Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 144854 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhamad Tris Hadi Pratama
"Skripsi ini membahas indoktrinasi ideologi politik kepada mahasiswa di perguruan tinggi pada masa Demokrasi Terpimpin tahun 1961 mdash;1967, dengan studi kasus Universitas Indonesia. Landasan ideologi Demokrasi Terpimpin didasarkan pada gagasan Manifesto Politik yang dirumuskan dari pidato presiden Soekarno pada tahun 1959. Lingkungan perguruan tinggi menjadi sasaran dari indoktrinasi politik yang dianggap strategis sebagai pusat perkembangan ilmu pengetahuan. Akan tetapi, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, indoktrinasi politik gagal ditanamkan di Universitas Indonesia karena dianggap mengekang kebebasan. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang dilakukan dengan menelusuri arsip, laporan dan terbitan khusus pemerintah, surat kabar sezaman, arsip Universitas Indonesia dan wawancara dengan pelaku sejarah.

This thesis explains the implementation of political indoctrination towards university students during the period of Guided Democracy from 1961 to 1967, with the case study of Universitas Indonesia. The ideological basis of Guided Democracy was the idea of Political Manifesto which was derived from President Soekarno rsquo s speech in 1959. As a primary locus for knowledge development, Universities was a ripe target for political indoctrination. However, findings suggests that such indoctrination was failed to be implemented at Universitas Indonesia as it was perceived as a restriction of freedom. This research implements historical methods, conducted by studying Government reports, archive and publications, newspaper clippings during the period, archives belonging to Universitas Indonesia and interviews with historical actors.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S66781
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agil Kurniadi
"Skripsi ini membahas tentang indoktrinasi Manipol-USDEK pada masa demokrasi terpimpin. Masa demokrasi terpimpin ditandai dengan kekuasaan yang otoriter dengan peraturan yang terpusat. Kekuasaan otoriter digunakan oleh Sukarno untuk memberikan indoktrinasi Manipol-USDEK sebagai pedoman bagi rakyat. Melalui hal itu, indoktrinasi Manipol-USDEK terus diupayakan dengan berbagai macam regulasi yang mendukung indoktrinasi tersebut. Proses indoktrinasi akan dijelaskan sejak proses awal hingga berakhirnya rezim.

The thesis is discussing about indoctrination of Manipol-USDEK in thu guided democracy.The guided democracy’s regime was signed the power of authoritarian with the central of authority. The power of authoritarian was used by Sukarno for taking the indoctrination of Manipol-USDEK as orientation by people. Because of that, the indoctrination of Manipol-USDEK made being effort with the regulations which support the indoctrination. The process of indoctrination had being explored since the beginning until the end.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57846
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fahru Abdhul Aziz
"Penelitian ini membahas tentang pengelolaan arsip aktif di Sub Direktorat Kesejahteraan Mahasiswa Universitas Indonesia sebagai suatu sistem yang terus berlanjut. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan proses pengelolaan arsip aktif yang dilakukan di Sub Direktorat Kesejahteraan Mahasiswa UI dimulai dari proses penciptaan hingga penyusutan dengan juga melihat pandangan pegawai terhadap arsip. Metode studi kasus dilakukan dengan wawancara terhadap enam orang petugas yang terkait dengan pengelolaan arsip aktif Sub Direktorat Kesejahteraan Mahasiswa UI serta satu orang asriparis kantor arsip UI, observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pengelolaan arsip aktif, pengelola perlu mengacu pedoman arsip organisasi terhadap semua jenis arsip yang berada dalam pengelolaan demi terciptanya tertib arsip organisasi. Pengelolaan arsip aktif Sub Direktorat Kesejahteraan Mahasiswa UI berlangsung sejak penciptaan hingga penyimpanan sedangkan penyusutan dilakukan dengan pemindahan arsip namun hanya ke ruang lain bukan ke unit kearsipan atau pusat rekod. Penciptaan arsip sudah dilakukan menggunakan tata naskah dinas yang berlaku namun dalam tahap ini belum dilakukan pengindeksan. Pengelompokan arsip dalam hal penyimpanan masih hanya sebatas pengelompokan surat masuk dan surat keluar yang diurutkan per bulan. Subdit kesma belum membuat daftar arsip aktif. Kondisi ini kemudian berdampak pada tidak bisanya arsip yang sudah memasuki masa inaktif dan yang sudah habis masa retensi inaktifnya untuk dapat dipindahkan ke kantor arsip UI. Dalam melakukan pengelolaan arsip pegawai juga masih mengikuti kebiasaan yang diwariskan dari generasi sebelumnya.

