Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 59194 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Faiz Yunus
"ABSTRAK
Penelitian ini lebih fokus kepada Pola Dakwah Emha Ainun Nadjib ditinjau melalui pendekatan tasawuf. Yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tasawuf pada pemikiran Emha Ainun Nadjib, serta dari aspek apa ia terpengaruh dari pemahaman tasawuf sehingga berimbas pada model dakwahnya. Dengan menggunakan pendekatan tasawuf peneliti mengkaji pola dakwah yang dilakukan oleh Emha Ainun Nadjib dalam forum yang di sebut ldquo;ma rsquo;iyahan rdquo; melalui pendekatan deskriptif analisis. Metode deskriptif sebagai sebuah metode yang meneliti status kelompok manusia, kondisi, sistem pemikiran, ataupun fenomina pada saat itu untuk mendeskipsikan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.Selain menggunakan pendekatan tasawuf tentunya penelitian ini tidak lepas dari pendekatan personal, maupun komunitas sebagai salah satu metode yang dapat membatu penelitian ini mendapatkan jawaban dari objek yang diteliti. Peneliti juga menggunakan pendekatan teks dan tulisan-tulisan Emha Ainun Nadjib yang berkenaan dengan Ma rsquo;iyahan, wawancara sebagai validasi terhadap teks yang ditemukan.

ABSTRACT
This research is more focused on The Influence of Sufism on the Method of Da rsquo wah Emha Ainun Nadjib. This research using Sufism approach, with a view to knowing how much influence tasawuf on the thoughts of Emha Ainun Nadjib, as well as from what aspects he is influenced from Sufism which impact on his da 39 wah model.With the approach of Sufism, researchers examined the model of 39 dakwah 39 Emha Ainun Nadjib in a forum called maiyah through descriptive analysis method. Descriptive method as a method that examines the status of human groups, conditions, systems of thought, or phenomena at that time to systematically, factually and accurately describe the facts, traits and relationships between the phenomena investigated.In addition to using Sufism approach of course this research can not be separated from the personal approach, and the community as one method that can help this research get answers from the object under study. The researcher also uses the textual approach and the writings of Emha Ainun Nadjib regarding Ma 39 iyahan, the interview as a validation of the found texts."
2017
T49183
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bandung: Mizan, 1995
808.81 SUL (1);808.81 SUL (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Akhmad Nakhrowi
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas pemikiran Emha Ainun Nadjib, salah seorang tokoh yang
banyak dikenal sebagai budayawan, tentang kekuasaan dan demokrasi dalam esaiesainya.
Skripsi ini mengambil periodisasi tahun 1983—1998. Tahun 1983adalah
awal bagi Emha menerbitkan kumpulan esai-esainya, sedang 1998 adalah
merupakan tahun dimana Presiden Soeharto dilengserkan. Skripsi ini
menggunakan metode sejarah dengan melalui tahap heuristik, kritik, interpretasi
dan historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Emha
dipengaruhi oleh kondisi rezim presiden Soeharto yang represif, namun ia tetap
mendasarkannya pada kesadaran akal sehat dan hati nurani serta rasa
kemanusiaan.

ABSTRACT
The focus of this study is Emha Ainun Nadjib’s thought, a person who well
known as a budayawan,in the issues of power and democracy ini his essays. The
period which it concern is between 1983—1998. In 1983 was the time when
Emha published his first essays and 1998 was the time when president Soeharto
overthrowned from his position. A Historical Method was using in this research,
which it has heuristic, critics, interpretation and historiography. The results of this
study shows that Emha’s thought in those issues was influenced by the
repressiveness of President Soeharto era, but he still use common sense, conscious
of conscience and the value of humanity as a basis of his action."
2014
S53547
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erlin Dyah Pratiwi
"Skripsi ini membahas tindak pembungkaman dalam novel Gerakan Punakawan Atawa Arus Bawah karya Emha Ainun Nadjib yang dilakukan oleh Pak Kades sebagai akibat dari penyalahgunaan kekuasaan berupa tindak korupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tindak pembungkaman dalam novel Gerakan Punakawan Atawa Arus Bawah melalui analisis tokoh dan penokohan serta tema. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian yaitu pendekatan intrinsik yang meliputi tokoh dan penokohan serta tema. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa ada beberapa aspek yang berhubungan dengan tindak pembungkaman, yaitu penyebab tindak pembungkaman, bentuk-bentuk tindak pembungkaman, dampak tindak pembungkaman, dan usaha perlawanan terhadap tindak pembungkaman. Selain itu, dipaparkan juga hubungan antara Punakawan dengan tindak pembungkaman yang terjadi di dalam novel.

