Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 123692 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fandi Rahman Hidayat
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai apa yang pengguna rasakan pada saat mereka berinteraksi dengan situs web Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif pada penelitian ini. Hal ini dikarenakan peneliti ingin mengetahui apa yang pengguna rasakan dan masalah yang ditemukan saat menggunakan web tersebut. Data yang diperoleh peneliti pada penelitian diambil melalui proses wawancara kepada empat orang informan dan observasi terhadap web yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori yang dibawa oleh Steve Krug dalam mendesain web yang baik dan ramah terhadap pengguna. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa situs web yang dibuat oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sudah memenuhi beberapa kriteria yang ada namun masih dibutuhkan beberapa perbaikan pada bagian-bagian tertentu. Beberapa bagian sudah dapat dikategorikan sesuai dengan teori yang ada dan beberapa lainnya belum sesuai. Penelitian ini diharapkan dapat
menjadi masukan kepada pihak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk terus mengembangkan webnya menjadi lebih baik dan ramah pengguna.

ABSTRACT
This study discusses what users feel when they interact with the National Library of Indonesia website. The author uses qualitative research methods in this study. This is because the author wants to know what users feel and problems found while using the web. Data obtained by the author in the study was taken through the process of interviewing to four informants and observation of the existing web. This study was conducted using the theory brought by Steve Krug in designing good web usability for users. The results of this study indicate that the website created by the National Library of Indonesia has met several criteria that exist but still needed some improvement on certain parts. Some parts can already be categorized according to existing theory and some others are not yet appropriate. This research is expected to be an input to the National Library of Indonesia to continue to develop the web to be better for users."
2017
S69342
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diandra Nessia Alisty
"Penelitian ini merupakan penelitian tentang pemanfaatan yang dilakukan oleh pemustaka di Layanan Koleksi Anak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dilihat dari aspek koleksi, layanan, fasilitas, dan pustakawannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pemanfaatan yang telah dilakukan oleh pemustaka Layanan Koleksi Anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan yang dilakukan oleh pemustaka belum berjalan secara maksimal. Hal ini karena terkendala oleh beberapa faktor diantaranya adalah adanya ketidaksesuaian koleksi dengan pemustaka anak, kurangnya perhatian pihak Layanan Koleksi Anak terhadap sarana penelusuran informasi, kurangnya sumber daya manusia dalam kegiatan saat ada kunjungan, pustakawan yang belum cukup proaktif, dan adanya distorsi dalam penyelenggaraan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

This research is about the utilization done by the user in the Child Collection Services National Library of Indonesia seen from the aspect of the collection, the service, the facilities, and the librarian. The purpose of this study is to identify the utilization that has been done by the Child Collection Services user. This research is a qualitative research with descriptive method. The results showed that the utilization done by user not run maximally. This is caused by several factors such as the existence of non conformity between the collection and the users, the lack of attention of the Child Collection Services to the information tracking facilities, the lack of human resources in the activities when there is a visit, librarian who has not been proactive enough and distortion in the implementation of National Library of Indonesia. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novi Murdiyanti
"Web as a source of global information has created a new challenge for archiving digital material. National Web Archive as one part of the web portal of the National Digital Library has an important role in the effort to store, manage, archive and preserve the documentary heritage of Indonesia in online formats. This study was done to evaluate the utilization of associated factors that interact and influence the level of user acceptance of the technology of this web archiving system. The study using the modeling methodology TAM (Technology Acceptance Model) as a theoretical framework and multivariate statistical analysis techniques SEM (Structural Equation Modeling) using AMOS (Analysis of Moment Structures) software tools. Data were collected through snowball sampling with the help of an online questionnaire, where the number of 110 respondents in this study are pemustaka who utilize the site of the National Library. The results show the suitability of TAM as a theoretical framework that can accept the hypothesis that has positive and significant exception Influence Perception of Benefits (PU) on Intention to Use (BITU) indicates a value below 0.736 because of the measurement standard price table = 1.96 ie thitung < ttable so H0 is accepted."
