Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 138064 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aisy Mutiara Rachmawati
"Analisis waktu tunggu pelayanan operasi elektif orthopedi memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan khususnya untuk pasien dengan operasi elektif orthopedi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata waktu tunggu pelayanan operasi elektif pasien orthopedi yang berasal dari poliklinik untuk mengetahui penyebab lamanya waktu tunggu pelayanan dilihat dari input, proses dan output. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pencatatan waktu, telaah dokumen dan wawancara mendalam.
Hasil penelitian ini didapatkan rata-rata waktu tunggu pelayanan operasi elektif dari poliklinik adalaha 35,35 hari. Lamanya waktu tunggu pelayanan operasi elektif orthopedi dipengaruhi oleh ketersediaan dana, ketersediaan kamar rawat inap, persiapan medis dan alat, persiapan administrasi, ketidaksesuaian rencana operasi dengan realisasi operasi.

The purpose of analysis of waiting time for orthopedic elective surgery is to improve hospital rsquo s quality in service especially for orthopedic elective surgery patients. This study is done to measure the average waiting time for orthopedic elective surgery of outpatient unit and to know the factors influencing the waiting time, measures from the input, process and output. This study is a quantitative and qualitative research. Data collecting is done by time writing, document analysis and indepth interview.
The result states that the average waiting time from outpatient unit is 35,35 days. Waiting time for elective surgery is influenced by these factor availability of funds, availability of Inpatient Room, medical preparation and tools, administration preparation, non conformity of planned operation with the realization.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
S67575
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novitri
"Pelayanan kesehatan di rumah sakit harus berfokus pada mutu dan keselamatan pasien, termasuk salah satu didalamnya adalah pelayanan operasi. Pada tahun 2022 angka penundaan operasi di RSUP Fatmawati sebesar 2,3%. Dampak dari penundaan operasi berpotensi pada terjadinya inefisiensi keuangan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui adanya hubungan penundaan operasi terhadap kecemasan pasien di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Tahun 2023. Penelitian dilakukan dengan pendekatan observasional dan desain case control yang melibatkan 102 Responden pada penelitian kuantitatif dan 14 informan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan nilai OR “Estimate” yaitu 0.183, artinya sebagai faktor protective sehingga dapat disimpulkan bahwa kejadian risiko kecemasan pasien yang mengalami penundaan operasi lebih rendah dibandingkan pasien yang tidak mengalami penundaan operasi. Tetapi p value < 0.005 menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara penundaan operasi dengan kecemasan. Ditemukan ada hubungan kondisi pasien, hasil laboratorium dan kesiapan operator dengan penundaan operasi. Simpulan adalah penundaan operasi berisiko menimbulkan kecemasan pasien sehingga saran penelitian ini adalah pengembangan klinik pra bedah.

Health services in hospitals must focus on quality and patient safety, including surgical services. In 2022 the number of postponed operations at Fatmawati General Hospital will be 2.3%. The impact of postponing operations has the potential to result in financial inefficiencies. The aim of the research carried out was to determine the relationship between postponing surgery and patient anxiety at the Fatmawati Central General Hospital in 2023. The research was carried out using an observational approach and case control design involving 102 respondents in quantitative research and 14 qualitative research informants. The research results show that the OR "Estimate" value is 0.183, meaning it is a protective factor so it can be concluded that the incidence of anxiety risk in patients who experience a delay in surgery is lower than in patients who do not experience a delay in surgery. However, p value < 0.005 indicates there is a significant relationship between delaying surgery and anxiety. It was found that there was a relationship between patient condition, laboratory results and operator readiness with surgical delays. The conclusion is that delaying surgery risks causing patient anxiety, so the suggestion for this research is the development of a pre-surgical clinic."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anasatia Nuansa Fitri
"Analisis waktu tunggu operasi elektif memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan khususnya untuk pasien operasi elektif. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui rata-rata waktu tunggu operasi elektif pasien khususnya dari rawat inap dan untuk mengetahui penyebab lamanya waktu tunggu dilihat dari input, proses dan output.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif dengan desain cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, pencatatan waktu, telaah dokumen dan wawancara mendalam. Waktu tunggu dihitung 2 kali, yaitu ketika pasien di poliklinik dan ketika pasien di rawat inap.
Hasil penelitian didapatkan rata-rata waktu tunggu operasi elektif (dari poliklinik) yaitu 5.39 hari, dan 0.32 hari (dari rawat inap). Lamanya waktu tunggu operasi elektif dipengaruhi oleh kekurangan kamar perawatan, kamar dan alat operasi, kekurangan SDM medis operasi, serta kondisi fisik pasien. Kesimpulan pada penelitian ini adalah waktu tunggu operasi elektif pasien rawat inap masih cukup lama, yaitu 5.39 hari yang melebihi standar SPM Rumah Sakit.

