Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 209325 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dea Larasati
"ABSTRAK
Sharing economy merupakan sebuah konsep ekonomi yang dianggap mampu mengatasi masalah inefisiensi pasar dan mengalokasikan sumber daya yang tidak digunakan. Di Indonesia, bentuk sharing economy yang sedang populer saat ini adalah sharing-based transportation atau transportasi online, seperti Gojek, Uber, dan Grab. Di lain sisi, konsep dan penerapan sharing economy ini sejalan dengan konsep ekonomi Islam, seperti huquq dan maslahah. Untuk itu, penelitian ini akan menganalisis hubungan antara kedua konsep tersebut, yaitu dengan menganalisis relasi antara preferensi sosio-religius pengguna dengan permintaan terhadap layanan transportasi online di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana data dikumpulkan melalui survei online dengan 1209 responden, serta menggunakan teknik analisis faktor dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan dan kualitas pelayanan, menjadi faktor utama yang mempengaruhi permintaan dan kepuasan terhadap layanan transportasi online. Selain itu, terdapat perbedaan preferensi penggunaan transportasi online antara pengguna dalam kelompok religius dan kurang religius, dimana hasilnya mengindikasikan bahwa semakin religius individu maka semakin peduli terhadap lingkungannya.

ABSTRACT
Sharing economy is an emerging economic platform which is believed to bring a major change in world economy due to its potential to resolve market inefficiency issues and allocate unused resources. In Indonesia, a popular form of sharing economy is sharing based transportation services, such as Gojek, Uber, and Grab. Furthermore, the sharing economy rsquo s concept is related to the Islamic economic concepts particularly huquq and maslahah. Thus, the study aim to analyze the relation of both concepts by analyze the relation of socio religious preference on the demand for the online trasportation services. This uses quantitative study collects primary data by online survey from around 1209 respondens and employs Factor Analysis and inferential statistics. The results shows that user rsquo s trust and service quality being major factors that affecting demand and satisfaction of online transportation services in Indonesia. In addition, there are difference usage in online transportation between users in religious group and quite religious group, where the results implies that more religious individual becomes, the more concerned with the environment. "
2017
S68436
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Yeihan
"

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dampak dari kebijakan tarif parkir dan layanan angkutan umum kampus terhadap preferensi mahasiswa/i pengguna kendaraan pribadi roda 2 dan roda 4 di wilayah kampus Universitas Indonesia Depok. Metode analisis pada penelitian ini berbasis pada model pemilihan diskrit logit binomial dengan membangun fungsi utilitas  yang menggunakan pendekatan regresi logistik. Model regresi dan fungsi utilitas dibangun dari data hasil survei stated preference dan revealed preference. Proses pembangunan model diawali dengan uji korelasi spearman, lalu uji kelayakan model yang meliputi 5 parameter kelayakan yaitu hosmer-lemeshow, omnibus test, nagelkerke R square, -2 log likelihood, dan overall percentage, dan uji validasi menggunakan root mean square error. Setelah itu, dilakukan analisis pemilihan model yang berbasis uji kelayakan dan validasi serta uji komparasi mann whitney untuk mengetahui perbedaan dari model-model yang dipilih. Setelah model terpilih, dilakukan analisis potensi perpindahan moda dari kendaraan pribadi ke angkutan umum kampus. Hasil analisis dari penelitian ini adalah terbentuk 2 model dengan fungsi utilitas yang berbeda untuk roda 4 dan roda 2 dan variabel tarif parkir berpengaruh terhadap preferensi responden untuk pindah moda, sedangkan headway angkutan umum kampus tidak. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa tarif parkir per jam yang merupakan preferensi dari responden untuk jenis kendaraan pribadi roda 2 dan roda 4 adalah Rp2.000 dan Rp3.000, dan jika pihak Universitas Indonesia menerapkan tarif tersebut maka persentase perpindahan ke angkutan umum kampus sebesar 53.3% dan 70.8%.


