Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 108708 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nadia Bian Alamanda
"Skripsi ini membahas mengenai seleksi bacaan anak yang dilakukan oleh pustakawan di Perpustakaan Pustaka Kelana. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan mengenai analisis seleksi bacaan anak yang terdiri dari komponen internal dan komponen eskternal buku. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam proses penyeleksian bacaan anak oleh pustakawan, penyeleksian yang dilakukan tidak berdasarkan kebijakan ataupun prosedur secara tertulis. Namun berdasarkan kebijakan lisan yang berasal dari kepala program di Perpustakaan Pustaka Kelana. Hal tersebut mengakibatkan kebijakan seleksi bacaan anak yang dilakukan di perpustakaan Pustaka Kelana berubah-ubah.

This undergraduate thesis discusses about the books selection analysis for children that was carried out by librarians in Pustaka Kelana Library. The purpose of this research is to describe about the books selection for children, covering internal components and external components. This type of research is called a qualitative research with case study method.
This result of this research shows that process the books selection for children by librarians is not using the policy or procedures writing guide. But, they were using the oral policy or procedures from head of the library programs in Pustaka Kelana Library. That rsquo s effect makes the policy about process the books selection for children in Pustaka Kelana Library is changeable.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67724
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmad
"Skripsi ini membahas proses layanan anak ditinjau dari sudut pandang pustakawan Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pandangan, layanan, dan kendala yang terjadi pada proses layanan anak di Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan di Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana sudah berjalan cukup lancar. Pustakawan telah melayani anak sesuai dengan kebutuhan anak-anak berdasarkan visi dan misi perpustakaan yakni menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini. Namun menurut penulis masih dibutuhkan seorang staf yang memiliki kemampuan dan kompetensi secara khusus dalam melayani anak.

This objective of this research is to discuss about the process of childrens services that Yayasan Pustaka Kelana Library gives based on the librarian overview. The purpose of this study is to identify the opinion, services and the problem happens in the processed of children services at the Yayasan Pustaka Kelana Library. The research is a case study by using qualitative method. The data collection was taken by using participant observation, in-depth interviews and literature review. The results of this research shows that the implementation of children services in Yayasan Pustaka Kelana Library has been done fairly well. The librarians has served the children according to their needs well enough based on their library vision and mission, to gain the children's interest of reading at early age. However, the writer experienced that Yayasan Pustaka Kelana Library still requires a staff which has the good capability and competence in children serving."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65527
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mazarani Oktavia Myzar
"Penelitian ini membahas mengenai pembinaan minat baca melalui Program Cinta Membaca di Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan Program Cinta Membaca, dan mengetahui kendala yang dialami Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana dalam menumbuhkan minat baca anak melalui Program Cinta Membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kategori peserta Program Cinta Membaca, proses Program Cinta Membaca, pembinaan minat baca melalui Program Cinta Membaca, kendala pembinaan minat baca pada Program Cinta Membaca, manfaat Program Cinta Membaca dalam menumbuhkan minat baca, serta sikap gemar membaca melalui Program Cinta Membaca. Program Cinta Membaca mampu menumbuhkan minat baca anak melalui pembinaan minat baca dengan hadiah wisata yang menjadi motivasi eksternal anak.

This study discusses the fostering of reading interest through Program Cinta Membaca in Library of Yayasan Pustaka Kelana. The purpose of this study is to describe Program Cinta Membaca, and to know the obstacles experienced by the Library of Yayasan Pustaka Kelana in growing children 39 s reading interest through Program Cinta Membaca. This research is a qualitative research with case study method. Methods of data collection conducted by observation, interview and document studies.
The result of this research is describing the categories of participants in Program Cinta Membaca, process of Program Cinta Membaca, build interest in reading through Program Cinta Membaca, constraints in building reading interest on Program Cinta Membaca, responses of Program Cinta Membaca in growing children 39 s reading interest, and reading attitude through Program Cinta Membaca. Program Cinta Membaca is able to foster children 39 s reading interest through build interest in reading with educational tour prizes that become external motivation of children.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfian Dwi Santosa
"Skripsi ini membahas kegiatan membacakan cerita yang dilakukan oleh Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana di SDN 07 Jatinegara Kaum dalam upaya meningkatkan minat baca anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses persiapan hingga evaluasi serta pengaruh dari kegiatan membacakan cerita oleh pihak Yayasan Pustaka Kelana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam proses kegiatan membacakan cerita oleh pendongeng yayasan pustaka kelana dilakukan sebagai program dan membatasi ruang gerak kreativitas pendongeng. Yayasan Pustaka Kelana perlu melakukan evaluasi agar kegiatan membacakan cerita lebih menarik.

