Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 30295 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Meuthia Sylviana Hidayat
"ABSTRAK
Penyelesaian masalah ini membutuhkan pengalihan fokus dari pemahaman tentang praktik audit ke pemahaman tentang jasa audit. Dalam masalah ini telah disampaikan strategi, visi, dan misi dari perusahaan audit asal Kanada, Smith Jones, begitu pula dengan masalah internal dan eksternal yang muncul dalam pengembangan profitabilitinya.Strategi perusahaan adalah memberikan nilai untuk klien dengan meberikan jasa professional untuk memperluas dan menjaga klien. Perusahaan juga menetapkan visi, sejalan dengan strategi, yaitu dengan pencapaian diatas ekspektasi secara konstan pada klien. Untuk menunjang visi tersebut, perusahaan juga mengemban keseimbangan kerja dan hidup, responsif tinggi terhadap kebutuhan klien, integritas dan kejujuran, mengedepankan kerjasama, dan pengembangan berkala.Makalah ini menjelaskan masalah internal dan eksternal dikaitkan dengan karakteristik perusahaan jasa. Disajikan pula balanced scorecard yang cocok untuk meluruskan aktivitas bisinis agar sejalan dengan visi dan strategi, meningkatkan komunikasi internal dan eksternal dan memonitor performa perusahaan sesuai dengan tujuan strategis. Merefleksikan perilaku Smith Jones, kami memaparkan masukan berupa aksi untuk mendorong karyawan agar bekerja sesuai dengan kepentingan perusahaan. Terdapat pula masukan untuk mengembangkan sistem bonus yang lebih mudah dicapai dan adil.

ABSTRACT
This case requires accounting students to shift their focus from learning about the practice of auditing to learning about the business of auditing. It describes the strategy, vision, and mission of a medium sized, Canadian audit firm and the external and internal challenges the firm faces as it looks to improve its profitability.The firm rsquo s strategy is to create value for its clients by applying its professional expertise which will widen and retain the clients. Smith Jones set its vision, align with the strategy, to attain below expectation service to its customers constantly. To support the vision, the company promote work life balance, highly responsive to the clients need, integrity and honesty, teamwork above all, and seek improvement constantly.This paper point out both internal and external challenges related to professional service firm rsquo s characteristics. It also offers the appropriate balanced scorecard to be used to align business activities to the vision and strategy, improve internal and external communication and monitor organization performance against strategic goals. Reflecting on Smith Jones behaviors, we suggest actions to encourage its employees to exhibit behaviours in company rsquo s best interest. Moreover, it also suggests some changes to improve the current incentive system. "
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hans Josevan
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi atas praktik prosedur audit pengujian rinci yang dijalankan oleh KAP EAZ terhadap akun utang polis PT HGL untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2022, berdasarkan pada teori serta standar audit yang berlaku. PT HGL merupakan perusahaan asuransi yang dibuat dengan salah satu tujuan yaitu sebagai perusahaan yang menerima pengalihan polis pertanggungan dari PT TMN dalam rangka penyelamatan pemegang polis karena masalah gagal bayar. Prosedur pengujian rinci yang menjadi objek evaluasi adalah prosedur pencarian bukti audit yaitu inspeksi berupa vouching. Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman melakukan program magang di Kantor Akuntan Publik (KAP) EAZ. Berdasarkan hasil evaluasi, KAP EAZ telah melaksanakan prosedur auditnya sesuai dengan teori serta standar yang berlaku yaitu Standar Audit (SA). Selain melakukan evaluasi terhadap prosedur audit, laporan ini juga berisi refleksi diri selama menjalankan program magang beserta rencana tindak lanjut dalam rangka mengembangkan serta memperbaiki diri di masa depan.

