Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 177769 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sarip Hidayatulah
"With the development of increasingly advanced technology today cooperaties shold improve managerial performance by utilizing these techologies. Among the recording of financial data to be used as financial statements.Current ccooperative jaya, processing financial data to be reported is still done manualy which cause management lose control. So it may happen transactions are not recorded, lost docoment, and problem reporting delay making ginancial reports are not accurate and can not be used as a basis for making decions. Based on these problems, in this study analysis and design of informationsystems financial recording ccurrent cooperative jaya which can be used to process and store data in theform of financial cooperative cash receipts and disbursements of data to produce financial stateents are accurate timely and accounted cash receipts and disbursements of dat to produce financial statements are accurate, timely and accounted for. Analisys and design of information systems using the waterfull method wich refers to the theory of Jeffery L Whitten DKK. (2004) with the uified modeling language (UML) as the modeling tool system, while microsoft visio 2013 as the design of the interface design and create charts. The research methodology used to use observation, interviews, literature and for the development of cooperative information system using waterfall development methodology. The results lf this study are analysis and design of information systems financial recording desktop based. The design is expected to facilitate the flow of information recording keuangan, as well as supporting the implementtation of cooperative binis process."
Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatuloh, 2015
003 JSINF 8:1 (2015) (1)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dedhi Suharto
"Departemen Keuangan Republik Indonesia memelopori pembentukan Inspektorat Bidang Investigasi (IBI) pada Inspektorat Jenderal Departemen Keuangan dengan Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 302/KMK.Ol/2004 tanggal 23 Juni 2004. Hal tersebut merupakan langkab yang beriringan dengan semangat percepatan pemberantasan korupsi nasional yang digulirkan melalui Instruksi Presiden Nomor 5 Tabun 2004 mnggal 9 Desember 2004.
Tugas IBI adalah melaksanakan kegiatan investigasi, berdasarkan kebijakan dan aturan hukum yang berlaku, atas dugaan penyimpangan dan penyalabgunaan wewenang yang berkaitan dengan tugas dan fungsi unsur Departemen, tugas lainnya dari Inspektur Jenderal, serta pernbinaan teknis pelaksanaan investigasi. yang tata cara pelaksanaannya diatur dengan keputusan Menteri Keuangan nomor 4621KMK.0912004 tanggal23 Juni 2004.
Untuk mewujudkan sistem pengelolaan audit investigasi yang berbasis teknologi informasi tersebut, penulis mencoba melakukan analisis dan merancang sistem infonnasi pengelolaan audit investigasi pada lnspektorat Bidang Investigasi dan menuangkannya dalam suatu karya akhir untuk memenuhl sebagian dari syarat-syarat guna meraih gelar Magister Akuntansi pada Program S-2 Magister Akuntansi Universitas Indonesia, yang akhirnya dihasilkan diagram konteks use-case, diagram use-case, narasi use-case, ERD, Context DFD, DFD level 0, DFD level 1, spesifikasi proses, dokumentasi datastore, dan dokumentasi entitas dan atribut. serta dihasilkan rancangan physical DFD, skema database, dan interface input maupun output."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T 27004
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Ayu Putri
"Sistem informasi akuntansi sangat berperan penting dalam kelangsungan usaha sebagai penyedia informasi material bagi para pemangku kepentingan. Skripsi ini bertujuan untuk melakukan analisis dan perancangan sistem informasi penerimaan kas yang merupakan subsistem dari sistem informasi akuntansi pada koperasi dengan mengambil studi kasus pada koperasi nelayan Mina Misoyo Sari Pemalang dengan fokus pada siklus penerimaan kas dari penerimaan anggota, unit bisnis, dan dana sosial nelayan. Metode yang digunakan yaitu perancangan sistem berupa Framework Application of Sistem Thinking. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan proses dan prosedur yang terintegrasi dari kegiatan pada siklus penerimaan kas dari koperasi.

