Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 115786 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fransisca Listyaningsih Utami
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis pengendalian internal atas realisasi anggaran proyek berdasarkan kerangka COSO. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengendalian internal terhadap realisasi anggaran proyek sangat penting dalam meningkatkan pelaksanaan proyek karena dapat dilihat hubungan antara konsumsi pembiayaan proyek dengan pekerjaan fisik yang diselesaikan dengan pengeluaran tersebut sehingga tujuan proyek dapat tercapai dengan memenuhi 3 batasan yaitu tepat waktu, tepat biaya dan tepat mutu.

ABSTRACT
The purpose of this study was to conduct an internal control analysis of project budget realization based on COSO framework. This research is a qualitative research.The result of the research concludes that the internal control on the realization of project budget is very important in improving the project implementation because it can be seen the relationship between project financing consumption and the physical work completed with the expenditure so that the project objectives can be achieved by fulfilling 3 constraints i.e timely, precise cost and quality. "
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Hikmayanti
"Laporan magang ini membahas analisis prosedur pengujian pengendalian dan aktifitas pengendalian internal atas persediaan pada perusahaan konstruksi PT ABC. Pembahasan dimulai dari perlakuan akuntansi persediaan pada PT ABC, dilanjutkan dengan pembahasan prosedur pengendalian internal atas persediaan dan pergudangan PT ABC. Pembahasan juga mencakup identifikasi kelemahan-kelemahan atas pengendalian internal, beserta temuan-temuan audit atas lemahnya pengendalian internal tersebut. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengendalian internal perusahaan tersebut memiliki beberapa kelemahan. Selanjutnya, analisis dari prosedur tersebut dibandingkan dengan teori yang ada. Selain itu, pembahasan juga akan mengungkapkan mengenai pencatatan dan pengukuran persediaan pada perusahaan konstruksi beserta analisis terhadap praktik yang dilakukan di lapangan.

This internship report discusses the analysis of Test Of Control (TOC) procedure, and the internal control activity for inventory in a construction company, PT ABC. The discussion starts from inventory accounting treatment in PT ABC, then continues to internal control procedures of material and warehousing in PT ABC. Discussion also consists of identificatiion of weaknesses in internal control along with its audit findings. The results show that the company’s internal control has several weaknesses. Furthermore, the analysis of that procedure is compared to the theories. In addition, the discussion reveals the recording and measurement of inventories at the construction company and the analysis of the practices conducted in the internship."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raka Devan Ilham M.
"Penelitian ini membahas mengenai siklus pendapatan dan pengendalian internal atas siklus tersebut di perusahaan subkontraktor konstruksi yaitu PT ABC. Masih sedikit studi yang mempelajari mengenai siklus pendapatan dan pengendalian internal pada perusahaan konstruksi khususnya perusahaan subkontraktor. Padahal, kontraktor utama memiliki pengaruh di dalam siklus pendapatan subkontraktor yang membuat terdapat proses yang berbeda dengan perusahaan non konstruksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan wawancara kepada empat responden, observasi aktivitas PT ABC dan analisis dokumen perusahaan. Siklus pendapatan PT ABC terdiri dari aktivitas penerimaan proyek konstruksi, aktivitas pengerjaan proyek konstruksi, penagihan dan penerimaan kas. Dalam siklus pendapatan PT ABC, setiap aktivitas memiliki kelemahan-kelemahan seperti pencatatan yang tidak tepat, tidak ada rekonsiliasi transaksi dan permasalahan terkit piutang usaha. Analisis menggunakan COSO Internal Control Integrated Framework tahun 2013 menunjukkan bahwa penerapan lima komponen pengendalian internal di PT ABC yang terdiri dari lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi serta pengawasan belum memadai.