Bogor: Perpustakaan IPB, 2016
020 JPI 15:1-2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Afdini Rihlatul Mahmudah
"Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pelaksanaan serah simpan koleksi deposit berdasarkan Undang-Undang Deposit dan pengelolaan koleksi deposit meliputi penerimaan, pengolahan, penyimpanan, dan pendayagunaan koleksi deposit hasil pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1990 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam di Perpustakaan Nasional RI dan Undang-Undang Malaysia Akta 331 Akta Penyerahan Bahan Perpustakaan 1986 di Perpustakaan Negara Malaysia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi dokumen, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 Pelaksanaan serah simpan koleksi deposit di Indonesia berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 4 Tahun 1990 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam sudah dilakukan sejak tahun 1990, sedangkan pelaksanaan serah simpan koleksi deposit di Malaysia berdasarkan Undang-Undang Malaysia Akta 331 Akta Penyerahan Bahan Perpustakaan 1986 sudah dilakukan sejak tahun 1986. 2 Dalam pelaksanaan serah simpan koleksi deposit, jumlah eksemplar yang diserahkan oleh penerbit ke Perpustakaan Nasional RI adalah sebanyak 2 eksemplar untuk terbitan cetak dan 1 eksemplar untuk terbitan non cetak, sedangkan jumlah eksemplar yang diserahkan oleh penerbit ke Perpustakaan Negara Malaysia adalah sebanyak 5 eksemplar untuk terbitan cetak dan 2 eksemplar untuk terbitan non cetak. 3 Koleksi deposit yang diterima oleh Perpustakaan Nasional RI disimpan di gedung Perpustakaan Nasional RI di Jakarta, sedangkan koleksi deposit yang diterima oleh Perpustakaan Negara Malaysia selain disimpan di gedung Perpustakaan Negara di Kuala Lumpur, koleksi deposit juga disimpan di tiga tempat lain yaitu di Daerah Sungai Besi, Sabah, dan Pulau Pinang. 4 Pendayagunaan koleksi deposit di Perpustakaan Nasional RI dilaksanakan di Bagian Deposit, sedangkan pendayagunaan koleksi deposit di Perpustakaan Negara Malaysia dilaksanakan di layanan pemustaka pada Pusat Rujukan. 5 Dalam pelaksanaan serah simpan koleksi deposit, koleksi deposit yang dianggap mahal diserahkan secara gratis ke Perpustakaan Nasional RI, sedangkan Perpustakaan Negara Malaysia dapat mengganti harga buku yang dianggap mahal sebesar 30 dari harga penerbitan. 6 Sanksi pelanggaran terhadap pelaksanaan serah simpan koleksi deposit di Perpustakaan Nasional RI adalah denda sebesar 5 juta rupiah atau pidana kurungan selama 6 bulan, sedangkan sanksi pelanggaran terhadap pelaksanaan serah simpan koleksi deposit di Perpustakaan Negara Malaysia adalah denda sebesar 3 ribu ringgit dan tidak ada pidana kurungan. Selama ini kedua negara belum pernah menerapkan sanksi tersebut kepada pelanggarnya. Hambatan penerbit di Indonesia dalam penyerahan koleksi deposit ke Perpustakaan Nasional RI diantaranya tidak ada penggantian terbitan yang dianggap mahal harganya, terbitan tersebut wajib diserahkan secara gratis dan harus 2 eksemplar. Selain itu masalah biaya pengiriman koleksi ke Perpustakaan Nasional RI. Sedangkan hambatan penerbit di Malaysia dalam penyerahan koleksi deposit ke Perpustakaan Negara Malaysia yaitu penerbit ada yang keberatan menyerahkan terbitan sebanyak 5 eksemplar.Kata Kunci : Undang-Undang Deposit, koleksi deposit, Perpustakaan Nasional RI, Perpustakaan Negara Malaysia

This study aims to describe the process of implementation of deposit collection of deposits under the Deposit Act and deposit collection management includes the reception, processing, storage, and utilization of the results of the implementation of the Law of the Republic of Indonesia Number 4 of 1990 regarding the obligation to store printed and recorded in the National Library of Indonesia and the Law of Malaysia Act 331 Delivery of Library Materials Act 1986 in the National Library of Malaysia. The method used was a case study. The data collection is done with the interview, the study documents, and observation. The results showed that 1 Implementation of deposit collection of deposits in Indonesia based on Law No. 4 of 1990 regarding the obligation to store printed and recorded works have been conducted since 1990, while the implementation of deposit collection of deposits in Malaysia under the Act Malaysia Act 331 Delivery of Library Materials Act 1986 have been conducted since 1986. 2 In the implementation of deposit collection of deposits, the number of copies submitted by the publisher to the National Library of Indonesia is as much as two copies to print publications and 1 copies for non print publications, while the number copies submitted by the publisher to the National Library of Malaysia is as much as 5 copies to print publications and two copies to non print publications. 