Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 88674 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nadia Aulia Rahmi
"ABSTRAK
CV. ABC adalah sebuah perusahaan penerbitan dan percetakan. Laporan magang ini bertujuan untuk mendeskripsikan perhitungan harga pokok produksi di CV. ABC terkait sampel produksi Job Order 1 yang dikerjakan pada bulan Oktober 2016, mengklasifikasikan biaya produksi berdasarkan biaya langsung dan biaya tidak langsung beserta dokumen pendukung yang dibutuhkan, dan memberikan rekomendasi perhitungan harga pokok produksi yang lebih tepat. Metode perhitungan yang digunakan CV. ABC untuk sampel produksi Job Order 1 tidak sesuai dengan teori akuntansi biaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa perusahaan hanya memperhitungkan biaya langsung. Untuk hasil klasifikasi biaya langsung terdiri dari komponen bahan baku seperti kertas dan plat, komponen biaya tenaga kerja langsung, dan biaya langsung lainnya. Sedangkan untuk klasifikasi biaya tidak langsung antara lain biaya penyusutan pabrik dan biaya listrik. Perusahaan sebaiknya menggunakan metode perhitungan full costing agar informasi biaya yang dihasilkan lebih akurat.

ABSTRACT
CV. ABC is a publishing and printing company. This internship report aims to describe the calculation of cost of goods manufactured in CV. ABC for production sample of Job Order 1 done in October 2016, classify production cost based on direct cost and indirect cost along with supporting documents needed, and recommend cost of goods manufactured rsquo s calculation method. Calculation method used in CV. ABC for the sample of Job Order 1 production is not in accordance with cost accounting theory. The analysis show that the company only takes direct costs into account, the cost classified as direct material costs are raw materials such as paper and plate, direct labour cost and other direct costs. Meanwhile some other costs, namely cost of factory depreciation and electricity cost will be classified as indirect costs. Companies should use the full costing method so that the cost information result can be more accurate."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rizki Triawan
"ABSTRAK
Laporan magang ini bertujuan untuk membahas praktik penganggaran biaya operasi pada perusahaan industri jasa, khususnya perusahaan jasa yang menggunakan sistem pemborongan kerja. Analisis dilakukan dengan membandingkan perencanaan anggaran ruas jalan tol yang dioperasikan PT. Jasa Layanan Operasi dan evaluasi atas perencanaan anggaran dengan pengertian dari biaya standar yang ada di literatur-literatur akuntansi biaya. Anggaran biaya merepresentasikan komitmen PT. Jasa Layanan Operasi terhadap peraturan Badan Usaha Milik Negara mengenai pengadaan barang dan jasa, terutama dalam skema penunjukan langsung dan terhadap asas persaingan.

ABSTRACT
This report aims to examine the budget planning of operational cost practice in a service company, specifically a service company which uses a chartering contract system for a whole job. The analysis was done by comparing the budget planning of operational cost practice in PT. Jasa Layanan Operasi and its evaluation with cost accounting literatures rsquo explanation of standard cost. PT. Jasa Layanan Operasi rsquo s budget planning of operational cost practice represents its commitment to the state owned company rsquo s regulations in procurement of goods and services, specifically in direct appointment scheme, and to the principle of competition. "
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Iqbal
"ABSTRAK
Persaingan usaha dalam industri asuransi umum yang bertambah ketat dan yang
mempunyai sifat hanya dapat bersaing dalam biaya promosi membuat perusahaan
asuransi umum harus berlomba lomba untuk menjadi lebih efisien. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis sistem akuntansi biaya dengan menggunakan time
driven activity based costing (TDABC) untuk meningkatkan efisiensi sehingga
profitabilitas meningkat dengan cara mengalokasikan biaya dengan lebih akurat
ke setiap produk. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi kepustakaan,
studi lapangan, dan metode deskriptif. Dari hasil penelitan dapat disimpulkan
bahwa TDABC dapat digunakan untuk mengidentifikasi ketidakefisianan
sehingga perusahaan dapat meningkatkan profitabilitas.

