Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19578 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Darwanto
"Penguatan daya saing UMKM di Indonesia dinilai penting seiring dengan era keterbukaan persaingan global dengan berlakunya masyarakat ekonomi ASEAN tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa model dan strategi penguatan daya saing internasional UMKM dengan potensi ekonomi local berdasarkan pendekatan LEDI - 9F. Penelitian in menggunakan penedekatan analisis isi dan analytic networking process (ANP). Penelitian ini meneumkan bahwa model penguatan daya saing internasional UMKM dapat dilakukan melalui model kemitraan antara berbagai stakeholders baik ditingkat kabupaten, provisnsi maupun tingkat pusat. Strategi yang dapat digunakan agar UMKM yang memilki potensi ekonomi local mempunyai daya saing internasional adalah optimalisasi penerapan teknologi pertanian, strategi manajerial dan bisnis, strategi integritasi vertical dan horizontal, strategi peningkatan kualitas dan kuantitas produk, strategi pendidikan dan pelatiahan tenaga kerja, optimalisasi peran pemerintah dan intansi terkait, pelatihan kewirausahaan bagi UMKM dan calon pengusaha, strategi kemitraan dan pengembangan profesionalitas, dan strategi peningkatan kapasitas."
Jakarta: Faculty of Economics and Business State Islamic University (UIN) Syarif Hidayatullah, 2018
330 JETIK 17: 1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Halim Putera Siswanto
"Abstrak
Many business owners attempt to apply for bank credit, but not all of them are approved. This study aims to reveal the factors determining credit approval to Micro, Small, and Medium Enterprises (MSME). The variables used in this study are the owners capital, company establishment, collateral value, credit amount, owners age, and good relationship with the bank. In this study, the logit model used as a technique of analysis, in which there is only one dependent variable in the form of dummy along with the other six independent variables. The statistical test reveals that simultaneously all independent variables have significant effects on credit approval. Partially, only the owners capital and good relationships with the bank do affect the approval. Therefore, business owners should pay more attention to their amount of capital and interrelation with the bank when applying for bank credit."
Jakarta: Faculty of Economics and Business State Islamic University (UIN) Syarif Hidayatullah, 2019
330 JETIK 18: 1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Natasha Putri Soraya
"Industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang cukup potensial di DKI Jakarta. Oleh karena itu, potensinya perlu dikembangkan secara optimal dengan terus berinovasi. Meskipun demikian, melakukan inovasi saja tidaklah cukup. Inovasi tersebut perlu diikuti dengan laju yang semakin singkat dan didukung oleh penciptaan creative destruction sehingga industri kuliner mampu memiliki daya saing yang semakin unggul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi innovation speed pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Kuliner di DKI Jakarta untuk melihat pengaruhnya terhadap competitiveness melalui mediasi creative destruction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanatif melalui penyebaran kuesioner kepada 100 pemilik UKM Kuliner di DKI Jakarta sebagai responden penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa innovation speed berpengaruh signifikan terhadap competitiveness UKM kuliner di DKI Jakarta dengan dukungan creative destruction sebagai mediasi, baik melalui peningkatan kompetensi maupun mempertahankan inovasi yang telah dilakukan. Penelitian ini menghasilkan bahwa UKM kuliner di DKI Jakarta mampu mendapatkan ide inovasi produk dengan lebih cepat, memiliki resep khusus untuk menjaga kualitas produknya, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pemasok sehingga memiliki hasil penjualan yang meningkat dan menawarkan produk berkualitas sesuai dengan harapan pelanggan dalam tiga tahun terakhir (2018-2020). Oleh karena itu, pelaksanaan innovation speed yang didukung oleh creative destruction pada UKM kuliner di DKI Jakarta mendorong terciptanya competitiveness pada UKM.

