Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 118688 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rizqy Obindias
"Penelitian di bidang perkapalan pada umumnya berfokus dengan tujuan pengurangan hambatan pada kapal. Pada penelitian ini memfokuskan pada perancangan suatu alat yang bertujuan mengurangi hambatan pada kapal yaitu duct vane. Duct vane adalah suatu alat yang berfungsi untuk memberikan lift pada bagian belakang kapal dan memfokuskan aliran air ke arah propeller. Dasar teori perancangan duct vane berdasarkan dua teori utama yaitu teori hydrofoil dan teori Wake Equalizing Duct WED. Penelitian penggunaan duct vane dilakukan pada kapal model pelat datar berlambung semi trimaran dengan uji kecepatan berbasis remote control dengan beberapa variasi beban muatan yaitu sebesar 250 dan 500 gram.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penambahan duct vane pada kecepatan kapal tersebut. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa rata-rata persentase kenaikan kecepatan pada kapal yang menggunakan duct vane adalah 41 pada semua kondisi pembebanan dan rata-rata persentase pengurangan hambatan pada kapal yang menggunakan duct vane adalah 41,2 dari semua kondisi pembebanan Dari nilai tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan duct vane pada kapal pelat datar berlambung semi trimaran dapat mengurangi hambatan kapal sesuai dengan teori yang ada.

Research in the field of shipping generally focuses on the purpose of reducing resistance of ship. In this study focuses on the design of a tool that aims to reduce the resistance on the vessel duct vane. Duct vane is a device that serves to provide lifts on the rear of the ship and focus the flow of water toward the propeller. Basic theory of duct vane design based on two main theories which is hydrofoil theory and theory of Wake Equalizing Duct WED. Research on the use of duct vane was done on the ship model of flat plate with semi trimaran hull with remote controlled speed test with some variation of load of 250 and 500 gram.
This study was conducted to find out how big the effect of adding duct vane at the speed increasement of the vessel. The result of the research shows that the average percentage of speed on vessels using ductvane is 41 in all loading conditions and the mean percentage reduction of resistance on vessels using duct vane is 41.2 of all loading conditions Of the value, it was concluded that the use of duct vane on a flat plate ship with semi trimaran hull can reduce the ship 39 s resistance according to existing theory.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Fadjar Syah Putra
"Hambatan kapal merupakan permasalahan umum pada kapal yang menjadi fokus penelitian utama menguranginya. Penelitan ini memfokuskan pada pembuatan alat untuk mengurangi hambatan yang ada pada sebuah inovasi lambung kapal berpelat datar dimana pembuatan lambung ini sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Sisi lain dari lambung ini yaitu bentuknya yang kurang streamline, sehingga menghasilkan hambatan pada kapal. Penelitian mengenai Alat untuk mengurangi hambatan yang terjadi pada lambung tersebut adalah duct vane. duct vane adalah suatu alat yang berfungsi untuk memberikan lift pada kapal pelat datar dan memfokuskan aliran air ke arah propeller. Teori duct vane berdasarkan dua teori utama yaitu teori hydrofoil dan teori Wake Equalizing Duct WED.
Pengujian ini dilakukan menjadi dua bagian yaitu penelitian secara eksperimen dan penelitian dengan menggunakan simulasi computational Fluid Dynamic CFD software ANSYS Fluent. Pengujian dilakukan dengan cara menghitung hambatan dari kapal model pelat datar ketika tidak menggunakan duct vane dan ketika menggunakan duct vane. Pada penelitian ini dihasilkan, penggunaan duct vane pada model kapal pelat datar mengalami penuruna yang tidak signifikan. Hal ini dikarenakan adanya interaksi antara duct vane dengan pembentukan aliran fluida pada bagian belakang kapal pelat datar. Penggunaan duct vane sendiri masih dalam tahap penelitian untuk dikembangkan lebih lanjut pada kapal asli.

