Ditemukan 12203 dokumen yang sesuai dengan query
Achmad Fahrul Aji
"Motor induksi tipe sangkar tupai merupakan jenis motor listrik yang sering digunakan pada industri dan rumah tangga dikarenakan konstruksi yang kuat, tingkat kehandalan tinggi, dan perawatan mudah. Penggunakan motor induksi sudah meluas bukan hanya bidang industri dan rumah tangga tetapi juga dalam bidang transportasi, dikarenakan motor induksi tidak membutuhkan magnet permanen dan efisiensi relatif tinggi. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian desain motor induksi 250 kW tipe sangkar tupai untuk memberikan alternatif pada kendaraan listrik.
Penelitian ini dilakukan dengan merancang parameter-parameter yang dibutuhkan dalam desain motor induksi dan mensimulasikan di MotorSolve. Hasil simulasi kemudian dianalisa dan dioptimasi untuk mencapai spesifikasi yang diinginkan. Didapatkan hasil simulasi yang sudah mendekati spesifikasi motor induksi yang diinginkan.
Induction motor squirrel cage type is a type of electric motor that is often used in domestic and industrial construction due to strong, high level of reliability and easy maintenance. The use of an induction motor is widespread not only in industry and households but also in the fields of transport, due to the induction motor does not require permanent magnets and relatively high efficiency. Therefore, the authors conducted research design 250 kW induction motor squirrel cage type to provide an alternative to the electric vehicle.This research was conducted by designing the parameters needed for induction motor design and simulate in MotorSolve. The simulation results are then analyzed and optimized to achieve the desired specifications. Obtained results of the simulation are already approaching the desired induction motor specifications in terms of power, efficiency, power factor, and torque. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T49644
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Susan Wiguna
"Motor induksi merupakan jenis motor listrik bolak balik yang paling sering dijumpai di rumah tangga maupun di industri dikarenakan konstruksinya yang sederhana dan pengoperasiannya yang mudah. Penggunaan motor induksi yang memiliki efisiensi buruk mengakibatkan terjadinya pemborosan energi listrik. Dengan demikian, penulis melakukan penelitian pada perancangan motor induksi 3 Fasa 150 KW Tipe Rotor Sangkar Tupai agar diperoleh efisiensi yang mendekati 90%. Penelitian dilakukan dengan cara merancang dan mensimulasikan di MotorSolve dengan melakukan optimasi terhadap parameter - parameter yang berhubungan dengan efisiensi motor induksi.
Induction motor is a motor type which is most often encountered in the household and in industry because it construction is simple and easy to operate. If the induction motor has bad efficiency will make the waste of energy. Therefore, the author did research design of three phase induction motor squirrel cage 150 KW to achieve efficiency close to 90%. The study was conducted by design and simulation in MotorSolve to optimize of the parameters which associated with the efficiency of induction motor."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62970
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhidin
"Generator induksi sudah mulai banyak dikembangkan, dikarenakan generator induksi memiliki banyak kelebihan. Generator induksi dapat diperoleh dari motor induksi dengan cara memberikan suplai daya reaktif kedalam motor induksi. Pada penelitian ini, dilakukan perancangan mesin induksi dengan kapasitas 100kW. Simulasi dilakukan tiga tahap, yaitu: pada tahap pertama melakukan perancangan motor induksi. Pada tahap ini melakuan desain dengan menentukan hubungan antara jumlah slot stator dan rotor untuk mendapatkan desain yang optimal, dengan membandingkan masing-masing desain, apakah hasil simulasi dari masing-masing desain sudah mendekati dengan daya 100 KW, efisiensi dan faktor daya yang baik. Tahap kedua adalah melakuan optimasi disain yang dipilih dari tahap pertama yaitu dengan memvariasikan jumlah lilitan, lebar celah gigi, dan kedalaman slot rotor, dan tahap ketiga melakuan simulasi uji mesin induksi sebagai generator.