The Culinary Industry is one of the potential industrial sectors in Special Capital Region of Jakarta. Therefore, its potential needs to be developed optimally by continuing to innovate. However, innovating is not enough. Innovations need to be followed at a faster pace and supported by creative destruction so its competitiveness can increase. This study aims to analyze the implementation of Innovation Speed in Culinary Small and Medium Enterprises (SMEs) in Special Capital Region of Jakarta to see its effect on competitiveness mediated by creative destruction. This study uses a quantitative approach with an explanatory type by distributing questionnaires to 100 Culinary SMEs Owners in Special Capital Region of Jakarta as research respondents. The results of this study indicates that there is an influence between innovation speed on competitiveness through creative destruction in Culinary SMEs. The result of this study shows that innovation speed has a significant effect on competitiveness of Culinary SMEs in Special Capital Region of Jakarta with the support of creative destruction as a mediation, through increase competence and maintain innovations that have been achieved. This research shows that culinary SMEs in Special Capital Region of Jakarta can get product innovation ideas more quickly, have special recipes to maintain product quality, and build stronger relationships with suppliers so that they have increased sales results and offer quality products in accordance with customer expectations within the last three years (2018-2020). Therefore, the implementation of innovation speed supported by creative destruction of culinary SMEs in Special Capital Region of Jakarta encourages the creation of competitiveness in SMEs."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Valentinus Ricky Sjofyan
"ABSTRAK
Usaha Kecil-Mengengah UKM sejatinya secara konsisten berkontribusi banyak terhadap perekonomian sebuah negara. UKM menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan angka produktivitas, ekspor, inovasi dan kewirausahaan. Salah satu strategi yang menjadi pilihan kebanyakan UKM adalah strategi diferensiasi, yang dicirikan dengan produk yang unik yang sulit untuk ditiru oleh pesaing, sehingga pelanggan tidak memiliki banyak pilihan, yang mengakibatkan pelanggan tidak terlalu sensitif terhadap perbedaan harga. Dalam penelitian ini dikumpulkan 131 responden yang terdiri pemilik dan pengelola UKM untuk menganalisa strategi diferensiasi yang dikembangkan di Indonesia dan dikombinasikan dengan karakter pemilik-pengelola bisnis agar mampu menghasilkan performa perusahaan yang lebih tinggi, dan pada akhirnya menghasilkan keunggulan bersaing.

ABSTRACT
Small Medium Enterprises SMEs plays a significant role in a nation economy. They contribute by creating more employment jobs, higher production volumes, increasing export and introducing innovation and entrepreneurship skills. One of the strategies that most SMEs tend to pursue is differentiation strategy, which characterized by a unique product that is hard to imitate by competitor, resulting customer to have a less comparable alternatives and therefore they are less price sensitive. We distribute questionnaires to 131 respondents that consists of owner manager of SMEs to analyze the differentiation strategy that is implemented in Indonesia, combined with the owner manager characteristics that would result in a higher firm rsquo s performance which eventually would lead to a competitive advantage. "
2018
T49087
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Regina Carla Handayani
"Perkembangan Internet dan perangkat telepon pintar secara langsung dapat mempengaruhi masyarakat dalam menggunakan media sosial. Peningkatan pengguna media sosial dapat dimanfaatkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Instagram sebagai platform komplementer dari e-marketplace berpeluang besar dalam meningkatkan pendapatan UMKM. Pada kenyataannya, di Indonesia Instagram for Business belum secara efektif digunakan oleh UMKM. Penelitian ini membangun model adopsi Instagram for Business berdasarkan model Stimulus-Organism-Response (S-O-R) oleh UMKM. Metodologi penelitian menggunakan kuantitatif dan kualitatif (mixed methods), data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner kepada UMKM dan pembelinya di Instagram. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara dengan dengan beberapa UMKM. Model S-O-R digunakan pada penelitian sebelumnya mengenai impulse buying di Facebook. Pada penelitian ini model S-O-R dikembangkan untuk menganalisis response dari stimulus, berupa impulse buying, kepada UMKM dan pembelinya, yang dianggap sebagai organism. Data responden yang terkumpul diolah menggunakan SmartPLS 3. Hasil dari pengujian model S-O-R menunjukkan bahwa respon impulse buying dari sudut pandang UMKM hanya dipengaruhi oleh stimulus yang memiliki pengaruh positif secara langsung pada perceived usefulness yaitu product availability, ease of use, visual appeal dan advertisement content yang berdampak pada adopsi serta impulse buying. Apabila dari sudut pandang pembeli, keseluruhan stimulus tersebut memiliki pengaruh positif terhadap perceived usefulness dan perceived enjoyment yang mengestimasi respon perilaku impulsif dari pembeli.