This internship report discusses the evaluation of audit procedures, test of details conducted by an audit firm (KAP EAZ) on PT HGL’s liability for future policy benefits accounts for the period that ended on December 31st, 2021 based on applicable theories and standards. PT HGL is an insurance company formed with the aim of being a company that accepts the transfer of coverage policies from PT TMN in order to rescue policyholders due to default problems. The test of details to be evaluated is the procedure to find audit evidence using the inspection method in the form of vouching. The report was made based on the writer’s internship experience in Kantor Akuntan Publik (KAP) EAZ. The result of the evaluation shows that KAP EAZ conducted its audit procedures in accordance with applicable auditing theories and auditing standards i.e., Standar Audit (SA). The report also presents the writer’s self-reflection gained from the internship program and the follow-up plans for future improvement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Vebty Puput
"Pandemi COVID-19 mengakibatkan hambatan kegiatan pengawasan dengan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar dan personil auditor terpapar covid. Inspektorat Utama kemudian merubah metode pengawasan tradisional menjadi jarak jauh dalam menjalankan perannya untuk memberikan layanan assurance dan consulting.
Penelitian ini merupakan single case study with multiple embedded dengan menggunakan pendekatan mixed method research dengan concurrent trianggulasi design. Penelitian ini membandingkan secara langsung hasil analisis statistik kuantitatif dengan temuan kualitatif atau untuk memvalidasi/mengekspansi hasil kuantitatif dengan data kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari Inspektorat Utama Bawaslu meliputi hasil kuesioner kepada auditee dan wawancara kepada auditor Inspektorat Utama pada pandemi COVID-19 tahun 2021 hingga 2022. Data sekunder berupa laporan ikhtisar pengawasan dan pedoman.
Hasil penelitian ini menunjukkan peran internal audit inspektorat utama Bawaslu pada pandemi COVID-19 berkembang dalam kegiatan consulting. Pada 4 (empat) tahapan pengawasan meliputi: (1) perencanaan dan penyusunan program kerja penugasan; (2) supervisi penugasan; (3) pelaksanaan penugasan; (4) pelaporan penugasan tidak dilaksanakan sesuai dengan standar mutu layanan pengawasan intern. Kemudian 1 (satu) tahapan pengawasan yakni pemantauan tindak lanjut hasil penugasan sudah dilaksanakan sesuai dengan standar mutu layanan pengawasan intern. Pelaksanaan pengawasan yang dilaksanakan dalam pandemi COVID-19 tahun 2021 s.d. 2022, memanfaatkan teknologi diantaranya: (1) file sharing platform berupa Google Drive, Google Docs, dan Google Spreadsheet, (2) video conference berupa Zoom dan Google Meet; (3) Whatsapp.

The COVID-19 pandemic resulted in obstacles to monitoring activities with the implementation of revisions to significant social restrictions and covid exposure auditor personnel. The Principal Inspectorate then changed the traditional supervision method to remote in the works, which was adapted to provide service assurance and consulting.
This research is a single case study with multiple embedded using a mixed methods research approach with a concurrent triangulation design. This study directly compares the results of quantitative statistical analysis with qualitative findings or to validate/expand quantitative results with qualitative data. Primary data sources were obtained from the Bawaslu Main Inspectorate, including the results of questionnaires to auditees and interviews with the Main Inspectorate auditors regarding the COVID-19 pandemic from 2021 to 2022. Secondary data is in the form of reports on supervision overviews and guidelines.
The results of this study show that the role of the internal audit of the main inspectorate of Bawaslu during the COVID-19 pandemic developed in consulting activities. The 4 (four) stages of supervision include (1) planning and preparation of the assignment work program; (2) supervising assignments; (3) execution of assignments; (4) assignment reporting is not carried out following internal control service standards. Then one supervision stage, namely monitoring the follow-up of the assignment results, has been carried out following the quality standards of apprentice supervision services. Implementation of prevention carried out during the COVID-19 pandemic in 2021 s.d. 2022, take advantage of technology including: (1) file sharing platforms in the form of Google Drive, Google Docs, and Google Sheets, (2) video conferencing in the form of Zoom and Google Meet; (3) WhatsApp.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Sovia Sola Gratia
"ABSTRAK
Laporan ini bertujuan untuk membahas proses audit terhadap provisi untuk restorasi lingkungan dan reklamasi Grup SKR. Grup SKR merupakan perusahaan yang menjalankan usaha dan investasi di bidang pertambangan batubara. Proses audit dilaksanakan berdasarkan OXD Audit Guide yang telah sesuai dengan standar ISA. Selama melakukan audit, auditor melihat kesesuaian kebijakan akuntansi provisi untuk restorasi lingkungan dan reklamasi dengan PSAK 57 sebagai standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Hasil audit menunjukkan bahwa Grup SKR secara keseluruhan telah mengakui, mengukur, mencatat, dan mengungkapkan provisi untuk restorasi lingkungan dan reklamasi dengan benar sesuai ketentuan PSAK 57. Selain daripada itu, hanya terdapat sebuah temuan pada provisi yang memerlukan penyesuaian. Setelah dilakukan penyesuaian, akun ini dinyatakan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material.
Laporan ini bertujuan untuk membahas proses audit terhadap provisi untuk restorasi lingkungan dan reklamasi Grup SKR. Grup SKR merupakan perusahaan yang menjalankan usaha dan investasi di bidang pertambangan batubara. Proses audit dilaksanakan berdasarkan OXD Audit Guide yang telah sesuai dengan standar ISA. Selama melakukan audit, auditor melihat kesesuaian kebijakan akuntansi provisi untuk restorasi lingkungan dan reklamasi dengan PSAK 57 sebagai standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Hasil audit menunjukkan bahwa Grup SKR secara keseluruhan telah mengakui, mengukur, mencatat, dan mengungkapkan provisi untuk restorasi lingkungan dan reklamasi dengan benar sesuai ketentuan PSAK 57. Selain daripada itu, hanya terdapat sebuah temuan pada provisi yang memerlukan penyesuaian. Setelah dilakukan penyesuaian, akun ini dinyatakan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Iqbal Balya
"Laporan magang ini berisi tentang pembahasan siklus pembelian bahan bakar solar yang dilakukan oleh PT. BB, dimana PT BB ini bergerak di bidang usaha penambangan batu-bara. Dalam pembahasan siklus pembelian ini, hanya membahas pembelian bahan bakar solar sampai dengan bahan bakar tersebut diterima dan dicatat ke dalam kartu persediaan perusahaan. Dalam laporan ini juga mencakup beberapa aspek yaitu pihak-pihak yang terkait dalam pembelian bahan bakar solar, dokumen apa saja yang dibutuhkan dalam siklus pembelian tersebut, pengendalian internal apa saja yang sudah diterapkan oleh perusahaan, dan analisis pengendalian internal siklus pembelian bahan bakar solar di perusahaan.