This research has an objective to analyze the impact of parking fee enhancement and public transportation service enhancement policy in Universitas Indonesia Depok on private transportation users preference. The analytical method in this study is based on a discrete binomial logit selection model by building a utility function that uses a logistic regression approach. Regression models and utility functions are built from the stated preference and revealed preference survey results. The process of building the model begins with the Spearman correlation test, then the feasibility test of the model which includes 5 feasibility parameters namely hosmer-lemeshow, omnibus test, Nagelkerke R square, -2 log likelihood, and overall percentage, and validation test using root mean square error. After that, an analysis of model selection based on the feasibility and validation tests and a mann whitney comparison test to determine the differences of the selected models. After the model is selected, an analysis of potential modal shifts from private vehicles to campus public transportation is carried out. The results of the analysis of this study are formed 2 models with different utility functions for 4 wheels and 2 wheels and parking fee variables affect the preferences of respondents to switch modes, while the campus public transportation headway does not. This study produces a conclusion in the form of hourly parking fee which are the preferences of respondents for the type of personal vehicle 2-wheeled and 4-wheeled is Rp2,000 and Rp3,000, and if the University of Indonesia applies the fee, the percentage of shiftings to campus public transportation is 53.3% and 70.8%.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akka Cendana Putri
"ABSTRAK
Konsep sharing economy, khususnya dalam bidang transportasi, telah menarik perhatian banyak pihak dalam beberapa tahun terakhir. Sharing economy dipercaya dapat membawa manfaat, seperti meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang secara umum sejalan dengan prinsip dan tujuan ekonomi Islam maqashid al-syari rsquo;ah . Oleh karena itu, studi ini mencoba menganalisis dampak jasa sharing-based transportation di Indonesia terhadap perilaku dan kesejahteraan dari pekerjanya. Penelitian ini mengumpulkan data primer dari 103 pengemudi ojek online yang berafiliasi dengan Grab dan GO-JEK, yang merupakan penyedia jasa sharing-based transportation terbesar di Indonesia. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.Hasil utamanya menunjukkan bahwa sebagian besar responden merasakan adanya peningkatan kesejahteraan dalam kelima aspek maqasid al-syari rsquo;ah, yakni agama din , ekonomi mal , kesehatan nafs , pendidikan lsquo;aql , dan keharmonisan keluarga nasl . Dimensi yang memiliki peningkatan kesejahteraan terbesar adalah dimensi agama. Hal ini disebabkan oleh fleksibilitas dan peningkatan pendapatan yang dirasakan oleh pengemudi ojek online. Secara keseluruhan, bagi perusahaan penyedia jasa sharing-based transportation di Indonesia, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa informasi dan evaluasi mengenai kesejahteraan pekerja dalam merumuskan kebijakan yang terkait dengan mitra pengemudinya.

ABSTRACT
The concepts of sharing economy have attracted a great deal of attention in recent years, especially in transportation. Many believe that this concepts and practices could lead to positive impacts including increase an efficiency of allocation resouces and welfare enhancement, which are also central to the teaching and values of Islamic economics maqashid al shari rsquo ah . This study, therefore, attempt to investigate the impacts of sharing based transportation services in Indonesia towards behaviour and welfare of the workers. To achieve the objective, the study collected relevant primary data from 103 ojek drivers or partners of GO JEK and Grab, which are the main providers of sharing based transportation services in Indonesia. The data which has collected from the survey would be treated with descriptive statistcs and inferensial statistics.The survey result shows that an increasing welfare on every aspects on maqasid al syari rsquo ah spiritual din , economic mal , health nafs , education lsquo aql , and family nasl . The spiritual dimension has the greatest impact besides others. It caused by flexibility and the increasing of revenue. Overall, these findings expected to provide the information and evaluation about the driver rsquo s welfare to the sharing based transportation provider in Indonesia. These informations could affect on policy formulation which related with the welfare of sharing based transportation drivers. Keywords behavioural maqasid shari rsquo ah Islamic microeconomy sharing eonomy welfare economics."
2017
S69458
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nita Nurjannah
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan infrastruktur transportasi dengan permintaan pariwisata internasional provinsi di Indonesia. Menggunakan analisis regresi data panel 33 provinsi di Indonesia sepanjang periode 2004-2012 ditemukan bahwa infrastruktur jalan tidak signifikan mempengaruhi kunjungan wisatawan asing karena daya tarik wisata di provinsi tersebut cukup tinggi sehingga mampu menutupi kualitas jalan yang rendah. Sedangkan infrastruktur bandara terbukti secara signifikan mendukung kunjungan wisatawan asing di provinsiprovinsi di Indonesia mengingat bentuk negara Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga penting memiliki bandara yang memadai untuk menjembatani perpindahan antarpulau.