Accounting Information System has important role in the going concern of a business as material information provider for its stakeholders. The focus of this study is to analyze and design cash receipt information system which is subsystem of accounting information system for cooperatives by case study at Mina Misoyo Sari Fisheries Cooperative in Pemalang that focused on cash receipt cycle from member receipt, business units, and fisheries social fund. This study use information development method called Framework Application of System Thinking. The result of this study is integrated process and procedure program for cash receipt activities in cooperation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54758
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rini Yulius
"Dalam meningkatkan daya saingnya, perusahaan konsultan memerlukan informasi termasuk di dalamnya adalah informasi akuntansi. Dengan sistem informasi akuntansi yang baik diharapkan tercapai hasil efisiensi proses fisik, keakuratan dan keterkinian data, kualitas perencanaan dan pelaksanaan jasa konsultan yang lebih baik.
Saat ini, X consulting sebagai sebuah perusahaan konsultan telah memiliki sistem informasi akuntansi. Namun, sistem informasi akuntansi yang ada masih menghadapi beberapa permasalahan dalam hal keterlambatan pelaporan, kelemahan prosedur pada siklus pendapatan, kelengkapan informasi yang dihasilkan, serta kemampuan audit trail dari laporan keuangan yang dihasilkan.
Permasalahan tersebut berkaitan dengan persyaratan minimum kualitas informasi yang diperlukan dalam akuntansi dan keuangan. Oleh karena itu, permasalahan tersebut dianggap menjadi prioritas yang harus dicarikan solusinya.
Masalah ini akan dicoba untuk diatasi dengan melakukan analisis terhadap proses kerja dan kebutuhan sistem infonnasi pada X Consulting khususnya pada Divisi Konsultasi untuk siklus pendapatan. Setelah itu, akan dilakukan perancangan terhadap sistem informasi yang dibutuhkan.
Dalam melakukan analisis sistem, penulis menggunakan metode model-driven, yaitu suatu metode yang menggunakan diagram untuk menggambarkan permasalahan bisnis dengan menggunakan pemodelan proses dan pemodelan data untuk menggambarkan kebutuhan terhadap sistem yang dimaksud. Dalam melakukan pemodelan proses, penulis menggunakan pendekatan Analisis Sructured yang digambarkan dalam bentuk Data Flow Diagram (DFD).
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T 17451
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Denny Zulkasi
"Perancangan Sistem Informasi Berbasis Internet untuk Laporan Fisik dan Keuangan dilatar belakangi oleh kondisi wilayah timur Indonesia yang secara geografis sulit dijangkau, padahal wilayah itu juga terdapat proyek proyek-pengembangan pedesaan yang harus pantau dari pusat.
Kondisi diatas menimbulkan permasalahan dalam hal pelaporan proyek yang masih manual sehingga sering timbul distorsi dalam pengiriman data yang berakibat ketidak akuratan pelaporan proyek.
Oleh karena itu perlu dibangun suatu sistem informasi untuk mengatasi masalah tersebut. Sistem informasi yang dikembangkan ini terdiri dari pengembangan perangkat lunak, perangkat keras, perangkat data dan perangkat otak (SDM) yang merupakan komponen dari sistern informasi, selain itu juga dibuat rencana untuk implementasi sistem dan perawatan sistem.
Kerangka-Kerangka teori yang digunakan dalam perancangan un adalah prespektif mengenai informasi itu sendiri bagaimana informasi digunakan untuk mengurangi ketidak pastian, konsep mengenai jaringan komputer, Internet dan fasilitas-fasilitasnya, Konsep Dynamic Web yang memungkinkan basis data terpusat melalui Internet, Definisi dan klasifikasi sistem informasi, strata SIM berdasarkan kegiatan manajemen, System Development Life cycle Software Quality Assurance serta Kelembagaan di Departemen Pemukiman dan Pengembangan Wilayah.
Metodologi yang digunakan untuk perancangan ini ialah System Development Lifecycle yang menerangkan tahapan dari pengembangan sistem, identifikasi dari kegiatan sistem informasi dalam konteks model sistem informasi, Identifikasi data yang diperlukan, Identifikasi komponen sistem informasi, rancangan global solusi permasalaban dan rencana implementasi dari sistem yang sudah dikembangkan.
Perancangan sistem mengikuti alur dari system developmen lifecycle suatu investigasi sistem yang sudah ada, analisa sistem dan perancangan sistem yang terdiri dan perancangan perangkat keras, perangkat lunak, perangkat data dan perangkat otak.
