Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 100816 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Iis Islamiyah
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang bagaimana Satuan Pemeriksaaan Intern SPI memilih topik audit berdasarkan risiko organisasi dalam industri spesifik seperti pelayanan kesehatanan. RSCM adalah salah satu rumah sakit terbesar yang dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia. RSCM memiliki Komite Mutu dan Keselamatan Kerja KMKK yang stafnya memilliki latar belakang pendidikan medis, sedangkan staf SPI tidak memiliki latar belakang pendidikan medis. Audit hanya dilakukan oleh SPI, sedangkan KMKK mengkoordinasi pengelolaan risiko pada RSCM. SPI dan KMKK bekerja sendiri-sendiri. Laporan audit kinerja dari auditor eksternal menyatakan bahwa kinerja pelayanan kesehatan pada RSCM tidak sepenuhnya efektif karena AI tidak melaksanakan monitoring dan evaluasi atas pelayanan kesehatan. SPI hanya melakukan audit keuangan. Topik audit dipilih oleh SPI melalui diskusi internal antar staf SPI dan tidak mendokumentasikannya ke dalam kertas kerja sehingga tidak dapat di-review transparansi dan objektifitasnya. Standar IIA menyatakan bahwa Kepala SPI harus menyusun rencana audit berbasis risiko untuk menetapkan kegiatan prioritas SPI yang sesuai dengan tujuan organisasi. SPI harus memahami risiko organisasi baik keuanfr4gan maupun bukan untuk menyusun rencana audit berbasis risiko. SPI dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi dengan memilih objek audit yang memiiki risiko lebih tinggi dalam mencapai tujuan organisasi. Kerja sama antara SPI dan KMKK dapat mendukung sistem pengelolaan risiko untuk berjalan sebagaimana mestinya dan mengoptimalkan RSCM dalam mencapai tujuan organisasi.

ABSTRACT
This paper examines how internal audit IA choose audit objects based on organization rsquo s risk in specific industry such as health service organization. RSCM is one of the largest hospital owned by Indonesia rsquo s government. RSCM have risk division which its staff have medical education background, while IA division staff have non medical education background. Audit only performed by IA, while risk division coordinating risk management in RSCM. IA and risk division working individually. Performance audit report from an external auditor stated that health service performance at RSCM is not fully effective because IA has not conducted monitoring and evaluation on it. IA usually perform only financial audit. The audit objects are chosen by IA through discussion among IA rsquo s staff and not documented in working paper so it couldn rsquo t be reviewed for the transparency and objectivity. The Institute of Internal Auditors IIA Standard states that the head of IA must develop a risk based plan to establish priorities for IA activities in accordance with organizational objectives. IA should know organization rsquo s risk whether financial or non financial to make risk based audit plan. IA could add higher value to organization by choosing audit objects in audit plan which have higher risk in organization rsquo s objectives achievement. Collaboration between IA and risk division could fulfill risk management system intended purposes and optimizing RSCM in achieving its objectives. "
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Admita
"Pendekatan terbaru dari proses audit internal adalah dengan memasukkan konsep manajemen risiko ke dalam proses audit internal. Audit internal dituntut untuk mengerti analisis risiko yang akan berguna dalam proses pengambilan keputusan tentang apa yang akan dilakukan, berapa banyak waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dari suatu kegiatan audit dan hal-hal penting yang perlu dilaporkan sehingga audit internal dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Bank Syariah Mandiri adalah salah satu perusahaan yang telah menerapkan proses audit internal berbasis risiko.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai peranan audit, proses manajemen risiko, serta proses audit internal berbasis risiko pada Bank Syariah mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dimana data diperoleh peneliti, dianalisis, dan dibandingkan dengan beberapa teori yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Departemen Audit Internal Bank Syariah mandiri sudah berjalan cukup baik. Proses pengendalian risiko di perusahaan dibagi ke dalam tiga bagian dimana pengendalian risiko bank merupakan tanggung jawab manajemen risiko. Risk based Internal Audit yang dilakukan dapat membantu auditor untuk memfokuskan sumber daya yang dimiliki untuk area audit yang berisiko tinggi sehingga risiko tersebut dapat dikelola dengan baik. Bank Syariah Mandiri memakai program dokumentasi audit berbasis risiko yang dapat membantu kinerja proses audit.