This thesis discusses about the acts of suppression in the novel Gerakan Punakawan Atawa Arus Bawah written by Emha Ainun Nadjib which is performed by pak Kades, as a result of power abuse in the form of corruption. This study aims to describe the acts of suppression in the novel Gerakan Punakawan Atawa Arus Bawah through the analysis of characters, characterization, and theme. This study uses the qualitative method to analyze those corpuses. The approaches used to achieve the research objectives also cover the intrinsic characters, characterization, and theme. The results of this study stated that there are several aspects related to the acts of suppression, namely the leading causes of suppression acts, the forms of suppression acts, the impacts of suppression acts, and the resistances to suppression acts. In addition, the relationship between Punakawan is presented with the following suppression acts that occurs in the novel."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53047
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ramadhan Ali
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas ungkapan metafora yang terdapat dalam esai ldquo;Ingin Kuanyam Pulau-Pulau Nusantara rdquo; karya Emha Ainun Nadjib. Analisis yang ada dalam penelitian ini merujuk pada tiga komponen konseptual dalam metafora yang meliputi ranah sumber, ranah asaran , dan seperangkat hubungan pemetaan dan persesuaian. Pada analisis ditemukan bahwa ungkapan metafora dalam esai ldquo;Ingin Kuanyam Pulau-Pulau Nusantara rdquo; menempati ide-ide utama dalam esai. Penggunaan metafora dalam esai ldquo;Ingin Kuanyam Pulau-Pulau Nusantara rdquo; mendukung tema kebudayan dalam esai.

ABSTRACT
This study discusses the metaphorical expressions in the essay ldquo Ingin Kuanyam Pulau Pulau Nusantara rdquo by Emha Ainun Nadjib. The analysis in this study refers to the three conceptual component in metaphor. These components are the source domain, the target domain, and a set of mapping relation or correspondencies. The analysis shows that the metaphorical expression in the essay ldquo Ingin Kuanyam Pulau Pulau Nusantara rdquo occupies the main ideas in the essay. The use of metahphors in the essay ldquo Ingin Kuanyam Pulau Pulau Nusantara rdquo represents the environtment theme in the essay. "
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Emha Anun Nadjib
Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2012
297.53 EMH t (1);297.53 EMH t (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Betts, Ian L.
Jakarta : Kompas, 2006
923 BET j
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ilma Khairani
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand placement acceptance yang dimediasi oleh brand placement recall terhadap attitude towards brand yang ada di dalam film Habibie dan Ainun. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah brand placement acceptance, brand placement recall, dan attitude towards brand, yakni preference, loyalty, dan intention to purchase. Penelitian ini menggunakan analisa jalur atau path analysis karena penelitian ini melibatkan variabel mediasi yang sederhana sehingga memungkinkan untuk menganalisanya dengan menggunakan metode regresi. Masing-masing variabel dependen dianalisa dengan menggunakan analisis jalur secara satu-persatu.
Habibie dan Ainun merupakan film paling laris sepanjang tahun 2012 lalu dengan jumlah penonton sebanyak kurang lebih 4,2 juta penonton. Dalam film ini terdapat beberapa merek dan produk yang ditempatkan di dalamnya. Merek dan produk tersebut adalah Gery Chocolatos, Sirup Markisa Pohon Pinang, Wardah, E-Toll Card Mandiri, dan Fresh Care.
Dari hasil analisis jalur, dapat disimpulkan bahwa brand placement recall memediasi brand placement acceptance secara parsial terhadap preference, loyalty dan intention to purchase. Yang berarti pada dasarnya brand placement acceptance dapat mempengaruhi preference, loyalty dan intention to purchase yang dimiliki oleh penonton film Habibie dan Ainun. Namun, dengan tambahan dari variabel brand placement recall, preference, loyalty dan intention to purchase penonton film Habibie dan Ainun akan semakin meningkat.