The purpose of analysis of waiting time for elective surgery is to improve hospitals's quality in service especially for elective surgery patients. This research is done to measure the average waiting time for elective surgery of inpatient and to know the factors influencing the wait time, measured from the input, process and output.
This research is a qualitative and quantitative research with cross-sectional design. Data collecting is done by observating, time writing, document analysis and indepth interview. Waiting time is measured 2 times, first is when the patient is at outpatient unit and the second is when the patient is at inpatient unit.
The result states that the average waiting time (from outpatient unit) is 5,39 days while from inpatient unit is 0.32 days. Waiting time for elective surgery is influenced by these factors: lack of nursing room, operating room and operating tools; lack oh medikal human resource; and patient's physical condition. The summary of this research is that waiting time for elective surgery of inpatients is still considerably long, which is 5.39 days.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S55565
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aryandhito Widhi Nugroho
"LATAR BELAKANG: Waktu tunggu menuju operasi pengangkatan tumor intrakranial elektif di Indonesia masih belum diketahui. Penulis bertujuan mengetahui waktu tunggu menuju operasi pengangkatan tumor intrakranial elektif di Departemen Bedah Saraf FKUI/RSUPNCM dan menganalisis hubungannya dengan luaran fungsional 3 bulan pascaoperasi menurut skala performa Karnofsky. METODE: Penelitian retrospektif ini didasarkan pada data rekam medis dan register pasien neuroonkologi yang menjalani operasi pengangkatan tumor intrakranial elektif pada tahun 2016. Analisis regresi logistik multivariabel dipakai
untuk mengetahui kemaknaan statistik dari hubungan antara waktu tunggu menuju operasi pengangkatan tumor intrakranial elektif dengan luaran fungsional dependen, ditandai oleh skor KPS 0-70 3 bulan pascaoperasi, dengan mempertimbangkan usia, jenis kelamin, skor KPS praoperasi, volume tumor pradan pascaoperasi, persentase pengangkatan tumor, patologi dan grading tumor.
HASIL: Median (min-maks) waktu tunggu secara umum adalah 35 (0-529) hari. Tampak hubungan bermakna antara waktu tunggu menuju operasi pengangkatan tumor intrakranial elektif dengan luaran fungsional pada analisis univariabel (OR [95%CI]: 1,004 [1,001-1,007], tetapi tidak pada analisis multivariabel. Nilai kolinearitas volume tumor pra-operasi, pascaoperasi dan persentase pengangkatan tumor dengan waktu tunggu masing-masing adalah sebesar 5,92, 5,69, dan 3,2. SIMPULAN: Tidak terdapat hubungan bermakna secara statistik antara waktu tunggu menuju operasi pengangkatan tumor elektif dengan skor KPS 3 bulan pascaoperasi. Terdapat korelasi kuat antara waktu tunggu dengan volume tumor pra- dan pascaoperasi serta persentase pengangkatan tumor.

BACKGROUND: The waiting time to elective intracranial tumor removal surgery in Indonesia is unknown. The author aimed to identify the waiting time to elective intracranial tumor removal surgery in the Department of Neurosurgery FMUI/RSUPNCM, and to analyze its association with functional outcome 3, defined by Karnofsky Performance Scale (KPS), in 3 months after surgery.
METHODS: This retrospective study was based on medical record and the registry of neuro-oncology patient who underwent elective intracranial tumor removal surgery in 2016. Multivariable logistic regression analyses were utilized to
investigate statistical significance of waiting time to elective intracranial tumor removal surgery and poor functional outcome, defined by 3-months follow-up KPS of 0-70, adjusting for age, sex, pre-operative KPS score, pre and post-operative
tumor volume, percentage of tumor removal, tumor histopathology and grading. RESULTS: Overall median (min-max) of waiting time to elective intracranial tumor removal surgery was 35 (0-529) days. Significant statistical association between waiting time to elective intracranial tumor removal surgery and poor functional outcome was identified in univariable analysis (OR [95%CI]: 1,004 [1,001- 1,007]), but not in multivariable analysis. The collinearity value of pre- and postoperative tumor volume, percentage of tumor removal with waiting time were,
respectively, 5,92, 5,69, and 3,2. CONCLUSION: There was no significant statistical association identified between
waiting time to elective intracranial tumor removal surgery and KPS 3 months after surgery. Strong correlations were identified between pre- and post-operative tumor volume, percentage of tumor removal and waiting time to elective intracranial tumor removal surgery
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Elyana Sri Sulistyowati
"Pembatalan operasi elektif di RSUP Dokter Kariadi, sebesar 6,49% di atas angka standar tahun 2012 ( ≤ 5% ). Pembatalan operasi elektif dapat menyebabkan ketidakpuasan pasien, peningkatan biaya, lama rawat pasien di rumah sakit, dan mencerminkan inefisiensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pembatalan operasi elektif. Sebanyak 6,8 % operasi elektif dibatalkan karena alasan medis 106 (46,1%) dan non medis 124 (53,9%). Pembatalan operasi berhubungan dengan kondisi pasien, hasil laboratorium tidak normal, dan kesiapan operator. Sehingga disarankan untuk dikembangkan klinik pra bedah.