This study aims to analyze the correlation between transportation infrastructure and international tourism demand in Indonesian provinces. Using panel data analysis of 33 provinces in Indonesia for the period of 2004-2012, it is found that road infrastructure is not significant in affecting foreign tourist arrivals due to its strong tourist attraction so it is able to offset the low-quality road. Meanwhile airport infrastructure is significant in supporting foreign tourist arrivals in Indonesian provinces considering Indonesia is an archipelago so it is important to have capable airports in providing moving instruments between islands.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S59946
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desi Arisandy
"[Skripsi ini membahas tentang fenomena mobile commerce transportasi darat seperti ojek online, pemesanan taksi maupun pembelian e-ticketing yang menawarkan sejumlah layanan produk dan jasa yang canggih untuk pengguna
ponsel dan sedang digemari oleh penggunanya. Pemesanan layanan transportasi melalui perangkat mobile (pembelian mobile) telah menjadi nyaman melalui aplikasi mobile layanan transportasi, tetapi banyak konsumen masih tidak
memanfaatkan aplikasi tersebut secara maksimal. Dari perspektif mobile vendor (penyedia layanan jasa aplikasi transport), mempertahankan pelanggan saat ini dan memfasilitasi pembelian lanjutan mereka sangat penting untuk membuat keuntungan dan mencapai pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, penting untuk memahami faktor-faktor penentu yang mempengaruhi intensitas niat
konsumen konsumen dalam menggunakan aplikasi mobile layanan transportasi darat. Penelitian ini menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan 159 responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kepuasan menjadi faktor penentu utama dalam mempengaruhi niat keberlanjutan konsumen. Variabel kepuasan dipengaruhi oleh aliran dan kepercayaan yang dipengaruhi oleh kualitas
informasi, kualitas layanan serta privasi dan keamanan. Hasil penelitian ini memberikan beberapa implikasi penting untuk penelitian mobile commerce terhadap perilaku konsumen dalam melakukan pembelian.