ABSTRACT
The general insurance industry that is becoming more tighter and is characterized
by can only competing in promotion expense make general insurance company
have to compete to become more efficient. This study aims to analyze a cost
accounting system at general insurance company by using time driven activitybased costing (TDABC) to increase the company efficiency so that profitability
increase by allocating accurately the cost to each product. The research method
used are library study, field study, and descriptive method. From this study, it can
be concluded that the use of TDABC can identify inefficiency in the company so
that the company can address the problem.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arvy Agassi
"Skripsi ini membahas tentang penerapan suatu teknologi bernama Audit Tools and Linked Archive System yang dirancang dan dibuat oleh PPPK dan IAPI di KAP ABC. Audit Tools and Linked Archive System atau disingkat dengan nama ATLAS merupakan sebuah Audit Tools yang dibuat dan dirancang untuk memudahkan auditor untuk melakukan audit dengan Standar Audit yang berlaku di Indonesia. KAP ABC merupakan KAP tingkat menengah yang memberikan jasa keuangan, terutama audit, kepada perusahaan dengan berbagai bidang di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan dokumentasi atas kertas kerja ATLAS dan buku Panduan ATLAS yang diterbitkan PPPK, dan wawancara kepada responden yang merupakan auditor di KAP ABC mengenai minat, pengetahuan, kemampuan dan perangkat (keras dan lunak). Dari hasil data dan informasi yang didapatkan, akan dilakukan penilaian dan perbandingan untuk mendapatkan suatu kesimpulan dari penelitian ini. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ATLAS belum dapat untuk diterapkan di KAP ABC. ATLAS dapat memberikan banyak manfaat untuk KAP ABC, namun KAP ABC perlu meningkatkan spesifikasi perangkat dan kemampuan auditor KAP ABC untuk dapat menerapkan ATLAS.

This study discusses the application of a technology called Audit Tools and Linked Archive System which was designed and made by PPPK and IAPI at KAP ABC. Audit Tools and Linked Archived System or abbreviated as ATLAS is an Audit Tools was created and designed to make it easier for auditors to conduct audits with the applicable Auditing Standards in Indonesia. KAP ABC is a middle level KAP that provides financial services, especially audits, to companies in various fields in Indonesia.The method that used in this research is by collecting ATLAS working paper and KAP ABC working paper and book “Panduan ATLAS” that published by PPPK, and interviews with respondents who are auditors in KAP ABC from various positions regarding knowledge, interest, skill, and device (hardware and software). The result of the data and information that obtained, an assessment and comparison will be carried out to get conclusions from this study. From the research that has been done, we can concluding that ATLAS is not yet suitable to be applied in KAP ABC. ATLAS can meet the needs of KAP ABC, but KAP ABC need to improve the equipment specification and the abilities of auditors in KAP ABC to be able to apply ATLAS."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agrit Hastubinawan
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan proses audit yang dilakukan oleh KAP APH & Rekan terhadap akun Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Masukan dan PPN Keluaran dari PT A yang bergerak di bidang industri kelapa sawit, untuk periode laporan keuangan per 1 April 2019 sampai dengan 31 Maret 2020. Selain itu, laporan magang ini juga bertujuan sebagai bentuk evaluasi refleksi diri dari mahasiswa selama menjalani program magang sebagai auditor junior. Dalam melaksanakan proses audit terhadap akun PPN dari PT A, auditor menggunakan prosedur pengujian substantif terkait saldo akun dan prosedur analitis untuk mendapatkan keyakinan bahwa akun PPN telah disajikan secara wajar dan bebas dari salah saji yang material. Berdasarkan hasil dari proses audit yang dilakukan menunjukkan bahwa tidak terdapat kesalahan penyajian yang material atas akun PPN Masukan dan PPN Keluaran dari PT A.