This study discusses about active records management on the University of Indonesias Sub Directorate of Student Welfare as a system that continues. The purpose of this study is to explain the process of managing active records carried out on the University of Indonesias Sub Directorate of Student Welfare starting from the creation to disposition process by also looking at the views of employees on the records. The case study method was conducted by interviewing six officers related to the management of active records of the UIs Sub Directorate of Student Welfare and one archivist on UIs archive office, observation and study documents. The results of the study show that in active records management, managers need to refer to the organizations records guidelines for all types of records that are in management for the sake of the creation of orderly records of the organization. Active records management on UIs Sub-Directorate of Student Welfare lasts from creation to storage while disposition is done by transferring files but only to other spaces, not to the records center. The creation of records has been carried out using the official scripts that are in force but in this stage, indexing has not been done. Records grouping in terms of storage is still limited to grouping incoming mailings and outgoing mailings sorted monthly. UIs Sub Directorate of Student Welfare has not created an active records list yet. This condition then results in not being able to move the records that have entered its inactive period and those whose inactive retention period has expired to be transferred to the UIs records center. In managing records, employees also still follow habits inherited from previous generations.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Myra
"Website saat ini merupakan komponen kunci kelangsungan hidup organisasi pada kompetisi global. Hal ini juga berlaku untuk website universitas. Usability merupakan salah satu faktor utama yang menentukan kesuksesan website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi usability website Universitas Indonesia yaitu, www.ui.ac.id dan menghasilkan rekomendasi untuk dapat dijadikan acuan perbaikan oleh pihak Universitas Indonesia, maupun universitas lainnya. Terdapat lima kriteria yang akan dievaluasi yaitu, attractiveness, controllability, efficiency, helpfulness dan learnability. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dan eye tracking. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dari lima kriteria yang dievaluasi masih terdapat empat kriteria yang belum dapat memenuhi ekspektasi penggunanya.

Websites are becoming key components of an organization's survival in the globalized competition University web sites are no exception Usability is considered as one of the major factors that determine the successfulness of a website This research aims to evaluate the usability of the Universitas Indonesia website which is www ui ac id and provide improvement recommendation for Universitas Indonesia and other universities The five criteria that used Websites are becoming key components of an organization's survival in the globalized competition. University web sites are no exception. Usability is considered as one of the major factors that determine the successfulness of a website. This research, aims to evaluate the usability of the Universitas Indonesia website, which is www.ui.ac.id and provide improvement recommendation for Universitas Indonesia and other universities. The five criteria that used to evaluate the website are attractiveness, controllability, efficiency, helpfulness and learnability. This research used questionnaire and eye tracking as the method. The results have revealed that from five evaluated criteria there are four criteria that did not meet user’s expectation.to evaluate the website are attractiveness controllability efficiency helpfulness and learnability This research used questionnaire and eye tracking as the method The results have revealed that from five evaluated criteria there are four criteria that did not meet user's expectation "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44643
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jusa Junaedi
"Skripsi ini membahas mengenai persepsi pustakawan perguruan tinggi terhadap tindakan plagiarisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pustakawan Universitas Indonesia terhadap tindakan plagiarisme dan upaya pencegahan yang dilakukan oleh mereka untuk membantu sivitas akademika dalam mencegah tindakan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun pemilihan informan berdasarkan metode purposive sampling dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pustakawan Universitas Indonesia memiliki kesamaan persepsi terhadap tindakan plagiarisme. Selain itu, mereka juga telah melakukan beberapa upaya yang dapat mendukung sivitas akademika dalam mencegah tindakan tersebut.

