"
ABSTRAKMode adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk menyalurkan tentang
identitas. Sepatu, khususnya sneakers atau sepatu kasual, mulai muncul dan tumbuh
budayanya sendiri dalam beberapa tahun terakhir. Dengan perkembangan budaya sneakers
yang mulai marak membuat sneakers untuk dianggap sama pentingnya dengan pakaian untuk
menyatakan preferensi mode mereka. Bagi anak-anak muda yang berada dalam fase
pertumbuhan dan baru memulai eksplorasi tentang identitas diri, mereka menemukan mode
sebagai salah satu media yang memungkinkan mereka untuk mendefinisikan tentang
kepribadian mereka dan bagaimana pandangan mereka tentang dunia. Tulisan ini akan
meneliti masalah tersebut melalui salah satu fenomena baru dalam budaya sneakers, yaitu lini
produk NMD milik Adidas yang telah berhasil menarik perhatian banyak orang yang
sebagian besar adalah pemuda. Kasus tentang perilaku pembelian dan cara penggunaan
produk ini dapat mencerminkan tentang pemuda dan hubungannya dengan ekstensi dari identitas diri mereka.
ABSTRACTFashion is medium that can be used to express one’s identity. Footwear, specifically
sneakers or casual shoes, emerges to grow its own culture in recent years and is considered as
important as clothes selection to state fashion preferences. For young people that are in
growing phase and just begin their exploration about who they are, fashion meant as one of
the media that allows them to define their personality and as a reaction on how they perceive about the world. The passage will study about this matter through one of the recent
phenomena in sneakers culture, the Adidas’ NMD product line that succeed to attract many
people and mostly youth. The youth purchasing behavior and their wearing manner on this
product can reflect about youths and how they express themselves."