This internship report aims to evaluate the audit process carried out by KAP APH & Rekan for Value Added Tax (VAT) accounts, comprised of VAT In and VAT Out, of PT A for the period starts from 1 April 2019 until 31 March 2020. This report also aims to be an evaluation of self reflection of student during the internship program. In conducting the audit process for VAT accounts of PT A, auditors use substantive test of detail balance procedure and analytical procedure to gain assurance that the VAT accounts have been fairly presented and free from material misstatements. The audit result for VAT accounts indicates that there is no material misstatement on VAT accounts, both for VAT In and VAT Out, of PT A.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Benayya Karina Harnis
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit KAP Mars
terhadap aset tetap tower PT Pestel yang dilakukan secara jarak jauh untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2020. PT Pestel adalah sebuah perusahaan penyedia layanan infrastuktur, khususnya tower telekomunikasi, yang beroperasi di Indonesia. Evaluasi dilakukan mengacu pada teori audit, standar audit yang terdiri dari SA 315, SA 330, dan SA 500, serta PSAK 16 dan ISAK 31 sebagai standar akuntansi. Proses audit yang disertakan dalam laporan ini terbatas pada tahap perencanaan pendekatan audit dan tahap pengujian bukti audit dengan prosedur substantif. Lingkup audit terbatas pada uji detail dan pengujian fisik. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
seluruh prosedur audit dan perlakuan akuntansi atas aset tetap tower PT Pestel telah sesuai dengan teori dan standar yang berlaku.

This report evaluates KAP Mars’ audit procedures for tower fixed asset of PT
Pestel, that was done remotely, for the period ended December 31, 2020. PT Pestel is a
company providing infrastructure, particularly telecommunication towers, that operates
in Indonesia. Evaluation was conducted based on audit theories, audit standards
consisting SA 315, SA 330, and SA 500, along with accounting standards such as PSAK
16 and ISAK 31. The audit process included in this report is limited to the stage of
planning and design of the audit approach and the stage of evidence testing with
substantive procedures. Based on the evaluation that has been conducted, it can be
concluded that all audit procedures and accounting treatments of tower fixed asset of PT
Pestel are in accordance with applicable theories and standards.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Ashila Balqis
"Kegiatan magang ini dilaksanakan untuk menambah pengalaman bagi penulis di bidang audit sebelum memasuki dunia pekerjaan. Kegiatan magang dimulai pada tanggal 15 Juli 2020 hingga 23 September 2020. Selama itu, penulis melakukan beberapa pekerjaan untuk klien PT KLS, Reksadana Asoka, Kamboja, Lily, Amarilis, Lavender, serta Entitas STR. Tetapi untuk penulisan laporan magang ini, penulis mengangkat topik terkait dengan evaluasi prosedur audit pada KAP BS atas piutang usaha entitas STR. Metode yang digunakan oleh penulis dalam praktik magang ini adalah observasi, untuk
melihat prosedur audit laporan keuangan terutama pada akun piutang usaha entitas STR, lalu kemudian dibandingkan dengan teori audit yang ada. Dari hasil observasi yang penulis lakukan, KAP BS telah mampu mengimplementasikan sebagian prosedur audit dengan baik, tetapi tetap perlu membenahi beberapa hal. Kegiatan magang yang penulis jalani di KAP BS telah memberikan penulis banyak pembelajaran baik yang bersifat teknis maupun non-teknis.