The latest approach of internal audit process is to include the concept of risk management into internal audit process. Internal audit are required to understand risk analysis that would be useful in the decision making process about what to do, how much time, and resources required on and audit activities and important things that need to be reported so that internal audit can add value to the company. PT Bank Syariah Mandiri is one of the company that has implemented a risk based internal audit processes.
The purpose of this research is to gain an overview of the role of audit effectiveness, process of risk management, and risk based internal audit process in PT Bank Syariah Mandiri. The method used in this study is a descriptive analysis, in which the researchers obtained data is analyzed and compared with several existing theories.
Based on the result of the study, researcher concludes that the Internal Audit of PT Bank Syariah Mandiri has been running quite well. The risk management process in the company is divided into three parts in which the Bank rsquo s risk control is the responsibility of risk management. Risk based internal audit performed may assist the auditor to focus its resources on high risk audit areas so that these risks can be managed properly. PT Bank Syariah Mandiri taking a risk based audit documentation program that can help the performance of audit processes.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sumoharjo
"Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk mengevaluasi perencanaan dan pelaksanaan audit internal berbasis risiko pada Inspektorat Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Selain itu juga untuk mengetahui langkah-langkah meminimalkan risiko yang dilaksanakan oleh Inspektorat selaku aparat pemeriksa intern pemerintah daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah interviu/wawancara dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan audit internal berbasis risiko pada Inspektorat Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang belum sesuai dengan teori tentang audit berbasis risiko, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah yang mengarah pada perencanaan audit berbasis risiko dan dilaksanakan sesuai rencana. Saran kepada Inspektorat Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang untuk menerapkan perencanaan audit berbasis risiko sesuai teori yang ada demikian juga kepada Pemerintah Pusat untuk membuat pedoman audit berbasis risiko sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

The purpose of this thesis was to evaluate the planning and implementation of risk-based internal audit in government inspectorate of South Tangerang City and district. But also to determine the risk mitigation measures implemented by the inspectorate as an internal examiner of local government officials. The methods used in this study were interviewed using a questionnaire. This study concluded that the planning and implementation of risk-based internal audit in government inspectorate of South Tangerang City and district is not in accordance with theory of risk-based internal audit, so, it is necessary to take measures that lead to a risk-based audit planning and carried out according to plan advice to government inspectorate of South Tangerang City and district was to implement a risk-based audit planning appropriate existing theory and suggested to the central government to create a risk-based audit reports consistent with the government regulation number 60 years 2008 about Govermental System of Internal Control. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rina Iryani
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang roadmap risk based internal audit RBIA pada proses perkreditan di Bank ABC. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan mengumpulkan data dan fakta langsung pada Divisi Internal Audit DAI di Bank ABC. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian risiko belum diterapkan di semua kantor cabang, penerapan risk based internal audit belum efektif karena belum memiliki guidance yang pasti dan jumlah personil internal auditor di Bank ABC belum memadai. Untuk itu direkomendasikan perancangan roadmap RBIA dengan menggunakan pedoman standar RBIA yang dikeluarkan oleh Institute Internal Auditors 2014.

This study aims to analyze and design a risk based internal audit roadmap RBIA on the credit process at Bank ABC. This study uses analytical descriptive method by collecting data and facts directly on Division of Internal Audit DAI in Bank ABC. The results of this study indicate that the risk assessment has not been implemented in all branch offices, the implementation of risk based internal audit has not been effective because it has no definite guidance and the number of internal auditor personnel at Bank ABC is not sufficient. It is recommended that the design of RBIA roadmap using RBIA standard guidelines issued by Institute Internal Auditors 2014."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jeniusi Ratri Arindi
"Penelitian ini bertujuan untuk menilai gambaran efektifitas dari peranan audit, proses manajemen risiko serta proses audit internal berbasis risiko pada PT PPN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, data diperoleh, dianalisis dan dibandingkan dengan berbagai teori yang ada. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa efektifitas audit internal PT PPN masih harus mengalami penyempurnaan dengan menambah jumlah personil audit internal dan terus mengembangkan kualifikasi audit internal. Proses pengendalian manajemen risiko belum berjalan efektif karena audit internal masih ikut terlibat dalam proses manajemen risiko untuk menghasilkan riks register yang akan dipergunakan audit internal saat melaksanakan tugas auditnya. Hal ini membuat proses audit berbasis risiko belum berjalan optimal di dalam perusahaan. Dengan dilakukannya Penerapan Metode Risk based Audit dapat membantu audit internal untuk memfokuskan sumber daya yang dimiliki untuk melakukan audit terhadap area yang berisiko tinggi sehingga risiko dapat dikelola dan dimitigasi dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk menilai gambaran efektifitas dari peranan audit, proses manajemen risiko serta proses audit internal berbasis risiko pada PT PPN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, data diperoleh, dianalisis dan dibandingkan dengan berbagai teori yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa efektifitas audit internal PT PPN masih harus mengalami penyempurnaan dengan menambah jumlah personil audit internal dan terus mengembangkan kualifikasi audit internal. Proses pengendalian manajemen risiko belum berjalan efektif karena audit internal masih ikut terlibat dalam proses manajemen risiko untuk menghasilkan riks register yang akan dipergunakan audit internal saat melaksanakan tugas auditnya. Hal ini membuat proses audit berbasis risiko belum berjalan optimal di dalam perusahaan. Dengan dilakukannya Penerapan Metode Risk based Audit dapat membantu audit internal untuk memfokuskan sumber daya yang dimiliki untuk melakukan audit terhadap area yang berisiko tinggi sehingga risiko dapat dikelola dan dimitigasi dengan baik."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fenni Yufantria
"Pendekatan terbaru dari proses audit internal adalah dengan memasukkan konsep manajemen risiko ke dalam prose audit internal. Audit internal dituntut untuk mengerti analisis risiko yang akan berguna dalam proses pengambilan keputusan tentang apa yang akan dilakukan, berapa banyak waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dari suatu kegiatan audit dan hal - hal penting yang perlu dilaporkan sehingga audit internal dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. PT XYZ adalah salah satu perusahaan yang telah menerapkan proses audit internal berbasis risiko. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang efektifitas peranan audit, proses manajemen risko serta proses audit internal berbasis risiko pada PT XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dimana data diperoleh peneliti, dianalisis dan dibandingkan dengan beberapa teori yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Departemen Audit Internal PT XYZ masih belum bekerja secara efektif. Proses pengendalian risiko di perusahaan di bagi kedalam tiga bagian dimana pengendalian risiko operasional perusahaan merupakan tanggung jawab dari pihak Audit Internal. Jika dilihat dari tiga garis pertahanan manajemen risiko, proses manajemen risiko yang diterapkan oleh perusahaan masih belum sesuai. Auditor terlibat dalam penyusunan perencanaan strategi dan proses manajemen risiko secara langsung. Hal ini membuat proses audit berbasis risiko belum berjalan optimal di dalam perusahaan. Namun, metode risk based internal audit yang dilakukan dapat membantu auditor untuk memfokuskan sumber daya yang dimiliki untuk area audit yang berisiko tinggi sehingga risiko tersebut dapat dikelola dengan baik. PT.XYZ memakai program dokumentasi audit berbasis risiko yang dapat membantu kinerja proses audit.