Cancellation of elective surgery at Doctors Hospital Kariadi, amounting to 6.49% is still above the standard ( ≤ 5% ). Cancellation of elective surgery could lead to patient dissatisfaction, increased costs, length of stay and reflects the inefficiency. This study aims to determine the factors associated with the cancellation of elective surgery. 6.8 % elective operations were canceled due to medical reasons (46.1%) and non-medical (53.9%). Cancellation of operations related to the patient's condition, abnormal laboratory results, and operator. It is suggested to develop pre ? surgery clinic."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
T35490
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Rahmawati Hidayat
"ABSTRAK
Peran Apoteker di Rumah sakit di Rumah Sakit saat ini, dituntut untuk merealisasikan perluasan paradigma pelayanan kefarmasian dari orientasi produk menjadi orientasi pasien. Sehingga, kompetensi Apoteker perlu ditingkatkan secara terus menerus agar perubahan paradigma tersebut dapat diimplementasikan. Praktek Kerja Apoteker di Rumah Sakit Umum Pusat RSUP Fatmawati bertujuan agar dapat memahami peranan, tugas, dan tanggung jawab Apoteker di Rumah Sakit sesuai dengan standar pelayanan farmasi serta agar dapat memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktis kefarmasian di rumah sakit. Peran Apoteker di RSUP Fatmawati sudah dijalankan sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian di RS. Tugas khusus yang diberikan berupa analisis Drug Related Problem DRP pada pasien intensive care unit ICU periode April 2017. Pengkajian dilakukan dengan metode deskriptif analitik. Hasil dari pengkajian DRP pada 15 pasien ditemukan 12 pasien yang mengalami DRP dengan jumlah kasus 35. Kasus DRP yang banyak terjadi adalah akibat Reaksi Obat yang tidak Diinginkan sebanyak 24 kasus 68,57 . Sedangkan kategori jenis insiden Keselamatan pasien yang paling banyak terjadi adalah kejadian tidak cedera KTC sebanyak 23 kasus.

ABSTRACT
Today, the role of pharmacists at hospitals in hospitals is required to realize the expansion the paradigm of pharmaceutical care from product orientation to patient orientation. So, the competence of Pharmacist needs to be improved continuously so that it can be implemented. Aims of Internship at Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati RSUP to understand the role, duties and responsibilities of Pharmacist in the Hospital which accordance with the standard of pharmacy services and to have the insight, knowledge, skills and the Pharmaceutical Practice experience in hospital. The role of pharmacist at RSUP Fatmawati has been running in accordance with the standard of pharmaceutical care in hospital. The special assignment which given is to analyze of Drug Related Problem DRP in patient of intensive care unit ICU period April 2017. The study used analytical descriptive method. Results from DRP study of 15 patients, found 12 patients had DRP with amount 35 cases. The most prevalent DRP cases were the Adverse Drug Reaction of 24 cases 68.57 . While, the most prevalent category of the incidence patient safety was the incidence not injury KTC as many as 23 cases."
2017
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Alya Zahra Syahidah
"Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Pelayanan kefarmasian di rumah sakit meliputi pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai; dan pelayanan farmasi klinik. Pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai terdiri dari pemilihan, perencanaan kebutuhan, pengadaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pemusnahan dan penarikan, pengendalian, dan administrasi. Pelayanan farmasi klinik terdiri dari pengkajian dan pelayanan resep, penelusuran riwayat penggunaan obat, rekonsiliasi obat, pelayanan informasi obat, konseling, visite, monitoring efek samping obat, evaluasi penggunaan obat, dispensing sediaan steril, dan pemantauan kadar obat dalam darah.