Dari hasil penelitin bahwa variasi jumlah lilitan stator dan rotor, lebar celah gigi dan kedalaman slot rotor dapat mempengaruhi daya keluaran, efisiensi dan paktor daya. Pada penelitan ini berhasil mendapatkan desain yang diinginkan yaitu sebesar 102 KW dengan efisiensi 94.39 dan faktor daya 0.896. sedangkan pada pengujian mesin induksi beroperasi sebagai generator, berhasil dilakukan dengan exitasi 150 A dengan putaran 825 rpm, daya yang dibangkitkan sebesar 114 KW pada tegangan output 234 Vrms.
Induction generator has started to be developed because induction generator has many advantages. The induction generator can be obtained from the induction motor by providing a reactive power supply into the induction motor. In this research, the design of induction machine with 100kW capacity. Simulation performed three stages, namely in the first stage of designing an induction motor. At this stage do the design by determining the relationship between the number of stator and rotor slots to obtain the optimal design, by comparing each design, whether the simulation results of each design is close to 100 KW power, efficiency and good power factor. The second stage is to design the optimization of the design selected for the first stage by varying the number of loops, the width of the tooth gap, and the depth of the rotor slot, and the third stage performing the simulation of the induction machine test as a generator.From the results of the research that the variation in the number of stator and rotor windings, the width of the tooth gap and the depth of the rotor slot can affect the output power, efficiency, and power factor. In this research managed to get the desired design that is equal to 102 KW with efficiency 94.39 and power factor 0.896. Whereas in the induction machine testing operates as a generator, successfully done with excitation 150 A with the spin of 825 rpm, power raised equal to 114 KW at output voltage 234 Vrms."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T49701
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Irvan Arif
"Motor induksi tiga fasa merupakan jenis motor listrik arus bolak-balik yang paling banyak digunakan dalam bidang industri. Salah satu permasalahan dari motor induksi tiga fasa adalah sulit untuk dikendalikan. Perkembangan elektronika daya dan mikroelektronika yang cepat membuka isu penelitian dan pengembangan strategi pengendalian motor induksi tiga fasa dengan menggunakan pengendali vektor. Skripsi ini membahas simulasi pengendalian motor induksi tiga fasa jenis sangkar tupai dengan berorientasi pada vektor medan stator atau biasa disebut sebagai stator field oriented control SFOC. Perangkat lunak yang digunakan untuk mensimulasikan pengendalian motor induksi tiga fasa jenis sangkar tupai dalam skripsi ini adalah MATLAB Simulink.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa pengendali berorientasi pada vektor medan stator mampu mengendalikan kecepatan sudut rotor dan juga arus magnetisasi stator motor induksi tiga fasa jenis sangkar tupai dengan sangat baik. Kecepatan sudut 120 rad/s dicapai dalam waktu 2 detik dengan respons critically-damped dan dengan galat tunak 0. Pengendali juga mampu mengatasi gangguan eksternal berupa torsi beban sebesar 5 Nm yang telah disimulasikan dalam skripsi ini. Model decoupling tegangan stator dan juga model fluks stator yang digunakan dalam penelitian ini sudah tepat dan menjadi faktor yang memperkuat keberhasilan metode pengendalian ini.
Three phase induction motor is one type of AC motor which is often used by industrial field. One of the problem of three phase induction motor is difficult to control. The further developments of power electronics and microelectronis open the issue of research and development of induction motor vector control. In this bachelor thesis, we proposed the simulation of three phase squirrel cage induction motor speed control based on stator field orientation or commonly called as stator field oriented control SFOC . The simulation software which is used in this bachelor thesis is MATLAB Simulink. The result of simulation indicate that this stator field oriented control is capable to control speed of the rotor angle and also stator magnetization current successfully. The angle velocity of 120 rad s achieved by settling time 2 seconds in critically damped response and steady state error 0 . The controller can overcome the external disturbance in the form of load torque of 5 Nm which has been simulated in this bachelor thesis. Stator voltage decoupling model and stator flux model which are used in this research is correct and also become one of success factor of this control method."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Vector Anggit Pratomo
"Motor induksi tiga phasa sangkar tupai memiliki perubahan karakteristik jika terjadi perubahan pada temperature diluar batas kerja dari motor, yang menyebabkan terjadinya perubahan nilai resistansi di stator sehingga mempengaruhi dari unjuk kerja kecepatan putar motor, perubahan kecepatan putar motor disebabkan oleh besarn fluks yang dibangkitkan arus terhadap resistansi yang berada distator.