This thesis discusses the phenomenon of mobile commerce online ground transportation such as taxis, taxi booking or purchase e-ticketing service that offers a number of advanced products and services for mobile users and are favored by users. Booking transportation services through mobile devices (mobile purchases) have become comfortable transportation services through mobile applications, but many consumers still do not take advantage of the application to the fullest. From the perspective of mobile vendor (service provider transport
applications), retaining current customers and facilitating the purchase of their continued very important to make a profit and achieve sustainable development. Therefore, it is important to understand the determinants affecting consumer intention intensity consumers to use mobile application service ground
transportation. This study uses SEM (Structural Equation Modelling) with 159 respondents. Results of this study stated that satisfaction becomes a major determining factor in influencing the sustainability of consumer intentions. Variable satisfaction is influenced by the flow and trust that is influenced by the quality of information, quality of service as well as privacy and security. The results provide some important implications for mobile commerce research on consumer behavior in the purchase., This thesis discusses the phenomenon of mobile commerce online ground
transportation such as taxis, taxi booking or purchase e-ticketing service that
offers a number of advanced products and services for mobile users and are
favored by users. Booking transportation services through mobile devices (mobile
purchases) have become comfortable transportation services through mobile
applications, but many consumers still do not take advantage of the application to
the fullest. From the perspective of mobile vendor (service provider transport
applications), retaining current customers and facilitating the purchase of their
continued very important to make a profit and achieve sustainable development.
Therefore, it is important to understand the determinants affecting consumer
intention intensity consumers to use mobile application service ground
transportation. This study uses SEM (Structural Equation Modelling) with 159
respondents. Results of this study stated that satisfaction becomes a major
determining factor in influencing the sustainability of consumer intentions.
Variable satisfaction is influenced by the flow and trust that is influenced by the
quality of information, quality of service as well as privacy and security. The
results provide some important implications for mobile commerce research on
consumer behavior in the purchase.]
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62212
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilma Khairani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas pelayanan elektronik dari moda transportasi roda empat terhadap kepuasan pelanggan dan intensi perilaku, dalam penelitian ini intensi perilaku tersebut adalah loyalitas pelanggan dan word of mouth pada moda transportasi roda empat berbasis aplikasi. Model penelitian dengan enam hipotesis diuji dengan menggunakan Structural Equation Modeling SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas pelayanan elektronik dan persepsi nilai terhadap uang berpengaruh secara positif terhadap kepuasan pelanggan. selain itu, kepuasan pelanggan juga berpengaruh secara positif terhadap loyalitas pelanggan dan word of mouth. Akan tetapi loyalitas pelanggan tidak mempunyai pengaruh terhadap word of mouth.

This study aim to determine the effect of service quality and e service quality in application based transportation towards customer satisfaction and behavioral intentions. In this study, the behavioral intentions are customer loyalty and word of mouth. The six hypotheses research model in this study are tested with Structural Equation Modeling SEM. The results found out that perceived value for money, service quality and e service quality have a positive and significant impact towards customer satisfaction. Also, it found out that customer satisfaction has a positive and significant impact towards customer loyalty and word of mouth. However, customer loyalty doesn rsquo t have significant impact towards word of mouth. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T48047
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bakti Santoso
"Indonesia dengan jumlah penduduk nomor empat terbanyak di dunia (setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat) akan menyambut bonus demografi yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2030. Bonus demografi adalah suatu fenomena dimana struktur penduduk sangat menguntungkan dari sisi pembangunan karena jumlah penduduk usia produktif sangat besar, sedang proporsi usia muda sudah semakin kecil dan proporsi usia lanjut belum banyak. Diperkirakan jumlah usia angkatan kerja (15-64 tahun) mencapai sekitar 70 persen, sedangkan penduduk yang tidak produktif (usia 14 tahun ke bawah dan usia di atas 65 tahun) sekitar 30 persen (BKKBN, 2017). Namun, jika bangsa Indonesia tidak mampu menyiapkan diri menyambut bonus demografi tersebut, seperti penyediaan lapangan kerja dan peningkatan kualitas SDM, maka akan terjadi permasalahan, yaitu terjadinya pengangguran yang besar dan akan menjadi beban negara. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa broadband menjadi salah satu faktor penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan lapangan kerja baru dan layanan yang menunjang pendidikan dan kesehatan. World Bank menyampaikan bahwa penambahan 10% penetrasi broadband memicu pertumbuhan ekonomi sebesar 1,38% di negara berkembang dan 1,12% di negara maju (World Bank, 2010). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis pengembangan permintaan (demand) layanan pitalebar bergerak (mobile broadband) di Indonesia menggunakan metode regulatory impact analysis (RIA). Hasil dari penelitian ini selanjutnya mengusulkan adanya intervensi regulasi dengan pemberian bantuan kepada masyarakat yang terkendala oleh biaya (affordability barrier) untuk berlangganan layanan pitalebar bergerak (mobile broadband). Bantuan yang diberikan berupa biaya pembelian perangkat pitalebar bergerak (smartphone) dan biaya berlangganan layanan pitalebar bergerak (layanan data). Dengan adanya intervensi regulasi ini diperkirakan penetrasi pelanggan pitalebar bergerak (mobile broadband) akan mencapai 77% pada tahun 2025 dan memberikan manfaat (net social benefit) sebesar US$ 43,81 milyar.