Pharmaceutical care is a service directly responsible to the patient associated with a pharmaceutical preparation with a view to achieve results that are sure to improve the quality of life of patients. Pharmaceutical care at the hospital include the management of pharmaceutical products, medical devices, medical materials and consumables and clinical pharmacy services. Management of pharmaceutical products, medical devices, medical materials and consumables consist of the election, demand planning, procurement, receipt, storage, distribution, destruction and withdrawal, control, and administration. Clinical pharmacy services consist of assessment and prescription services, search history of drug use, medication reconciliation, drug information services, counseling, visit, monitoring of drug side effects, drug use evaluation, dispensing sterile preparations, and monitoring of drug levels in the blood.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Syahid Ali
"ABSTRAK
Praktek kerja profesi di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta Selatan dilaksanakan selama dua bulan dimulai dari bulan Januari 2017 hingga Februari 2016. Tujuan dilaksanakannya praktek kerja profesi ini adalah agar calon Apoteker mampu memahami peranan, tugas dan tanggung jawab apoteker dalam praktek pelayanan kefarmasian di rumah sakit meliputi pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai serta pelayanan farmasi klinis. Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati telah melakukan pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai sesuai dengan ketentuan perundangan dan etika farmasi yang berlaku yaitu berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 72 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit, sedangkan pelayanan farmasi klinis yang belum dilakukan adalah pemantauan kadar obat dalam darah PKOD .

ABSTRACT
Internship at Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati was held two months started at January 2017 until February 2017. This internship was intended to make Apothecary student understand roles and responsilibities of Pharmacist in hospital understand managerial activities of pharmaceutical products, medical devices and single use medical tools and also giving pharmaceutical care. Moreover, managerial activities pharmaceutical products, medical devices and single use medical tools in Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati are appropriate with Regulation of Minister of Health No. 72 Year 2016 about Standarization of Pharmaceutical Care in Hospital. Clinical pharmacy activities in Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati that are not done is monitoring of drug levels in blood."
2017
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sydney Tjandra
"Latar Belakang
Setiap tahun, 13,8 juta kasus neurologis di dunia membutuhkan operasi; di Indonesia, kebutuhan operasi elektif bedah saraf meningkat seiring waktu, diperparah populasi lansia yang bertumbuh, beban penyakit tidak menular, dan dampak pandemi COVID-19. Walaupun optimalisasi penjadwalan operasi elektif sudah diupayakan, disparitas waktu tunggu tetap terlihat. Guna menghindari penjadwalan yang kurang proporsional atau etis, penelitian ini menginvestigasi waktu tunggu operasi elektif bedah saraf dan hubungannya dengan berbagai karakteristik sosiodemografis pasien.
Metode
Penelitian potong lintang ini menganalisis rekam medis pasien operasi bedah saraf elektif di RSCM antara bulan Juli 2021—Desember 2023 secara retrospektif. Selain penyajian data durasi waktu tunggu (keputusan hingga tanggal dilakukannya operasi) secara deskriptif, perbedaan rerata waktu tunggu antarkelompok jenis kelamin, usia, agama, status pernikahan, jarak tempat tinggal, pekerjaan, divisi operasi, dan asuransi kesehatan dianalisis dengan uji yang sesuai. Regresi linear dilakukan dengan karakteristik pasien sebagai prediktor durasi waktu tunggu.
Hasil
Dari 765 data rekam medis yang dianalisis, diperoleh median waktu tunggu selama 16 (1—1109) hari. Pasien perempuan, berusia 40—55, janda/duda, atau berasuransi BPJS menunggu lebih lama dibandingkan kelompok lainnya. Sebaliknya, tidak terdapat perbedaan signifikan antarkategori tempat tinggal dan pekerjaan. Regresi linear menunjukkan asuransi BPJS, jenis kelamin perempuan, dan operasi divisi trauma menjadi prediktor-prediktor signifikan bagi durasi waktu tunggu operasi elektif bedah saraf yang lebih lama di RSCM.
Kesimpulan
Jenis kelamin, usia, status pernikahan, asuransi kesehatan, dan divisi operasi berhubungan dengan waktu tunggu operasi elektif bedah saraf. Determinan sosial perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan penjadwalan.

