institusional, jumlah dewan direksi, jumlah komite audit, dan pengungkapan CSR) berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan PT Bumi Resources, Tbk periode 2007-2011.
The purpose of this research is to examine the influence of institutional ownership, size of board of directors, size of audit committee and Corporate Social Responsibility disclosure to firm value of PT Bumi Resources, Tbk period 2007-2011. This research is a case study and using secondary data obtained from Indonesian Stock Exchange. The analysis methods of this research used multiple regresion linear. The result of this research indicate that institutional ownership has a positive effect to firm value (price book value), in contrast with size of audit committee which has a negative effect to firm value (price book value). Meanwhile, size of board of directors and Corporate Social Responsibility disclosure have no significant effect to firm value (price book value). Existence of institutional ownership, size of board of directors, size of audit committee and Corporate Social Responsibility disclosure simultaneously have a significant effect to firm value (price book value) of PT Bumi Resources, Tbk period 2007-2011."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34641
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Hawkins, David E.
New York .: Palgrave Macmillan, 2006
658.408 Haw c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Dinda Andhini Pratiwi
"Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap biaya hutang (cost of debt). Kegiatan corporate social responsibility (CSR) dinilai oleh kreditur berdasarkan pengungkapan informasi CSR perusahaan melalui laporan tahunan perusahaan. Untuk pengungkapan CSR dinilai dengan menggunakan skor berdasarkan pedoman GRI G3 yang terdiri dari 80 indikator. Pengujian hipotesis dengan model regresi linier berganda yang menggunakan sampel sebanyak 226 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010 dan 2011 serta menghasilkan 390 observasi (firm year).
Hasilnya penelitian ini menunjukkan bahwa hanya pengungkapan dimensi sosial yang memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap cost of debt. Semakin banyak pengungkapan dimensi sosial yang dilakukan oleh perusahaan, maka dapat menurunkan biaya hutang (cost of debt). Sedangkan untuk pengungkapan CSR secara keseluruhan dan dimensi lainnya (ekonomi, lingkungan, hak tenaga kerja, masyarakat, dan tanggungjawab produk) tidak berpengaruh terhadap cost of debt.
This study aims to determine the effect of corporate social responsibility disclosure on the cost of debt. CSR activities are rated by lenders according to the company's CSR disclosure by the company's annual report. For CSR disclosure was assessed using a score based on the GRI G3 guidelines consisting of 80 indicators. Hypothesis testing with multiple linear regression model using a sample of 226 companies listed on the Indonesia Stock Exchange during 2010 and 2011 and generate 390 observations (firm year).The result of this study indicate that the disclosure of corporate social responsibility, both overall and based on six dimensions according to GRI (economic, environmental, social, human rights, community, and the responsibility of the product) has a negative effect on cost of debt. The more disclosure by companies, it can lower the cost of debt."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Norris, Gweneth
Amsterdam: CIMA Publishing, 2005
658.4 Nor c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Norris, Gweneth
Amsterdam: CIMA Publishing, 2005
658.4 Nor c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Dhany Heraldo
"Isu corporate social responsibility (CSR) semakin menarik untuk diperhatikan seiring banyaknya gerakan sosial untuk selamatkan lingkungan hidup. Perusahaan tidak lagi hanya mencari keuntungan untuk para investor saja, tetapi juga memperhatikan kesejahteraan para pemangku kepentingan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh corporate social responsibility terhadap cost of equity capital perusahaan, baik di sektor non finansial maupun sektor finansial. Penelitian ini menggunakan metode data panel dan varibel kontrol berupa beta, size, book to market ratio, dan leverage. Hasilnya adalah corporate social responsibility dapat menurunkan cost of equity capital dari suatu perusahaan, baik sektor non finansial maupun finansial.
The issue of corporate social responsibility (CSR) is increasingly interesting to note that as the number of the social movement to save the environment. Companies are no longer just looking for a profit for investors, but also welfare of other stakeholders. This study aims to see how the influence of corporate social responsibility towards the cost of equity capital of the company, both in the non-financial and financial sectors. This study uses panel data and control variables such as beta, size, book-to-market ratio, and leverage. The result is a corporate social responsibility can reduce the cost of equity capital of a company, both financial and non-financial sectors."
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013
S45299
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Paramita Nur Kurniati
"Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh aktivitas Corporate Social Resposibility (CSR) terhadap tingkat agresivitas pajak pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2009-2010. Tulisan ini juga menguji apakah keberadaan insentif pajak terkait CSR yaitu PP No. 93 Tahun 2010 memperkuat hubungan negatif antara aktivitas CSR yang diungkapkan dengan tingkat agresivitas pajak perusahaan. Perusahaan dengan aktivitas CSR tinggi diduga akan lebih hati-hati dalam mengambil kebijakan pajak. Insentif pajak diharapkan mampu mendorong perusahaan semakin meningkatkan aktivitas CSR yang dilakukannya. Aktivitas CSR yang dilakukan perusahaan diukur dengan menggunakan skor CSR Disclosure, sedangkan agresivitas pajak diukur dengan menggunakan Current Effective Tax Rate.