Ship resistance is a common problem on ship that are main focus research for reducing them. This research focus on the manufacture of device to reduce for reducing resistance in flat ship hull innovation where the manufacture of this hull is simple and does not require a long time. The other side of this innovation is hull manufacture for flat ship produce non streamline shape, because it flat ship produced more resistance than normal hull. Research on device to reduce it called duct vane. Duct vane is a device that serves to gift lift force on flat ship and focuses the flow of water toward the propeller. The duct vane theory is based on two main theories namely hydrofoil theory and Wake Equalizing duct WED.
The investigation divide with two method firs is using experiment and second is using simulation with ANSYS Fluent 18.2. the focused discussion for this research measured resistance flat ship with and without duct vane. The investigation has shown that using duct vane in flat ship caused decreased resistance, despite it not significant. It can be concluded using duct vane make interaction with flow fluid making in stern of flat ship. Research Development for duct vane need more intens.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Fauzan
"Skripsi ini membahas perancangan sebuah sistem intelligent building dengan SMS sebagai media kontrol terhubung dengan rangkaian pengendali yang dapat menterjemahkan perintah perintah SMS menjadi suatu command control untuk mengendalikan relay board juga memberikan laporan dari feedback device yang dikendalikan oleh mikrokontroller sehingga dapat mengetahui status proses kontrol suatu relay board suatu berjalan dengan benar atau tidak.

This thesis is design an intelligent building system using SMS as control media with control circuit that can translate SMS command to other command controls that can control relay board it's also give report from controlled feed back device that cntrolled by microcontroller to know the system either work or not ."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44486
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Chandra Irawan
"Teknologi SMS sebagai media komunikasi dapat digunakan untuk mengendalikan perangkat IoT seperti SCADA Supervisory Control and Data Acquisition untuk pengontrolan suatu proses dalam sistem kendali industri berbasis computer . Serta sebagai alternatif yang handal pengganti media Internet untuk kendali jarak jauh. Namun, teknologi SMS masih memiliki kekurangan terhadap aksi penyadapan. Oleh karena itu pada penelitian ini dirancang pengendalian jarak jauh melalui SMS berbasis algoritma enkripsi NTRU dan kompresi GZIP yang di implementasikan pada Raspberry Pi dan perangkat Android.
Dari hasil uji coba penerapan algoritma NTRU dan GZIP pada Raspberry pi menghasilkan parameter bilangan prima 5 sampai 23 untuk membangun public key dan dalam proses enkripsi dekripsinya. Dengan rentang parameter tersebut membuat perintah dapat dikirim dalam 1 kali SMS tidak lebih dari 160-byte . Dengan menggunakan parameter optimal yaitu 23, implementasi enkrispi dan kompresi dilanjutkan pada hasil performa untuk menggerakan 3 aktuator relay, servo, dan LED PWM dengan 100 perintah yang dikirim berhasil diterjemahkan untuk dieksekusi pada aktuator.

SMS Technology as a communication medium can be used to control the IoT device for example, SCADA Supervisory Control And Data Acquisition . However, SMS technology still has a disadvantage of wiretapping. Therefore, in this study designed remote control system via SMS based NTRU Encryption and GZIP compression algorithm that is implemented on Raspberry Pi and Android devices to control the actuator.
Based on the result, the best parameter size of NTRU encryption and GZIP compression algorithm is 5 until 23 to build public key and encryption decryption process that can be sent in one time SMS not more than 160 bytes. Using the optimum parameter of 23, the encryption and compression implementation are continued on the performance result to drive three actuators relay, servo and LED PWM with 100 of the commands sent successfully decrypted for control the actuator.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68743
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Giovanni Kela Kusumadewa
"Penambahan hydrofoil diketahui dapat mengurangi hambatan kapal dan menambah kecepatan kapal. Penelitian penggunaan hydrofoil di kapal model pelat datar berlambung semi trimaran dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penambahan hydrofoil pada kecepatan kapal tersebut. Dengan menggunakan mesin dan konfigurasi elektrik serta remote control, didapatkan hasil kecepatan tertinggi kapal model yakni pada 15 End Point Adjustment EPA di remote control atau senilai 1920 RPM putaran propeller dengan nilai perbandingan kecepatan 7 . Dari nilai tersebut, disimpulkan bahwa kapal pelat datar berlambung semi trimaran dengan tambahan hydrofoil akan mengurangi hambatan kapal pada kecepatan yang lebih tinggi sesuai dengan teori yang ada.