This undergraduate thesis discusses perception of academic librarian towards plagiarism. This research aims to know the perception of librarians of Universitas Indonesia towards plagiarism and prevention efforts undertaken by them for helping sivitas akademika in preventing that action. This research uses qualitative approach with case study method. Selection of informants based on purposive sampling method with data collection techniques through observation, interviews and document analysis. Result of this research shows that librarians of Universitas Indonesia have similarity perception towards plagiarism. In addition, they have also made several efforts which can help sivitas akademika in preventing that action.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S70003
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feby Elita
"Penelitian ini membahas mengenai Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia, khususnya layanan referensi lantai 4. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana tingkat kualitas Layanan Referensi Lantai 4 Perpustakaan Universitas Indonesia berdasarkan dimensi kualitas layanan LibQual+TM. Dimensi-dimensi tersebut diantaranya, yaitu Affect of Service (kinerja pustakawan), Information Control (kualitas koleksi), dan Library as Place (perpustakaan sebagai tempat). Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 80 sampel. Penentuan sampel, yaitu dengan cara accidental sampling.
Analisis menunjukkan bahwa secara umum seluruh kualitas layanan berada pada zone of tolerance, atau memenuhi harapan minimum pengguna. Namun, keseluruhan layanan tersebut belum dapat dikatakan sebagai layanan yang unggul (superior service). Hal ini dikarenakan keseluruhan dimensi layanan tidak ada yang memenuhi harapan yang benarbenar diinginkan oleh para pengguna.

The focus of this study is about the reference service at the University of Indonesia. The purpose of this study is to analyze the quality of the reference service, especially the reference service at the 4th floor, based on the service quality dimension of LibQual+TM. The dimensions are Affect of Service, Information Control, and Library as Place. This is a quantitative study with questionnaire as a data collection tool. The sample used were 80 respondents who are determined based on population of the reference services visitors.
The result shows that all the dimensions of quality service are within users zone of tolerance, or in other words have met the minimum expectaition of users. However, the overall dimensions of the services cannot be said as a superior service. This is because there is no services that meet with the maximum expectation of the users.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57457
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dody Priatama
"Studi ini mengkaji pembentukan jaringan sosial yang terjadi pada institusi pendidikan tinggi atau universitas. Studi sebelumnya membahas mengenai jaringan sosial yang didapatkan oleh anggota institusi pendidikan melalui dua aspek, yaitu aspek sekolah, dan kampus sebagai institusi, dan aspek inisiatif anggota institusi itu sendiri. Selain kedua aspek tersebut, peneliti berargumen bahwa jaringan sosial bisa didapatkan melalui hubungan antara teman sepermainan (peer group) di kampus. Dengan kata lain, jika seseorang berteman dengan kelompok peer group yang memiliki jaringan sosial yang lebih luas, maka orang tersebut akan mengalami perluasan jaringan sosial dari peer groupnya. Jaringan yang didapat melalui kelompok teman sepermainan kemudian membentuk dua jaringan yang berbeda: jaringan internal kampus, dan jaringan eskternal ke luar kampus.
Studi ini melihat perkembangan jaringan sosial mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam pada studi kasus di Universitas Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaringan sosial juga dapat dibentuk atau diperluas melalui peran dari peer group atau kelompok teman sebaya. Peran kelompok teman sebaya ini dapat dilihat dari 3 aspek penting yaitu interaksi antar anggota kelompok teman sebaya, interaksi anggota kelompok teman sebaya dengan orang lain yang berada di luar kelompok teman sebayanya, dan kegiatan dari masing-masing kelompok teman sebaya.

This research is studying the formation of social networks in higher educational institution or university. Previous studies tend to explain that the member of educational institution can acquire by two aspects: school, and campus as institution aspect, and member initiative itself aspect. Beside all of those two, researcher argue that social networks can be acquired from the relation of peer group in campus. In other words, if someone make friends with peer group that have wider social networks, then that person may have wider social networks from the influence of peer group. Social networks that acquired from the relation of peer group can form two different networks; campus internal networks, and campus external networks.
This research sees the development of social networks from student who studying in campus. This research uses qualitative approach with in-depht interview methods, case study in Universitas Indonesia. Findings of this research show that social networks can be formed or can be expanded from the relation of peer group. The role of peer group can be seen from three aspects; the interaction between member of the peer group, the interaction between the member and other people, and the activities of the peer group itself.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Irwin Pratama Putra
"Penelitian ini membahas mengenai apakah layanan referensi yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Indonesia dapat dijadikan sebagai representasi dari perpustakaan perguruan tinggi. Representasi ini dilihat berdasarkan persepsi pengguna terhadap layanan tersebut dan juga dilihat dari strategi yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Indonesia dalam meningkatkan kualitas layanan referensi mereka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan referensi Perpustakaan Universitas Indonesia dapat dijadikan sebagai representasi dari perpustakaan perguruan tinggi karena Perpustakaan Universitas Indonesia berhasil membuat layanan referensi mereka menjadi lebih aktif dengan menghadirkan berbagai inovasi di dalamnya untuk lebih mendekatkan diri dengan pengguna. Selain itu pendapat pengguna terkait layanan referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia juga semakin menguatkan tujuan dari penelitian ini.