Rencana implementasi dan sistem yang sudah dikembangkan adalah dengan menggunakan metode pilot project danpararel, berarti akan ditunjuk satu daerah untuk mengimplementasikan sistem yang baru dan saat sistem yang baru berjalan sistem yang lama juga ikut berjalan sampai akhirnya diambil alih oleh sistem yang baru. Rencana perawatan sistem direncanakan secara menyeluruh pada seluruh komponen sistem informasi yaitu perangkat lunak, keras, data dan otak.
Kesimpulan dari perancangan ini ialah sistem yang dirancang secara sistimatis dan menyeluruh dengan memperhatikan komponen-komponen sistem informasi diharapkan dapat menjawab permasalahan yang timbul dari pemakaian sistem manual dan kemungkinan pengembangan lebih lanjut tetap terbuka.
Saran dari perancangan ini ialah Teknologi internet dapat digunakan sebagai pilihan untuk pengembangan sistem informasi yang lain, oleh karena itu pengetahuan mengenai teknologi internet perlu disosialisasikan terutama pada para perancang proyek, disamping itu dukungan dari pihak manajemen puncak juga sangat diperlukan untuk menjamin keberhasilan suatu sistem informasi."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
T10541
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Napitupulu, Darmawan Baginda
"Telah dirancang sistem informasi pelatihan Koperasi Uji Mutu (KUM) berbasis web yang diterapkan pada koperasi Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian. Perancangan sistem informasi pelatihan Koperasi Uji Mutu (KUM) menggunakan metode diagram konteks dan diagram use case untuk mengidentifikasi entitas, data dan proses-proses apa saja yang terjadi di dalam sistem. Hasil dari tulisan ini adalah berupa prototipe sistem informasi pelatihan Koperasi Uji Mutu (KUM) berbasis web yang dapat diakses oleh pengunjung ataupun pengguna jasa pelatihan dan meliputi semua fungsi yang telah diidentifikasi sebelumnya."
Depok: Fakultas llmu Komputer Universitas Indonesia, 2008
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Magdalena Setiawati
"Dewasa ini berbisnis melalui web - lebih dikenal sebagai cyberbusiness- sudah amat lazim dilakukan, talc terkecuali oleh StandGuide Online. Namun demikian bisnis melalui web ini tidak terlalu kuat bila tidak didukung oleh sistem back office yang baik, terutama bila menghadapi rencana pengembangan perusahaan dan persaingan dari perusahaan sejenis iainnya. Dengan demikian, dirasakan perlunya membangun sistem baru untuk StandGuide Online yang akan digunakan sebagai sistem back office mereka.
Beberapa teori digunakan untuk mengembangkan sistem back office StandGuide ini, yaitu teori Arsitektur Sistem Informasi yang membagi-bagi fokus pengembangan sistem informasi dalam blok data, proses dan interface guna memudahkan melihat tahapan pengembangan sistem informasi, teori mengenai metodologi FAST (Framework for the Application of System Techniques) System Analysis Strategies yang dikembangkan oleh Jeffrey L. Whitten, Lonnie D. Bentley dan Kevin C. Dittman dalam bukunya "System Analysis and Design Methods" pads tahun 2000, Data Flow Diagram yang digunakan untuk melakukan pemodelan proses, Entity Relationship Diagram yang digunakan untuk pemodelan data, dan teori lainnya yang mendukung peraacangan sistem terutama database yaitu teori analisis dan perencanaan kapasitas.
StandGuide Online, sebagai subyek sekaligus pengguna sistem informasi baru ini, adalah sebuah standguide agency yang berada dibawah pengelolaan Jasta Eksibisindo. Selama ini StandGuide Online sudah melakukan bisnisnya melalui web dan memiliki sebuah database anggota standguide yang berkaitan dengan web tersebut Proses bisnis yang dilakukan oleh StandGuide Online adalah proses pembuatan proposal, pemilihan dan wawancara standguide, pembuatan kontrak, pembuatan invoice, pemeriksaan pembayaran kontrak dan pembayaran honor standguide. Prosedur atas proses tersebut digambarkan dalam bentuk flowchart untuk lebih memperj alas langkah-langkahnya.