3 Collection of deposits accepted by the National Library of Indonesia is stored in the building of the National Library in Jakarta, while the collection of deposits received by the National Library of Malaysia besides deposited in building the National Library in Kuala Lumpur, deposit collection is also stored in three other places, namely in the Region Sungai Besi, Sabah and Penang. 4 Utilization of deposit collection at the National Library of Indonesia implemented in Part Deposit, while the utilization of deposit collection at the National Library of Malaysia implemented in the user service in Referral Center. 5 In the implementation of deposit collection of deposits, deposit collections that are considered expensive given free of charge to the National Library of Indonesia, while the National Library of Malaysia can change the price of books that are considered expensive by 30 of the publishing price. 6 Sanctions for violations of the implementation of deposit collection of deposits at the National Library of Indonesia is a fine of 5 million or imprisonment for 6 months, while sanctions for violations of the implementation of deposit collection of deposits at the National Library of Malaysia is a fine of three thousand ringgit and no imprisonment. During these two countries have never apply such sanctions to violators. Barriers publisher in Indonesia in the submission of deposit collection to the National Library of Indonesia of which no reimbursement publication that are considered expensive, the publication shall be submitted free of charge and will have 2 copies. Besides problems shipping fee collection to the National Library of Indonesia. While the barriers publishers in Malaysia in the submission of deposit collection to the National Library of Malaysia is the publisher was no objection to hand over as much as 5 copies published.Keywords Law on Deposit, deposit collection, National Library of Indonesia, National Library of Malaysia "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T47472
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gistya Fiscana
"Penelitian ini membahas tentang manajemen sumber daya manusia di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tujuannya untuk mengetahui fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan, serta kendala-kendala yang ditemui dalam menjalankan manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian kualitatif, yaitu studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah dilaksanakan secara terstruktur dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

This research is about human resources management in the national library of Indonesia. The purpose of this research is to review the functions of the human resources management implementation in the national library of Indonesia, from planning, organizing, actuating and controlling, and to find if there are any problems in implementing these functions. This research used qualitative approach and descriptive research methods. This research used case studies as its main strategy. The outcome of this research shows that all the functions of human management in the national library of Indonesia has been excellent and comply with the current procedures."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45964
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iftakhul Farikhah
"Skripsi ini membahas pemanfaatan koleksi hasil produk alih media di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tujuannya adalah mengidentifikasi pemanfaatan koleksi, menganalisis ketersediaan koleksi dan menjelaskan hambatan yang dialami dalam memanfaatkan koleksi tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif menggunakan teori kepuasan pengguna (end-user computing satisfaction (EUCS)). Penyebaran kuesioner dilakukan dengan mendatangi ruangan koleksi audio visual Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa koleksi digital di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah dimanfaatkan secara efektif dan informasi sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Namun, pemustaka tetap masih menemukan hambatan dalam menggunakan koleksi digital dilihat dari aspek isi, dan kemudahan ketika melakukan kegiatan penelusuran. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa Perpustakaan Nasional Republik Indonesia perlu memberikan sosialisasi/promosi terhadap koleksi yang telah dialih mediakan, memberikan layanan koleksi digital yang sesuai dengan permintaan pengguna, dan melakukan evaluasi terhadap pemanfaatan koleksi digital agar mengetahui tingkat kepuasan pengguna perpustakaan selain menggunakan koleksi cetak.