This study discusses the revenue cycle and internal control over the cycle in the construction subcontractor company, PT ABC. There are still few studies that study the revenue cycle and internal control in construction companies, especially subcontractor companies. In fact, the main contractor has influence in the subcontractor's revenue cycle, which makes the process different from that of non-construction companies. This research was conducted by conducting interviews with four respondents, observing PT ABC activities and analysing company documents. PT ABC's revenue cycle consists of activities of receiving construction projects, activities of working on construction projects, billing and cash collection. In PT ABC's revenue cycle, every activity has weaknesses such as incorrect recording, no transaction reconciliation and problems related to account receivables. Analysis using the COSO Internal Control Integrated Framework 2013 shows that the implementation of the five components of internal control at PT ABC which consists of the control environment, risk assessment, control activities, information and communication and monitoring is inadequate."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Andika Irawan
"ABSTRAK
Pengendalian internal merupakan salah satu alat control yang digunakan perusahaan untuk mencapai efisien & efektifitas dalam pengelolaan operasional dan pelaksanaan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan. Pengendalian internal dapat memberikan nilai tambah dan membantu perusahaan mencapai tujuan perusahaan. Pengendalian internal merupakan salah satu faktor terciptanya prinsip-prinsip Good Corporate Gorvenance. Efektif dan terciptanya pengendalian internal akan mewujudkan Good Corporate Governance yang baik bagi perusahaan dan meminimalisir terjadinya tindakan Fraud. Skripsi ini membahas tentang pengendalian internal atas kegiatan yang telah dilaksanakan untuk melihat kecukupan kontrol dari keseluruhan proses yang terdapat dalam pelaksanaan kegiatan ABC dan Outing 2013, dan mereview pelaksanaan Good Corporate Governancepada pelakasanaan kegaitan ABC dan Outing 2013 di PT XYZ. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pengendalian internal belum berjalan efektif dikarenakan lemahnya kontrol dari atasan yang tidak melakukan verifikasi pekerjaan bawahannya dan menyebabkan adanya indikasi fraud pada PT XYZ.

ABSTRACT
Internal control is a control tool used by companies to achieve efficient and effective in the management of operations and implementation of the principles of corporate governance. Internal control can provide added value and help the company achieve goals. Internal control is one of the creation principles of Good Corporate Gorvenance.Effective internal controls and the implementation of good corporate governance will minimize the occurrence of acts of Fraud This studies discusses the internal control over the activities that have been undertaken to look at the adequacy of the control of the whole process contained in the implementation of ABC and Outing 2011, and reviewed the implementation of good corporate governance that occurred in activities ABC and Outing in PT XYZ. The conclusion of this study is the internal controls had not been effective due to lack of control of a supervisor who does not verify the work of his subordinates and lead to indications of fraud in PT XYZ."
Jakarta: Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62508
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Nurlatifah Fawzia
"Laporan magang ini membahas tentang prosedur audit yang dijalankan oleh KAP XYZ atas piutang usaha PT ABC pada periode audit laporan keuangan akhir tahun 2013 Secara lebih rinci dibahas mengenai kebijakan akuntansi prosedur audit serta analisis mengenai pengendalian internal yang dijalankan di lingkup piutang usaha Berdasarkan hasil prosedur audit dijelaskan bahwa prosedur audit telah dilakukan dengan cukup baik namun prosedur pemilihan sampel terkait piutang perlu diperiksa kembali Di sisi lain PT ABC telah melakukan pencatatan dan pelaporan akuntansi di lingkup pendapatan dan piutang sesuai dengan PSAK yang berlaku Kelemahan terkait pengendalian internal mengenai piutang masih ditemui.

This report is aimed to explain further about KAP XYZ's audit procedures over accounts receivable of PT ABC for the year ending December 31st 2013. More in detail, this report elaborates on accounting policies, audit procedures, and an analysis on internal control. After a completion of an audit, it was implied that audit procedures have been well conducted. However, sampling procedure for accounts receivable needs to be reviewed. On the other hand, PT ABC's accounting method and reporting regarding revenue and receivable have complied to PSAK related. However, some deficiencies in internal control regarding receivable were found during audit.
"
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Pradhinka Rahayu
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis siklus pendapatan di kamar hotel, penyebab permasalahan yang terjadi, dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk mengatasi permasalahan di Butik Hotel dan Resorts pada PT ABC. Metode penelitian ini adalah studi kasus, yang akan dilakukan melalui penelitian lapangan dan tinjauan literatur pendahuluan. Masalah yang terjadi di Hotel Butik dan Resort pada PT ABC yaitu pada proses pemesanan, dalam penerimaan tamu, dan kegiatan tim keuangan. Perbaikan yang perlu dilakukan adalah menerapkan sistem pembayaran online dan peningkatan kinerja staf.

