Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 70263 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abdur Rohman Harits Martawireja
"ABSTRAK
Grafik kecepatan, jarak dan waktu berkendaraan atau yang lebih dikenal dengan driving cycle telah dikembangkan sebagai referensi untuk berbagai macam bidang penelitian. Karakteristik kecepatan selama berkendaraan dipresentasikan dengan grafik hubungan antara kecepatan dengan waktu maupun kecepatan dengan jarak kendaraan. Dari karakteristik grafik hubungan tersebut didapatkan persamaan model matematis hubungan antara kecepatan dan jarak. Untuk selanjutnya, model ini diasosiasikan dengan bentuk model polinomial sebagai model berkendaraan.Pengumpulan data dilakukan di ruas jalan antara Depok sampai dengan Lenteng Agung melalui alat GPS logger yang dipasang pada kendaraan. Data posisi dan kecepatan dari GPS diambil dengan interval setiap 1 detik untuk 1 jenis kendaraan yaitu sepeda motor. Hasil dari analisis disajikan dalam grafik driving cycle selama berkendara yang merupakan hubungan antara kecepatan dengan jarak. Grafik ini kemudian dibuat hubungan matematis dengan format persamaan fourier yang akan menghasilkan sejumlah data dengan x berupa jarak selama perjalanan dan y adalah kecepatan kendaraan. Model matematis berupa polinomial orde 4 dihasilkan sebagai model berkendaraan untuk sepeda motor.

ABSTRACT
Driving velocity, distance, and time curve, or commonly called by lsquo driving cycle rsquo has been developed as reference for various research areas. The velocity characteristic during driving is presented by velocity vs. time and velocity vs. distance curves. From the characteristic of the curve, mathematics model of the relation between velocity and distance is derived. Then, this model is associated with polynomial model form as the driving model.The data collection is conducted on the main road between Depok to LEnteng Agung by using GPS logger attached to the motorcycle. Position and velocity data is logged every 1 second.The analysis result is presented by driving cycle curve of velocity vs. distance, which later its mathematical relation is derived using Fourier equation. From the Fourier equation, series of data x and y, with x is distance and y is velocity during the driving are derived. Mathematical model in form of 4th order polynomial is created as driving cycle model for motorcycle"
2018
T49061
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maulida Bellafaransi
"ABSTRAK
Tingkat pelanggaran lalu lintas di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Faktor yang menjadi penyebab pelanggaran lalu lintas ini terbagi menjadi faktor internal yaitu karakteristik pengemudi, dan faktor eksternal yaitu situasi lalu lintas di jalan raya seperti kepadatan lalu lintas. Pada karakteristik pengemudi, terdapat perbedaan perilaku pada pria dan wanita dalam berkendara. Walaupun begitu, baik pria dan wanita memiliki kesamaan aktivitas yang dilakukan saat mengendarai mobil, yaitu mendengarkan musik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari genre musik dan kepadatan lalu lintas terhadap perilaku pengendara mobil pria dan wanita, yang dilihat dari jumlah pelanggaran, kecepatan rata-rata, dan frekuensi pengereman. Sementara genre musik yang diujikan adalah musik pop, jazz, dan rock. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan driving simulator dan kuesioner perilaku pengendara DBQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa genre musik mempengaruhi perilaku seseorang dalam berkendara. Baik pria maupun wanita memiliki kecenderungan berperilaku lebih baik ketika diperdengarkan musik jazz dan berperilaku paling agresif ketika diperdengarkan musik rock.

ABSTRACT
The number of traffic violations in Indonesia is always increasing for years. This might be caused by the internal factors, which is the characteristic of the driver, and the external factors, which is the traffic situation such as traffic density. Driving behavior of men are women tends to be different. However, they have similarity in activities performed while driving, which is listening to music. This study aims to determine the effect of music genres and traffic density on the driving behavior of men and women, which could be seen from the number of violations, average speed, and braking frequency. The music genres which are being tested is pop, jazz, and rock. This research was conducted by using a driving simulator and driving behavior questionnaire (DBQ). The results showed that the music genres affect a person's driving behavior. Both men and women have a tendency to behave better in driving when jazz was played, but behave more aggressively in driving when rock was played.
"
2015
S60096
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hole, Graham
"Road accidents are the major cause of death and injury among young people in the developing world, and the field of psychology can offer great insights into the many factors that are at play when we get behind the wheels of our cars. Based on data collected around the world on drivers of all age groups, Graham Hole provides an up to date picture of the realities of driving, including visual perception issues, cell phone distractions, fatigue, drugs, and the effects of aging. These insights can help explain why we crash, as well as how we achieve the amazing feat of not crashing more oft"
New Jersey: Lawrence Erlbaum, 2007
153.8 HOL p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Habiburrahman
"ABSTRAK
Mobil MPV merupakan tipe mobil yang selalu ada pada peringkat pertama penjualan di Indonesia. Riset ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguatan kepuasan pengendara mobil MPV akibat dari intervensi variabel pengendara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square PLS-SEM terhadap 516 pengendara mobil MPV di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi melalui kuesioner yang telah dibagikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel pengendara dengan variabel operasional terhadap kepuasan pengendara mobil. Pada akhir riset menggunakan metode fenomenologi untuk lebih memahami karakteristik pengendara dan memberikan analisa yang lebih akurat dalam memahami fenomena ini.

