Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112742 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anis Misiyanti
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas kebangkitan kretek di Kediri tahun 1950-1959. Industri kretek telah memberi sumbangan berarti bagi penerimaan negara serta menyediakan lapangan pekerjaan bagi buruh-buruh dan masyarakat yang terlibat dalam industri ini sejak masa kolonial, salah satunya di Kediri, yang merupakan daerah perkembangan industri kretek terbesar kedua setelah Kudus. Akan tetapi, industri ini mengalami keterpurukan sejak tahun 1942 hingga 1950. Mamasuki tahun 1950 industri kretek di Kediri mulai bangkit kembali, namun berbagai rintangan harus dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode sejarah berupa penelusuran sumber heuristik yang dilakukan baik dari arsip-arsip Kabinet RIS dan Kabinet Presiden serta majalah dan surat kabar tahun 1949 mdash;1959. Selain itu, fakta-fakta terkait lainnya, ditemukan dalam dokumen-dokumen sezaman yang dipilih secara cermat keabsahan dan kesesuaiannya kritik . Lalu, penafrisan interpretasi dilakukan dengan mengaitkan permasalahan, fakta, dan data-data temuan dengan situasi yang terjadi, kemudian disusun secara sistematis sebagai sebuah kisah sejarah historiografi . Proses konstruksi terhadap fakta-fakta tersebut melahirkan kesimpulan bahwa industri kretek di Kediri, Jawa Timur mampu menghadapi rintangan yang muncul dan mengalami kebangkitan pada tahun 1950-1959

ABSTRACT
This research discusses about kretek revival in Kediri from 1950 to 1959. The kretek industry has made a significant contribution to state revenues as well as providing employment opportunities for workers and communities involved in the industry since the colonial period, one of them in Kediri, which is the second largest development area of the kretek industry after Kudus. However, the industry suffered from 1942 to 1950. In 1950 the kretek industry in Kediri began to rise again, but various obstacles had to be faced. This research uses historical method in the form of source search heuristic done both from the archives of RIS Cabinet and Presidential Cabinet and magazines and newspapers from 1949 1959. In addition, other relevant facts, found in the contemporaneous documents carefully chosen its validity and suitability criticism . Then, interpretation is done by linking problems, facts, and findings to the situation, then organized systematically as a historical story historiography . The construction process of these facts led to the conclusion that the kretek industry in Kediri, East Java was able to face the obstacles that emerged and experienced a revival in 1950 1959."
2017
S70179
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Rahmat
"Summary
History of cigarette industry in Indonesia and in other countries."
Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2016
679.73 AME h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Yongki Sanjaya Putra
"Gudang Garam merupakan salah satu perusahaan rokok kretek terbesar di Indonesia. Kesuksesan yang diperoleh tidak lepas dari dukungan jumlah tenaga kerja yang cukup besar dengan pengelolaan yang dilakukan secara gotong royong dan kekeluargaan. Meskipun telah menggunakan mesin, namun Gudang Garam mengedepankan produksi yang dilakukan secara manual oleh para buruh. Peningkatan produksi kretek dalam Gudang Garam turut mendorong terjadinya peningkatan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan yang menjadi peluang bagi masyarakat Kediri untuk menjadi pekerja di Gudang Garam. Peluang kerja yang diberikan pihak Gudang Garam sebagian besar hanya menyerap pekerja untuk kalangan bawah dengan pendidikan rendah dan tidak memiliki pengalaman bekerja sehingga Pihak perusahaan memberi waktu pengenalan kepada buruh tidak hanya meliputi pengenalan terhadap lingkungan dan juga kondisi kerja sang buruh tetapi juga meliputi adaptasi dengan jam kerja dalam pabrik yang cukup panjang. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberi menganalis tentang keterkaitan PT Gudang Garam terhadap kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat Kediri dalam hal penyediaan lapangan kerja. Di samping itu, tulisan ini juga dimaksudkan untuk menjelaskan proses adaptasi para pekerja yang tidak memiliki pengalaman bekerja dalam suatu industri sebelumnya.

Gudang Garam is one of the largest cigarette company in Indonesia. The success obtained can not be separated from the support of the workforce that is large enough to do the management of mutual aid and family. Although he has used the machine, but Gudang Garam prioritize production is done manually by the workers. Increased production in the Gudang Garam cigarettes also encourage an increase in the amount of labor needed the opportunity for people to become workers in Kediri Gudang Garam. Employment opportunities given the Gudang Garam mostly just absorbing workers to the bottom with low education and no work experience so The company gave an introduction to the labor time includes not only the introduction to the environment and the working conditions of the workers but also include adaptation to the working hours the factory is quite long. The purpose of this thesis is to provide analyzes of the interrelationships PT Gudang Garam to the economic and social life of Kediri in employment. In addition, this paper also aims to explain the process of adaptation to the workers who do not have experience working in an industry previously.