The latest approach of internal audit process is to include the concept of risk management into the internal audit process. Internal audit are required to understand risk analysis that would be useful in the decision making process about what to do, how much time and resources required of an audit activities and important things that need to be reported so that internal audit can add value to the company. PT. XYZ is one of the company that has implemented a risk based internal audit processes. The purpose of this research is to gain an overview of the role of audit effectiveness, process of risk management, and risk based internal audit process in PT XYZ. The method used in this study is a descriptive analysis, in which the researchers obtained data is analyzed and compared with several existing theories.
Based on the research, concluded that the Internal Audit Department at PT. XYZ still not working effectively. The process of risk management in the company is classified into three parts where the company's operational risk management is the responsibility of the Internal Audit. Based on The Three Lines of Defense in risk management, risk management process adopted by the company is still not appropriate. Auditors involved in the preparation of strategic planning and risk management processes directly. This makes the risk based audit process is not optimal in the company. However, methods of risk based internal audit can assist auditors to focus its resources on high-risk audit areas so that these risks can be managed properly. PT. XYZ using a risk based audit program documentation that can help the performance of the audit process.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T54140
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hayu Anindyajati
"Penelitian ini membahas tentang penerapan audit internal berbasis risiko (Risk Based Internal Audit – RBIA), khususnya pada kondisi pandemi Virus Corona di Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Pemerintah bersama regulator telah mengeluarkan berbagai kebijakan sebagai upaya pemulihan ekonomi Indonesia. Penurunan kinerja Bank selama pandemi dan perluasan wewenang LPS menimbulkan peningkatan profil risiko LPS. Kondisi ini mendorong LPS untuk memperkuat pelaksanaan audit internal melalui pendekatan audit internal berbasis risiko (risk based internal audit – RBIA). Penerapan RBIA pada beberapa area yang berisiko akan memperkuat dan meningkatkan efektivitas pelaksanaan fungsi dan tugas lembaga. Pada masa pandemi, terdapat beberapa area yang menjadi prioritas, antara lain:
Penerapan RBIA pada proses pengelolaan likuiditas dana LPS, khususnya terkait pendanaan dalam rangka melaksanakan fungsi lembaga.
Penerapan RBIA pada proses penerimaan dan pengelolaan data dan informasi, khususnya terkait data dan informasi dalam rangka memutuskan penyelamatan Bank Selain Bank Sistemik (BSBS).