Indonesia with the fourth largest population in the world (after China, India, and the United States) will welcome the demographic bonus which is expected to occur in 2030. Demographic bonus is a phenomenon where the population structure is very beneficial in terms of development because the population of productive age is very large, while the proportion of young people is getting smaller and the proportion of elderly is not much. It is estimated that the age of the labor force (15-64 years) reaches around 70 percent, while the unproductive population (aged 14 years and under and aged over 65 years) is around 30 percent (BKKBN, 2017). However, if the Indonesian people are not able to prepare themselves to welcome the demographic bonus, such as providing employment and improving the quality of human resources, there will be problems, namely the occurrence of large unemployment and will be a burden on the state. From several studies that have been carried out it is known that broadband is one of the important factors in driving economic growth by providing new jobs and services that support education and health. World Bank said that the addition of 10% broadband penetration triggered economic growth of 1.38% in developing countries and 1.12% in developed countries (World Bank, 2010). This research aims to analyze the development of demand for mobile broadband services in Indonesia using the regulatory impact analysis (RIA) method. The results of this study further suggest a regulatory intervention by providing assistance to the public that is constrained by the cost (affordability barrier) to subscribe to mobile broadband services. Assistance is provided in the form of costs for purchasing mobile broadband devices (smartphones) and subscription fees for mobile broadband services (data services). With this regulatory intervention it is estimated that mobile broadband subscribers penetration will reach 77% by 2025 and provide a net social benefit of US $ 43.81 billion."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T55113
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Sukma Anggriyani
"Conflict is a socio economic phenomenon that has trended upward since the end of the Cold War all over the world and causes a condition called global tension. Indonesia has high ethnic diversity and high income inequality and thus has also seen an upward trend of conflict that is called Indonesian tension. Because of the upward trend, there are many studies about conflict, but the results are divergent. It is debatable whether conflict was caused by social issues such as ethnic diversity or economic aspects such as income inequality.
This research aims to examine the relationship between ethnic diversity and income inequality in the intensity of conflict by using Village Potency PODES 2011 combined with Population Census 2010 and National Social Economic Survey Susenas 2010. Econometrics estimations using Ordinary Least Square OLS and Zero Inflated Negative Binomial ZINB regression combining with descriptive analysis confirm that there is a U shaped correlation between EFI and the intensity of conflict and a positive correlation between the income gap and the intensity of conflict.
Another result is that economic aspects such as electricity, poor people and slum households more influenced the intensity of conflict than social aspects. The implication of these findings is that improvement in economic aspects is the more preferable policy to reduce the intensity of conflict rather than focusing on ethnic diversity, which is heritage and cannot be changed.