The objective of this research is to analyze the revenue cycle and the problems occurs, and to give recommendations for improvement to overcome the problems at Boutique Hotel and Resorts of PT ABC. The method of this research is case study, which will be conducted through field research and preliminary literature review. The problems occur at Boutique Hotel and Resorts of PT ABC are during reservation process, in the reception, and finance team activities. The improvements needs to be done are to implement online payment getaway and improvement of staff performance. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arijal Ahmad Solahudin
"Peոelitiaո iոi berkaitan dengan analisis atas implementasi sistem Building Information Modeling (BIM) di PT ABC. Menurut beberapa penulis Building Information Modeling (BIM) merupakan sistem informasi yang terintegrasi yang dapat meningkatkan kinerja proyek konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan atas implementasi Building Information Modeling (BIM) di PT ABC. Implementasi Building Information Modeling (BIM) akan dianalisis dengan menggunakan Technology Organization Environment (TOE) Framework yang dibuat oleh Tornatzky dan Klein tahun 1982. Unit analisis dalam penelitian ini adalah PT ABC. Jumlah proyek yang dianalisis sebanyak 4 proyek yang telah selesai proses konstruksinya di akhir tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian yang melakukan pendekatan mix method dengan melakukan wawancara dan analisis atas data laporan keuangan proyek. Hasil dari penelitian ini berkesimpulan bahwa PT ABC memperoleh manfaat dengan diterapkannya sistem Building Information Modeling (BIM), namun demikian masih terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaan Building Information Modeling (BIM) yang dapat dikelompokkan berdasarkan aspek-aspek Technology Organization Environment (TOE) Framework.

This research related with the analysis of implementation Building Information Modeling (BIM) system at PT ABC. According to several authors, Building Information Modeling (BIM) is an integrated information system that can improve the performance of construction projects. This study aims to provide input on the implementation of Building Information Modeling (BIM) at PT ABC. Implementation of Building Information Modeling (BIM) will be analyzed using the Technology Organization Environment (TOE) Framework created by Tornatzky and Klein in 1982. The unit of analysis in this study is PT ABC. The number of projects analyzed were 4 projects that had completed the construction process at the end of 2020. This research uses a mix method approach by conducting interviews and analysis of project financial report data. The results of this study conclude that PT ABC benefits from the implementation of the Building Information Modeling (BIM) system. However, there are still some shortcomings in the implementation of Building Information Modeling (BIM) which can be grouped based on aspects of the Technology Organization Environment (TOE) Framework.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ghozali Akbar
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja alokasi anggaran di Indonesia dari perspektif maqashid syariah.Dalam penghitungan dan pengembangan indeks, penelitian ini melakukan analisis empiris dengan mengambil Indonesia dalam 12 tahun 2005-2016 sebagai sampel. Metode pengklasifikasian menggunakan model Sekaran sedang penghitungan indeks menggunakan metode Maqashid Sharia Based Performance MSBP yang digagas oleh Bedoui 2012 . Metode ini mengutamakan keseimbangan antar dimensi maqashid syariah.Bukti empiris menunjukkan bahwa negara Indonesia mempunyai skor yang cukup tinggi dalam indeks maqashid syariah. Indeks maqashid syariah di Indonesia stabil di nilai tinggi pada periode 2005-2009, menurun pada 2010-2014, dan sedikit naik kembali pada 2015-2016. Artinya, anggaran Indonesia mempunyai tren yang cukup baik dalam pemenuhan perlindungan maqashid syariah.Pada analisis kinerja anggaran dengan indikator yang ditentukan, Indonesia menunjukkan performa yang baik pada dimensi maqashid syariah perlindungan harta, sedang pada dimensi yang lain perlu dilakukan peningkatan. Hal ini cukup konsisten dengan indeks maqashid syariah.

The aim of this research is to evaluate budget allocation performance of Indonesia according to maqashid sharia.This study conduct empirical investigations by taking Indonesia for 10 year period 2005 2016 as a sample. In classifying expenditure budget allocation Sekaran model is used, and for counting the index Maqashid Sharia Based Performance MSBP , a method proposed by Bedoui 2012 is used. This method accentuate on balancing the maqashid sharia dimensions.Empirical evidence indicates that Indonesia has high score in maqashid sharia index. Maqashid Sharia Index in Indonesia goodly stable in 2005 2009, declined between 2010 2014, increased again in 2015 2016. It means, Indonesian budget have a good trend in fulfilling maqashid sharia.In the analysis of budget performance according to determined indicators, Indonesia shown good performance in protecting wealth maqashid sharia dimensions, although in another dimensions Indonesia still needs improvement. Overall this is consistent with the index maqashid sharia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69994
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vania Dyarti Kusuma
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengendalian Internal atas Investasi di PTN-BH ABC yang dilakukan berdasarkan COSO-Enterprise Risk Management dan regulasi terkait. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi pengendalian internal atas investasi yang sudah dilakukan oleh PTN-BH ABC menggunakan komponen yang terdapat dalam Kerangka COSO-Enterprise Risk Management yaitu lingkungan internal, penetapan tujuan, identifikasi kejadian, penilaian risiko, respons risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pengawasan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengendalian internal atas investasi yang dilakukan oleh PTN-BH ABC masih terdapat kelemahan di beberapa kompenen. 

