Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7803 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mery Yanti
Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika,Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2016
302 BPT 14:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Malahayati
Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2023
374.012 MAL m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Luthfiani Ikhwania
"Penelitian ini membahas tentang peran akun Instagram @katakecilkana dalam menumbuhkan keterampilan literasi informasi pada orang tua anak usia dini. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengidentifikasi peran akun Instagram @katakecilkana dalam menumbuhkan keterampilan literasi informasi pada orang tua anak usia dini. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan informan dan observasi aktivitas akun Instagram @katakecilkana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun Instagram @katakecilkana berperan dalam menumbuhkan keterampilan literasi informasi pada orang tua anak usia dini. Hal ini didukung dengan adanya konten infografis yang diunggah pada akun Instagram @katakecilkana dapat menumbuhkan keterampilan literasi informasi pada orang tua anak usia dini. Selain konten infografis, konten mendongeng juga mendukung peran akun Instagram @katakecilkana dalam menumbuhkan keterampilan literasi informasi pada orang tua anak usia dini.

This research discusses the role of the @katakecilkana Instagram account in growing information literacy skills in parents with young children. The purpose of this study is to identify the role of the @katakecilkana Instagram account in improving information literacy skills in parents with young children. This research was conducted through qualitative research using the case study method. Data was collected by doing an in-depth interview with informants and by observing the activity of the @katakecikana Instagram account. Results showed that the @katakecilkana Instagram account played a role in growing information literacy skills in parents with young children. This finding is supported by the infographic content on the @katakecilkana Instagram account which was able to improve information literacy skills in parents with young children. In addition to infographic content, storytelling content also supports the role of the @katakecilkana Instagram account in improving information literacy skills in parents with young children."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sony Pawoko
"UI 5 merupakan model literasi informasi di Universitas Indonesia yang terdiri dari 5 tahapan kegiatan dalam melakukan literasi informasi yaitu; identifikasi, eksplorasi, evaluation, analisa dan sintesa, etika informasi"
Perpustakaan Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sony Pawoko
"Secara sederhana, literasi informasi adalah kemampuan mencari, mengevalusi, dan menggunakan informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien. Hakikat dari literasi informasi adalah seperangkat keterampilan yang diperlukan untuk mencari, menelusur, menganalisis, dan memanfaatkan informasi."
Perpustakaan Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sony Pawoko
"Tujuan dari pengajaran materi literasi informasi bagi mahasiswa baru adalah untuk memberikan kemampuan strategi penelusuran informasi yang baik dan benar dan mempersiapkan mahasiswa menjadi pemelajar seumur hidup. Setelah mengikuti program literasi informasi, mahasiswa diharapkan dapat:
1) mengerti proses untuk mendapatkan informasi, mengidentifikasi dan menggunakan informasi;
2) mampu mengevaluasi berbagai sumber informasi yang otoritatif dan kredibel;
3) mengerti tentang plagiat dan hak cipta;
4) mengetahui layanan dan fasilitas yang tersedia di Perpustakaan UI;
5) mampu mengakses informasi yang tersedia di pangkalan data Perpustakaan UI dan dari Internet dengan efektif dan efisien;
6) mengerti ketentuan/peraturan yang berlaku di Perpustakaan UI. "
Depok: Perpustakaan Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
London: Facet, 2006
028.7 DIG
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sharfina Fitri Indrayadi
"ABSTRAK
Teknologi telah berhasil mengubah perilaku masyarakat dan membangun cara berpikir mereka dalam kehidupan sehari-harinya.Berkat akibat kemajuan teknologi yang cepat, banyak orang telah bermigrasi dari media konvensional ke media yang lebih kontemporer atau lebih sering dikenal sebagai media digital. Dengan teknologi baru yang digunakan oleh khalayak massa, kompetensi pengguna dalam memanfaatkan media digital menjadi harus diamati dengan sangat hati-hatiLiterasi digital atau pengetahuan digital tidak lagi hanya sebuah prinsip, tetapi juga menjadi ilmu yang berperan dominan dalam membentuk pengetahuan pengguna Internet dalam mengumpulkan informasi secara online. Ketika Web 2.0 diperkenalkan, pengguna Internet memiliki kebebasan mengeksplorasi dan berkolaborasi dalam hal-hal yang tersebar di dalam Internet. Sumber berita yang ditemukan pada dasarnya menjadi tersedia di mana-mana dalam jaringan, dari mulai penerbit berita resmi sampai salah satu fitur Web 2.0, media sosial.Dengan mengetahui bahwa orang remaja adalah jumlah pengguna media sosial terbesar, pentingnya memahami literasi digital menjadi sangat mendesak bagi masyarakat. Dengan metode penelitian kualitatif, jurnal ini akan memeriksa tingkat literasi digital dengan mengamati dan melakukan penyelidikan mendalam terhadap perilaku media sosial remaja ketika mengumpulkan informasi secara online. Tujuan jurnal ini adalah mengevaluasi tahap kerangka melek digital seperti yang diperkenalkan oleh Renee Hobbs yang umum ditemukan pada remaja, khususnya mahasiswa sarjana.