Introduction
Each year, 13.8 million neurological cases worldwide require surgery; in Indonesia, the need for elective neurosurgery has been increasing over time, compounded by the growing elderly population, the burden of non-communicable diseases, and the COVID- 19 pandemic. Despite optimization efforts made to schedule elective surgeries, inequities in waiting times are still evident. To avoid disproportionate and unethical scheduling, this study investigates the waiting times for elective neurosurgery and their association with various sociodemographic characteristics of patients.
Method
This cross-sectional study retrospectively analyzed randomly-sampled medical records of elective neurosurgery patients at Cipto Mangunkusumo Hospital (RSCM) from July 2021 to December 2023. In addition to presenting the waiting time duration (from decision to surgery date) descriptively, mean differences in waiting times between groups based on gender, age, religion, marital status, residence distance, occupation, surgery division, and health insurance type were appropriately analyzed. Linear regression was performed with patient characteristics as predictors of waiting times.
Results
The median waiting time of 765 analyzed patients was 16 (1–1109) days. Patients who were female, aged 40–55, widowed, or publicly insured waited longer compared to their counterparts. Conversely, no significant differences were found between categories of residence distance and occupation. Linear regression showed that public insurance, female gender, and trauma division surgeries were significant predictors of longer waiting times for elective neurosurgery at RSCM.
Conclusion
Gender, age group, marital status, health insurance, and surgery division are related to the waiting times for elective neurosurgery. Social determinants should be considered in scheduling decision-making.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andre Wilia Putra
"Tindakan operasi orthopaedi membutuhkan tarif yang tinggi karena dilakukandengan alat berteknologi tinggi, proses perawatan komplek dan seringkali menggunakanimplan berharga mahal. Terdapat variasi tarif rumah sakit pada operasi orthopaedi yangperlu diidentifikasi penyebabnya. Penelitian bertujuan mengetahui komponen tarif danmenganalisa faktor-faktor yang berhubungan dengan tarif operasi orthopaedi pasien JKNpada prosedur anggota tubuh atas, sendi tungkai bawah dan fusi tulang belakang padalengkungan tulang belakang di RSUP Fatmawati tahun 2017. Desain penelitian adalahcross sectional dengan pendekatan kuantitatif melalui menghitung tagihan danpendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam.
Hasil penelitian menunjukkangambaran rata-rata tarif prosedur anggota tubuh atas Rp22.264.612 terdiri atas komponenbahan alat 51, jasa rumah sakit 14 dan jasa pelayanan 35, gambaran rata-rata tarifprosedur sendi tungkai bawah Rp61.700.637 yaitu bahan alat 75, jasa rumah sakit 10 dan jasa pelayanan 15, dan gambaran rata-rata tarif prosedur fusi tulang belakangRp79.501.208 yaitu bahan alat 63, jasa rumah sakit 11 dan jasa pelayanan 26 .Faktor penggunaan dan harga implan, tingkat keparahan, lama hari rawat, danpenggunaan ICU mempengaruhi tarif pada tiga prosedur, sedangkan faktor metode costplus pricing dan kelas perawatan tidak mempengaruhi tarif pada tiga prosedur. RSUP Fatmawati telah melakukan upaya untuk mengatasi variasi tarif pada komponen bahanalat, jasa rumah sakit dan jasa pelayanan. Rumah Sakit perlu melakukan perhitungan unitcost berkala, pembuatan unit cost pada tagihan yang belum memiliki unit cost,pemenuhan dan kepatuhan Clinical Pathway dan Panduan Praktik Klinis untuk tindakanoperasi khususnya yang memiliki lama hari rawat dan jumlah terbanyakKata kunci: variasi tarif operasi orthopaedi, prosedur anggota tubuh atas, prosedur senditungkai bawah, prosedur fusi tulang belakang pada lengkungan tulang belakang, implan.

Orthopedic surgery requires high rates because it is done with high tech tools,complex maintenance process and often use expensive implans. There are variations inhospital rates on orthopedic surgery that need to be identified. The objectives of the studywere to determine the tariff components and to analyze factors related to the operatingtariffs of JKN patients on upper limb procedures, lower limb joints and spinal fusion inthe spinal arch at Fatmawati Hospital 2017. This study is cross sectional study designwith quantitative approach through counting the bill and qualitative approaches throughin depth interviews.
The results of this study showed that the average tariff procedure ofthe limbs of Rp22,264,612 consisted of 51 of appliance component, 14 hospitalsservice and 35 service, the average cost of lower limb joint procedure Rp61,700,637, ,hospital services 10 and service 15 , and average picture tariff of spinal fusionprocedure Rp79.501.208 yaitu appliance 63 , hospital services 11 and service 26 .Factors of use and implanation rates, severity, length of stay, and use of ICUs affect tariffson three procedures, while cost plus pricing and treatment class methods do not affecttariffs on three procedures. RSUP Fatmawati has made efforts to overcome the variationof tariff on components of equipment, hospital services and services. Hospital need to calculate unit cost periodically, unit cost creation on bills that do not have unit cost,compliance and compliance Clinical Pathway and Clinical Practice Guidelines forsurgery, especially those with long days of service and the highest numberKey words tariif variations of orthopeadi surgery, upper limb procedures, lower limbjoint procedures, spine fusion procedures in the spinal cord, implans."
2018
T51401
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>