This research is focused on the utilization of collections from digitized products in the National Library of Indonesia. The aim of this research is to identify utilization of current collections, analyzing the availability of collection and explains the constraints experienced in the use of the collection. This research is a quantitative research using descriptive design, using the theory of user satisfaction (end-user computing satisfaction (EUCS)). Questionnaires were distributed by visiting the audio-visual room in National Library of Indonesia collection. Based on this research, which has been conducted in 2 weeks, it can be concluded that the digital collections at the National Library of Indonesia has been effectively used and information is convenient according to user needs. However, users still find obstacles in using digital collections from the aspect of content and easiness when conducting a searches. The results of this study suggest that the National Library of Indonesia should provide socialization/promotion of the collections which have been digitized, providing digital collections that match the user's request, and evaluate the utilization of digital collections in order to find out how the level of satisfaction of library users in addition to using printed collection.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65300
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prasetya Hari Ariadi
"Skripsi ini membahas tentang penerapan arsitektur informasi pada Website Perpustakaan Kementerian Sosial RI. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan motode campuran sekuensial. Metode yang digunakan adalah eksperimen dan wawancara. Analisis penelitian didasari dari empat komponen dasar arsitektur informasi yaitu sistem organisasi, sistem navigasi, sistem pelabelan, dan sistem pencarian. Penulis melakukan metode eksperimen dengan cara menganalisis langsung tampilan dan fitur-fitur yang ada pada website. Metode wawancara juga dilakukan untuk menambah data.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Website Perpustakaan Kementerian Sosial RI sudah memenuhi beberapa komponen dasar arsitektur informasi namun masih ada beberapa komponen arsitektur yang belum diterapkan. Perpustakaan juga mendapatkan manfaat serta tantangan baru dari penerapan automasi perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis memberikan saran kepada pihak perpustakaan untuk lebih memperhatikan arsitektur informasi dan memperbaiki fitur-fitur yang masih belum berjalan karena hal akan memberikan kemudahan kepada pengguna untuk dapat bernavigasi atau mencari informasi yang dibutuhkan.

This research discusses about the application of information archicture on the Library Website of Kementerian Sosial RI. This research uses explanatory sequential mixed method using experiment and interview. The research is based onthe four basic components of infomation archicture organization system, labeling system, navigation system, and search system. Researcher perform an experimental method by analyzing the interface and features available on the website and also interview method is take on to the informant for additional data.
The results showed that the Library Website of Kementerian Sosial RI has met some basic components of information archicture but there are still some components that havent beenapplied. The library also gets benefits and challenges from implementing library automation. Based on the results of these studies, researchers provide advices to thelibrary to pay more attention to information architecture and repair some features that still not working because it will provide convenience to the user to be able to navigate or find the information that they are looking for.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S66866
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Lazuardi Nuriman
"ABSTRAK
Evaluasi ketergunaan pada situs web perpustakaan perguruan tinggi penting untuk dilakukan agar pengguna tetap setia mengunjunginya dan hasilnya dapat dijadikan dasar untuk pengembangan lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketergunaan pada situs web Perpustakaan Universitas Indonesia antara angkatan 2016 dan 2019. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan kuesioner berdasarkan System Usability Scale. Kuesioner disebarkan secara daring melalui aplikasi pesan instan dan media sosial. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik perhitungan skor System Usability Scale, kemudian hasilnya dibandingkan antara kedua angkatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa angkatan 2016 memiliki nilai ketergunaan situs web yang lebih baik daripada angkatan 2019. Kedua angkatan juga memiliki pengalaman pengguna yang cukup baik berdasarkan lima komponen ketergunaan Nielsen, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Nilai ketergunaan situs web Perpustakaan Indonesia belum dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa angkatan 2016 dan 2019, meskipun terdapat perbedaan skor antara kedua angkatan. Karena skor SUSnya tergolong di bawah rata-rata dan di bawah acceptable, maka penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang ada menggunakan metode atau instrumen yang berbeda.