The development of the Internet and smartphone devices can directly influence the public in using social media. Increased social media users can be utilized by Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). Instagram as a complementary platform of e-marketplace has a great opportunity to increase MSME income. But in reality, MSMEs in Indonesia have not used Instagram for Business effectively. This study builds an Instagram for Business adoption model based on the Stimulus-Organism-Response (S-O-R) model by MSMEs. The research methodology uses quantitative and qualitative methods (mixed methods), quantitative data collected through questionnaires to MSMEs and buyers on Instagram. While qualitative data is obtained through interviews with several MSMEs. The S-O-R model was used in previous studies regarding impulse buying on Facebook. In this study the S-O-R model was developed to analyze responses from stimulus, in the form of impulse buying, to MSMEs and buyers, which are considered as organisms. The collected respondents' data were processed using SmartPLS 3. The results of the SOR model testing showed that the impulse buying response from the perspective of MSMEs was only influenced by stimuli that had a direct positive influence on perceived usefulness, namely product availability, ease of use, visual appeal and advertisement content have an impact on adoption and impulse buying. Whereas from the buyer's point of view, the overall stimulus has a positive influence on perceived usefulness and perceived enjoyment. Thus causing a response to impulsive behavior from buyers."
Depok: Fakultas Ilmu Kompter Universitas Indonesia, 2019
T52031
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raeni
"This article aims to examine the challenges of designing individual?s income tax systems in general and particularly to observe taxpayers? behaviour in developing countries. This study used case study approach to gain in depth understanding type of taxpayers? attitude towards personal income tax systems. Based on the analyses, tax behaviour, which comprises the perception of fairness and motivation to comply, attracts urgent challenges in designing effective tax on personal income in every country and mainly underdeveloped countries. Every human being in each country has their social pattern towards tax policy. When the individual perception of fairness is significant, it will harmonise the ?client and service approach? between taxpayers and governments. This condition would influence tax morale of individuals to comply with the policy and achieve high compliance rate. Therefore, it has argued that personal view of fairness and their motivation to comply with tax systems are becoming vital challenges in designing the tax policy on individual income.
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk menginvestigasi tantangan-tantangan yang dihadapi dalam merancang sistem perpajakan untuk wajib pajak orang pribadi dan secara khusus menganalisa perilaku wajib pajak di negara-negara berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur untuk mendapatkan secara mendalam jenis perilaku wajib pajak penghasilan orang pribadi. Berdasarkan hasil analisis terkait perilaku pajak, yang terdiri dari persepsi keadilan dan motivasi untuk mematuhi memberikan tantangan tersendiri dalam merancang pajak yang berlaku atas penghasilan pribadi di setiap negara dan terutama negara-negara berkembang. Setiap individu memiliki pola yang berbeda ketika berinteraksi terhadap kebijakan pajak. Ketika persepsi individu terhadap keadilan adalah signifikan, hal itu akan menyelaraskan pendekatan ?client and service? antara pembayar pajak dan pemerintah. Kondisi ini akan memengaruhi semangat individu untuk mematuhi kebijakan dan mencapai tingkat kepatuhan yang tinggi. Oleh karena itu, asumsi bahwa pandangan individu terhadap keadilan dan motivasi untuk mematuhi sistem pajak menjadi tantangan penting dalam merancang kebijakan terhadap wajib pajak orang pribadi."
2016
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Aan Slamet Rusdiana
"ABSTRACT
Indonesia adalah salah satu Negara potensial dalam pengembangan institusi takaful mikro. Salah satu ahli dalam pengembangan takaful mikro adalah Takmin Working Group. TWG adalah grup inisiator
yang berkomitmen terhadap pengembangan takaful mikro di Indonesia. Anggotanya terdiri dari para ahli dalam
asuransi syariah, keuangan mikro dan akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi
masalah yang dihadapi TWG dalam pengembangan takaful mikro dan menemukan solusinya dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Temuan dalam studi ini menunjukkan bahwa solusi yang prioritas dalam menyelesaikan masalah internal dan eksternal adalah
pengembangan sistem informasi dan pengembangan produk yang inovatif. Komunikasi dan kunjungan terhadap lembaga
keuangan mikro serta sosialisasi terkait produk takaful mikro kepada masyarakat menjadi prioritas selanjutnya."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah jakarta, 2017
330 JETIK 16:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nindy Prastuti
"Kebanyakan mengenai pelaku UMKM di Indonesia mengalami penurunan omset usahanya, bahkan hingga harus menghentikan operasional usahanya dikarenakan masa pandemi. Namun, China menyerbu pasar-pasar dunia, bahkan dalam beberapa kasus China dengan berani melakukan bargaining (tawar-menawar) dengan perusahaan-perusahaan barat. Tipe penelitian dalam tesis ini menggunakan penelitian hukum empiris, menggunakan penelitian perbandingan dan peraturan perundang-undangan, sumber bahan hukum primer dan sekunder, dengan metode pengumpulan kepustakaan dan selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian tesis ini adalah terdapat beberapa pengaturan yang ditujukan untuk memberikan kemudahan dan kebijakan yang berpihak dengan usaha mikro, usaha kecil, dan usah menengah (UMKM). Kemudian Small Medium Enterprise (SME) mengembangkan orientasi kewirausahaan di dalam perusahaan mereka dan meramalkan kinerja Small Medium Enterprise (SME) yang memiliki orientasi kewirausahaan yang lebih baik daripada Small Medium Enterprise (SME) yang tidak berada dalam lingkungan yang tidak pasti. Saran dalam tesis ini adalah bahwa pemerintah lah yang menjadi Lembaga yang bertanggung jawab atas pendaftaran perusahaan. Dimana pendaftaran tersebut harus sesuai dengan persyaratan yang ada serta sesuai dengan prosedur hukum yang ada.