This internship is carried out to add experience for writers in the audit field before entering the world of work. The internship activities began on July 15, 2020 to September 23, 2020. During that time, the author carried out several work for clients of PT KLS, Reksadana Asoka, Cambodia, Lily, Amarilis, Lavender, and the STR entity. But for writing this internship report, the author raises a topic related to the evaluation of audit procedures at KAP BS for STR entity accounts receivable. The method used by the author in this internship practice is observation, to see the audit procedures for financial statements, especially on the accounts receivable of the STR entity, and then compared with the existing audit theory. From the results of observations made by the author, KAP BS has been able to implement some of the audit procedures properly, but still needs to fix several things. The internship activities that the author undertook at KAP BS have provided writers with many lessons, both technical and non-technical."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Akmal Mizan Datama Bakri
"Laporan magang ini bertujuan mengevaluasi kesesuaian prosedur audit yang dilakukan oleh tim audit KAP S atas akun kas dan setara kas pada PT E. PT E merupakan perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Prosedur audit yang dilakukan terdiri dari pengujian rinci, pengujian rekonsiliasi bank, serta pengujian cut-off yang diantaranya ada kegiatan rekalkulasi, vouching, konfirmasi, serta inquiry untuk menguji asersi. Asersi yang diuji adalah completeness, existence, valuation, presentation and disclosure, dan rights and obligations. Evaluasi atas prosedur audit substantif dilakukan dengan membandingkan teori serta standar yang berlaku yaitu buku Hayes et al (2017), Arens et al (2020), dan Kieso et al (2015), serta standar berupa Standar Audit (SA), serta Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 2. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan secara keseluruhan, prosedur audit substantif akun kas dan setara kas PT E sudah sesuai dengan teori serta standar yang berlaku.

This internship report aims to evaluate the substantive audit procedures performed by the audit team from KAP S on the cash and cash equivalents of PT E. PT E is a company engaged in the telecommunication industry. Audit procedures performed consists of test of detail, bank reconciliation test, as well as cut-off test, that include recalculation, vouch ing, confirmation, and inquiry activities to test assertions. The assertions tested are completeness, existence, valuation, presentation and disclosures, and rights and obligations. Evaluation of substantive audit procedures is carried out by comparing the theory and applicable standards from the book Hayes et al (2017), Arens et al (2020), and Kieso et al (2015), also applicable standards which are Standar Audit (SA), and Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 2. Based on the evaluations conducted, the audit procedures for PT E’s cash and cash equivalents are in accordance with the existing theory and standards.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Meilani Tri Nugraheni
"Risk Based Audit merupakan salah satu metode audit yang dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan risiko. Dengan menggunakan metode Risk Based Audit, diharapkan pelaksanaan audit dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien, dengan hasil audit yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Risk Based Audit pada pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Selanjutnya, dalam penelitian ini akan menganalisis penyusunan Program Pemeriksaan yang sesuai dengan Risk Based Audit yang telah ditentukan sebelumnya. Kemudian penelitian ini juga akan membahas tentang pelaksanaan dan monitoring Risk Based Audit pada pemeriksaan BPK. Kerangka penelitian menggunaan Agency Theory yang menekankan adanya hubungan antara manajemen dengan pihak yang mempunyai sumber daya. Hal ini menyebabkan adanya asimetri informasi dan timbulnya konflik kepentingan. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa tidak terdapat manipulasi atau kecurangan, dibutuhkan pihak ketiga yang independen untuk melakukan pemeriksaan, dalam hal ini dilakukan oleh auditor. Penelitian menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dalam hal ini studi kasus dilakukan di BPK. Dengan pendekatan studi kasus, diharapkan mampu menggali lebih dalam terkait penerapan dan pelaksanaan Risk Based Audit di BPK. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data berupa dokumen pemeriksaan, dan wawancara dengan Tim Pemeriksa BPK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tim Pemeriksa BPK dalam menerapkan, melaksanakan dan melakukan monitoring Risk Based Audit telah sesuai dengan panduan dan pedoman yang telah ditetapkan oleh BPK.