This research discusses about the implementation of risk-based internal audit (RBIA), especially during the Corona Virus pandemic study case at Indonesia Deposit Insurance Corporation (IDIC). The government and regulators have issued various policies, regulations to restore the Indonesian economy. Declining in Bank performance and the expansion of IDIC powers led to an increase in the risk profile of IDIC. This condition encourages IDIC to strengthen internal audit through risk based internal audit (RBIA) approach. The application of RBIA in several areas at risk will strengthen and increase the effectiveness of the implementation of the functions and tasks of the institution. During a pandemic, there are several priority areas, among others:
Implementing RBIA in IDIC liquidity management process, particularly in relation to funding in order to carry out coorporate functions.
Implementing RBIA in the process of receiving and managing data and information, particularly in relation to data and information in order to decide to save banks other than systemic banks.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gilang Dwiandaru
"Sebuah organisasi cenderung memiliki proses bisnis dan struktur organisasi yang kompleks sehingga dibutuhkan auditor internal untuk membantu tugas manajemen dalam melakukan pengawasan seluruh fungsi dan untuk memastikan bahwa risiko telah dikelola hingga batas yang telah ditetapkan manajemen. Metodologi terkini yang saat ini menjadi standar bagi auditor internal adalah metodologi audit internal berbasis risiko RBIA ndash; Risk Based Internal Audit . RBIA tidak hanya metodologi yang diterapkan oleh fungsi audit internal saja, namun butuh kerjasama dari seluruh fungsi untuk dapat menerapkan RBIA.Penerapan RBIA sangat bergantung pada meturitas risiko organisasi. Jika maturitas risiko sebuah organisasi belum mampu untuk mendukung auditor internal dalam tugasnya memberikan keyakinan yang obyektif, dalam hal ini RBIA dapat digunakan auditor internal untuk dapat menyediakan jasa konsultasi. Jasa konsultasi fokus pada perbaikan maturitas risiko. Sebaliknya, jika sebuah organisasi telah memiliki maturitas risiko yang memadai, RBIA dapat digunakan auditor internal untuk dapat memberikan jaminan apakah risiko telah dikelola hingga batas yang telah ditetapkan manajemen.PT XYZ Persero membutuhkan peran auditor internal yang baik untuk dapat memberikan kontribusi kepada negara. Pada kenyataannya, aktivitas audit internal sudah menerapkan audit internal berbasis risiko dengan sangat baik saat audit atas arus minyak jika dibandingkan dengan teori yang tercantum pada laporan magang ini. Perbedaan dalan urutan pelaksanaan antara teori dan terapannya tidak menjadi masalah. Perbedaan tersebut terjadi karena pada pelaksanaannya, PT XYZ berusaha mengadaptasi teori yang ada kepada aktivitas bisnisnya yang kompleks.

An organization tend to have a complex business process and organizational structures so that Internal Auditor is needed to help management rsquo s tasks in supervise all the functiona and to make sure that the risks is being maintained until limit that management rsquo s decide. Current methodology that is being the standar for Internal Auditor is Risk Based Internal Audit RBIA . RBIA is not just being implemented in Internal Audit function only but need a teamwork from every other function to implement RBIARBIA implementation really depend on organization risk maturity. If risk maturity in an organization not able to support internal auditor in their tasks to give an objective beliefs, in this aspect RBIA can be used by internal auditor to provide consulting services. Consulting services focus on repair risk maturity. Otherwise, if an organization already have adequate risk maturity, RBIA can be used by internal auditor to provide guarantee whether the risk is being maintained untul the limit that management setted.PT XYZ Persero need a good auditor role to contribute to the country. In fact, internal audit activity already implemet a great risk based internal audit over oil flow if compare to theories in this internship report. Differences in execution order between the theori and implementation is not a matter. Those differences can happen because in the execution, PT XYZ trying to adapting the current theory into their complex business activities."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kumaat, Valery G.
Jakarta: Erlangga, 2011
657.458 VAL i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Reisya Ibtida
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rancangan program kerja audit kinerja berbasis risiko untuk Badan Pengawasan Mahkamah Agung dengan terlebih dahulu menganalisis implementasi perencanaan audit yang ada saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan audit yang dilakukan oleh Badan Pengawasan belum berbasis risiko. Oleh sebab itu, peneliti mengusulkan untuk menggunakan basis risiko dalam perencanaan audit. Pertama, peneliti menyusun perencanaan audit tahunan dengan menentukan tema audit kinerja berdasarkan tema yang memiliki faktor risiko makro tertinggi. Terakhir, peneliti menyusun program kerja audit kinerja atas pengelolaan biaya perkara sebagai tema audit yang terpilih dengan menilai risikonya.

ABSTRACT
The purpose of this paper is to design risk based performance audit program for Comptroller of Supreme Court of Indonesia by analyzing the existing process of audit plan preparation. This research is a qualitative research with descriptive analysis. The results show that the existing audit plan process doesn 39 t use risk basis. Therefore, we propose to use the risk base for designing performance audit program. Specifically, we determine audit topic in periodic planning by scoring potential topics based on macro risk factors. Finally, we produce a performance audit program of the selected audit topic by assessing its risks."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>