It is known that attaching hydrofoil into a boat will reduce the drag and increase the velocity instead. This research is about to discover the influence of hydrofoil attachment on a semi trimaran flat hull model boat. By using the electrical motor and configuration including remote control, the highest velocity is on 15 End Point Adjustment from remote control or equals to 1920 RPM with the comparison is 7 . From the result, the conclusion is that the semi trimaran flat hull model boat with hydrofoil attachment is able to reduce the drag from boat in accordance with the rising velocity."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67922
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Darell Joel Harlis
"Tingginya tingkat penularan penyakit menular sepert Covid-19 pada pandemi telah membuat seluruh dunia menderita. Tenaga medis yang merupakan gardu terdepan dalam menanggulangi pandemi, para tenaga medis seringkali terpapar oleh penyakit menular yang diakibatkan oleh tinngginya frekuensi interaksi dengan pasien yang mengidap penyakit menular ini. Salah satu interaksi yang sering dilakukan adalah penggantian cairan infus kepada pasien. Untuk melakukan penggantian infus dibutuhkan tiang infus yang dapat mengganti kolf atau botol cairan infus secara otomatis dan dapat mengatur jumlah tetesan permenit dari kolf. Penggantian dan pengaturan kolf ini dapat dikendalikan secara jarak jauh oleh protokol MQTT dan terkoneksi dengan Wi-Fi yang diterima oleh Wi-Fi microcontroller module sehingga servo dapat dikendalikan dari jarak jauh oleh tenaga medis dan tidak berinteraksi langgsung dengan pasien yang terpapar virus. Tiang infus pun harus memenuhi standard keamanan oleh international standard IEC 60601-1 9.4.2. Sehingga terhindar dari darah yang naik ke selang infus atau terjadinya penyumbatan pada selang infus. Kecepatan dari infuspun dapat dikendalikan dengan mengatur aliran cairan yang mengalir pada selang. Dengan adanya pengganti infus otomatis ini diharapkan terjadinya penurunan interasksi tenaga medis dengan pasien dan mengoptimalkan waktu dari tim medis untuk menangani jumlah pasien yang membeludak tinggi akibat dari pandemi ini.