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yongki Sanjaya Putra
"Gudang Garam merupakan salah satu perusahaan rokok kretek terbesar di Indonesia. Kesuksesan yang diperoleh tidak lepas dari dukungan jumlah tenaga kerja yang cukup besar dengan pengelolaan yang dilakukan secara gotong royong dan kekeluargaan. Meskipun telah menggunakan mesin, namun Gudang Garam mengedepankan produksi yang dilakukan secara manual oleh para buruh. Peningkatan produksi kretek dalam Gudang Garam turut mendorong terjadinya peningkatan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan yang menjadi peluang bagi masyarakat Kediri untuk menjadi pekerja di Gudang Garam. Peluang kerja yang diberikan pihak Gudang Garam sebagian besar hanya menyerap pekerja untuk kalangan bawah dengan pendidikan rendah dan tidak memiliki pengalaman bekerja sehingga Pihak perusahaan memberi waktu pengenalan kepada buruh tidak hanya meliputi pengenalan terhadap lingkungan dan juga kondisi kerja sang buruh tetapi juga meliputi adaptasi dengan jam kerja dalam pabrik yang cukup panjang. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberi menganalis tentang keterkaitan PT Gudang Garam terhadap kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat Kediri dalam hal penyediaan lapangan kerja. Di samping itu, tulisan ini juga dimaksudkan untuk menjelaskan proses adaptasi para pekerja yang tidak memiliki pengalaman bekerja dalam suatu industri sebelumnya.

Gudang Garam is one of the largest cigarette company in Indonesia. The success obtained can not be separated from the support of the workforce that is large enough to do the management of mutual aid and family. Although he has used the machine, but Gudang Garam prioritize production is done manually by the workers. Increased production in the Gudang Garam cigarettes also encourage an increase in the amount of labor needed the opportunity for people to become workers in Kediri Gudang Garam. Employment opportunities given the Gudang Garam mostly just absorbing workers to the bottom with low education and no work experience so The company gave an introduction to the labor time includes not only the introduction to the environment and the working conditions of the workers but also include adaptation to the working hours the factory is quite long. The purpose of this thesis is to provide analyzes of the interrelationships PT Gudang Garam to the economic and social life of Kediri in employment. In addition, this paper also aims to explain the process of adaptation to the workers who do not have experience working in an industry previously."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44962
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratih Kumala
"Pak Raja sekarat. Dalam menanti ajal, ia memanggil satu nama perempuan yang bukan istrinya; Jeng Yah. Tiga anaknya, pewaris Kretek Djagad Raja, dimakan gundah. Sang ibu pun terbakar cemburu terlebih karena permintaan terakhir suaminya ingin bertemu Jeng Yah. Maka berpacu dengan malaikat maut, Lebas, Karim, dan Tegar, pergi ke pelosok Jawa untuk mencari Jeng Yah, sebelum ajal menjemput sang Ayah. Perjalanan itu bagai napak tilas bisnis dan rahasia keluarga. Lebas, Karim, dan Tegar bertemu dengan pelinting tua dan menguak asal-usul Kretek Djagad Raja hingga menjadi kretek nomor 1 di Indonesia. Lebih dari itu, ketiganya juga mengetahui kisah cinta ayah mereka dengar; Jeng Yah, yang ternyata adalah pemilik Kretek Gadis, kretek lokal Kota M yang terkenal pada zamannya. Apakah Lebas, Karim, dan Tegar akhirnya berhasil menemukan Jeng Yah?"
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2023
813 RAT g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Linda Erna Maryke V. B.
1989
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanusz, Mark
Jakarta: Equinox Publishing, 2000
R 679.73 HAN k
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Wasith Albar
"Munculnya industri rokok kretek di Kudus dapat dikatakan telah muncul pada pertengahan abad ke-19 (1870) yaitu ditandai dengan hasil penemuan ramuan dari H. Djamhari. Rainuan yang pada awalnya hanya dimaksudkan untuk mengobali penyakit dadanya yang sudah menahun, dengan cara mengolesi dadanya dengan minyak cengkeh yang berhasil dibuatnya. Kesehatan H Djamhari lebih membaik lagi ketika mencoba menyembuhkan penyakitnya dengan mengunyah cengkeh. Secara mengejutkan informasi tenting diketemukannya sebuah ramuan yang dapat mengobati penyakit dada menyebar ke tengahtengah masyarakat dan akhirnya diminati banyak kalangan dalam masyarakat atas saran para anggota keluarga dan para kenalannya, H Djamhari mulai memproduksi hasil ramuannya secara massal untuk komersialisasi.
Bentuk produksi massal hasil ramuan obat H Djamhari yaitu dengan mempertimbangkan kepraktisan dan ketahanan agar hasil ramuannya dapat dinikmati sebagai obat dimanapun mereka parapemakai ingin menikmalinya. H. Djamhari berhasil menemukan sebuah cara dengan memproduksinya yaitu dengan merajang cengkeh secara halos dan mencampiunya dengan tembakau tmtuk dijadikan rokok Hasi`1 I oduksi semacam ini, akan Ieblh memudahkan dan memberikan keralanatan tersendiri bagi peminatnya dan asap rokok cengkeh (kretek) tersebut, juga akan lebih mudah dapat masuk ke dalam tenggorokan hingga ke paru-paru.