This internship report contains a discussion of the purchase cycle diesel fuel made by PT. BB, where BB PT is engaged in coal mining. In the discussion of the purchase cycle, only discuss the purchase of diesel fuel until the fuel is received and recorded in the company's inventory card. In this report also covers some aspects of the parties involved in the purchase of diesel fuel, what documents are required in the buying cycle, what internal control is already implemented by the company, and the analysis of the internal control purchase cycle of diesel fuel in the company.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Maryam Shahnaz Diena
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai siklus pendapatan yang dilakukan oleh PT SSM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengendalian internal pada siklus pendapatan PT SSM, mencari kelemahan yang ada dalam sistem tersebut dan memberikan alternatif solusi pada siklus pendapatan PT SSM. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengikuti proses pelelangan elektronik (eprocurement) yang diadakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa PT SSM tidak memiliki sistem pengendalian internal yang baik, dan belum melakukan pencatatan akuntansi sesuai dengan standar yang berlaku. Penulis mengajukan Standard Operating Procedure (SOP) atas prosedur pengadaan barang/jasa untuk memperbaiki sistem pengendalian internal perusahaan.

ABSTRACT
This study examines the revenue cycle on goods/services procurement entities which is PT SSM. This study aims to evaluate the internal control on PT SSM's revenue cycle, point the existing shortcomings and provide the alternative solution to eliminate the shortcomings in the revenue cycle. This study was conducted by making direct observation of the business activities done by the enterprise in participating on the electronic tender process (e-procurement) held by the Ministry of Maritime Affairs and Fisheries.
The results showed that PT SSM does not have a good internal control system and the accounting records are not done in accordance with the applicable standards. The author propose a Standard Operating Procedure (SOP) for the goods/services procurement procedures to improve the company’s internal control system."
2014
S53180
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Riza Alfajri
"ABSTRAK
Satuan Pengawasan Intern (SPI) merupakan komponen penting dalam menunjang dan memperkuat penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern, sehingga dapat mewujudkan University Governance. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa Universitas Jambi sebaiknya menerapkan penilaian dan pengendalian terhadap risiko dalam pencapaian tujuan, khususnya di bidang non akademik sesuai dengan fungsi dan peran SPI dalam Tata Kelola Universitas Jambi. Selain itu, untuk dapat mengoptimalkan dan mengefektifkan peran SPI dalam pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern, maka SPI perlu menginformasikan dan mengkomunikasikan pelaporan hasil kerja SPI ke semua pimpinan, personil SPI memiliki pemahaman dan kompetensi yang memadai, serta peningkatan dukungan yang kuat dari pimpinan Universitas Jambi.