Hasil penelitian menyatakan bahwa aktivitas CSR tidak berpengaruh terhadap tingkat agresivitas pajak perusahaan begitu pula insentif pajak tidak terbukti memiliki pengaruh terhadap hubungan tersebut. Hal ini dimungkinkan karena banyak perusahaan yang melakukan CSR hanya untuk memenuhi tuntutan dan hukum yang berlaku tanpa mengaitkannya dengan strategi perusahaan termasuk terkait pajak.
This study aims to examine the influence of corporate social resposibility activities (CSR) to the level of tax aggressiveness on listed companies in the Indonesian Stock Exchange period 2009-2010. This paper also examines whether the presence of CSR-related tax incentives (PP. 93 in 2010) to strengthen the negative relationship between disclosed CSR activities on the level of corporate tax aggressiveness. Companies with high level of CSR activities is expected to be more careful in making tax decisions. Tax incentive is expected to encourage companies to increase their CSR activities. CSR activities undertaken measured by score of CSR Disclosure and tax aggressiveness measured by current effective tax rate. The results showed that CSR activities do not affect the level of tax aggressiveness also tax incentives are not proven to have any effect on these relationship. The possibility is because there are many companies doing CSR just to meet the public pressure also the law without referring to the company's strategy, including related taxes."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44241
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Bunga Nirmalasari
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh direktur utama dengan pengalaman bekerja di luar negeri, kepemilikan asing, perdagangan internasional, dan variabel control berupa ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Sampel pada penelitian ini adalah 94 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010. Penelitian ini menganalisis laporan tahunan perusahaan dengan metode content analysis berdasarkan indeks GRI Level C dengan kategori ekonomi, lingkungan, dan kemasyarakatan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari ketiga variabel independen dan ketiga variabel control yang digunakan, direktur utama dengan pengalaman bekerja di luar negeri dan kepemilikan asing berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR berdasarkan indeks GRI Level C. Variabel control berupa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR berdasarkan indeks GRI Level C di Indonesia.
This research is aimed to analyze the influence of the CEO with the experience working abroad, foreign ownership, international trade, and the control variables of firm size, leverage and profitability on Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure. The samples of this research are 94 manufacture firms listed in Indonesian Stock Exchange (IDX) at 2010. Using Content Analysis method based on Level C GRI index by category of economic, environmental, and social to analyze firm?s annual report. The results of this research show that from the three independent variables and three control variables are used, the CEO with the experience working abroad and foreign ownership are significant positive effect on CSR disclosure based on GRI Level C. Control variables such as firm size significant positive effect on CSR disclosure based on GRI Level C in Indonesia."
Depok: Program Sarjana Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Gyandra Sekar Ahyinaa
"Adanya kebutuhan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang kompeten menyebabkan terjadinya talent war antar perusahaan. Dengan begitu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan job pursuit intention calon pelamar kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran mediasi corporate reputation terhadap pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan job pursuit intention pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Variabel yang diuji adalah lima dimensi CSR, yaitu workplace economic responsibility, legal responsibility, ethical responsibility, philanthropic responsibility, dan environmental responsibility. Serta corporate reputation yang berperan sebagai variabel mediasi antara dimensi CSR dan job pursuit intention. Terdapat 270 responden yang menjadi data pada penelitian ini dikumpulkan dari kuesioner yang disebarkan secara online dan dianalisis menggunakan model Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software Lisrel 8.8. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa CSR berpengaruh positif signifikan terhadap corporate reputation. Selain itu, corporate reputation juga berpengaruh positif signifikan pada job pursuit intention dan memediasi hubungan antara CSR dan job pursuit intention. Namun, CSR memiliki hubungan negatif signifikan terhadap job pursuit intention. Untuk itu, penting bagi BSI membangun corporate reputation agar job pursuit intention dapat meningkat.
The need to obtain competent human resources causes talent wars to occur between companies. Thus, it is important for companies to know the factors that can increase the job pursuit intention of prospective job applicants. The purpose of this study was to determine the mediating role of corporate reputation on the influence of Corporate Social Responsibility (CSR) and job pursuit intention in final-year students of the Faculty of Economics and Business, University of Indonesia. The variables tested are the five dimensions of CSR, namely workplace economic responsibility, legal responsibility, ethical responsibility, philanthropic responsibility, and environmental responsibility. As well as corporate reputation which acts as a mediating variable between the dimensions of CSR and job pursuit intention. There were 270 respondents who became the data in this study were collected from questionnaires that were distributed online and analyzed using the Structural Equation Model (SEM) using Lisrel 8.8 software. The results of this study prove that CSR has a significant positive effect on corporate reputation. In addition, corporate reputation also has a significant positive effect on job pursuit intention and mediates the relationship between CSR and job pursuit intention. However, CSR has a significant negative relationship with job pursuit intention. For this reason, it is important for BSI to build a corporate reputation so that job pursuit intentions can increase."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library