Tesis ini bertujuan untuk memperhatikan karakteristi kecepatan putaran motor induksi tiga Phasa sangkar tupai terhadap perubahan nilai resistansi di stator menggunakan pengendali PI dengan sensor dari kecepatan motor dimana acuan pemodelan motor yang digunakan adalah arus stator dan fluks stator. Pendekatan perubahaan resistansi menggunakan pendekatan persamaan dari jumlah belitan di setiap phasa pada stator. Penggunaan metode Kendali Torsi Langsung dikarenakan proses dari kecepatan motor ditentukan oleh fluks stator, torsi, dan posisi sektor untuk menetukan masukan dari switching inverter yang diperoleh dari Lookup Table. Nilai resistansi pada fluks estimasi memberikan nilai hysterisis band terhadap performa fluks actual.
The Three-phase induction motor squirrel cage has a characteristic change in the event of a change in temperature beyond the work of the motor, which leads to changes in the stator so that the resistance value affects the performance of the rotational speed of the motor, the motor rotation speed changes are influenced by the amount flux generated by the flow of resistance is stator. This thesis aims to monitoring the motor rotation speed a characteristic three phase squirrel cage induction againts shift in the stator resistance value using a PI controller with a sensor of the motor speed in which the reference modeling is used motor stator current and stator flux. Approach using the resistance change of approach to equality of the number of turns in each phase in the stator. Use of Direct Torque Control method because the process of the motor speed is determined by the stator flux, torque, and position the sector to determine the input of inverter switching obtained from the Lookup Table. The value of resistance in flux estimation gives the value of the flux hysteresis band against actual performance."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T31782
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Muchlishah
"Saat ini penggunaan dari motor induksi sangatlah luas. Untuk dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan para penggunannya, peralatan elektronika daya, seperti PWM inverter, digunakan untuk mengendalikan dan memperluas daerah kerja dari motor induksi. Pengendalian motor induksi dengan menggunakan PWM inverter dapat dilakukan dengan mengatur nilai tegangan dan frekuensi masukan pada sisi stator dari motor induksi.
Pada skripsi ini, karakteristik dari motor induksi dengan catu PWM inverter disimulasikan dengan menggunakan program SIMULINK dari MATLAB versi 7.1.0.246 (R14). Sebagian besar parameter yang digunakan pada pemodelan dari sistem disesuaikan dengan peralatan TecQuipment NE 7021 AC machine Console yang terdapat pada laboratorium Konversi Energi Listrik. Motor induksi yang digunakan adalah rotor tipe sangkar dan simulasi dilakukan dengan cara memvariasikan nilai frekuensi masukan stator dan juga indeks modulasi, dengan demikian akan didapatkan nilai torsi elektromagnetik dan kecepatan putar rotor dari motor induksi. Dari hasil simulasi tersebut akan dianalisa pengaruh frekuensi dan amplitudo tegangan masukan pada nilai torsi elektromagnetik dan kecepatan putaran rotor.
Induction motors are broadly used recently. To work according to users requirements, power electronic equipments, like a PWM inverter, are used in controlling and expanding the working range of induction motors. Controlling induction motors using a PWM inverter is done by managing voltages and input frequencies to the induction motors stator. In this bachelor's thesis, the characteristics of an induction motor fed by a PWM inverter is simulated using SIMULINK programs of MATLAB 7.1.0.246 (R14) version. Most of the parameters used in modeling the system are adjusted using TecQuipment NE 7021 AC machine Console equipment at the Electric Energy Conversion Laboratory. The induction motor is a squirrel cage type and simulation is done by varying stator input frequency values and also modulation indexes, thereby achieving electromagnetic torque values and rotor spin speeds of the induction motor. The results of these simulations will be analyzed to know the influence of input voltage frequency and amplitude on the electromagnetic torque and rotor turn speed values."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40554
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Ibrahim Azizi
"
ABSTRAKSkripsi ini membahas perancangan, optimasi, serta simulasi desain motor induksi squirrel cage untuk aplikasi mobil listrik, dengan menggunakan material Soft Magnetic Composite SMC sebagai material inti motor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan simulasi, dimana perancangan dan optimasi dilakukan berdasarkan petunjuk dan rumus yang ada untuk dimasukkan ke dalam desain motor yang akan disimulasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desain Final motor bisa dipakai untuk aplikasi mobil listrik, walaupun memiliki sedikit kekurangan pada aspek starting torque dan efisiensi nya.