This study aims to determine the impact of brand placement acceptance with brand placement recall as a mediator toward attitude towards brand in Habibie dan Ainun the movie. Variables used in this study are brand placement acceptance, brand placement recall, and attitude toward brands which is contains of preference, loyalty, and intention to purchase. This study use path analysis as a method because this study involve a simple mediator variable, so it is possible to analyze it with regression method. Each dependent variables analyzed with path analysis one-by-one.
Habibie dan Ainun is the most selling film in 2012 with more than 4,2 millions viewers. In this film, there are several products and brands appear. Those are Gery Chocolatos, Sirup Markisa Pohon Pinang, Wardah, E-Toll Card Mandiri, and Fresh Care.
From the outcome of path analysis, we can conclude that brand placement recall partially mediate brand placement acceptance toward preference, loyalty, and intention to purchase. Which means, brand placement acceptance can affect Habibie dan Ainun viewer’s preference, loyalty, and intention to purchase by itself. However, in addition of brand placement recall, Habibie dan Ainun viewer’s preference, loyalty, and intention to purchase will increase.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54450
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Nurul Istikomah
"Sejak tahun 2015, Syarikat Islam menarik diri dari politik praktis dan berfokus pada dakwah ekonomi umat. Fokus dalam penelitian ini ialah kiprah Syarikat Islam dalam mewujudkan dakwah ekonominya di tahun 2018-2020. Permasalahan dalam penelitian yaitu bagaimana konsep dakwah ekonomi Syarikat Islam dan bagaimana strategi Syarikat Islam dalam mengimplementasikan konsep dakwah ekonominya. Teori yang digunakan ialah teori dakwah yang dipaparkan oleh Yunan Yusuf dan M. Munir yang mengatakan bahwa dakwah hendaknya tampil secara aktual, kontekstual, dan faktual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif. Pengambilan data menggunakan metode wawancara dan kajian literatur. Hasil penelitian menemukan dua hal. Pertama, Syarikat Islam merumuskan sebuah konsep yang diberi nama Rumah Dakwah SI (Redaksi) yang diterapkan melalui tiga program, yaitu penyelenggaraan kajian dakwah, pelatihan inkubasi bisnis, dan program ekonomi yang teknisnya menyesuaikan basis ekonomi masing-masing wilayah cabang SI. Kedua, untuk mengimplementasikan konsep tersebut, Syarikat Islam membentuk sebuah badan otonom bernama Badan Pengembangan Ekonomi Syarikat Islam yang terdiri dari tim pengembangan distribusi dan perdagangan, tim pengembangan produksi pertanian, perikanan, dan peternakan serta tim investasi dan keuangan syariah. SI juga membentuk tim khusus untuk mengembangkan teknologi jaringan blockchain dan machine learning sebagai tindak lanjut dari program sistem pembayaran dan pasar daring.

Since 2015, Syarikat Islam has withdrawn from practical politics and has focused on the economic da’wah of the Ummah. This research focuses on the gait of Syarikat Islam in realizing its economic da'wah in 2018-2020. The problem in this research is how SI’s concept of economic da’wah of the Ummah and how the SI strategy to implement it. The theory used is the theory of da'wah presented by Yunan Yusuf and M. Munir both of which said that preaching should be presented in an actual, contextual, and factual manner. This study used a qualitative research method. This study also uses both the interview method and literature review to collect data. There are two findings. First, the SI formulated a concept called the SI House of Economics and Da'wah (Redaksi) that applied through three programs, the implementation of da'wah studies, business incubation training, and economic programs that technically adjust the economic base of each SI branch area. Second, to implement this concept, Syarikat Islam established Economic Development Agency consists of a distribution and trade development team, a team for the development of agricultural, fishery, and livestock production as well as a team for Islamic investment and finance. SI also formed a specific unit to develop blockchain and machine learning as a follow-up to the online payment system and the online market program"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>