This study discusses about whether the reference services in the University of Indonesia Library can be used as a representation of the college library. This representation views based on user perception of reference services and the strategies undertaken by the University of Indonesia Library in improving the quality of their reference services. This study is a qualitative research with case study method.
These results indicate that the reference services of University of Indonesia Library can be used as a representation of the college library because the University of Indonesia Library makes their reference services to become more active by presenting a variety of innovations to get closer to the user. Additionally, related user opinions about reference services in University of Indonesia Library also reinforce the goal of this research.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67458
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iis Afriyanti
"Pada saat ini telah dibangun Portal Open Data UI, yang merupakan portal berbasis Semantic Web untuk mengintegrasikan berbagai sistem administrasi akademik di UI. Penelitian ini ditujukan untuk membuat ontologi evaluasi akademik yang akan diimplementasikan pada portal tersebut. Ontologi evaluasi akademik adalah pemodelan representasi pengetahuan pada domain akademik yang sesuai dengan kebutuhan evaluasi akademik. Ontologi evaluasi akademik mencakup keterhubungan antar dosen, mahasiswa, perguruan tinggi beserta aktivitas-aktivitasnya di setiap tahun akademik. Ontologi ini dibuat dengan metode Ontology Development 101 dengan langkah-langkah (1) menentukan domain dan cakupan ontologi yaitu dengan cara membuat competency questions, (2) analisis menggunakan ontologi yang tersedia, (3) enumerasi kosakata, (4) mendefinisikan class dan hierarki antar class, (5) mendefinisikan property, dan (5) mendefinisikan slot. Penelitian ini menghasilkan ontologi evaluasi akademik yang mengacu pada proses evaluasi internal semester jenjang S1, S2 dan S3 di Universitas Indonesia. Ontologi yang dihasilkan telah dipublikasikan, agar tidak hanya dapat diterapkan pada Universitas Indonesia, namun juga dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi lain di Indonesia.

At this time there is Portal Open Data UI, which is a Semantic Web-based portal to integrate various systems of academic administration at the Universitas Indonesia. This research aimed to create academic evaluation ontology will be implemented in the portal. Academic evaluation ontology is modeling knowledge representation in the academic domain that fit the needs of academic evaluation. Academic evaluation ontology connectivity between faculty, students, colleges along its activities at every academic year. This ontology is made by the method of Ontology Development 101 with steps (1) determine the domain and scope of the ontology with competency questions, (2) consider reusing existing ontologies, (3) enumerate important terms in the ontology, (4) define the classes and the class hierarchy, (5) define property, and (5) define slot. This research has resulted ontology academic evaluation refers to the process of semester internal evaluation for undergraduate, master, and doctoral at the Universitas Indonesia. The ontology has been published, so that not only applied to Universitas Indonesia, but also can be used by other universities in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nandha Julistya
"ABSTRAK
Selain membangun daya saing, Universitas Indonesia juga mempunyai kewajiban untuk menanamkan nilai-nilai civic virtue kepada mahasiswa sesuai dengan hakikat pendidikan dan semangat ketika Universitas Indonesia didirikan. Nilai-nilai ini hanya dapat dibangun melalui praktek langsung kepada masyarakat dalam bentuk program pengabdian. Terkait dengan proses penanaman karakter civic virtue, maka perlu dipetakan bagaimana Universitas Indonesia memaknai nilai-nilai pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan partisipasi mahasiswa secara baik dan peran-peran apa saja yang mungkin dimainkannya.

ABSTRACT
Beside to build a competitiveness, University of Indonesia have an obligation harvesting civic virtue values to their student based on education philosophy and the spirit of University of Indonesia since there was build. Those values only can build by directly implementation to society as the community service program. Related with the process of civic virtue character harvested, University Indonesia needs a map of understanding of community service values which engaged the students and the kind of possible roles their plays.
"
2015
T45311
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>