This undergraduate thesis discusses about storytelling activity that was carried out by a storyteller of Library of Yayasan Pustaka Kelana at SDN 07 Jatinegara Kaum in an effort to increase children?s reading interest. The purpose of this research is to describe a process of preparation until the evaluation and the influence of the activity storytelling by Yayasan Pustaka Kelana. This type of research is called a qualitative research with a case study method. The result of this research shows that the process of storytelling by Yayasan Pustaka Kelana depends on the program and the policy of the Yayasan Pustaka Kelana. Therefore, this program needs to be evaluated more interesting storytelling activity."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S62274
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kania Rianthi
"Skripsi ini membahas peningkatan minat baca anak melalui mendongeng. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Pustaka Kelana Rawamangun, Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dibatasi pada kelompok anak yang merupakan anggota Perpustakaan Pustaka Kelana. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan yang dilakukan Perpustakaan Pustaka Kelana untuk meningkatkan minat baca anak melalui kegiatan mendongeng di perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, anak yang gemar mendengarkan mendongeng memiliki minat membaca yang cukup baik. Sehingga kegiatan ini harus terus dikembangkan dan dilakukan secara rutin di perpustakaan.

The Focus of this study is the relationship between storytelling and increased interest in the part of children in readin. The study was conducted at Pustaka Kelana Library in Rawamangun, East Jakarta. Methodologically, this is a case study limited to children who are members of that library. The study concludes that children who enjoy hearing stories told, have a higher interest in reading. As such, storytelling is an activity that should be further developed, and regularly held at the libraries."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15469
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pipit Kesumawardani
"Skripsi ini membahas persepsi siswa sekolah dasar terhadap layanan Perpustakaan Keliling Yayasan Pustaka Kelana apakah positif atau negatif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriftif. Sampel yang diambil sebanyak 102 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa adalah positif terhadap layanan perpustakaan. Hal tersebut dapat dilihat dari persepsi positif terhadap jadwal dan durasi layanan, koleksi, petugas serta fasilitas Perpustakaan Keliling Yayasan Pustaka Kelana.

This thesis discussed about the perception of elementary school students towards Pustaka Kelana Mobile Library service whether positive or negative. This research is descriptive quantitative research design. Samples are taken as many as 102 students. Sampling technique is accidental sampling. The results showed that the perception of students is positive about the library service. This can be seen from the positive perception of the schedule and duration of service, collection, personnel and facilities Pustaka Kelana Mobile Library."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43084
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nurullita Akmalia
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses pemilihan buku bacaan yang dilakukan
oleh anak yang berusia 8 (delapan) – 10 (sepuluh) tahun yang merupakan anggota
aktif perpustakaan, dengan frekuensi peminjaman terbanyak dari bulan Januari -
April 2014 di Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus
pembahasan terdiri dari proses pemilihan buku yang dikaitkan dengan
perkembangan anak, faktor-faktor yang mempengaruhi anak dalam memilih buku
bacaan, serta hambatan yang dialami oleh anak dalam proses pemilihan buku
bacaan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada proses pemilihan buku bacaan oleh
anak, ketiga informan memilih buku bacaan berdasarkan apa yang mereka sukai
dan mereka butuhkan. Selain itu, anak cenderung memilih buku berdasarkan judul
dan gambar yang terdapat pada cover buku. Hanya satu informan yang mengalami
hambatan dalam proses pemilihan buku bacaan yang disebabkan oleh
ketidaktepatan dalam penataan dan penempatan koleksi (shelving) di layanan anak
Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta yang dapat menyulitkan anak dalam
menemukan buku bacaan yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini juga menunjukan
bahwa dalam proses pemilihan buku bacaan terlihat adanya kesesuaian antara
perilaku informan dengan tahap perkembangan anak diusianya yang dapat dilihat
dari perkembangan kognitif, bahasa, sosial, dan emosi.