Konflik adalah sebuah fenomena sosial dan ekonmi dengan tren yang meningkat setelah perang dingin berakhir di seluruh dunia dan menyebabkan adanya kondisi bernama global tension. Kondisi seperti global tension juga dialami oleh Indonesia yang merupakan negara dengan tingkat keberagaman etnik dan ketimpangan yang tinggi atau disebut sebagai Indonesian tension. Dikarenakan tren yang meningkat ini, banyak studi membahas tentang konflik namun menghasilkan kesimpulan yang berbeda. Hasilnya adalah terjadi perdebatan mengenai penyebab konflik apakah disebabkan oleh aspek sosial seperti keberagaman etnik atau aspek ekonomi seperti ketimpangan pendapatan.
Penelitian ini meneliti hubungan antara keberagaman etnik dan ketimpangan pendapatan terhadap intensitas konflik di Indonesia menggunakan PODES 2011 dikombinasikan Sensus Penduduk 2010 dan Susenas 2010. Penelitian ini menggunakan regresi OLS dan ZINB dikombinasikan dengan analisis deskriptif mengonfirmasi adanya hubungan berbentuk U antara EFI dan intensitas/jumlah konflik dan adanya hubungan positif antara ketimpangan pendapatan terhadap intensitas/jumlah konflik.
Hasil lainnya adalah variabel kontrol dalam aspek ekonomi seperti tingkat listrik, kodisi kemiskinan serta rumah tangga di kawasan kumuh lebih berpengaruh ke intensitas/jumlah konflik dibandingkan dengan variabel kontrol dalam aspek sosial. Implikasi kebijakan yang dapat dilakukan adalah perbaikan di aspek ekonomi untuk mengurangi konflik di Indonesia dibanding fokus pada keberagaman etnik merupakan warisan yang tidak dapat ditolak."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S67191
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Pradita
"Teknologi berupa internet bisa memudahkan orang untuk mengakses berbagai aplikasi yang diinginkan pada sebuah smartphone, salah satu aplikasi tersebut adalah Uber. Uber di Indonesia mempunyai ciri-ciri yang sama dengan angkutan taksi, muncul sebagai pelopor layanan jasa transportasi berbasis aplikasi yang menawarkan kemudahan bagi konsumen. Konsumen dapat mengunduh aplikasi Uber melalui smartphone dan dapat digunakan untuk memesan kendaraan berserta pengemudinya. Operasional Uber di Indonesia masih ditentang oleh berbagai pihak seperti pemerintah daerah dan pelaku usaha taksi konvensional. Penetapan tarif Uber yang sangat rendah menjadi penyebab adanya persaingan tidak sehat di Indonesia. Sedangkan di Filipina, sudah ada regulasi baru mengenai kendaraan berupa Transportation Network Vehicle Services yang didalamnya termasuk Uber dan hal ini menjadikan Uber mempunyai status hukum yang jelas di Filipina. Skripsi ini akan membahas mengenai pengaturan Uber di Indonesia serta perbandingan pengaturannya dengan negara lain yaitu Filipinia yang sudah terlebih dahulu membuat regulasi terhadap Uber.

Technology in form of internet could ease people to access several desired applications on a smartphone, one of the application is Uber. Uber in Indonesia has similar characteristics with taxi transportation, emerge as application technology-based service pioneer providing simplicity for consumers. Consumers could download Uber application through smartphones and could be utilized to book vehicle with its driver. Uber Operational in Indonesia still resisted by several parties such as local government and conventional taxi business performer. Very low Uber fare determination become the cause of unfair competition in Indonesia. Meanwhile in Philippines, there had been new regulation concerning vehicle in form of Transportation Network Vehicle Services in which Uber become part of it and it makes Uber has clear law status in Philippines. This final project shall discuss Uber regulation in Indonesia and its regulation comparison with other country, Philippines, which foremostly had made regulation toward Uber."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S61522
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shabrina Izazi Anwar
"Karya tulis ini meneliti bagaimana budaya dapat mempengaruhi manusia dalam memiliki preferensi tertentu untuk bekerja dalam tim. Untuk lebih spesifik, apakah kolektivisme kelompok anggota dalam memiliki efek pada preferensi untuk kerjasama tim dengan kelompok anggota luar. Salah satu sifat kepribadian, yaitu keterbukaan pikiran, dianggap dapat memoderasi hubungan ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan mahasiswa internasional dari University of Groningen dan Universitas Indonesia sebagai sampel. Setelah analisis dijalankan, terungkap bahwa budaya dan sifat kepribadian tidak berpengaruh terhadap preferensi untuk memilih anggota tim. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat memberi implikasi untuk praktek manajerial, salah satunya adalah manajer harus melihat lebih jauh dari factor budaya dan kepribadian dalam mengelola tim multikultural.

This research examined how culture might affect people in having certain preference for teamwork. To be specific, whether collectivism in in groups members has an effect on the preference for teamwork with out groups members. A personality trait, which is open mindedness, is considered to moderate this relationship. The study was conducted using international university students of University of Groningen and University of Indonesia as samples. After the analysis was run, it is disclosed that culture and personality trait does not matter in selecting teamwork members. Thus, this has implications for managerial purpose, one of them being managers should look further from cultural and personality factors in managing multicultural teams.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68169
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>