Risk Based Audit is an audit method which in its implementation uses a risk approach. By using the Risk Based Audit method, it is hoped that the audit can be carried out effectively and efficiently, but with maximum audit result. This study aims to analyze the application of Risk Based Audit to audits conducted by Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Furthermore, this study will analyze the preparation of an Audit Program in accordance with the previously determined Risk Based Audit. Then this research will also discuss about the implementation and monitoring of Risk Based Audit on BPK. The research framework uses Agency Theory which emphasizes the relationship between agent and principal. This relationship causes asymmetry information and conflict of interest. Therefore, to ensure that there is no manipulation or fraud, an independent third party is required to conduct an audit, in this case the auditor. The study used a qualitative research methodology with a case study approach, in this research, case study was conducted at the BPK. With the case study approach, it is hoped that it will be able to dig deeper regarding the implementation of Risk Based Audit at BPK. The research was conducted using data from audit documents and interviews with the auditors. The result showed that auditors in implementing and monitoring Risk Based Audit was in accordance with the guidelines set by the BPK."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Michael Evan
"ABSTRAK
Tesis ini merupakan hasil penelitian dan analisa dari proses business coaching yang dilakukan pada PT. Isra Presisi Indonesia PT. IPI yang berlokasi di Lippo Cikarang dengan melakukan wawancara dan observasi secara langsung kepada pemilik UKM. Permasalahan pertama yang ditemukan adalah belum adanya alur proses bisnis yang jelas atas seluruh kegiatan yang terdapat di PT. IPI. Kemudian permasalahan yang ditemukan berikutnya adalah belum adanya model bisnis yang jelas atas sumber daya dan strategi yang dimiliki, serta pemaparan value proposition yang ingin ditawarkan oleh PT. IPI pada konsumennya. Dari analisa proses bisnis, ditemukan bahwa permasalahan UKM di bidang keuangan yang saat ini sedang dihadapi oleh perusahaan adalah bahwa PT. IPI masih belum memiliki Harga Pokok Produksi HPP untuk produk yang selama ini mereka buat. Selama ini perusahaan melakukan penetapan harga jual untuk produk yang diproduksi hanya didasarkan pada harga kompetitor, kecepatan penyelesaian produk serta kerumitannya, sehingga penetapan harga jual untuk produk selama ini tidak didasarkan pada perhitungan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk melakukan pembuatan produk mulai dari material mentah, pemrosesan material dengan menggunakan mesin,serta biaya-biaya lain yang dikeluarkan perusahaan hingga produk jadi. Tujuan dari business coaching ini adalah melakukan analisa proses bisnis, formulasi model bisnis kanvas, serta melakukan penghitungan HPP. Tujuan dari dilakukannya penghitungan HPP adalah agar PT. IPI dapat menetapkan harga jual untuk produk yang mereka produksi secara tepat dan didasarkan pada seluruh biaya produksi yang telah dikeluarkan oleh perusahaan Full Costing . Dalam penelitian ini, penghitungan HPP akan dilakukan pada tiga produk utama yang paling sering diproduksi oleh PT. IPI yaitu produk precision parts jenis Die Blank, Punch Blank, dan Die Forming. Tesis ini merupakan hasil penelitian dan analisa dari proses business coaching yang dilakukan pada PT. Isra Presisi Indonesia PT. IPI yang berlokasi di Lippo Cikarang dengan melakukan wawancara dan observasi secara langsung kepada pemilik UKM. Permasalahan pertama yang ditemukan adalah belum adanya alur proses bisnis yang jelas atas seluruh kegiatan yang terdapat di PT. IPI. Kemudian permasalahan yang ditemukan berikutnya adalah belum adanya model bisnis yang jelas atas sumber daya dan strategi yang dimiliki, serta pemaparan value proposition yang ingin ditawarkan oleh PT. IPI pada konsumennya. Dari analisa proses bisnis, ditemukan bahwa permasalahan UKM di bidang keuangan yang saat ini sedang dihadapi oleh perusahaan adalah bahwa PT. IPI masih belum memiliki Harga Pokok Produksi HPP untuk produk yang selama ini mereka buat. Selama ini perusahaan melakukan penetapan harga jual untuk produk yang diproduksi hanya didasarkan pada harga kompetitor, kecepatan penyelesaian produk serta kerumitannya, sehingga penetapan harga jual untuk produk