Most of the MSME players in Indonesia have experienced a decrease in business turnover, even to the point of having to stop their business operations due to the pandemic. However, China invaded world markets, even in some cases China boldly bargained with western companies. The type of research in this thesis uses empirical legal research, using comparative research and legislation, sources of primary and secondary legal materials, with literature collection methods and then analyzed qualitatively. The result of this thesis research is that there are several arrangements aimed at providing convenience and policies in favor of micro, small, and medium enterprises (MSMEs). Then Small Medium Enterprises (SMEs) develop an entrepreneurial orientation within their companies and predict the performance of Small Medium Enterprises (SMEs) that have a better entrepreneurial orientation than Small Medium Enterprises (SMEs) that are not in an uncertain environment. The suggestion in this thesis is that the government is the agency responsible for company registration. Where the registration must be in accordance with existing requirements and in accordance with existing legal procedures."
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurmalindah
"Current account balance has an important role of measuring the direction and the amount of international loan. This study analyzes Indonesian external balance due to its solvency condition of external debt and sustainability of current account balance during 1970{2007 by intertemporal-model approach of current account. The results of cointegration test and bivariate autoregressive (VAR) indicate that solvency condition holds, but not for the sustainability condition of current account balance. It means that Indonesia has capability to payback its external debt.

Dalam hubungannya dengan utang luar negeri, transaksi berjalan mempunyai peranan penting karena mengukur arah dan besarnya pinjaman internasional. Tulisan ini menganalisis mengenai keseimbangan eksternal Indonesia dengan melihat pada solvency condition atas utang luar negeri dan sustainabilitas neraca transaksi berjalan dengan pendekatan intertemporal model of current account. Data yang digunakan adalah time series tahunan periode 1970--2007. Hasil estimasi menunjukkan bahwa solvency condition Indonesia terpenuhi, artinya Indonesia berada dalam kemampuan membayar kembali utangnya, namun kondisi sustainabilitas neraca transaksi berjalan tidak tercapai."
2016
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Roosi Tjandrakirana
"Deforestation speed was increasing fastly from 1,87 million ha/year on the 1985-1997 period to 2,6 million ha/year on 1998-2000 period. This increase in speed cause many problems such as: a decrease in environment quality, the drastic decrease in forest timber production which affects timber supply,etc. There are many factors affecting a change in the forest coverage. At first, management of Forest Utilization Right (HPH) and the development of timber industry are perceived as the cause of the increase in deforestation speed. However, there are other argument that propose an increase in the number of farmers and nomad farmer in forest area as the cause the change in forest coverage.
The purpose of this study is to get a picture of the direct cause of the change in forest coverage. This study use panel data method for 19 provinces from 1976 to 2000. The results show that there is a positive relationship between speed of deforestation and forest coverage. Logging activity and forest conversion contribute to the change in forest coverage where forest conversion has bigger impact on the speed of deforestation. This analysis indicates that forest conversion is the maior cause of deforestation in Indonesia. The conversion of forest into plantation is the major cause of deforestation in Indonesia. On the other hand the number of small farmers or people live in forest area has very little impact on deforestation. "
2006
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>