ABSTRACT
MPV is a type of car that has always existed at the first rank of sales in Indonesia. This research aims to undesrtand the relationship of strengthening the satisfaction of MPV driver as a result of intervention by driver variables. The methods used in this research is Partial Least Square PLS SEM against 516 MPV drivers in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi through a questionnaire which had been distributed. The results showed the existence of a significant relationship between a driver variable with operational variable towards satisfaction of the driver. At the end of research using the method of Phenomenology to better understand the characteristics of the driver and give a more accurate analysis in understanding this phenomenon."
2017
T48145
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Miller, Johnm
"Buku yang berjudul "The driving instructor's handbook 1995" ini merupakan sebuah buku panduan mengenai instruksi-instruksi dalam berkendara."
[Place of publication not identified]: Kogan Page, 1994
R 629.383 MIL d
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Kharisma Arbita Bangsa
"Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas pelayanan Satpas Polresta Bekasi Kota dengan menggunakan model kualitas pelayanan Servqual. Peningkatan kualitas pelayanan menggunakan teknologi informasi di Satpas Polresta Bekasi Kota merupakan sistem yang baru dikembangkan sehingga mendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mengambil 150 orang kelompok masyarakat yang datang ke Satpas Polresta Bekasi Kota untuk meminta pelayanan Surat Izin Mengemudi. Sampel diambil secara acak dari masyarakat yang datang memerlukan pelayanan. Kuesioner untuk mengukur persepsi masyarakat dari masing-masing dimensi kualitas disebarluaskan kepada responden. Analisis data untuk menjawab pertanyaan penelitian menggunakan statistik deskriptif dan analisis diagram kartesius.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan (perceived service) telah melampaui harapan masyarakat (expected service) terhadap pelayanan Satpas Polresta Bekasi Kota terhadap semua dimensi kualitas pelayanan. Secara keseluruhan hasil analisis deskritif menunjukkan kualitas pelayanan yang baik untuk masing-masing dimensi. Hasil analisis diagram kartesius menunjukkan bahwa terdapat 7 butir pernyataan yang termasuk dalam kuadran I sebagai prioritas utama, sembilan pernyataan pada kuadran II yang berarti perlu mempertahankan prestasi yang telah dianggap baik dalam pelyananan, tiga butir pernyataan pada kuadran III yang merepresentasikan prioritas yang rendah dari unsur pelayanan, dan 11 butir pertanyaan yang termasuk pada kuadran IV yang menunjukkan kualitas pelayanan yang diberikan telah berlebihan. Secara keseluruhan kualitas pelayanan yang diberikan Satpas Polresta Bekasi Kota telah memenuhi kepuasan masyarakat. Pemetaan yang dihasilkan dalam analisis Servqual akan menjadi perhatian lebih lanjut oleh Polresta Bekasi Kota.