selama ini tidak didasarkan pada perhitungan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk melakukan pembuatan produk mulai dari material mentah, pemrosesan material dengan menggunakan mesin,serta biaya-biaya lain yang dikeluarkan perusahaan hingga produk jadi. Tujuan dari business coaching ini adalah melakukan analisa proses bisnis, formulasi model bisnis kanvas, serta melakukan penghitungan HPP. Tujuan dari dilakukannya penghitungan HPP adalah agar PT. IPI dapat menetapkan harga jual untuk produk yang mereka produksi secara tepat dan didasarkan pada seluruh biaya produksi yang telah dikeluarkan oleh perusahaan Full Costing . Dalam penelitian ini, penghitungan HPP akan dilakukan pada tiga produk utama yang paling sering diproduksi oleh PT. IPI yaitu produk precision parts jenis Die Blank, Punch Blank, dan Die Forming. Tesis ini merupakan hasil penelitian dan analisa dari proses business coaching yang dilakukan pada PT. Isra Presisi Indonesia PT. IPI yang berlokasi di Lippo Cikarang dengan melakukan wawancara dan observasi secara langsung kepada pemilik UKM. Permasalahan pertama yang ditemukan adalah belum adanya alur proses bisnis yang jelas atas seluruh kegiatan yang terdapat di PT. IPI. Kemudian permasalahan yang ditemukan berikutnya adalah belum adanya model bisnis yang jelas atas sumber daya dan strategi yang dimiliki, serta pemaparan value proposition yang ingin ditawarkan oleh PT. IPI pada konsumennya. Dari analisa proses bisnis, ditemukan bahwa permasalahan UKM di bidang keuangan yang saat ini sedang dihadapi oleh perusahaan adalah bahwa PT. IPI masih belum memiliki Harga Pokok Produksi HPP untuk produk yang selama ini mereka buat. Selama ini perusahaan melakukan penetapan harga jual untuk produk yang diproduksi hanya didasarkan pada harga kompetitor, kecepatan penyelesaian produk serta kerumitannya, sehingga penetapan harga jual untuk produk selama ini tidak didasarkan pada perhitungan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk melakukan pembuatan produk mulai dari material mentah, pemrosesan material dengan menggunakan mesin,serta biaya-biaya lain yang dikeluarkan perusahaan hingga produk jadi. Tujuan dari business coaching ini adalah melakukan analisa proses bisnis, formulasi model bisnis kanvas, serta melakukan penghitungan HPP. Tujuan dari dilakukannya penghitungan HPP adalah agar PT. IPI dapat menetapkan harga jual untuk produk yang mereka produksi secara tepat dan didasarkan pada seluruh biaya produksi yang telah dikeluarkan oleh perusahaan Full Costing . Dalam penelitian ini, penghitungan HPP akan dilakukan pada tiga produk utama yang paling sering diproduksi oleh PT. IPI yaitu produk precision parts jenis Die Blank, Punch Blank, dan Die Forming.

ABSTRACT
This thesis is the output of business coaching that is conduct at PT. Isra Presisi Indonesia PT. IPI which is locate in Lippo Cikarang. The data collection method that is use in this paper are interviews and observation with SME rsquo s owner as an interviewees. The first problem that arise is the unavailability of company business process flow and the next one is the unavailability of appropriate business models for company rsquo s resources , strategy, and the explanation of company rsquo s value propositions. From business process analysis, the main problems that arise from finance division is, that PT. IPI do not have cost of goods manufactured calculations for all of the products that produce by the company. Currently, the company set their selling price based on competitor price as their benchmark, speed of completion, and also the complexity of the products. That kind of price settlement method is not relevance since it is not considered all of the production cost which includes direct material cost, direct labor cost, and fixed overhead cost until it transforms into finished goods. The objective of this business coaching is to analyze company rsquo s business process, formulate company rsquo s business model, and calculate company rsquo s cost of goods manufactured. The objectives of COGM calculation at PT. IPI is to help PT. IPI setting their selling price based on all of the production cost that they incur to produce the products Full Costing . In this thesis, the calculation of COGM will be conduct on three main products that most frequently produces in PT. IPI, which are Die Blank, Punch Blank, and Die Forming."
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>