ABSTRACTThis undergraduate thesis discusses the design, optimation, and simulation of a squirrel cage induction motor for electric car application, by using Soft Magnetic Composite SMC material as the motor core material. This research uses the experimentation and simulation method, where design and optimation is conducted based on the existing instructions and formulas to be imported to the designed motor that will be simulated. Simulation results show that the motor rsquo s Final Design can be used for electric car application, although it has a few drawbacks in its starting torque and efficiency aspect."
2017
S67119
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ahmad Akbar Habibillah
"Motor sinkron adalah salah satu jenis motor listrik yang sering digunakan dalam perindustrian dimana karakteristiknya memiliki kecepatan konstan yang sinkron. Motor ini memiliki kelebihan dalam konstruksinya yang sederhana, tingkat efisiensinya yang tinggi dan power factor yang dapat dikendalikan. Namun, motor sinkron memiliki maintenance yang cukup rumit dan harganya relatif lebih mahal akibat penggunaan komponen magnet didalamnya. Pada penelitian ini, komponen magnet pada motor sinkron akan diganti dengan lilitan untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, untuk mempertahankan nilai efisiensi dan torsi terbaik yang dihasilkan motor sinkron perlu mencari pole-slot combination yang sesuai. Performa dari motor sinkron akan disimulasikan menggunakan software MagNet dan MotorSolve, sehingga dapat dilihat hasil arus, tegangan, fluks, torsi yang dihasilkan oleh motor sinkron.
Synchronous motor is one type of electric motor that is often used in industry where the characteristics have a synchronous constant speed. These motors have the advantages of simple construction, high efficiency and controllable power factor. However, synchronous motors have quite complicated maintenance and are relatively more expensive due to the use of magnetic components in them. In this study, the magnetic component of the synchronous motor will be replaced with a winding to overcome this problem. In addition, to maintain the best efficiency and torque values produced by synchronous motors, it is necessary to find an appropriate pole-slot combination. The performance of the synchronous motor will be simulated using MagNet and Motorsolve software, so that the results of the current, voltage, flux, torque generated by the synchronous motor can be seen."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yohanes Berchman Adyapaka Apatya
"Permanent Magnet Synchronous Motor PMSM merupakan motor yang mampu memenuhi tuntutan untuk unjuk kerja yang optimal. Kehandalan, efisiensi tinggi, high power density, small, dan high speed adalah kemampuan yang mampu dicapai oleh motor jenis PMSM. Oleh karena menariknya issue ini, berbagai penelitian mencakup motor PMSM banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Pada penelitian ini, fokus peneliti adalah mampu menghasilkan rancangan motor Permanent Magnet Synchronous Motor 12 slot dan 8 pole. Motor yang dirancang adalah motor dengan tipe outer rotor. Dimensi luar motor ditentukan sesuai dengan aplikasi dari motor yang dirancang dalam penelitian ini fixed dimension. Bahan pertimbangan dalam penelitian ini adalah proses pembuatan yang sederhana dan murah serta kemudahan mencari material konstruksi motor.Pada penelitian ini telah berhasil dirancang motor PMSM dengan tipe outer rotor 750 rpm dengan keluaran daya 26,39 kW dengan effisiensi 98,2 serta motor tipe inner rotor 750 rpm dengan daya keluaran 26,15 kW dengan effisiensi 98.