The high rate of transmission of infectious diseases such as Covid-19 in a pandemic has made the world suffer. Medical personnel who are at the forefront of tackling a pandemic, medical personnel who are carried out by infectious diseases caused by interactions with patients with infectious diseases. One of the interactions that is often carried out is the replacement of intravenous fluids to patients. In order to change the infusion, an infusion pole is needed that can change the intravenous bag of infusion fluid automatically and can adjust the number of drops per minute of intravenous bag. Changing and setting this kolf can be controlled remotely by the MQTT protocol and connected to Wi-Fi received by the Wi-Fi servo microcontroller module can be controlled remotely by medical personnel and does not interact with patients exposed to the virus. Infusion poles must also meet the safety standards by the international standard IEC 60601-1 9.4.2. So that it avoids blood rising to the infusion tube or the occurrence of the infusion hose. The speed of the infusion can be controlled by adjusting the flow of fluid flowing in the hose. With this automatic infusion replacement, it is hoped that there will be a decrease in the interaction of medical personnel with patients and optimizing the time of the medical team to handle the high number of patients due to this pandemic."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puji Susanto
"DTMF (Dual Tone Multi Frekwensi) merupakan frekwensi yang sudah banyak digunakan dalam peralatan sehari-hari, sehingga tidak sulit mencari IC dan komponen yang mendukungnya baik enkoder maupun dekodernya. Dengan frekwensi yang telah tertentu tersebut dapat digunakan sebagai kode untuk mengaktifkan atau menonaktifkan suatu peralatan. Frekwensi Modulasi merupakan gelombang radio yang fleksibel karena tetap bisa digunakan walaupun terhalang oleh tembok atau gedung, jangkauan bisa mencapai beberapa kilometer tergantung daya pancar frekwensi radio dan kondisi daerah sekelilingnya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40016
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunizar Zen
"Robot Penjelajah Berkamera dengan Kendali Nirkabel berbasis Mikrokontroller ini dibuat dengan mengunakan beberapa komponen diantaranya motor DC sebagai roda, motor servo sebagai penggerak lengan dan kamera, L298 sebagai driver motor, mikrokontroller sebagai IC kendali, dan RLP - TLP 434 sebagai modul receiver transmitter. Untuk mengetahui robot berfungsi dengan baik, dilakukan pengujian pada masing-masing modul tersebut. Dari hasil pengujian diharapkan dapat diciptakan robot yang mampu dikendalikan secara wireless, mampu menampilkan gambar yang ditangkap kamera, dan juga menggerakkan lengan secara sempurna. Robot penjelajah ini dikendalikan dari jarak jauh secara wireless dan dapat dilihat tampilan kamera di monitor PC dengan menggunakan kendali
visual yang dibuat dengan Delphi."
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2011
S70327
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Linieritas adalah suatu keadaan ideal yang ingin dicapai pada setiap respon keluaran suatu sensor. Keterbatasan dalam liniearitas respon keluaran disebabkan karena distribusi polynomial persamaan respon terseburt. Keterbatasan dalam liniearitas mempengaruhi daerah keda suatu sensor. Linierisasi adalah metoda untuk mengkompensasikan efek dari karakteristik respon yang polynomial itu. Namun ada cars lain untuk menghindari daerah respon yang tidak linier, walaupun daerah kela sensor yang tersebut besar. Dengan penerapan metoda parsial terhadap suatu pola daerah penyensor, maka pada penelitian sensor tekanan kapasitif ini dicoba untuk dirancang suatu model sensor tekanan yang memiliki daerah kela yang luas. Namun pada respon keluaran diharapkan munculnya linieritas yang baik. Penerapan sensor tekanan yang luas ini sudah dipakai pada sensor tekanan MPX-series produksi dari Motorola. Range tekanan yang diaplikasikan kepada sensor ialah dari 0 kPa sampai 200 kPa. Pada respon keluaran dari sensorkapasitif yang dirancang ini, didapatkan besar kapasitansi dari 5,29 amto FARAD sampai 7,22 amto FARAD."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S38799
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andry Siswanto
"Karakteristik dari bentuk kapal memiliki peranan penting dalam pengoperasian dan daerah pelayarannya. Penggunaan teknologi bentuk haluan model kapak (Axe bow) mempunyai nilai efesiensi yang tinggi karena tahan terhadap kondisi pitching dan mencegah resiko slamming. Pemanfaatan bentuk lambung bawah semi trimaran sebagai pengarah aliran air (water tunnel) dapat meningkatkan efesiensi dari sistem propulsi. Instalasi hydromodel remote control pada kapal model pelat datar (flat hull) dengan pemanfaatan teknologi bentuk tersebut dijadikan sebagai sarana uji coba karena memiliki kemampuan olah gerak seperti kapal sesungguhnya. Uji coba kecepatan kapal model dilakukan dengan variasi putaran propeller dengan penggunaan 2 daun dan 3 daun propeller. Hasil pengujian akan memperlihatkan penggunaan propeller yang paling efektif dan karakter dari bentuk kapal di atas air secara visual.

The characteristics of the shape of the vessel has an important role in the operation and sail area. The use of technology form the bow of the model ax (Axe Bow) has high efficiency values as resistant to pitching condition and prevent the risk of slamming. Utilization of semi trimaran bottom hull form a steering flow (water tunnel) can improve the efficiency of the propulsion system. Installation hydromodel remote control on a flat plate model ship with the use of technology such forms as a means of testing because it has navigation capabilities like real ships. A model ship speed trials conducted with variations of propeller rotation with the use of 2 blades and 3 blades propeller. The test results will show that the most effective use of propeller and character of the shape of the vessel above the water visually."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S59432
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>