Dalam melakukan analisa dan pengembangan sistem baru untuk StandGuide Online, beberapa Flowchart dibuat untuk menggambarkan prosedur baru mengenai rancangan proses bisnis yang merupakan penyempurnaan dari prosedur StandGuide Online saat ini. Pemodelan proses dibuat dalam bentuk Event Diagram untuk tiap-tiap proses, dan dibuat sebuah Context Data Flow Diagram untuk memperlihatkan seluruh interaksi antara sistem StandGuide Online dengan external agents yang berhubungan dengannya. Sebagai penggabungan seluruh event diagram secara rinci, dibuat Data Flow Diagram (DFA). Beberapa proses yang memilila sub proses, digambarkan pula t1alam bentuk Decomposition Diagram. Pemodelan data dilakukan dengan menggambarkan sebuah Entity-.Relationship Diagram (ERD) dan dirancang pula bentuk Label-Label database-nya dengan menggunakan MS Access. Sebagai pendukung, dibuat pula rancangan tampilan windows untuk input database dengan menggunakan. Visual Basic. Selain itu, dibuat pula analisa dan perencanaan kapasitas yang dibutuhkan untuk menampung database beserta seluruh program pendukungnya.
Sebagai kesimpulan, sebuah sistem informasi yang baru sampai pada tabap perancangan database ini tentu saja beium cukup untuk dapat Iangsung diimplementasikan dan dioperasikan. Dengan demikian disarankan agar perancangan dilanjutkan sedikit lagi hingga tuntas supaya dapat diimplementasikan sesegera mungkin. Kesimpulan lain adalah mengenai metodologi yang dipakai yaitu bahwa flowchart DFD, ERE) dapat memberikan informasi paling jelas mengenai seluruh sistem informasi dan menjembatani kommikasi antara perancang dan pembuat system dalam hal ini programmer komputer."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
T15578
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudhi Trisna Atmajaya
"ABSTRACT
Information and communication technology (ICT) has been implemented in almost every division at the National Library. This implementation is supported by Undang Undang Nomor 43 tentang Perpustakaan. The aim of using ICT is to improve working performance and services of National Library. Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) is one of divisions that has not fully implemented ICT yet to increase the training quality and quantity, therefore management information system is required to support decision making related to the training. This research objective is to design a management information system using enterprise architecture framework, TOGAF. TOGAF provides a flexible framework to accommodate management information system design according to the organizations vision, mission and goals. This research yielded a blueprint of management information system of trainings program and evaluation. It is expected that this blueprint could be used to guide the development of management information system in Pusdiklat."
Bogor: Perpustakaan IPB, 2016
020 JPI 15:1-2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Mustaknif
"[ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah melakukan perancangan Sistem Informasi Telaah
untuk memantau proses telaah laporan hasil audit yang diterbitkan oleh
Perwakilan BPKP pada Deputi Bidang Investigasi BPKP. Penelitian ini adalah
penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perlu
dirancang dan diterapkan Sistem Informasi Telaah (review) yang dapat
melaksanakan fungsi pemantauan atas proses telaah laporan hasil audit
investigasi, laporan hasil audit penghitungan kerugian keuangan negara, laporan
hasil audit klaim, dan laporan hasil audit penyesuaian harga secara cepat dan
akurat.

ABSTRACT
The purpose of this research is to design Review Information System to monitor
the process of review of audit reports issued by the BPKP representative in Deputi
Bidang Investigasi BPKP. This research is descriptive qualitative research. The
research concludes that need to be designed and implemented Review Information
Systems that can carry out the monitoring function on the review process of audit
report of investigative, audit report of the calculation of financial state losses,
audit report of claims, and audit report of price adjustments quickly and
accurately, The purpose of this research is to design Review Information System to monitor
the process of review of audit reports issued by the BPKP representative in Deputi
Bidang Investigasi BPKP. This research is descriptive qualitative research. The
research concludes that need to be designed and implemented Review Information
Systems that can carry out the monitoring function on the review process of audit
report of investigative, audit report of the calculation of financial state losses,
audit report of claims, and audit report of price adjustments quickly and
accurately]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>