ABSTRACT
Technology has succeeded to change people behaviour and construct their way of thinking in everyday life. Due to rapid technology advances, people have migrated from conventional media to a more contemporary media that is often known as the digital media. With a new technology being used by mass audience, user 39 s competence in utilizing digital media should be observed carefully.Digital literacy is no longer just a principle, but it 39 s a science that play dominant part in shaping user 39 s knowledge in gathering online information. When the Web 2.0 was introduced, Internet user has the freedom to explore and collaborate to things that is shared through the Internet. News resources are found basically everywhere within the network, from the official news publisher, to Web 2.0 most visited feature called the social media.Knowing that young adults have prevailed the number of social media users, the importance in understanding digital literacy becomes very urgent for society. Using qualitative research method, this journal will examine the level of digital literacy by observing and seeking an in depth investigation towards young adults social media behaviour when gathering online information. The purpose of this journal is to evaluate which stages of digital literacy framework as introduced by Renee Hobbs that is commonly found in young adults. "
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rendra Sukana
"Pengguna internet merasakan kekhawatiran akan privasi mereka di internet seiring dengan maraknya isu penyalahgunaan dan pembobolan informasi personal. Literasi digital dapat membantu pengguna melindungi dirinya dari resiko penyalahgunaan privasi. Sementara itu, bias optimisme membuat pengguna merasa bahwa orang lain lebih rentan terkena resiko penyalahgunaan privasi dibandingkan dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara literasi digital dan kekhawatiran privasi serta peran bias optimisme sebagai moderator. Data dari 216 mahasiswa Universitas Indonesia menunjukkan bahwa tidak ada peran moderasi dari bias optimisme pada korelasi antara literasi digital dan kekhawatiran privasi. Selain itu, juga tidak ditemukan adanya korelasi yang signifikan antara literasi digital dan kekhawatiran privasi. Penelitian selanjutnya harus terus menggali faktor-faktor lain yang dapat terhubung dengan kekhawatiran privasi di Indonesia.

Internet users begin to feel concerned about their information privacy as online privacy issues keep emerging. Digital literacy could help users to protect their online privacy, while people with high optimistic bias believe that others are more vulnerable to privacy risks than themselves. This study investigated the relationship between digital literacy, information privacy concern and the moderating role of optimistic bias using the sample of 216 students of Universitas Indonesia. The results of this study do not show any moderating effects of optimistic bias. Furthermore, the author found no significant correlation between digital literacy and information privacy concern. Further research should examine other factors that may play significant role in indonesians' information privacy concern."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fairuza Alief
"Kemajuan teknologi telah mempengaruhi berbagai sektor, termasuk sektor keuangan, dengan pinjaman digital sebagai salah satu layanan yang makin diminati masyarakat. Penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengajuan pinjaman digital di kalangan konsumen menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), dengan memperluas cakupan dengan Perceived Trust, Perceived Risk, dan Financial Literacy melalui metode survei terhadap 342 responden yang telah menggunakan layanan pinjaman digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Trust dan Financial Literacy memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap niat untuk menggunakan pinjaman digital. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa aspek keamanan dan privasi data memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi kegunaan (Perceived Usefulness) dan kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use) aplikasi pinjaman digital. Temuan ini memiliki implikasi praktis bagi penyedia layanan keuangan untuk meningkatkan kualitas layanan dan edukasi literasi keuangan guna mendorong adopsi pinjaman digital di masyarakat. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan baru tentang perilaku konsumen dalam konteks teknologi finansial dan menawarkan rekomendasi strategis untuk memperkuat kepercayaan dan penggunaan layanan pinjaman digital.

Technological advancements have impacted various sectors, including the financial sector, with digital lending emerging as a highly favored service among the public. This study explores the factors influencing the adoption of digital lending among consumers by utilizing the Technology Acceptance Model (TAM) and extending its scope to include Perceived Trust, Perceived Risk, and Financial Literacy. A survey method was employed, involving 342 respondents who have used digital lending services. The findings indicate that Perceived Trust and Financial Literacy have a significant positive effect on the intention to use digital lending. The study also confirms that data security and privacy aspects significantly influence the Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use of digital lending applications. These findings have practical implications for financial service providers to enhance service quality and financial literacy education to promote the adoption of digital lending in society. Therefore, this research provides new insights into consumer behavior in the context of financial technology and offers strategic recommendations to strengthen trust and the usage of digital lending services."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>