This study examines the quality of the service unit of Police office in Bekasi City in using the Servqual model. The improvement of service quality using technology information at Police office in Bekasi City is the new system which inspiring the intention of this study. The number of samples with quantitative descriptive method in the study was 150 people which include the people requesting the driver license services at Police office in Bekasi City. The samples of the study has been taken randomly from the people come to the Police Office at Bekasi City asking for driving license services. The questionaires to measure the perception of respondents for each dimension were distributed to the people asking for services from the Police office at Bekasi City. The analysis to answer the research questions was using the descriptive statistic and cartesius diagram.
The findings of this study indicated that the perception of the people to the perceived service was beyond the expected services of the Police office in Bekasi City. The people ware satisfied with all dimensions of service quality. Based on the descriptive analysis, the overall service quality was excellent. In addition the cartesius diagram was also indicated there was six item statement include the quadran I considering as the first priority; five items in quadran II that has to maintain considering as the better performance; three items in quadran III which represent the low priority; and elevent items in quadran IV which represent the service quality was far beyond the expectation of the customer. In conclusion, the overall service quality undertaken by the Police Office in Bekasi City was well performed. The item mapping using Servqual model will be further examine by the Police office in Bekasi City.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febrianto Ramadhan
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara efikasi-diri dalam berkendara dan perilaku berkendara berisiko pada pengendara sepeda motor usia remaja. Partisipan penelitian ini adalah 130 pengendara sepeda motor yang merupakan siswa SMA berusia 15 sampai 18 tahun remaja, dan berdomisili Jabodetabek. Pengukuran efikasi-diri dalam berkendara menggunakan alat ukur yang diadaptasi dari Adelaide Driving Self-Efficacy Scale ADSES yang dikembangkan oleh George, Clark dan Crotty 2007. Sedangkan untuk pengukuran perilaku berkendara berisiko menggunakan alat ukur yang diadaptasi dari alat ukur Risky Driving Behavior Questionnaire yang dikembangkan oleh Chang dan Yeh 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dalam berkendara dan perilaku berkendara berisiko pada pengendara sepeda motor usia remaja. Dengan demikian, semakin tinggi efikasi-diri berkendara individu, maka semakin tinggi pula kecenderungan individu untuk melakukan perilaku berkendara berisiko pada pengendara sepeda motor usia remaja.

ABSTRACT
This research aimed to examine the relationship between Driving Self Efficacy and Risky Driving Behavior Among Adolescent Motorcyclists. Participants are 130 high school students in Greater Jakarta, aged 15 to 18 years adolescence, motorcyclists. The measurement of Driving Self Efficacy using adaptation of Adelaide Driving Self Efficacy Scale ADSES developed by George, Clark and Crotty 2007 while for Risky Driving Behavior measurement using adaptation of Risky Driving Behavior Questionnaire developed by Chang and Yeh 2007 . The results showed that there are positive and significant correlation between driving self efficacy and risky driving behavior among adolescent motorcyclists."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhea Allysa Rahmandeyna
"Berbagai penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi adanya perbedaan kondisi lalu lintas dan perilaku berkendara sebelum dan saat pandemi sebagai dampak dari kebijakan pembatasan sosial. Sayangnya, studi yang meneliti perbedaan kondisi lalu lintas dan perilaku berkendara di Indonesia saat dan setelah pandemi masih cukup minim. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan persepsi pengendara terhadap kondisi lalu lintas, persepsi risiko, dan perilaku berkendara berisiko pada diri sendiri dan pengendara lain pada pengendara sepeda motor berusia dewasa menengah antara saat dan setelah terjadinya pandemi. Partisipan adalah 118 pengendara sepeda motor usia 26-40 tahun di Jabodetabek. Dari analisis paired sample t-test, hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi lalu lintas dipersepsikan semakin negatif setelah pandemi. Di sisi lain persepsi risiko, perilaku berkendara berisiko pada diri sendiri maupun pengendara lain setelah pandemi lebih  tinggi dibandingkan saat pandemi. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperlukan adanya intervensi pada masa setelah pandemi untuk menurunkan perilaku berkendara berisiko dan mengkampanyekan perilaku berkendara yang aman, khususnya pada pengendara sepeda motor.

Previous studies have identified differences in traffic conditions and driving behavior before and during pandemic as a result of social restriction policies. Unfortunately, studies that examine differences in traffic conditions and driving behavior in Indonesia during and after the pandemic are still quite hard to find. Therefore, this study aims to examine differences in drivers' perceptions of traffic conditions, risk perception, and their own and others’ risky driving behavior in middle adult motorcyclists between during and after the pandemic. This study involved 118 motorcyclists aged 26-40 years in Jabodetabek. From the analysis of paired sample t-test, this study shows that traffic conditions are perceived to be more negative after the pandemic. On the other hand, risk perception, drivers’ own and others’ risky driving behavior after the pandemic are higher than during pandemic. Based on the results of this study, interventions to reduce risky driving behavior and campaigns for safe driving behavior are needed, especially for motorcyclists."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Krishnan, R. (Ramu)
Upper Saddle River, N.J. : Prentice-Hall, 2001.
621.46 KRI e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>