Permanent Magnet Synchronous Motor PMSM is a motor capable of meeting the demands for optimal performance. Reliability, high efficiency, high power density, small, and high speed is the ability that can be achieved by PMSM type motor. Because of this interesting issue, various studies include many PMSM motors conducted by various circles. In this study, the focus of the researcher is able to produce the design of Permanent Magnet Motor Synchronous Motor 12 slot and 8 pole. The motor designed is a motor with outer type rotor. The outer dimensions of the motor are determined according to the application of the motor designed in this study fixed dimension . Materials considerations in this study is a process of making a simple and cheap and easy to find motor construction materials.In this research has successfully designed PMSM motor with 750 rpm outer rotor type with power output of 26.39 kW with 98.2 efficiency and 750 rpm inner rotor type motor with output power of 26.15 kW with 98 efficiency."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48037
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Hapsari Dewi
"Motor induksi dengan teknologi slip ring telah banyak digunakan dalam bidang industri sebagai satu dari komponen elektrikal yang sangat penting untuk menghasilkan energi mekanik. Konstruksi motor ini jauh lebih kompleks dibandingkan motor induksi standar squirrel cage. Kompleksitas motor slip ring terletak pada sambungan antara cincin-cincin slip dan sikat-sikat yang membutuhkan lebih banyak pemeliharaan. Sementara itu, motor squirrel cage yang bekerja dengan dukungan variable speed drive dapat membuat aplikasi berjalan dengan lebih baik dan pengaturan kecepatan motor lebih efisien. Pada studi ini, penulis secara khusus meneliti kemungkinan mengganti teknologi lama dengan motor standar squirrel cage berdasarkan pada kesesuaian kemampuan teknis dan pertimbangan keekonomian. Pemilihan motor baru dan VSD harus mengikuti kebutuhan sistem existing agar tidak terjadi kendala saat sistem baru bekerja memenuhi kebutuhan beban. Data teknis beban yang sedang terpasang diambil dari SCADA pemilik serta nameplate dari motor dan fan. Perhitungan keekonomian dianalisa dengan menggunakan metoda payback period. Dari hasil penelitian yang dilakukan, payback period proyek penggantian ini dapat dicapai sebelum dua tahun dan nilai penghematan energi dapat mencapai sebesar 69% namun bisa bervariasi berdasarkan pada pola operasional. Modifikasi motor induksi slip ring pada sistem terpasang bisa dilakukan dengan menghubungsingkat resistansi eksternal agar dapat dihubungkan dengan VSD dan menghasilkan payback period yang lebih cepat, namun harus ditinjau kembali nilai torsi dan sisa life time motor existing tersebut. Berdasarkan pada sudut pandang penulis, motor induksi standar squirrel cage dan VSD sangat berpotensi untuk menggantikan motor slip ring, dimana hasilnya tidak hanya karena membuat operasi lebih sederhana, namun juga biaya pemeliharaan lebih sedikit dan biaya energi lebih murah.
Induction motor slip ring-type technology has been widely used in industrial as one of the crucial electrical components to convert energy mechanically. The construction of this motor is more complex than other standardized induction motors such as squirrel cage. The complexity lies in the connection between the rings and brushes which requires more maintenance. Meanwhile, Squirrel cage motor that is supported by a Variable Speed Drive allows its user to start motor smoothly and adjusts the speed more efficiently. In this study, we exclusively investigate the possibility of the outdated technology replacement by using squirrel cage standardized induction motor based on its compatibility and the financial perspective as well. To prevent any coming up problems, the selections of new motor and VSD must fulfil the requirement of the existing system. Technical data were collected from customer`s SCADA and nameplates. While the financial calculation was made based on the payback period. In this case, the payback period is projected within two years and the energy saving could reach 69% that basically depends on operation patterns. Modification of the slip ring induction motor on an installed system can be done by connecting the external resistance so that it can be connected to the VSD as a result it has faster payback period, but the torque value and the remaining life time of the existing motor must be reviewed. According to our perspective, standard squirrel cage motor potentially replaces the slip ring motor in which it is not only having a simple operation but also less maintenance and energy cost."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53412
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library