ABSTRACT
Evaluation of usability on the university library website is important so that users remain loyal to visit it and the results can be used as a basis for further development. This study aims to evaluate the usability on the University Indonesia Library website between the batch of 2016 and 2019. The method used is descriptive quantitative using a questionnaire based on the System Usability Scale. Questionnaires are distributed online through instant messaging applications and social media. The research data were analyzed using the System Usability Scale score calculation technique, then the results were compared between the two batches. The results of the analysis showed that the batch of 2016 had a better website usability value than the batch of 2019. The two batches also have good user experience based on the five components of Nielsen's usability, namely learnability, efficiency, memorability, errors, and satisfaction. The value of the use of the Indonesian Library's website has not been well accepted by students of batch 2016 and 2019, although there are differences in scores between the two batches. Because the SUS score is below average and below acceptable, further research can be conducted using different method or instrument to identify the existing problems."
2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Rachma
"Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas layanan sirkulasi dilihat dari tingkat kepuasan pemakai, serta masalah yang dihadapi pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data utama melalui kuesioner, ditunjang dengan wawancara dan penelusuran literatur. Pengambilan sampel dilakukan secara kebetulan (accidental sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang terkumpul diolah dan dianalisa dengan menggunakan rumus Persentase dan Skala Sikap Liken.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kepuasan pemakai terhadap prosedur dan persyaratan keanggotaan serta OPAC adalah tinggi; tingkat kepuasan pemakai terhadap jam buka perpustakaan, katalog, kecepatan layanan serta layanan dan bantuan staf perpustakaan adalah cenderung tinggi; tingkat kepuasan pemakai terhadap sistem layanan tertutup, prosedur peminjaman dan layanan fotokopi adalah cenderung rendah; tingkat kepuasan pemakai terhadap sistem baca di tempat adalah rendah.
Diketahui pula bahwa pengetahuan pemakai terhadap Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah cenderung rendah. Pemakai tidak mengetahui tugas dan fungsi perpustakaan nasional sebagai pusat deposit dan pelestarian literatur nasional. Hal inilah yang menjadi masalah dalam layanan sirkulasi. Pemakai merasa kebebasan mereka dalam mengakses dan memperoleh bahan pustaka yang dibutuhkannya dibatasi oleh kebijakan yang diterapkan perpustakaan nasional yang cenderung lebih melindungi koleksinya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S14851
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Andini
"Penelitian ini membahas dampak kebijakan layanan ISBN Perpustakaan Nasional RI terhadap penerbit di Jawa Barat. Peraturan Perpustakaan Nasional Nomor 5 Tahun 2022 mewajibkan seluruh penerbit untuk menerapkan kewajiban tersebut. Jawa Barat sendiri merupakan provinsi dengan jumlah penerbit terbanyak kedua di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus untuk mengetahui dampak kebijakan ISBN terhadap penerbit di Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan ISBN awalnya menjadi tantangan bagi penerbit untuk beradaptasi dengan persyaratan baru. Akan tetapi, setelah kebijakan diterapkan, penerbit berhasil meningkatkan kembali volume penerbitan dan mengembangkan strategi untuk memenuhi persyaratan pengajuan ISBN. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan ISBN berpotensi meningkatkan ketersediaan informasi bagi masyarakat dan mendorong perubahan praktik penerbitan di Jawa Barat.

This study examines the impact of the ISBN service policy of the National Library of Indonesia on publishers in West Java. The National Library Regulation Number 5 of 2022 mandates all publishers to comply with this obligation. West Java itself is the province with the second-highest number of publishers in Indonesia. This research uses a qualitative method with a case study approach to understand the impact of the ISBN policy on publishers in West Java. The results of the study indicate that the ISBN policy initially posed a challenge for publishers to adapt to the new requirements. However, after the policy was implemented, publishers managed to increase their publication volumes and develop strategies to meet the ISBN application requirements. The findings of this study show that the ISBN policy has the potential to enhance the availability of information for the public and encourage changes in publishing practices in West Java."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>