Setelah hasil ramuan obat H. Djamhari diproduksi secara macsal wrtuk diperdagangkan dan mendatangkan keuntungan Berta kesuksesan, men buat sebagian anggota masyarakat lainnya baik dari kalangan pribumi dan non-pnbumi-ingin mengikuti jejak dan membuat produksi serupa. Misalnya, dari kalangan pribumi lain Nasilah-M Nitisemito (1908), Atnzowidjojo bin Tmenodiwongso (1913), H.M. Ashadie Atrno (1914), Moectadi-menantu Almo (1926), H. Ali Asikin (1926), HM Moeslich (1927), Nadliroen Alma (1927), Rusdi Atmo (1927), H Ma'roef Roesjdi (1937), Mc. Wartono (1949), dan lain-lainnya. Sedangkan dari kalangan non-pnbumi tercatat dari kelompok NV. Trio/Maeda (1918), Nojorono (1932), dan Djaroem (1951).
Pertumbuhan dari perkembangan industri rokok kretek di Kudus didalam perjalanannya, kalangan pribumi mendapatkan pesaing dari kalangan. non pnbumi, baikl di Kudus sendiri maupun dari wilayah Timur Jawa yaitu Surabaya, Malang dan Kediri. Dimana wilayah tersebut pada awalnya, merupakan pasar terbesar bagi industri rokok kretek Kudus. Ekspansi industriawan rokok kretek Kudus ke wilayah Barat Jawa, mendapatkan saingan dari penisahaan rokok di Semarang, Cirebon , dan di Batavia.
Pada akhirya mereka dan kalangan industriawan rokok kretek pribumi di Kudus, hanya mampu sebagai penemu (inventor), hum sebagai pengembang menjadi patens (continuation, sequel atau resumption) dari hasil jerih payah mereka sebagi penemu awal. Namun, sebaliknya dari kalangan non priburni (Cina) yang datang belakangan sekitar tahun 1932 (Nojorono), semakin dapat mendasari produksi dan industri rokok kretek di Kudus. Artinya, Pengusaha pribumi memang pada awalanya sebagai `promoters", selanjutnya menjadi "parasites". Sedangkan etnis Cina dari "pariah" menjadi "paragon"."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11913
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwik Prihatini
"ABSTRAK
Meskipun telah mengalami beberapa keterbatasan, industri rokok kretek di Indonesia tetap menunjukkan hasil yang menggembirakan. Tak hanya di bidang materi, tapi juga memberikan kontribusi yang berharga dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan dan kegiatan-kegiatan sosial serta hiburan. Sampai saat inipun para produsen rokok tetap gencar mempromosikan produknya melalui berbagai cara, diantaranya melalui iklan dalam majalah. Dalam membuat iklan tersebut, maka pertimbangan khalayak sasaran dan tujuan periklanan produk yang diwujudkan melalui strategi kreatif dalam simbol verbal dan visual merupakan suatu hal yang penting. Tempa merupakan salah satu media yang sering memuat iklan rokok kretek dalam setiap penerbitannya. Pemilihan Tempo sebagai media beriklan bagi rokok kretek didasarkan pada karakteristik media itu sendiri. Itu sebabnya fokus perhatian dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi iklan rokok kretek di Tempo, dan apakah ada pola-pola tertentu dalam iklan tersebut. Jenis penelitian ini tergolong deskriptif dengan metode penelitian analisis isi. Penentuan tahun penelitian 1990 dipilih secara acak, sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah iklan-iklan rokok kretek dalam kurun waktu tersebut. Setelah dilakukan pendataan, ternyata ada 31 versi iklan dari 5 merek rokok kretek. Dengan demikian analisis simbol verbal dan visual didasarkan pada ketiga puluh satu sampel ini. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, terlihat pola yang menunjukkan bahwa ternyata judul dan slogan merupakan unsur verbal yang cukup penting bagi iklan rokok kretek, sedangkan naskah tidak. Agak berbeda dengan unsur verbal, keberadaan unsur visual dalam iklan rokok kretek ternyata merupakan suatu hal yang mutlak harus ada. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa unsur visual mendominasi pola penyajian pesan iklan rokok kretek di majalah, Kondisi ini dapat dimengerti berdasarkan kenyataan bahwa rokok merupakan produk siap pakai, dan pada umumnya semua rasa rokok kretek hampir sama. Sehingga yang terpenting dalam iklan ini adalah bagaimana membangun citra bagi produk yang bersangkutan, dimana hal tersebut dapat diwujudkan melalui visualisasi. Temuan lain yang menarik untuk diketahui adalah bahwa hal-ha penggunaan yang berbau asing atau luar negeri dalam iklan rokok kretek dilakukan dengan pertimbangan, karena merek produknya yang menggunakan kata internasional, ingin menampilkan iklan yang agak berbeda dari iklan-iklan sebelumnya tapi tetap dengan tema yang sama, untuk memvisualisasikan judul iklan yang bersangkutan, atau sekedar memanfaatkan event yang ada sebagai sarana berpromosi sekaligus membentuk citra tertentu di mata konsumennya yaitu kelas internasional."
1993
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>