ABSTRACT
Internal Audit Unit (SPI) is an important component to support and strengthen the implementation of Internal Control System to realize the University Governance. This research is qualitative descriptive interpretive. The results suggests that the University of Jambi should apply the assessment and control of risks in the achievement of goals, especially in non-academic areas according to the SPI's role and function in the governance of Jambi University. In addition, to effectiveness the roles of SPI are give the report of Internal Control results to all management, SPI’s personnil have adequate competence and understanding, and increase in strong support from the top management."
2013
T34620
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reisya Ibtida
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rancangan program kerja audit kinerja berbasis risiko untuk Badan Pengawasan Mahkamah Agung dengan terlebih dahulu menganalisis implementasi perencanaan audit yang ada saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan audit yang dilakukan oleh Badan Pengawasan belum berbasis risiko. Oleh sebab itu, peneliti mengusulkan untuk menggunakan basis risiko dalam perencanaan audit. Pertama, peneliti menyusun perencanaan audit tahunan dengan menentukan tema audit kinerja berdasarkan tema yang memiliki faktor risiko makro tertinggi. Terakhir, peneliti menyusun program kerja audit kinerja atas pengelolaan biaya perkara sebagai tema audit yang terpilih dengan menilai risikonya.

ABSTRACT
The purpose of this paper is to design risk based performance audit program for Comptroller of Supreme Court of Indonesia by analyzing the existing process of audit plan preparation. This research is a qualitative research with descriptive analysis. The results show that the existing audit plan process doesn 39 t use risk basis. Therefore, we propose to use the risk base for designing performance audit program. Specifically, we determine audit topic in periodic planning by scoring potential topics based on macro risk factors. Finally, we produce a performance audit program of the selected audit topic by assessing its risks."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Sahala Manalsal
"Norma pemeriksaan akuntan (NPA) mengharuskan auditor melaksanakan evaluasi sistem pengendalian intern klien. Keandalan sistem pengendalian intern akan menentukan sifat dan luas pengujian substantif. Tulisan ini bertujuan menilai efektivitas pengujian ketaatan melalui pendekatan sampling statistis. Metode penelitian yang dipakai merupakan kombinasi penelitian pada tingkat kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mencari pendekatan sampling statistis yang paling efektif. Sistem pengendalian PT X dipilih untuk mengkaji efektivitas pendekatan yang dipilih. Teknik estimation sampling memberikan estimasi mengenai tingkat kesalahan maksimum yang dapat ditolerir. Dengan presisi dan tingkat keyakinan tertentu jumlah sampel yang diperlukan dapat ditentukan. Dari hasil evaluasi sampel, auditor dapat menilai estimasi yang ditentukan sebelumnya. Sampling statistis memungkinkan auditor mengukur tingkat resiko secara kuantitatif. Penarikan kesimpulan dari hasil sampel dapat dipertahankan secara objektif karena diderivasi secara matematis. Hasil evaluasi sampel memberi auditor suatu dasar yang kuat untuk menentukan proses pemeriksaan selanjutnya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18439
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yaasiina Hafidzah Irawan
"Laporan magang ini bertujuan menganalisis audit prosedur atas persediaan pada perusahaan manufaktur PT YHI yang dilakukan oleh KAP MNO. Proses audit yang dilakukan adalah audit interim yang merupakan bagian dari audit laporan keuangan tahun 2018. Hasil audit menemukan adanya kesalahan pada pencatatan persediaan. Atas kesalahan tersebut manajemen dengan disepakati oleh auditor tidak melakukan penyesuaian dikarenakan masih berjalannya proses audit. Temuan ini akan diperhatikan dalam penyelesaian audit akhir tahun laporan keuangan PT YHI tahun 2018.

This report discusses the implementation of audit procedures of inventory in manufacturing company PT YHI by KAP MNO. The audit process carried out is an interim audit which is part of the year end financial statement audit of year 2018. The results of the audit found that there errors in inventory record. For this error, management, with the agreement from the auditor, has not made any adjustment due to the on going audit process. This error would be considered in the completion of the year end audit of PT YHIs financial statement of 2018."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>