ABSTRACT
This research discusses the book selection process carried out by children as
young as 8 (eight) - 10 (ten) years an active member of the library, with the
frequency of borrowing most of the month from January to April 2014 in Public
Library Of DKI Jakarta Province. This study used a qualitative approach to the
case study method. In this study discusses the selection process associated with
the development of children's books, the factors that affect children in selecting
books, as well as discuss the barriers experienced by children in the book
selection process. The results of this study are in the book selection process
conducted by third informant reading a book of their choosing based on what they
like and they need. In addition, the findings in this study children tend to choose
books based on titles and images contained on the cover of the book. Only one
informant who experience barriers to reading the book selection process caused by
inaccuracies in the structuring and placement of collection (shelving) in Public
Library Of DKI Jakarta Province children's services in who find reading difficult
for children in need. The results of this study also showed that in the book
selection process looks a match between the behavior of the informant with the
development stage of children at the age of which can be seen from the
development of cognitive, language, social, and emotional."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S56156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Destiya Puji Prabowo
"Tesis ini membahas pemanfaatan grup Whatsapp sebagai media berbagi pengetahuan di kalangan pustakawan Bidang Pengolahan Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional RI. Tujuan penelitian adalah untuk memahami proses berbagi pengetahuan oleh pustakawan di instansi tersebut melalui media grup Whatsapp serta pemanfaatan budaya siber yang mendukung proses berbagi pengetahuan. Pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual digunakan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan proses berbagi pengetahuan melalui media ini belum sepenuhnya dilakukan oleh pustakawan dan pegawai, serta pembentukan budaya berbagi pengetahuan dibangun berdasarkan relasi antar pimpinan dan pustakawan. Teks dan emoticon sebagai elemen budaya siber dalam media ini memiliki peran dalam penyampaian pengetahuan.

This thesis studied the use Whatsapp group as a medium to share knowledge among librarians Bidang Pengolahan Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional RI. The research objective was to understand the process of knowledge sharing by the librarian through Whatsapp group media and cyber culture that supports its process. A qualitative approach with virtual ethnographic methods used in this study.
The results showed the process of sharing knowledge through the media has not been fully carried out by librarians, as well as the establishment of knowledgesharing culture is built on the relationship between leaders and librarians. Texts and emoticons as elements of cyber culture in these media have a role in the transfer of knowledge.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
T48680
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nelza Aprilinanita
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai tingkat kepuasan kerja pustakawan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survai yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitiannya. Indikator dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja, pustakawan, the Job Descriptive Index (JDI), kepuasan kerja pustakawan perpustakaan khusus, dan kepuasan kerja pustakawan berdasarkan jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan dan lama masa kerja. Analisis data yang digunakan dibantu oleh software Microsoft Excel untuk menghitung persentase dan hasil JDI. Secara keseluruhan, pustakawan dalam penelitian ini memiliki tingkat kepuasan kerja yang rata-rata tinggi untuk aspek pekerjaan itu sendiri, aspek atasan, aspek rekan kerja, dan aspek gaji. Sedangkan untuk aspek kesempatan untuk maju, tingkat kepuasan pustakawan adalah sedang.

ABSTRACT
This thesis describes about the level of librarian’s job satisfaction at the Central Library and Dissemination of Agricultural Technology, Bogor. This research is a quantitative research using a survey method with questionnaire as an instrument of research. Indicators in this study is the job satisfaction, the librarian, the Job Descriptive Index (JDI), a special library librarian’s job satisfaction, and librarian’s job satisfaction based on gender, age, educational background and length of service. Assisted analysis of the data used by the software Microsoft Excel to calculate the percentage and the results of JDI. Overall, the librarians in this study have high levels of job satisfaction in average for the aspects of the job itself, the aspect of supervision, aspects of coworkers, and aspects of the salary. As for the aspects of the opportunities for promotions, the level of satisfaction of librarians is moderate.
"
2015
S62644
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>