ABSTRACT
This study aims to analyze Internal Control of Investment in PTN-BH ABC based on COSO-Enterprise Risk Management and related regulations. The analysis is carried out by identifying internal control over investments made by PTN-BH ABC using components contained in the COSO-Enterprise Risk Management Framework, which are internal environment, objective setting, event identification, risk assessment, risk response, control activities, information and communication, and monitoring. The results of this study concluded that internal control over investments made by PTNBH ABC still had weaknesses in several components.  "
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Letizia Prima
"Penelitian ini bertujuan menganalisis peran internal internal auditor dalam pengendalian internal dan manajemen risiko PT. Reasuransi ABC, serta memberikan saran perbaikan untuk meningkatkan peran internal audit dalam manajemen risiko sehingga dapat meningkatkan pengendalian internal PT. Reasuransi ABC. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode tersebut menjelaskan peran audit internal PT. Reasuransi ABC dalam pengendalian internal dan manajemen risiko yang dinilai berdasarkan ISO 31000:2009, COSO-ERM Integrated Framework dan standar internasional praktik profesional audit internal (IPPF) oleh Institut Auditor Internal (IIA). Hasil analisis menunjukkan audit internal telah melakukan perannya dalam membantu manajemen mencapai tujuan, visi, dan misinya dengan aktivitasnya yaitu melakukan penilaian atau asurans dan konsultasi terhadap pengendalian internal dan manajemen risiko perusahaan. Namun, Teknis penilaian atau asurans dan konsultasi audit internal PT. Reasuransi ABC saat ini masih perlu ditingkatkan mulai dari perencanaan audit sampai tindak lanjut hasil audit. Peran audit internal dalam pengendalian internal juga perlu ditingkatkan terutama dalam aktivitas operasional PT. Reasuransi ABC. Audit internal juga melakukan perannya dalam manajemen risiko perusahaan yaitu menilai dan memberikan evaluasi serta rekomendasi proses manajemen risiko namun perlu ditingkatkan komunikasi, konsultasi, dan koordinasi serta implementasi proses implementasi manajemen risiko PT. Reasuransi. Sehingga, diharapkan audit internal berperan sebagai lini pertahanan ketiga. Audit internal PT. Reasuransi ABC nantinya hanya melakukan pemeriksaan terhadap risiko-risiko signifikan dan proses manajemen risiko menjadi dasar pelaksanaan audit dalam Risk Based Internal Audit (RBIA).

This study aims to analyze role of internal audit in internal control and risk management of PT. Reinsurance ABC, as well as provide suggestions for improvement the role of internal audit in risk management. This study used descriptive qualitative method. The method explains role of internal audit in internal control and risk management is assessed based on ISO 31000:2009, COSO-ERM Integrated Framework and International Standards of Internal Audit Professional Practice (IPPF) by Institute of Internal Auditors (IIA). The results of the analysis show that the internal audit has carried out their role in helping management achieve company's goals, vision and mission with their activities that conduct an assessment or assurance and do consulting on internal control and risk management of the company. However, the technical assessment or assurance and internal audit's consultation of PT. Reinsurance ABC currently still needs to be improved starting from audit planning to follow-up the audit results. The role of internal audit in internal control also needs to be improved, especially in the operational activities of PT. Reinsurance ABC. Internal audit also carries out their role in corporate risk management, they asses and provide evaluations and recommendations on risk management processes, but their role needs to be improved in communication, consultation and coordination regarding the process and implementation of risk management at PT. Reinsurance ABC. Thus, internal audit will be expected to act as the third line of defense. PT. Reinsurance ABC will only examine significant risks and use the risk management process as the basis for conducting audit in Risk Based Internal Audit (RBIA)."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>